LMS-SPADA INDONESIA

Assalamualaikum
Selamat datang rekan-rekan mahasiswa! Senang sekali kami dapat membersamai Anda di mata kuliah Kapita Selekta Pendidikan. Mata kuliah ini didesain dengan metode blended learning yaitu perpaduan antara perkuliahan tatap muka terbatas dan perkuliahan daring melalui platform LMS SYAM-OK. Kami mengajak rekan-rekan mahasiswa untuk bersinergi dan berkolaborasi dalam semua proses pembelajaran, agar dapat menghasilkan proses pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna.
Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini membahas tentang dinamika manajemen sistem pendidikan sebagai bunga rampai pelaksanaan pendidikan nasional, sehingga kajian dalam mata kuliah ini adalah tentang isu-isu strategis yang berkaitan dengan pengelolaan pendidikan di Indonesia dalam perspektif nasional, baik pada tataran makro di tingkat nasional dan regional, maupun mikro di tingkat satuan pendidikan. Selain itu, melalui mata kuliah ini mahasiswa dilatih untuk melakukan kajian kritis untuk mengungkap, menggali, mendipkripsikan, dan memposisikan isu-isu pengelolaan pendidikan baik dari segi legislasi, konsepsi, maupun praktisi.
Capaian Mata Kuliah
Referensi
Zaitun. (2011). Kapita Selekta Pendidikan. Riau: Yayasan Pusaka Riau
Muhsyanur & Amie Primarni. (2018). Kapita Selekta Pendidikan Menelaah Fenomena Pendidikan di Indonesia dari Perbagai Disiplin Ilmu. Yogyakarta: Katalog Dalam Terbitan.
Perubahan dan pembaharuan dalam pendidikan adalah sesuatu yang wajar dikarenakan dalam hidup ini pendidikan bagaikan air sungai yang mengalir terus. baik dari yang sebelumnya. Tujuan diadakannya sebuah reformasi pendidikan, tidak lain dilandaskan pada tujuan untuk menghasilkan sumber daya manusia yang kompeten, cerdas, dan berkualitas sehingga mampu mewujudkan generasi emas dalam masyarakat madani.
Pada kajian bab ini akan dibahas mengenai sejarah perkembangan pendidikan di Indonesia sejak zaman penjajahan Belanda sampai dengan keadaan pendidikan Indonesia saat ini, sistem pendidikan di Indonesia, dan sumber daya manusia seperti apa yang dibutuhkan untuk menjawab tantangan global.
Untuk memahami materi lebih dalam, telah disajikan buku Kapita Selekta Pendidikan yang siap didownload dan dipelajari secara mandiri.
Selamat belajar!
Buku ini merupakan rujukan utama dalam mata kuliah Kapita Selekta Pendidikan.
Rekan-rekan mahasiswa dapat mendownload kemudian dipelajari serta dipahami secara mandiri.
Apabila menemukan materi yang dirasa kurang jelas, dapat didiskusikan bersama dosen pengampu di dalam perkuliahan.
Rekan-rekan mahasiswa pada pertemuan ke-2 ini, kita akan membahas tentang budaya nasional sebagai dasar pendidikan.
Mengapa kita perlu mempelajari budaya nasional?
Ya, karena budaya merupakan hal yang tak terpisahkan dengan pendidikan, sekaligus budaya nasional-lah yang menjadi dasar filosofi penting dalam mengembangkan sistem pendidikan nasional. Coba bayangkan apabila sistem pendidikan yang diterapkan di Indonesia adalah copy-an dari Negara Amerika?
Ya, mungkin kita tidak akan pernah mengenal Bahasa Indonesia, pangan lokal Indonesia, potensi alam Indonesia, dan masih banyak lagi hal-hal yang mungkin tidak kita tahu sehingga kita merasa terasing di negeri kita sendiri.
Nah, untuk memahami konsep budaya nasional yang menjadi dasar pendidikan Indonesia, mari kita simak aktivitas dan sumber belajar yang tersedia di kelas maya Sosiologi Pendidikan ini.
Selamat Belajar!
Rekan-rekan mahasiswa,
Siapakah Bapak Pendidikan Nasional kita? Ya, betul sekali. Beliau adalah Ki Hajar Dewantara.
Pada pertemuan kali ini, marilah kita menyimak 3 filosofi pendidikan nasional yang dikemukakan oleh KH Dewantara.

