Pencarian global tidak diaktifkan.
Lewati ke konten utama

Ringkasan topik

  • PENDIDIKAN IPA DI SD


    Assalamualaikum warahmatullahii wabarakatuh...

    Selamat datang di kelas daring mata kuliah PENDIDIKAN IPA DI SD.

    Mata kuliah ini memfasilitasi, mahasiswa S1 PGSD untuk mampu mengkaji materi tentang kemampuan merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi proses dan hasil pembelajaran sains dengan menggunakan pendekatan, metode dan alat bantu pembelajaran yang sesuai dengan materi dan indikator yang harus dicapai seperti yang tercantum pada kurikulum dengan memperhatikan perkembangan dan karakteristik siswa. Mata kuliah ini berisi pokok bahasan Teori Belajar dalam Pembelajaran, Pendekatan dalam Pembelajaran IPA SD, Metode dalam Pembelajaran IPA SD, Keterampilan Proses IPA di SD, Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran IPA, Pembelajaran IPA Terintegrasi, Evaluasi Proses dan Hasil Belajar IPA, Telaah Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan 2013 dan Penjabarannya dalam Rancangan Pembelajaran IPA di Tingkat SD/MI dan Merancang Pembelajaran IPA. Untuk mengukur kompetensi yang diperoleh mahasiswa dilakukan evaluasi melalui Tugas Tutorial dan UAS.

    Pada kelas daring ini, silakan Anda perhatikan fitur progress bar dan fitur level up.. Pada fitur progress bar akan terlihat berbagai jenis kegiatan yang harus Anda ikuti. Kemudian pada fitur level up, Anda dapat meningkatkan level Anda pada mata kuliah ini dengan mengikuti berbagai kegiatan dalam kelas daring ini secara aktif. 


    Keaktifan Anda dalam kelas daring adalah sama halnya dengan keaktifan di dalam kelas tatap muka.

    Jika Anda menemukan hambatan atau kendala dalam mata kuliah ini, silakan hubungi dosen pengampu perkuliahan,

    1. Dr. Andi Makkasau, M.Pd.
    2. Dr. Erma Suryani Sahabudin, M.Pd.      
    3. Muhammad Irfan, S.Pd., M.Pd
    4. Hotimah, S.Pd.Si., M.Pd.
    5. Siti Raihan, S.Pd., M.Pd.


    Adapun materi perkuliahan yaitu:

    1. Hakikat Pembelajaran IPA di SD
    2. Keterampilan Berpikir dalam Pembelajaran IPA di SD
    3. Keterampilan Proses Dasar dan Keterampilan Proses Lanjut/Terintegrasi
    4. Analisa Kurikulum dan Silabus (Pemetaan Kompetensi IPA) di SD
    5. Pembelajaran IPA Abad 21
    6. Perencanaan Pembelajaran IPA di SD
    7. Pengembangan Bahan Ajar 
    8. Perencanaan Kegiatan Praktikum IPA di SD
    9. Pengembangan LKPD dan Media Pembelajaran
    10. Pengembangan Evaluasi Pembelajaran IPA di SD
    11. Implementasi Pembelajaran IPA di SD

    Referensi:

    1. Gillespie, H. & Gillespie, R. 2007. Science for Primary School Teachers. London: McGrawHill and Open University.
    2. Boehm, R.G. & Webb, B. 2002. Skills Handbook Using Social Studies.Columbus, OH: SRA/McGraw-Hill.
    3. Hall, M.A. 2008. Plants are the Strangest People: Brain. Tersedia: http://plantsarethestrangestpeople.blogspot.com. [28 Januari 2011]. 
    4. LIFE. 2002. Hayman Fire. Tersedia: http://www.life.com/image/793111. [28 Januari 2011].
    5. Santrock, John W. 2008. Educational Psychology, 2nd Edition Edisi Terjemahan. Jakarta: Kencana.
    6. Sternberg, Robert J. 2008. Cognitive Psychology, Fourth Edition Edisi terjemahan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

  • PERTEMUAN 1. HAKIKAT IPA DAN PEMBELAJARAN IPA DI SD

    PEMBELAJARAN 1 HAKIKAT IPA

    بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

    السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

    Selamat siang semuanya....

    Sesi kali ini, Anda akan mempelajari tentang Hakikat IPA dan Pembelajaran IPA.

    Selamat berjumpa saudara mahasiswa. Pembahasan materi kuliah Pengembangan Pembelajaran IPA SD ini akan diawali dengan pembahasan konsep dasar pembelajaran IPA. Pada Unit 1 ini anda akan diajak untuk mempelajari Hakikat IPA dan Hakikat Pembelajaran IPASD.

    Kompetensi yang hendaknya dicapai setelah mempelajari unit ini, adalah anda dapat 1) menjelaskan karakteristik IPA, 2) menjelaskan kedudukan IPA sebagai produk,proses, dan sikap, 3) membedakan pengertian belajar dan pembelajaran IPA menurut teori behavioristik dan konstruktivistik, dan 4) menjelaskan dampak pengertian belajar dan pembelajaran IPA teori behavioristik dan konstruktivistik terhadap pelaksanaan pembelajaran IPA SD.

    Materi kajian dalam Unit 1 ini terkait erat dengan materi kajian pada unit- unit berikutnya. Kompetensi yang kita capai dari Unit 1 ini digunakan untuk menelaah Kompetensi Dasar (KD) dalam Kurikulum IPA SD/MI. Misal, jika kita hendak mengidentifikasi fakta, konsep atau prinsip dalam standar kompetensi dan kompetensi dasar, maka kita memerlukan pengetahuan tentang karakteristik IPA sebagai proses, produk, dan sikap.

