Global searching is not enabled.
Skip to main content

Weekly outline

  • #1 Penjelasan Proses Perkuliahan, Silabus, Rencana Perkuliahan Semester


    Minggu Ke-

    Capaian Pembelajaran

     

    Materi Pembelajaran

     

    Metode / Strategi

    Pembelajaran

     

    Penilaian

    Indikator

    Bentuk

    Bobot

    (%)

    1

    Mahasiswa mengetahui tentang proses perkuliahan dan penilaian serta ruang lingkup pembahasan.

    Penjelasan Tentang Proses Perkuliahan, Silabus, dan Rencana Perkuliahan Semester. Dan selayang pandang matakuliah Fisika Bangunan. Perkuliahan secara hibrids Elearning melalui Situs Elearning.upnjatim.ac.id terbagi dalam 90 menit tatap muka dan 60 menit secara Elearning dalam setiap pertemuan.

    Ceramah & diskusi

    Mahasiswa mampu membuat ringkasan sendiri terhadap materi perkuliahan

    resume

     

     

    2%


  • #2 Pengaruh iklim dan Lingkungan


    Minggu Ke-

    Capaian Pembelajaran

     

    Materi Pembelajaran

     

    Metode / Strategi

    Pembelajaran

     

    Penilaian

    2

    Mahasiswa mengetahui tentang pengaruh lingkungan sekitarnya dan aspek iklim.

     

    Pengaruh Iklim dan Lingkungan terhadap bangunan.

     

    Aspek Iklim yang Mempengaruhi Bangunan. 

    Ceramah & diskusi

    Mahasiswa mampu membuat ringkasan sendiri terhadap materi perkuliahan

    resume

     

     

    2 %


  • #3 Pengaruh Bentuk dan Orientasi


    Minggu Ke-

    Capaian Pembelajaran

     

    Materi Pembelajaran

     

    Metode / Strategi

    Pembelajaran

     

    Penilaian

    3

    Mahasiswa mengetahui tentang pengaruh bentuk dan orientasi bangunan terhadap kenyamanan termal bangunan.

     

    Bentuk dan Orientasi yang dianjurkan dalam perancangan Bangunan.

     

    Iklim sebagai faktor utama dalam perancangan arsitektur. 

    Ceramah & diskusi

    Mahasiswa mampu membuat ringkasan sendiri terhadap materi perkuliahan

    resume

     

     

    2 %



  • #4 Pengendalian Temperatur dan Kelembaban Udara


    Minggu Ke-

    Capaian Pembelajaran

     

    Materi Pembelajaran

     

    Metode / Strategi

    Pembelajaran

     

    Penilaian

    4

    Mahasiswa mengetahui tentang proses pengendalian temperatur dan kelembaban udara.

     

    Pengendalian temperatur dan Kelembaban Udara

    Ceramah & diskusi

     

    Tugas 1

     

     

     

     

    Pemahaman pengaruh bentuk dan orientasi bangunan terghadap kenyamanan termal bangunan

     

     

     

    Membuat laporan tulisan ilmiah

     

     

     

    10%


    Hasil gambar untuk ottv

  • #5 Rancangan Dasar Sistem Pendinginan


    Minggu Ke-

    Capaian Pembelajaran

     

    Materi Pembelajaran

     

    Metode / Strategi

    Pembelajaran

     

    Penilaian

    5

    Mahasiswa mengetahui tentang rancangan dasar sistem pendinginan beserta sumber beban pendinginan.

     

    Rancangan Dasar Sistem Pendinginan.

     

    Sumber Beban Pendinginan

    Ceramah & diskusi

    Mahasiswa mampu membuat ringkasan sendiri terhadap materi perkuliahan

    resume

     

     

    2%


    Gambar terkait

  • #6 Aspek Perancangan Air Conditioning


    Minggu Ke-

    Capaian Pembelajaran

     

    Materi Pembelajaran

     

    Metode / Strategi

    Pembelajaran

     

    Penilaian

    6

    Mahasiswa mengetahui tentang aspek aspek perancangan AC dan factor penentu kenyamanan termal

     

    Aspek Perancangan Air Conditioning.

     

    Faktor Penentu Kenyamanan Thermal.

    Ceramah & diskusi

    Mahasiswa mampu membuat ringkasan sendiri terhadap materi perkuliahan

    resume

     

     

    2 %


    Hasil gambar untuk menghitung beban ac

  • #7 Penghematan Energi


    Minggu Ke-

    Capaian Pembelajaran

     

    Materi Pembelajaran

     

    Metode / Strategi

    Pembelajaran

     

    Penilaian

    7

    Mahasiswa mengetahui tentang pertimbangan desain hemat energy dan perilaku penghuni

     

    Pertimbangan Desain Sebagai Langkah Penghematan Energi.

     

    Pertimbangan Perilaku Penghuni 

    Ceramah & diskusi

     

    Tugas 2

     

     

     

    Pemahaman pengaruh perilaku  dan kebutuhan penghuni terhadap perancangan sistem pendinginan 

     

     

     

    Membuat laporan tulisan ilmiah

     

     

     

    10%



    • Materi tentang beberapa langkah untuk melakukan pengehematan energi baik dari sisi perancangan maupun perilaku penggunaan.

    • Perhitungan secara detil dalam beban pendinginan sebuah ruangan sudah dijelaskan dalam beberapa artikel sebelumnya. Terkadang kita membutuhkan cara singkat atau praktis untuk melakukan pendekatan perhitungan beban AC yang akan dipasang. Dalam artikel ini dijelaskan cara singkat untuk kebutuhan praktis menghitung bebang AC ketika kita mendesain ruangan dengan luas tertentu.