Setelah menyimak video tentang Filosofi Pendidikan Nasional,
Silahkan rekan-rekan mahasiswa untuk menjawab pertanyaan poling berikut ini !
Berikut merupakan daftar mahasiswa yang dinilai tuntas mengakses materi maupun aktifitas di SYAMOK sampai dengan pertemuan ke-2.
:strip_icc():format(jpeg)/kly-media-production/medias/1751780/original/043095400_1509015041-Kartu_Indonesia_Pintar.jpg)
Hallo rekan-rekan mahasiswa. Setelah mempelajari konsep kebudayaan nasional sebagai dasar pendidikan, kita akan lanjut pada pokok pembahasan yang ke-3 yaitu wajib belajar dalam sistem pendidikan nasional.
Wajib belajar merupakan program pemerintah yang sudah tidak asing lagi ya?
Dahulu kita mengenal Wajib Belajar 9 Tahun, kemudian berubah menjadi Wajib Belajar 12 Tahun. Bagaimana menurut rekan-rekan tentang Wajib Belajar 12 Tahun ini? Nah, pada pertemuaan ini kita akan menyelami lebih dalam tentang bagaimana pelaksaan program Wajib Belajar di Indonesia.
Adapun capaian pembelajaran dai pertemuan ini adalah:
Mahasiswa mampu memahami penerapan Program Wajib Belajar Dalam Sistem Pendidikan Nasional
Silahkan buka dan cermati undang-undang tentang Wajib Belajar berikut ini.
Silahkan buka dan cermati undang-undang yang berkaitan dengan Program Indonesia Pintar berikut ini.

Untuk memperkuat pemahaman rekan-rekan mahasiswa tentang Program Wajib Belajar di Indonesia, selanjutnya kita akan melakukan diskusi kelompok dalam bentuk Debat Role Playing. Debat ini akan dilakukan dengan membagi kelas menjadi 2 kelompok, yaitu kelompok yang membahas WAJAR 9 Tahun dan yang membahas WAJAR 12 Tahun.
Untuk lebih detailnya, silahkan rekan-rekan download file presentasi berikut!
SIlahkan rekan-rekan menentukan kelompok mana yang layak menjadi pemenang debat.
Voting yang rekan-rekan berikan akan terhitung sebagai tanda presensi kehadiran pertemuan ke-3 ini.

Rekan-rekan mahasiswa, pada pertemuan ke-4 ini kita akan membahas lebih dalam tentang Pendidikan Prasekolah.
Jenjang pendidikan prasekolah merupakan dasar fondasi yang sangat penting bagi perkembangan aspek kognitif, psikomotor, dan sosial anak agar siap melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya. Oleh sebab itu, isu-isu pendidikan prasekolah selalu menjadi hal yang menarik untuk dibahas lebih mendalam.
Setelah rekan-rekan mahasiswa mempelajari materi dan aktifitas yang ada pada pertemuan ke-4 ini, Anda diharapkan mampu:
Rekan-rekan mahasiswa, silahkan cermati file presentasi berikut untuk lebih memahami tentang konsep, landasan, rasional, dan pengembangan program pembelajaran PAUD.
Untuk mendapatkan konsep tentang komponen-komponen pembelajaran, silahkan rekan-rekan mahasiswa bisa mendownload file presentasi ini. 6 Komponen Pembelajaran ini yang akan menjadi poin diskusi pada pertemuan ke-4. Nantinya, ke-6 poin tersebut akan diaplikasikan dalam konteks pendidikan prasekolah.
Silahkan rekan-rekan klik link diatas, untuk mengakses hasil diskusi kelompok 6 komponen pembelajaran
Silahkan rekan-rekan dari kelas B/2 untuk menuliskan hasil diskusinya pada link di atas.