    Pencapaian kompetensi yang dijabarkan dalam Unit 1 ini bermanfaat bagi calon guru maupun guru sebagai pedoman dalam melaksanakan tugas sebagai perancang dan pelaksana kegiatan pembelajaran IPA di kelas. Tanpa adanya pemahaman yang mendalam terhadap materi kajian Unit 1 ini, niscaya guru tidak dapat membelajarkan IPA kepada siswanya secara profesional. Oleh karena itu, pelajarilah baik-baik materi Unit 1 ini, karena pemahaman anda pada Hakikat IPA dan Hakikat Pembelajaran IPA akan memberikan kontribusi dalam profesi anda sebagi guru.

    Unit 1 ini dibagi dalam 3 sub-Unit. Sub-Unit 1 tentang karakteristik IPA, sub-Unit 2 tentang kedudukan IPA sebagai proses, produk, serta sikap, dan sub- Unit 3 tentang belajar dan pembelajaran IPA menurut teori behavioristik dan konstruktivistik terhadap pembelajaran IPA SD.


  • PERTEMUAN 2. HAKIKAT IPA DAN PEMBELAJARAN IPA DI SD

    PEMBELAJARAN 2. KEDUDUKAN IPA SEBAGAI PROSES, PRODUK DAN SIKAP ILMIAH.

    بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

    السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

    Selamat siang semuanya....

    Sudah siapkah Anda? Marilah kita mulai untuk mengikuti pembelajaran 2 ini. Materi dalam pembelajaran 2 ini akan mengajak Anda untuk mengkaji kedudukan IPA sebagai proses, produk, dan sikap ilmiah. Setelah Anda menyelesaikan pembelajaran materi ini, ada beberapa kompetensi yang harus Anda capai, yaitu Anda dapat:
    1. menjelaskan kedudukan IPA sebagai proses; 
    2. menunjukkan 9 macam keterampilan proses dasar dalam IPA; 
    3. memberi contoh keterampilan proses  dasar;  
    4. menunjukkan 10 macam keterampilan proses terintegrasi; 
    5. memberi contoh keterampilan proses terintegrasi; 
    6. menjelaskan kedudukan IPA sebagai produk; dan memberi contoh produk-produk IPA; 
    7. mengidentifikasi fakta-fakta pada konsep yang dicontohkan; 
    8. mengidentifikasi konsep-konsep pada prinsip atau teori yang dicontohkan; 
    9. menjelaskan sikap ilmiah; 
    10. memberi contoh sikap-sikap ilmiah; dan 
    11. menghubungkan sikap ilmiah dengan sikap mengagungkan kebesaran Tuhan YME.

  • PERTEMUAN 3. HAKIKAT IPA DAN PEMBELAJARAN IPA DI SD

    PEMBEALAJARAN 3 HAKIKAT PEMBELAJARAN IPA SD

    بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

    السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

    Selamat siang semuanya....

    Pembelajaran 3 ini akan mengajak Anda untuk mengkaji secara cermat dan seksama hal-hal yang berkenaan dengan hakikat pembelajaran IPA SD/MI. Untuk itu marilah kita baca secara seksama paparan bahan ajar pada bagian ini. Setelah pengkajian secara mendalam tentang materi pembelajaran 3 ini diharapkan Anda dapat

    1) menjelaskan pengertian belajar dan pembelajaran IPA menurut teori belajar behavioristik; 2) menjelaskan pengertian belajar dan pembelajaran IPA menurut teori konstruktivistik; 3) menjelaskan dampak pengertian belajar dan pembelajaran IPA menurut teori behavioristik terhadap pembelajaran IPA SD/MI; dan 4) menjelaskan dampak pengertian belajar dan pembelajaran IPA menurut teori konstruktivistik terhadap pembelajaran IPASD/MI


  • PERTEMUAN 4. KETERAMPILAN BERPIKIR DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SD

    بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

    السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

    Selamat siang semuanya....

    Kali ini di kelas daring, kalian semua akan mempelajari tentang KETERAMPILAN BERPIKIR DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SD

    Selamat berjumpa kembali Saudara Mahasiswa. Seperti telah Anda pelajari sebelumnya, salah satu tujuan pembelajaran IPA adalah mengembangkan keterampilan proses untuk menyelidiki alam sekitar, pemecahanmasalahdan pembuatan keputusan. Keterampilan pemecahan masalah dan pembuatan keputusan merupakan bagian dari keterampilan berpikir. Akan tetapi, uraian tentang keterampilan berpikir dan contoh pengembangan keterampilan berpikir dalam pembelajaran IPA belum dibahas. Untuk lebih memahami Modul 2 terutama terkait dengan pengembangan keterampilan berpikir, maka Anda dapat mempelajarinya di Suplemen Unit 2, yakni Keterampilan Berpikir dan Cara Pengembangannya dalam Pembelajaran IPA.

     Unit 2 ini terbagi menjadi 2 yakni keterampilan berpikir pemecahan masalah dan pembuatan keputusan. Dalam suplemen tersebut selain dibahas konsep keterampilan berpikir pemecahan masalah dan pembuatan keputusan, juga dibahas tentang contoh bagaimana pengembangan keterampilan berpikir tersebut dalam pembelajaran IPA di kelas. Dengan demikian, Anda sebagai guru SD nantinya mampu mengembangkan keterampilan berpikir tersebut kepada siswa.


