LMS-SPADA INDONESIA
"SELAMAT DATANG DIPERKULIAHAN PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI"
Dosen Pembina: Dr. Erny Wahdini, S.Pd., M.Pd

email: erny.wahdini@ulm.ac.id/08125127238
Deskripsi Mata Kuliah:
Matakuliah ini membahas tentang kreatifitas dan keberbakatan melalui berbagai sudut pandang latar belakang, pengertian dan konsep, serta teori pembentukan kreativitas dan keberbakatan. Dan bagaimana penerapan konsep-konsep tersebut dalam pembelajaran sehingga bentuk pengajaran AUD mampu mengembangkan kreativitas anak.
Bahan Kajian:
Dasar-dasar pengembangan kreativitas, teori kreativitas, model dan strategi pembelajaran dalam pengembangan kreativitas AUD, pengukuran kreativitas, dan praktik pengembangan kreativitas AUD.
Referensi:
Tugas Mandiri:
1. Menelaah Buku Bab I
2. Membuat kesimpulan pengertian kreativitas anak usia dini
3. Menyampaikan Tugas
Teori Psikoanalisi:
1. Sigmund Freud
2. Ernst Kris
3. Carl Jung
Case study:
Teori Humanistik:
1. Abraham Maslow
2. Carl Rogers
3. Cziksentmihalyi
Teori Kognitif
Kreativitas AUD
Teori Kreativitas
Teori Islam
Model
UJian Tengah Semester (UTS) Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini memberikan pengalaman langsung kepada mahasiswa untuk mengamati Karakteristik Kreativitas Alamiah Anak Usia Dini
Pendekatan dalam pengukuran bakat kreatif:
Manfaat Pengukuran Bakat Kreatif:
Presentasi kelompok:
Pengembangan kreativitas aspek Nilai Agama dan Moral
Presentasi kelompok :
Pengembangan kreativitas aspek bahasa
Topik Bahasan:
1. Bagaimana pengembangan aspek NAM dilihat dari sudut pengembangan kreativitas?
2. Bagaimana hubungan kreativitas dengan aspek NAM anak usia dini?
3. Bagaimana rancangan pembelajaran aspek NAM dengan menggunakan konsep Merdeka Belajar?
Semua mahasiswa memberikan jawaban di chatroom
Silakan mengritisi jawaban dari teman yang lain
Pengembangan kreativitas aspek kognitif
Pengembangan kreativitas aspek fisik/motorik
Topik Bahasan "Pengembangan Kreativitas Aspek Nilai Agama dan Moral"
1. Jelaskan hubungan kreativitas dengan aspek nilai agama dan moral AUD
2. Deskripsikan indikator pada TPPA yang terkait erat dengan kreativitas
3. Mengapa kreativitas anak perlu dikembangkan
silakan gunakan room chat untuk menyampaikan pendapat, masing-masing mahasiswa wajib menyampaikan jawabanya di room chat
selamat belajar
Presentasi Kelompok
Pengembangan kreativitas aspek Sosial dan emosional