    • Mahasiswa diharapkan mampu untuk menghitung kebutuhan PK AC yang dibutuhkan dengan cara cepat/singkat terhadap sebuah ruangan dengan fungsi tertentu yang memperhitungkan arah hadap dinding terpanjang dan ketinggian plafon rumah.


      Rancanglah kebutuhan utama AC beserta penempatannya agar ruang keluarga, ruang tamu dan ruang makan tercukupi kebutuhan pendinginannya. Kirim file/dokumen dalam bentuk PDF. (silakan lihat dokumen sisipan)

  • #8 Evaluasi/Ujian Tengah Semester

    Mahasiswa peserta mata kuliah wajib mengikuti proses evaluasi kemampuan untuk mendapatkan penilaian kemampuan

    U  J I A N   B E R B A S I S   K O M P U T E R

    • PERATURAN UJIAN SECARA DARING MELALUI E-LEARNING

      1. Ujian menggunakan metoda kuis dengan soal pilihan ganda dan/atau mengisi kata pilihan melalui sistem e-learning.

       

      2. Mahasiswa sebaiknya menggunakan laptop untuk mengerjakan soal ujian secara jelas. meskipun begitu soal juga dapat dikerjakan dengan menggunakan gawai telepon pintar atau tablet.

       

      3. Mahasiswa mengerjakan dengan waktu yang sudah ditentukan dengan hitungan mundur selama waktu yang telah ditentukan. Penunjuk waktu di e-learning harus selalu diperhatikan untuk kecukupan waktu pengerjaan. Perhatikan waktu mulai (start) karena setelah dimulai maka waktu saat itu juga langsung menghitung mundur sisa menit yang tersisa untuk pengerjaan. Jika terjadi stuck saat ditengah pengerjaan maka silakan langsung lakukan refresh layar komputer anda. Setelah normal lanjutkan pengerjaan.

       

      4. Mahasiswa harus membuka akun e-learning masing-masing untuk mengerjakan UTS dan membuka pertemuan ke-8 (UTS) yang tersedia dalam mata kuliah online masing-masing.

       

      5. Soal dan jawaban untuk masing masing mahasiswa tidak akan sama urutannya karena diacak oleh sistem di e-learning.

       

      6. Masing-masing jawaban dalam satu soal mempunyai nilai sendiri yang telah ditentukan dalam sistem penilaian secara otomatis.

       

      7. Setiap soal mempunyai rata-rata waktu penyelesaian 3-4 menit.

       

      8. Setelah menyelesaikan soal terakhir mahasiswa peserta ujian WAJIB melakukan VALIDASI PENGIRIMAN jawaban di akhir sesi.

       



  • #9 Dasar pencahayaan

  • #10 pencahayaan buatan DALAM BANGUNAN (ARTIFICIAL LIGHTING)

    Coronavirus impact: LED bulb prices may rise up to 10% from March ...

    Materi ini menjelaskan tentang Penggunaan Artificial Lighting secara sistematis dalam suatu ruang/bangunan 

  • #11 perancangan pencahayaan buatan (ARTIFICIAL LIGHTING DESIGN)

    World's best lighting design ideas arrives at Milan's modern ...

    Materi ini membahas tentang Tahap Perhitungan secara numerik dengan menggunakan beberapa formula untuk mengetahui tingkat pencahayaan didalam ruang bangunan 

  • #12 dasar akustik

    Sistem Akustik Ruang | stories from admirer

    Materi ini membahas tentang pengertian serta hal yang berkaitan dengan dasar Acoustics in Building

  • #13 akustik lingkungan

    Akustik Ruang #1 - Dwi Astuti - Medium

    Materi ini menbahas tentang pengertian Indoor Acoustics beserta penerapan dan perhitungannya

  • #14 perancangan akustik ruangan

    Guangzhou Opera House ( Zaha Hadid )

    Materi ini menbahas tentang pengertian Outdoor Acoustics beserta penerapan dan perhitungannya

  • #15 resume akhir semester

  • #16 UJIAN AKHIR SEMESTER - kuis

    PERATURAN UJIAN SECARA DARING MELALUI E-LEARNING

    1. Ujian menggunakan metoda kuis dengan soal pilihan ganda dan/atau mengisi kata pilihan melalui sistem e-learning.

     

    2. Mahasiswa sebaiknya menggunakan laptop untuk mengerjakan soal ujian secara jelas. meskipun begitu soal juga dapat dikerjakan dengan menggunakan gawai telepon pintar atau tablet.

     

    3. Mahasiswa mengerjakan dengan waktu yang sudah ditentukan dengan hitungan mundur selama waktu yang telah ditentukan. Penunjuk waktu di e-learning harus selalu diperhatikan untuk kecukupan waktu pengerjaan. Perhatikan waktu mulai (start) karena setelah dimulai maka waktu saat itu juga langsung menghitung mundur sisa menit yang tersisa untuk pengerjaan. Jika terjadi stuck saat ditengah pengerjaan maka silakan langsung lakukan refresh layar komputer anda. Setelah normal lanjutkan pengerjaan.

     

    4. Mahasiswa harus membuka akun e-learning masing-masing untuk mengerjakan UAS dan membuka pertemuan ke-16 (UAS) yang tersedia dalam mata kuliah online masing-masing.

     

    5. Soal dan jawaban untuk masing masing mahasiswa tidak akan sama urutannya karena diacak oleh sistem di e-learning.

     

    6. Masing-masing jawaban dalam satu soal mempunyai nilai sendiri yang telah ditentukan dalam sistem penilaian secara otomatis.

     

    7. Setiap soal mempunyai rata-rata waktu penyelesaian 2 menit.

     

    8. Setelah menyelesaikan soal terakhir mahasiswa peserta ujian WAJIB melakukan VALIDASI PENGIRIMAN jawaban di akhir sesi.