  • PERTEMUAN 5. KETERAMPILAN PROSES DASAR DAN KETERAMPILAN PROSES LANJUT (TERINTEGRASI)

    بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

    السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

    Selamat siang semuanya....

    Bagaimana kabar kalian? Kami harap kalian dalam keadaan sehat selalu dan masih terus semangat dalam mengikuti perkuliahan daring ini. Nah, pada pertemuan kali ini kita akan membahas tentang apa itu keterampilan proses sains (KPS), apa saja jenis KPS, indikator, dan implementasinya dalam pembelajaran.

    Perlu kalian ketahui bahwa bembelajaran yang dapat mengembangkan keterampilan siswa dan merangsang siswa untuk aktif dan kreatif salah satunya adalah pembelajaran dengan pendekatan keterampilan proses sains (KPS). Proses pembelajaran tersebut lebih banyak melibatkan siswa untuk bertindak lebih aktif, serta mengelola temuannya yang diperoleh dari aspek-aspek keterampilan. Pengembangan keterampilan siswa dapat diperoleh melalui KPS pada proses pembelajaran.

    Keterampilan proses terdiri atas sejumlah keterampilan yang satu sama lain sebenarnya tak dapat dipisahkan, namun ada penekanan khusus dalam masing-masing keterampilan proses tersebut. Para ahli pendidikan sains membagi aspek keterampilan proses sains secara berbeda-beda namun pada hakekatnya memiliki kesamaan satu dengan yang lain. Advancing Science Serving Society (AAAS) merumuskan sebuah framework science process skills, mulai dari observing hingga eksperimenting. Framework tersebut dijelaskan pada gambar berikut.


    Mengacu pada taksonomi Bryce et. al.(Bambang, 2013: 2) dimensi ketrampilan proses sains dibedakan menjadi tiga,
    1. ketrampilan dasar (basic skill) sebagai kemampuan yang terendah, 
    2. ketrampilan proses sains menengah berupa keterampilan memroses (process skill), dan 
    3. keterampilan menginvestigasi (investigation skill) sebagai keterampilan proses sains lanjut yaitu keterampilan yang tertinggi. 

    Sementara menurut Rezba et.al. (Bambang, 2013: 2) dimensi keterampilan proses sains dibedakan menjadi dua saja yaitu :
    1. ketrampilan proses sains dasar (basic science process skill) dan 
    2. keterampilan proses sains yang terintegrasi/terpadu (integrated science process skill). 

    Untuk lebih memahami materi ini, silakan download dan pelajari bahan ajar yang sudah disediakan, setelah itu lanjutkan dengan kegiatan forum diskusi, quiz, serta tugasnya.

    Jika ada pertanyaan-pertanyaan yang ingin disampaikan silakan gunakan forum chat.



  • PERTEMUAN 6. ANALISA KURIKULUM DAN SILABUS (PEMETAAN KOMPETENSI IPA) DI SD

    بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

    السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

    Selamat siang & Salam sejahtera untuk kita semua

    Masih ingatkah Anda bagaimana hakikat IPA dan Pembelajaran IPA di SD?

    Mengapa keterampilan proses dasar dan keterampilan proses lanjut (terintegrasi) merupakan keterampilan yang dibutuhkan siswa dalam pembelajaran IPA di SD?

    Tentu saja, jawaban atas kedua pertanyaan tersebut akan Anda butuhkan sebagai pemahaman awal Anda untuk dapat menganalisis kurikulum dan silabus, serta memetakan kompetensi IPA di SD pada pertemuan ini.  Hal ini dikarenakan untuk dapat menganalisis fakta, konsep atau prinsip dalam Kurikulum dan silabus IPA di SD, maka Anda memerlukan pengetahuan tentang karakteristik IPA sebagai proses, produk, dan sikap.


    Kurikulum 2013 sebagai kurikulum yang berlaku saat ini, memuat sejumlah mata pelajaran yang harus ditempuh atau dipelajari siswa disekolah atau perguruan tinggi untuk memperoleh Ijazah tertentu, sejumlah mata pelajaran yang ditawarkan dalam suatu lembaga pendidikan atau jurusan. Sebelum Anda menganalisis bagaimana pemetaan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar IPA di SD, silahkan analisis bagaimana struktur dan isi kurikulum 2013 khususnya untuk Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar berikut:



    • Untuk dapat menganalisa kurikulum 2013, silahkan Mahasiswa pelajari struktur lengkap kerangka dasar dan struktur kurikulum 2013 khususnya pada pembelajaran IPA di SD

    • PERMENDIKBUD NO.37 TH 2018 membahas mengenai muatan Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Silahkan mahasiswa cermati bagaimana pemetaan KI dan KD khususnya pada mata pelajaran IPA di SD/MI (halaman pdf: 43-47).

    • Bahan ajar ini memuat paparan tentang Analisis Kurikulum 2013, Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar, dan Kedudukan Pembelajaran IPA dalam Pembelajaran di SD Kurikulum 2013

    • *Tahukah Anda Bagaimana Karakteristik Pembelajaran di SD/MI yang tercantum dalam silabus Kurikulum 2013?