Selamat Datang rekan-rekan mahasiswa di pertemuan ke-5 ini.
Pada pertemuan kali ini kita akan membahas materi tentang Pendidikan Sekolah Dasar. Sekolah dasar merupakan jenjang pendidikan yang ditempuh peserta didik setelah selesai dari jenjang pendidikan prasekolah. Di Indonesia, jenjang sekolah dasar ini wajib ditempuh selama 6 tahun dari kelas 1 sampai dengan kelas 6.
Pada pertemuan ke-5 ini, akan disajikan materi serta aktifitas yang berkaitan dengan pokok pembahasan pendidikan dasar. Silahkan, rekan-rekan untuk mencermati dan berpartisipasi pada setiap materi dan aktifitas yang telah disiapkan.
Adapun capaian pembelajaran dari pertemuan ini, yaitu:
Rekan-rekan silahkan download materi tentang konsep pendidikan sekolah dasar ini, sebagai bahan diskusi kelompok pada pertemuan ke-5.
Untuk mendapatkan konsep tentang komponen-komponen pembelajaran, silahkan rekan-rekan mahasiswa bisa mendownload file presentasi ini. 6 Komponen Pembelajaran ini yang akan menjadi poin diskusi pada pertemuan ke-5. Nantinya, ke-6 poin tersebut akan diaplikasikan dalam konteks pendidikan sekolah dasar.
Rekan-rekan mahasiswa Kelas A, silahkan mengisi form yang ada pada link di atas.
Rekan-rekan mahasiswa Kelas B, silahkan mengisi form yang ada pada link di atas.
Rekan-rekan mahasiswa, silahkan upload tugas infografis disini.
Silahkan diupload perwakilan kelompoknya saja. Terimakasih.
Silahkan rekan-rekan apabila mau melihat ke-6 hasil infografis dari Kelas A
Silahkan rekan-rekan apabila mau melihat ke-6 hasil infografis dari Kelas B

Selamat Datang,
Rekan-Rekan Mahassiwa pada pertemuan ke-7 ini kita akan membahas tentang Pendidikan Guru.
Apa itu pendidikan guru? mengapa guru perlu melakukan pendidikan, bukankah guru adalah seorang pendidik?
Pada topik pendidikan guru ini, kita akan membahas lebih dalam tentang pendidikan guru penggerak. Mengapa perlu membahas tentang guru penggerak? Betul sekali, karena topik ini sangat berkaitan dengan program merdeka belajar yang merupakan solusi atas permasalahan pembelajaran di era pandemi COVID-19.
Adapun capaian pembelajaran pada pertemuan kali ini, yaitu:

Rekan-rekan, kita akan melakukan brainstorming terkait Pendidikan Guru. Silahkan klik link di atas untuk dialihkan ke halaman Padlet.
Rekan-rekan, kita akan melakukan brainstorming terkait Pendidikan Guru. Silahkan klik link di atas untuk dialihkan ke halaman Padlet selanjutnya.
Rekan-rekan, kita akan melakukan brainstorming terkait Pendidikan Guru. Silahkan klik link di atas untuk dialihkan ke halaman Padlet selanjutnya.

Seru bukan menggunakan Padlet untuk pembelajaran? Silahkan upload bukti keikutsertaan Anda pada sesi Brainstorming di Padlet hari ini.
Deadline pengumpulan: Kamis, 24 Maret 2022 pukul 17.00 WITA
Rekan-rekan mahasiswa, tulislah 5 daftar judul skripsi yang akan dibahas dalam UTS Anda melalui tautan ini.

Silahkan rekan-rekan download file berikut dan diisi sesuai judul skripsi yang telah Anda kumpulkan.