      Silahkan cermati paparan singkat berikut:

      Perlu mahasiswa ketahui bahwasanya karakteristik pembelajaran yang diterapkan di SD/MI dikemas dalam bentuk tematik terpadu. Pembelajaran Tematik merupakan pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan berbagai kompetensi dari berbagai mata pelajaran dalam berbagai tema. Shoemaker (1989) mendefinisikan Kurikulum terintegrasi (tematik) sebagai pendidikan disorganisasi sedemikian rupa sehingga mampu melintasi garis-garis batas mata pelajaran sehingga menciptakan konsep pembelajaran yang bermakna dimana proses KBM dapat terlaksana secara holistik dan merefleksikan dunia nyata secara interaktif. Pembelajaran Tematik disusun berdasarkan berbagai proses integrasi, yaitu: intradisipliner, multidisipliner, interdisipliner, dan transdisipliner.

       Lalu bagaimana persebaran mata pelajaran IPA dalam pembelajaran tematik di SD/MI? 
      *Untuk menjawab pertanyaan ini mahasiswa diarahkan untuk berdiskusi pada forum diskusi yang tersedia.
      *Silabus Kurikulum 2013 ini menjadi dasar acuan mahasiswa dalam mengidentifikasi bagaimana persebaran mata pembelajaran IPA dalam pembelajaran tematik terpadu di SD/MI. 
    • View Post replies: 5

      Mahasiswa diarahkan untuk menganalisis dan mengidentifikasi persebaran mata pelajaran IPA dalam pembelajaran tematik di SD/MI untuk selanjutnya berdiskusi untuk menjawab pertanyaan acuan berikut:
      1) Bagaimana karakteristik dan muatan pembelajaran IPA di SD untuk kelas rendah?
      2) Bagaimana karakteristik dan muatan pembelajaran IPA di SD untuk kelas tinggi?

      *Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum 2013, Permendikbud No.37 Th 2018, dan Silabus Kurikulum 2013 menjadi dasar acuan mahasiswa dalam menjawab pertanyaan tersebut.

      *Silahkan gunakan jurnal/buku sebagai referensi tambahan yang dapat mahasiswa gunakan dalam berargumentasi di forum diskusi

      *Kemukakan pendapat Anda pada forum diskusi yang tersedia untuk masing-masing kelas dengan cara me-reply topic. 

      *Mahasiswa diharapkan aktif me-reply minimal 5x dalam forum diskusi untuk dapat membuka akses tugas pada pertemuan 6.

    • Penugasan icon
      TUGAS PERTEMUAN 6 PEMETAAN MUATAN PEMBELAJARAN IPA DI SD Penugasan
      Sistematika Penugasan
      1. Mahasiswa membentuk kelompok yang terdiri dari 6 orang mahasiswa/kelompok
      2. Silahkan unduh LK Pemetaan muatan pembelajaran IPA di SD yang tersedia
      3. Lakukan analisis silabus dan identifikasi muatan pembelajaran IPA di SD untuk setiap tingkatan kelas 1 sampai kelas 6 (kelas rendah dan kelas tinggi)
      4. Setiap anggota kelompok bertanggung jawab untuk memetakan muatan pembelajaran IPA di SD
      5. Deadline penugasan 1 minggu (sebelum pertemuan perkuliahan berikutnya).
      6. Buatlah laporan hasil analisis pemetaan pembelajaran IPA di SD dengan mengembangkan hasil temuan kedalam kajian teoritis menggunakan referensi buku maupun jurnal. Laporan hasil analisis memuat deskripsi tentang analisis  kurikulum IPA kelas rendah dan kelas tinggi, serta bandingkan hasil analisis pembelajaran IPA pada kurikulum 2013 dengan kurikulum terdahulu (KBK dan KTSP).
      7. LK yang telah diisi dilampirkan pada lampiran
      8. Sebelum mengumpulkan silahkan cek plagiarisme tugas Anda. Gunakan aplikasi apa saja yang memudahkan Anda. Hasil cek plagiarisme tidak boleh melebihi 25% dan dilampirkan pada lampiran
      9. Laporan dikemas dengan format bebas, boleh paper atau makalah
      10. Tugas dikumpulkan dalam bentuk pdf
      Tidak tersedia kecuali: Aktivitas FORUM DISKUSI PERTEMUAN 6 ditandai selesai
    • Kuis icon
      QUIZ PERTEMUAN 6 Kuis
      Tidak tersedia kecuali: Aktivitas TUGAS PERTEMUAN 6 PEMETAAN MUATAN PEMBELAJARAN IPA DI SD ditandai selesai
  • PERTEMUAN 7. PEMBELAJARAN IPA ABAD 21

    بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

    السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

    Selamat siang & Salam sejahtera untuk kita semua

    Setelah Anda mempelajari struktur kurikulum 2013, Anda akan mengetahui bahwasanya karakteristik pembelajaran pada kurikulum 2013 erat kaitannya dengan pembelajaran Abad 21.

    Lalu... Bagaimanakah karakteristik pembelajaran abad 21?

    Ananda mahasiswa, masih ingatkah Anda suasana pembelajaran ketika Anda duduk di bangku SD? Apakah Anda pernah merasakan suasana pembelajaran seperti gambar berikut ini:


    Jika kita amati bersama, pada gambar terlihat seorang guru yang sedang menjelaskan dengan memegang sebuah kapur dan penggaris dengan papan tulis yang terpampang didepan kelas. Secara spontan Anda akan terbayang suasana pelaksanaan pembelajaran disana khususnya bagi Anda yang pernah mengalaminya. Kemudian coba Anda bedakan suasana yang Anda amati pada gambar dengan suasana pembelajaran pada video  berikut:

      

      

    Setelah Anda menemukan perbedaan suasana pembelajaran pada gambar dan video, maka Anda akan menyadari bahwa terjadi perubahan mendasar pada pelaksanaan pendidikan, perubahan inilah yang dikenal dengan istilah "disrupsi" dengan ciri-ciri berikut:

    1. Belajar tidak lagi terbatas pada paket-paket pengetahuan terstruktur namun belajar tanpa batas sesuai minat (continum learning);
    2. Pola belajar menjadi lebih informal;
    3. Keterampilan belajar mandiri (self motivated learning) semakin berperan penting; dan
    4. Banyak cara untuk belajar dan banyak sumber yang bisa diakses seiring pertumbuhan MOOC secara besar-besaran. 

    Jika Anda disuruh memilih, sekiranya Anda ingin belajar dengan suasana pembelajaran yang mana dan mengapa?

    Tentunya dengan mempertimbangkan kemudahan dalam belajar dan pembelajaran bermakna, Anda akan memilih suasana pembelajaran pada video. Kemudahan menjadi suatu alasan penting mengapa pembelajaran abad 21 tidak terlepas dari peran teknologi. Sedangkan pembelajaran bermakna tidak terlepas dari implikasi HOTS pada pembelajaran abad 21.

    Lalu...Siapkah Anda mengambil peran sebagai guru abad 21?

    Untuk meyakinkan jawaban Anda, silahkan Anda simak video berikut:

      

        

    Bagaimanakah implikasi pembelajaran Abad 21 terhadap pembelajaran IPA di SD?


    Pertanyaan ini menjadai dasar acuan Anda dalam mempelajari pokok bahasan pertemuan 7. Silahkan akses dan pelajari bahan ajar terlampir, berdiskusi pada forum diskusi dan kerjakan tugas yang tersedia agar mampu menganalisis tentang implikasi pembelajaran Abad 21 terhadap pembelajaran IPA di SD.

    • Bahan ajar ini dikemas dalam bentuk modul Pembelajaran Abad 21. Silahkan Anda pelajari tentang karakteristik pembelajaran Abad 21 sebagai pemahaman awal Anda sebelum Anda menganalisis implikasinya terhadap pembelajaran IPA di SD.

    • HOTS merupakan salah satu karakteristik pembelajaran Abad 21. Gunakan referensi ini sebagai referensi acuan yang memberikan pemahaman kepada Anda tentang pembelajaran berorientasi berpikir tingkat tinggi.

    • Penugasan icon
      TUGAS PERTEMUAN 7 Penugasan
      Tidak tersedia kecuali: Aktivitas FORUM DISKUSI PERTEMUAN 7 ditandai selesai
  • PERTEMUAN 8. UJIAN TENGAH SEMESTER

    بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

    السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ


    Selamat pagi ananda mahasiswa.

    Untuk kegiatan Ujian Tengah Semester (UTS) akan diadakan melalui laman spada ini. Adapun waktu pengerjaan ujian adalah 50 menit dengan jumlah soal 25. Setiap mahasiswa hanya akan diperkenankan untuk mengikuti ujian 1x, jadi silakan pastikan jaringan ananda memadai untuk mengikuti ujian ini.


    Adapun materi yang diujikan adalah pertemuan 1 s.d 7.

  • PERTEMUAN 9. PERENCANAAN PEMBELAJARAN IPA DI SD

    بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

    السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ


    Selamat siang ananda mahasiswa semuanya...

    Dalam rangka mengembangkan kompetensi pedagodik guru, maka keterampilan guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran menjadi sebuah keharusan.

    Nah, sebelum kita lanjut pada materi, coba jawab pertanyaan berikut:

    1. Mengapa Rencana Pembelajaran harus disusun oleh guru sebelum melaksanakan pembelajaran ?
    2. Bagaimana prosedur pengembangan rencana pembelajaran tersebut?

    Tuslikan hasil jawabanmu pada bagian Forum Diskusi.

    Setelah Anda membaca 2 bahan ajar yang telah dipersiapkan dan mengikuti kegiatan forum diskusi, silakan Anda ikuti kegiatan kuis dan tugas.

  • PERTEMUAN 10. PENGEMBANGAN BAHAN AJAR


    بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

    السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

    Selamat pagi Edutor mania...

    Pada kesempatan kali ini, kita akan mempelajari materi pengembangan bahan ajar. Tahukah kalian apa itu bahan ajar?

    Bahan Ajar atau learning material merupakan materi ajar yang dikemas sebagai bahan untuk disajikan dalam proses pembelajaran. Bahan ajar merupakan salah satu faktor pendukung siswa dapat mencapai kompetensi yang diharapkan. Nah, sebagai seorang guru ataupun calon guru yang professional, maka kemampuan mengembangkan bahan ajar adalah sesuatu yang mutlak.

    Untuk mempelajari apa itu bahan ajar, apa fungsi dan klasifikasinya, silakan Anda simak video pengembangan bahan ajar berikut.

     

     


    • View Post replies: 5 Make forum posts: 1
    • Berkas icon
      Format Bahan Ajar Berkas
      Contoh format bahan ajar yang dapat Anda kembangkan
      Tidak tersedia kecuali: Aktivitas Forum DIskusi Pengembangan Bahan Ajar ditandai selesai
    • Penugasan icon
      Tugas Pertemuan 10 Penugasan
      Tidak tersedia kecuali: Aktivitas Forum DIskusi Pengembangan Bahan Ajar ditandai selesai
    • Kuis icon
      Kuis Pertemuan 10
      Tidak tersedia kecuali: Aktivitas Forum DIskusi Pengembangan Bahan Ajar ditandai selesai
  • PERTEMUAN 11. PERENCANAAN KEGIATAN PRAKTIKUM IPA DI SD


    بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

    السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

    Selamat pagi Edutor mania...