Silahkan download file Rubrik Penilaian UTS Kapita Selekta Pendidikan untuk mengetahui kriteria penilaian UTS dan menetapkan target nilai yang ingin dicapai.
Silahkan UTS di upload dalam bentuk .pdf sesuai format yang telah diberikan.
Deadline pengumpulan UTS ditunggu sampai hari Jumat, 1 April 2022 pukul 17.00 WITA

Hallo rekan-rekan semua, bagaimana kabar Anda? Semoga tetap semangat dan antusias dalam menyimak rangkaian perkuliahan Kapita Selekta Pendidikan baik daring maupun luring ya.
Nah, apakah teman-teman sudah pernah mendengar tentang program Kampus Merdeka IISMA yang merupakan singkatan dari Indonesian International Student Mobility Awards?
Ya, betul sekali bahwa program tersebut bertujuan untuk memberikan hak dan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengembangkan kompetensi dan pengetahuan, serta memberikan pengalaman studi di perguruan tinggi luar negeri sebagai implementasi Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dari Kemendikbudristek.
Adakah hubungan antara IISMA dengan topik pembahasan kita di pertemuan ke-9 ini?
Tepat sekali, bahwa salah satu contoh implementasi dari pendidikan internasional yakni terselenggaranya kesempatan bagi mahasiswa Indonesia untuk bisa merasakan pendidikan internasional di kampus internasional tingkat global.
Untuk memperdalam pengetahuan Anda tentang pendidikan internasional, akan disajikan beberapa sub-topik diantaranya:
Silahkan rekan-rekan cermati materi di atas untuk mendapatkan konsep tentang penerapan Sekolah Berstandar Internasional di Indonesia.
Silahkan rekan-rekan download file di atas untuk menambah referensi tentang pelaksanaan pendidikan internasional di Indonesia.
Apa kabar rekan-rekan mahasiswa? Selamat datang di pertemuan ke-10 yang akan membahas topik Pendidikan Wanita.
Silahkan simak video di atas, untuk memberikan sedikit gambaran mengenai perempuan dari beberapa sudut pandang.
Kemudian, refleksikan bagaimana pendapat Anda terhadap penjelasan dari video tersebut?
Nah, pada pertemuan ini Anda diharapkan mampu:
Rekan-rekan silahkan klik link di atas untuk melakukan brainstorming di Padlet.
Rekan-rekan silahkan klik link di atas untuk melakukan brainstorming di Padlet.
Rekan-rekan silahkan klik link di atas untuk melakukan brainstorming di Padlet.
Silahkan buka link di atas untuk mendapatkan gambaran tentaang format dan cara meresensi sebuah buku.
Silahkan upload bukti kehadiran di P10 dengan mengupload bukti postingan Padlet dalam bentuk .pdf

Apa kabar rekan-rekan mahasiswa? Semoga selalu semangat dalam menyimak rangkaian pembelajaran di SYAM OK ya!
Pernahkah Anda mendengar tentang Pendidikan Seks? atau apa yang terlintas di pikiran Anda tentang hal tersebut? Bagi sebagian masyarakat, topik pendidikan seks masih terdengar agak 'tabu' dan kurang layak untuk dibahas di lingkungan pendidikan. Namun, tahukah Anda bahwa pendidikan seks merupakan topik penting yang mampu menambah literasi remaja tentang kesehatan reproduksinya? dan masih banyak lagi manfaat dari adanya pendidikan seks.
Pada pertemuan kali ini, kita akan membahas lebih dalam tentang pendidikan seks. Topik pembahasan akan terdiri dari konsep, implementasi hingga pada permasalahan yang muncul dalam pendidikan seks. Oleh sebab itu, akan disajikan beberapa materi dan aktifitas yang dapat diakses secara asynchronous di P11 ini. Silahkan rekan-rekan ikut aktif terlibat pada setiap aktifitas yang disajikan.
Adapun capaian pembelajarannya yaitu mahasiswa mampu:
Selamat Belajar!
Simaklah video berikut untuk mendapatkan penjelasan konsep dan urgensi dari pendidikan seks.
Silahkan disimak penjelasan terkait pentingnya sex education bagi remaja, berikut ini.
Bacalah dan cermati jurnal berikut untuk memperdalam pemahaman tentang tujuan, materi dan metode pendidikan seks.
Modul Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) ini merupakan contoh media dalam pendidikan seks pada masyarakat.
Kerjakanlah kuis berikut ini untuk menilai pemahaman Anda.
Kuis akan ditutup pada Ahad, tanggal 24 April 2022 pukul 12.00 siang.