    Pada kesempatan kali ini, kita akan mempelajari materi perencanaan kegiatan praktikum IPA di SD. 

    Simaklah video proyek sains berikut.

     

     


    Bagaimana perasaanmu setelah menonton video tersebut? 

    Setelah menonton video di atas, mungkin Anda mulai menyadari ternyata kegiatan praktikum (science project) tidak harus selalu menggunakan peralatan laboratorium, namun juga bisa menggunakan benda-benda atau peralatan yang ada di sekitar kita. Dan tentu saja, dari video tersebut, Anda bisa membayangkan bagaimana excited-nya siswa dalam mengikuti pembelajaran kan?

    Dengan mengajak siswa praktikum, akan ada banyak hal termasuk pengalaman belajar bermakna yang siswa temukan nantinya. Dengan mengajak siswa praktikum dalam proses pembelajaran, tanpa disadari berarti pembelajaran yang Anda rancang sudah memenuhi unsur HOTS dan mengasah 4C (keterampilan berpikir kreatif /creative thinking, berpikir kritis dan pemecahan masalah /critical thinking and problem solving, berkomunikasi /communication, dan berkolaborasi / collaboration.

    Nah, sebelum Anda merancang kegiatan praktikum, mari berdiskusi terlebih dahulu mengenai hal-hal yang perlu pendidik perhatikan dan pendidik persiapkan ketika ingin melakukan praktikum. Kendala apa saja yang dialami pendidik ketika ingin menghadirkan kegiatan praktikumdalam pembelajaran di kelas. Ikuti Forum Diskusi Pertemuan 11.a yaaaa...


    • View Post replies: 4 Make forum posts: 1
    • Forum icon
      Forum Diskusi Pertemuan 11.b
      Tidak tersedia kecuali: Aktivitas Forum Diskusi Pertemuan 11.a ditandai selesai
    • Penugasan icon
      Tugas Pertemuan 11 Penugasan
      Tidak tersedia kecuali: Aktivitas Forum Diskusi Pertemuan 11.b ditandai selesai
  • PERTEMUAN 12. PENGEMBANGAN LKPD DAN MEDIA PEMBELAJARAN

    بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

    السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

    Selamat siang & Salam sejahtera untuk kita semua

    Pada pertemuan 12 ini, Anda diarahkan untuk mampu mengembangkan LKPD dan media untuk pembelajaran IPA di SD.

    Setelah Anda memperlajari tentang Bahan Ajar pada pertemuan sebelumnya, Anda akan menyadari bahwasanya LKPD (student worksheet) merupakan bagian dari bahan ajar. Menurut Depdiknas (2008) lembar kerja peserta didik (LKPD) adalah lembaran-lembaran berisi kegiatan yang harus dikerjakan oleh peserta didik. Lembar kegiatan memuat petunjuk dan sekumpulan kegiatan mendasar yang harus dilakukan oleh peserta didik untuk memaksimalkan pemahaman dalam upaya pembentukan kemampuan dasar sesuai indikator pencapaian hasil belajar yang harus ditempuh. LKPD sangat baik dipergunakan dalam rangka strategi heuristik maupun ekspositorik.  Dalam strategi heuristik LKPD dipakai dalam metode penemuan terbimbing, sedangkan dalam strategi ekspositorik LKPD dipakai untuk memberikan latihan pengembangan. Oleh karena itu dalam pembelajaran IPA, LKPD dapat digunakan sebagai bahan ajar yang memudahkan pendidik dalam memfasilitasi peserta didik untuk belajar mandiri.

    Agar Anda lebih memahami tentang LKPD untuk pembelajaran IPA dan bagaimanakah mengembangkan LKPD untuk pembelajaran luring dan daring, maka simaklah video berikut ini:

    *catatlah informasi penting khususnya tentang pengembangan LKPD untuk pembelajaran IPA di SD. Informasi ini akan Anda butuhkan untuk berdiskusi bersama mahasiswa lainnya di forum diskusi LKPD.

    Selain mengembangkan LKPD, pada pertemuan ini mahasiswa juga diarahkan untuk mengembangkan media pembelajaran IPA di SD. Pengembangan media pembelajaran yang dimaksud berfokus pada bagaimana mahasiswa mampu memilih media pembelajaran secara tepat guna, dan memanfaatkannya dalam pembelajaran IPA di SD. Tentunya agar dapat memanfaatkan sebuah media pembelajaran maka ada berbagai hal yang perlu mahasiswa perhatikan, khususnya dalam menyesuaikan dan mengembangkan media pembelajaran tersebut sesuai kebutuhan dan karakteristik pembelajaran IPA. Agar Anda dapat memahami tentang media pembelajaran yang biasa digunakan pada pembelajaran IPA di SD, maka simaklah video berikut ini:


    • Bahan Ajar ini memuat tentang pemaparan umum pengembangan bahan ajar. Silahkan pelajari  untuk menambah pemahaman Anda tentang bahan ajar sebagai bekal awal dalam mengembangkan sebuah LKPD untuk pembelajaran IPA di SD
    • Artikel ini memuat gambaran bagaimana mengembangkan sebuah LKPD untuk pembelajaran IPA di SD sebagai contoh yang dapat menginspirasi mahasiswa.