Selamat Datang di pekan ke-12.
Indonesia tengah mengalami krisis moral. Situasi kritis tersebut mendorong pemerintah perlu mengambil kebijakan dan memprioritaskan pembangunan karakter bangsa. Apa itu karakter? Karakter bisa didefinisikan sebagai jati diri, kepribadian, watak, ataupun identitas diri seseorang.
Apakah rekan-rekan mahasiswa pernah mendengar tentang Pendidikan Karakter? atau pernahkah Anda mendengar tentang pendidikan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)? Nah, pada pertemuan kali ini kita akan membahas lebih dalam tentang Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter mulai dari penajabaran definisi hingga fokus & basis gerakan PPK,
Adapun capaian pembelajaran pada pertemuan ini yakni mahasiswa mampu:
SIlahkan Anda, unduh file berikut sebagai sumber belajar tentang konsep gerakan penguatan pendidikan karakter. Pada file ini Anda akan menemukan tentang definisi PPK, nilai utama karakter prioritas PPK, manfaat PPK, fokus & basis gerakan PPK, serta diagram karakter sebagai poros pendidikan.
Silahkan Anda unduh file tersebut untuk memberikan penjelasan tentang implementasi Penguatan Pendidikan Karakter berbasis kelas.
Silahkan Anda unduh file tersebut untuk memberikan penjelasan tentang implementasi Penguatan Pendidikan Karakter berbasis budaya sekolah.
Silahkan Anda unduh file tersebut untuk memberikan penjelasan tentang implementasi Penguatan Pendidikan Karakter berbasis masyarakat.
SIlahkan disimak hasil rekaman video diskusi kelompok 1 berikut ini.
SIlahkan disimak hasil rekaman video diskusi kelompok 2 berikut ini.
SIlahkan disimak hasil rekaman video diskusi kelompok 1 berikut ini.
SIlahkan disimak hasil rekaman video diskusi kelompok 2 berikut ini.
SIlahkan disimak hasil rekaman video diskusi kelompok 3 berikut ini.

Selamat Datang di Pertemuan Ke-13.
Pandemi COVID-19 tidak dipungkiri memiliki peran yang sangat besar dalam mengubah budaya global tak terkecuali pelaksanaan proses pembelajaran di jenjang sekolah dasar. Nah, pada pertemuan ini kita akan membahas tentang bagaimana implementasi pembelajaran di jenjang sekolah dasar di era pandemi. Apakah dalam pelaksanaannya memerlukan penyesuaian? bagaimana perubahan yang dihadapi sekolah-sekolah dasar agar tetap mampu melangsungkan kegiatan belajar mengajar ditengah pandemi COVID-19? dan dimana peran Teknologi Pendidikan? Pertanyaan-pertanyaan tersebut akan dapat dijawab setelah Anda menyimak keseluruhan materi dan aktifitas yang ada pada pertemuan ke-13 ini.
Adapun capaian pembelajarannya yakni mahasiswa mampu:
Pada pertemuan ini, kegiatan pembelajaran akan dilakukan dengan metode presentasi kelompok diikuti sesi diskusi yang didampingi oleh dosen pengampu. Pembagian kelompok dilakukan oleh ketua kelas masing-masing. Silahkan bekerja dalam kelompok, dan sajikan makalah berikut presentasi yang menarik.
Selamat Belajar!
Silahkan Anda download pandauan makalah berikut ini. Makalah yang disusun harus berpedoman pada panduan yang telah dibuat.
Silahkan masing-masing anggota kelompok mengumpulkan file makalah dan presentasi kelompoknya untuk dinilai. Link ini khusus hanya boleh diakses oleh Kelompok 1 Implementasi Pembelajaran Jenjang Sekolah Dasar di Era Pandemi (Kelas A & B).