    • Bahan ajar ini membahas tentang pengembangan media pembelajaran IPA di SD. Silahkan pelajari bahan ajar ini untuk selanjutnya mendalami konsep media pembelajaran IPA di SD dengan berdiskusi pada forum dan mencoba memilih, dan mengembangkan sebuah media pembelajaran di SD sesuai dengan kebutuhan pada pembelajaran IPA di SD berdasarkan RPP yang telah Anda kembangkan pada pertemuan 9.
    • View Make forum posts: 5

      Setelah Anda mempelajari bahan ajar dan menganalisis video pembelajaran tentang LKPD untuk pembelajaran IPA di SD, maka pada forum diskusi ini Anda akan diarahkan untuk berdiskusi terkait dengan bagaimana mengembangkan LKPD pembelajaran IPA di SD untuk luring dan daring? jelaskan gambaran umum karakteristik LKPD yang akan Anda kembangkan!

      *Silahkan berdiskusi pada forum diskusi yang tersedia untuk masing-masing kelas dengan me-reply topik diskusi
    • Silahkan gunakan LK ini sebagai acuan Anda dalam mengembangkan LKPD Pembelajaran IPA di SD. LKPD yang dikembangkan berfokus dalam memfasilitasi pembelajaran IPA dan merupakan tindak lanjut dari pengembangan prangkat pembelajaran IPA Anda. Oleh karena itu, LKPD harus disesuaikan dengan RPP. Selain itu mahasiswa juga dapat menyesuaikan isi kegiatan LKPD dengan pendekatan, model, dan strategi pembelajaran yang digunakan dengan memperhatikan karakteristik materi pembelajaran IPA.

    • Penugasan icon
      TUGAS PENGEMBANGAN LKPD PEMBELAJARAN IPA DI SD Penugasan

      Silahkan upload LKPD Pembelajaran IPA di SD yang sudah dikembangkan dengan format pdf. LKPD harus disesuaikan dengan RPP yang telah dikembangkan.

      Tidak tersedia kecuali: Aktivitas FORUM DISKUSI PERTEMUAN 12.a LKPD ditandai selesai
    • Setelah Anda mempelajari bahan ajar dan menganalisis video pembelajaran tentang Media Pembelajaran IPA di SD, maka pada forum diskusi ini Anda akan diarahkan untuk berdiskusi terkait dengan bagaimana mengembangkan media pembelajaran IPA di SD untuk luring dan daring? jelaskan hal mendasar yang menjadi alasan Anda dalam memilih, mengembangkan dan memanfaatkan media sesuai kebutuhan muatan pembelajaran IPA yang tertera di RPP Anda!

      *Silahkan berdiskusi pada forum diskusi yang tersedia untuk masing-masing kelas dengan me-reply topik diskusi

    • Silahkan gunakan LK ini sebagai acuan Anda dalam mengembangkan media Pembelajaran IPA di SD. Pemilihan, pengembangan dan pemanfaatan media yang pembelajaran diperlukan agar mampu memfasilitasi pembelajaran IPA (teap guna) dan merupakan tindak lanjut dari pengembangan prangkat pembelajaran IPA Anda. Oleh karena itu, Media pembelajaran harus disesuaikan dengan RPP.

      *Khusus pokok bahasan pengembangan media pembelajaran, lebih di fokuskan pada pemanfaatan media untuk pembelajaran IPA sehingga mahasiswa boleh memilih by design (disarankan) atau by utilization. Untuk itu mahasiswa diarahkan untuk melakukan konsultasi kepada dosen pengampu.

    • Penugasan icon
      TUGAS PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DI SD Penugasan

      Silahkan upload  deskripsi Media Pembelajaran IPA di SD yang sudah digunakan dengan format pdf. Media pembelajaran harus disesuaikan dengan RPP. Pemilihan, pengembangan dan pemanfaatan media pembelajaran IPA diharapkan tepat guna.

      *Khusus pokok bahasan pengembangan media pembelajaran, lebih di fokuskan pada pemanfaatan media untuk pembelajaran IPA sehingga mahasiswa boleh memilih by design (disarankan) atau by utilization. Untuk itu mahasiswa diarahkan untuk melakukan konsultasi kepada dosen pengampu.

      Tidak tersedia kecuali: Aktivitas FORUM DISKUSI PERTEMUAN 12b. MEDIA PEMBELAJARAN ditandai selesai
  • PERTEMUAN 13. PENGEMBANGAN EVALUASI PEMBELAJARAN IPA DI SD

    بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

    السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

    Selamat siang & Salam sejahtera untuk kita semua



    • Bahan Ajar ini merupakan bahan ajar dalam bentuk bahan presentasi (ppt) yang memuat paparan mengenai kedudukan pengukuran, penilaian, dan evalusi. Bahan ajar ini juga memaparkan tentang  penilaian berdasarkan kurikulum 2013 untuk ketiga aspek yakni afektif, kognitif, dan psikomotor. Silahkan di akses untuk dapat mengembangkan instrumen penilaian sesuai standar kurikulum 2013 khususnya bagi pembelajaran IPA.

    • View Make forum posts: 5

      Setelah Anda memahami tentang kedudukan pengukuran, penilaian, dan evaluasi dalam pembelajaran IPA di SD, serta penilaian dalam kurikulum 2013. Maka pada forum ini, Anda diharapkan untuk berdiskusi agar mampu menjawab pertanyaan acuan berikut:

      1. Bagaimana kriteria soal HOTS beserta contoh? 

      2. Apa yang dilakukan oleh pendidik, jika hasil evaluasi menunjukkan ada beberapa peserta didik yang tidak mampu mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pembelajaran IPA di SD?

    • Penugasan icon
      TUGAS PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN UNTUK PEMBELAJARAN IPA DI SD Penugasan

      Setelah Anda mengakses bahan ajar, dan memperdalam pemahaman Anda tentang evaluasi pembelajaran di SD pada forum diskusi, maka diakhir pokok bahasan ini Anda diarahkan mengembangkan instrumen penilaian untuk pembelajaran IPA di SD menggunakan LK yang tersedia.

      *Pengembangan evaluasi pembelajaran IPA di SD harus sesuai dengan RPP yang telah dirancang.

      *Pengumpulan tugas dapat dilakukan secara upload langsung dalam bentuk word/pdf. Selain itu, bisa pula dalambentuk link drive berbagi.

      Tidak tersedia kecuali: Aktivitas FORUM DISKUSI PERTEMUAN 13 ditandai selesai
  • PERTEMUAN 14 - 15. IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN IPA DI SD

    بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

    السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

    Selamat siang & Salam sejahtera untuk kita semua


    Pada pertemuan 14-15 ini, Anda diarahkan untuk mampu mengimplementasikan pembelajaran IPA di SD. Oleh karena itu, Anda diharapkan sudah selesai mengembangkan perangkat pembelajaran IPA di SD sesuai arahan pada pertemuan 9-13. Agar mampu mengimplementasikan pembelajaran IPA di SD, Anda perlu mengingat kembali bagaimana teori belajar untuk pembelajaran IPA di SD, strategi, model-model, metode dan pendekatan untuk pembelajaran IPA di SD. Selain itu, Anda juga diharapkan mampu menguasai keterampilan dasar mengajar. Silahkan Anda amati video berikut ini:



    • Ebook pembelajaran IPA di SD ini memuat pemaparan materi-materi  yang dibutuhkan untuk melaksanakan pembelajaran IPA di SD. Anda akan diarahkan untuk mengingat kembali Hakikat IPA dan Pembelajaran IPA di SD; Teori Belajar dalam Pembelajaran IPA di SD; Media dalam Pembelajaran IPA di SD; Model Pembelajaran IPA di SD; Metode dalam Pembelajaran IPA di SD; dan pengembangan perangkat pembelajaran IPA di SD. Silahkan dipelajari sebagai referensi tambahan Anda sebelum melaksanakan pembelajaran IPA di SD

    • Bahan ajar "Kiat Menghidupkan Pembelajaran Daring" memberikan Anda gambaran tentang Ruang Belajar Zaman Now, dan bagaimana mengoptimalkan pelaksanaan pembelajaran secara daring.

    • Bahan ajar ini memuat pemaparan tentang video praktik pembelajaran di SD yang dapat Anda jadikan acuan dalam merancang skenario pembelajaran IPA di SD pada pertemuan ini, untuk selanjutnya ditindak lanjuti dengan membuat sebuah video praktik pembelajaran IPA di SD sebagai capaian UAS Mata Kuliah Pembelajaran IPA di SD.

    • Video praktik ini memuat peerteaching pembelajaran IPA di SD, silahkan Anda amati untuk selanjutnya Anda diskusikan hasil temuan Anda tentang "bagaimana video praktik pembelajaran IPA di SD yang ditayangkan? apakah sudah sesuai dengan kriteria pembelajaran abad 21?" untuk selanjutnya menjadi acuan Anda dalam mengemukakan  komentar dan saran yang pada forum diskusi 

    • View Make forum posts: 5

      Setelah Anda mengakses bahan ajar dan mengamati video praktik pembelajaran IPA di SD, maka silahkan kemukakan pendapat Anda tentang:

      1. Bagaimana hasil pengamatan Anda terhadap video praktik pembelajaran IPA di SD yang dilampirkan? (Berikan saran dan masukan)

      2. Apakah sudah sesuai dengan kriteria pembelajaran abad 21? (Jika sudah sampaikan alasannya dan jika belum berikan tanggapan Anda bagaimana seharusnya)

  • PERTEMUAN 16. UJIAN AKHIR SEMESTER

    بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

    السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

    Selamat siang & Salam sejahtera untuk kita semua

    Selamat kami ucapkan untuk seluruh mahasiswa pada kelas daring MK Pendidikan IPA di SD, karena Anda sudah mampu menyelesaikan seluruh rangkaian aktivitas perkuliahan pada kelas daring ini. Untuk dapat mengukur ketercapaian kemampuan Anda dalam mengembangkan prangkat dan mengimplementasikan pembelajaran IPA di SD,  maka pada Ujian Akhir Semester mata kuliah ini dikemas dalam bentuk project video praktik pembelajaran IPA di SD.

    *Silahkan mahasiswa membuat sebuah video praktik pembelajaran IPA di SD sesuai arahan (cek kembali bahan ajar video praktik pembelajaran pada pertemuan 14-15).

    *Video praktik yang telah di buat diupload pada google drive masing-masing mahasiswa untuk selanjutnya kumpulkan pada  UAS dalam bentuk link (bukan di youtube).

    *Cover video memuat logo universitas,  identitas mahasiswa, nama dosen pengampu, MK Pendidikan IPA di SD, dan Prodi PGSD.

    *Berpenampilan sopan, rapi dan menunjukkan figure seorang pendidik

    *Jika terdapat kendala dan membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan sampaikan pada grup WA atau komunikasikan dengan dosen pengampu

    Terima kasih & selamat mengerjakan