Selamat Datang di Pertemuan Ke-14.
Pandemi COVID-19 tidak dipungkiri memiliki peran yang sangat besar dalam mengubah budaya global tak terkecuali pelaksanaan proses pembelajaran di jenjang sekolah menengah. Nah, pada pertemuan ini kita akan membahas tentang bagaimana implementasi pembelajaran di jenjang sekolah menengah di era pandemi. Apakah dalam pelaksanaannya memerlukan penyesuaian? bagaimana perubahan yang dihadapi sekolah-sekolah menengah agar tetap mampu melangsungkan kegiatan belajar mengajar ditengah pandemi COVID-19? dan dimana peran Teknologi Pendidikan? Pertanyaan-pertanyaan tersebut akan dapat dijawab setelah Anda menyimak keseluruhan materi dan aktifitas yang ada pada pertemuan ke-14 ini.
Adapun capaian pembelajarannya yakni mahasiswa mampu:
Pada pertemuan ini, kegiatan pembelajaran akan dilakukan dengan metode presentasi kelompok diikuti sesi diskusi yang didampingi oleh dosen pengampu. Pembagian kelompok dilakukan oleh ketua kelas masing-masing. Silahkan bekerja dalam kelompok, dan sajikan makalah berikut presentasi yang menarik.
Selamat Belajar!
Silahkan Anda download pandauan makalah berikut ini. Makalah yang disusun harus berpedoman pada panduan yang telah dibuat.
Silahkan masing-masing anggota kelompok mengumpulkan file makalah dan presentasi kelompoknya untuk dinilai. Link ini khusus hanya boleh diakses oleh Kelompok 2 Implementasi Pembelajaran Jenjang Sekolah Menengah di Era Pandemi (Kelas A & B).

Selamat Datang di Pertemuan Ke-15.
Pandemi COVID-19 tidak dipungkiri memiliki peran yang sangat besar dalam mengubah budaya global tak terkecuali pelaksanaan proses pembelajaran di jenjang pendidikan tinggi (universitas). Nah, pada pertemuan ini kita akan membahas tentang bagaimana implementasi pembelajaran di jenjang pendidikan tinggi (universitas) di era pandemi. Apakah dalam pelaksanaannya memerlukan penyesuaian? bagaimana perubahan yang dihadapi universitas agar tetap mampu melangsungkan kegiatan belajar mengajar ditengah pandemi COVID-19? dan dimana peran Teknologi Pendidikan? Pertanyaan-pertanyaan tersebut akan dapat dijawab setelah Anda menyimak keseluruhan materi dan aktifitas yang ada pada pertemuan ke-15 ini.
Adapun capaian pembelajarannya yakni mahasiswa mampu:
Pada pertemuan ini, kegiatan pembelajaran akan dilakukan dengan metode presentasi kelompok diikuti sesi diskusi yang didampingi oleh dosen pengampu. Pembagian kelompok dilakukan oleh ketua kelas masing-masing. Silahkan bekerja dalam kelompok, dan sajikan makalah berikut presentasi yang menarik.
Selamat Belajar!
Silahkan Anda download pandauan makalah berikut ini. Makalah yang disusun harus berpedoman pada panduan yang telah dibuat.
Silahkan masing-masing anggota kelompok mengumpulkan file makalah dan presentasi kelompoknya untuk dinilai. Link ini khusus hanya boleh diakses oleh Kelompok 3 Implementasi Pembelajaran JenjangPendidikan Tinggi di Era Pandemi (Kelas A & B).
Silahkan rekan-rekan download file panduan wawancara tersebut, selanjutnya isilah sesuai format yang diberikan.
Formulir wawancara ini harus Anda cetak (print) sebagai tiket masuk UAS secara luring.
Silahkan upload tiket masuk berupa wawancara yang telah Anda lakukan, tiket masuk akan dinilai juga sebagai bagian dari UAS.
Silahkan klik link di atas untuk mengumpulkan UAS di FlipGrid
Silahkan kumpulkan UAS Anda di tautan ini.
Selamat mengerjakan dan semoga hasil tidak menghianati usaha Anda selama ini.