Global searching is not enabled.
Skip to main content

Topic outline

  • Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini

    "SELAMAT DATANG DIPERKULIAHAN PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI"

    Dosen Pembina: Dr. Erny Wahdini, S.Pd., M.Pd

    email: erny.wahdini@ulm.ac.id/08125127238

    Deskripsi Mata Kuliah:

    Matakuliah ini membahas tentang kreatifitas dan keberbakatan melalui berbagai sudut pandang latar belakang, pengertian dan konsep, serta teori pembentukan kreativitas dan keberbakatan. Dan bagaimana penerapan konsep-konsep tersebut dalam pembelajaran sehingga bentuk pengajaran AUD mampu mengembangkan kreativitas anak.

    Bahan Kajian:

    Dasar-dasar pengembangan kreativitas, teori kreativitas, model dan strategi pembelajaran dalam pengembangan kreativitas AUD, pengukuran kreativitas, dan praktik pengembangan kreativitas AUD.

    Referensi:

    1. Hurlock, B Elizabeth, 1978, Perkembangan Anak Jilid 2, Diterjemahkan Oleh Med, Metasari Tjandrasa, Jakarta: Erlangga.
    2. Hartiti Tri, Pengaruh Tandur Terhadap Kreativitas Pada PembelajaranMatematika Berdasarkan Gender Siswa SD Kelas V Di Gugus Diponegoro Kota Salatiga, Yogyakarta: Universitas Kristen Surya Wacana, Skripsi.
    3. Idris Zahara dan Jamal Lisma, 1992, Pengantar Pendidikan Cet Ke-2, Jakarta: Gramedia Widiasarana.
    4. Jamaris Martini, 2010, Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan, Jakarta:Yayasan Penamas Murni.
    5. Latif Mukhtar, dkk, 2013, Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia DiniTeori dan Aplikasi, Jakarta: Kencana Preanada Media Group.
    6. Munandar Utama, 1999, Kreativitas dan Keberbakatan:Strategi MewujudkanKreatif dan Bakat, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
    7. Munandar Utami, 2012, Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat, Jakarta: Rineka Cipta.
    8. Masganti Sit dkk, 2016, Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Teori dan Praktik, Medan: Perdana Mulya Sarana.
  • 1. Kreativitas

    1. Pengertian Kreativitas 
    2. Hubungan Kreativitas dengan Intelegensi 
    3. Mekanisme Kreativitas                                   
  • 2. Dasar-Dasar Pengembangan Kreativitas

    1. Ciri–ciri Anak Kreatif      
    2. Pendekatan 4P dalam Pengembangan Kreativitas
    3. Faktor Pendukung dan Penghambat Pengembangan Kreativitas
  • 3. Teori Kreativitas

    Teori Psikoanalisi:

    1. Sigmund Freud

    2. Ernst Kris

    3. Carl Jung

    • Case study:

      1. Make a report of your observations on the implementation of learning in early childhood education institutions;
      2. What activities the teacher does to stimulate children's creativity;
      3. Data on PAUD (institution name and address)

  • 4. Teori Kreativitas

    Teori Humanistik:

    1. Abraham Maslow

    2. Carl Rogers

    3. Cziksentmihalyi

  • 5. Teori Kreativitas

    Teori Kognitif

  • 6. Teori Kreativitas

    Teori Islam

  • 7. MODEL DAN STRATEGI PEMBELAJARAN DALAM PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI

    Model

    1. Kooperatif
    2. Konstruktivisme
    3. Portopolio
    4. Kontekstual
  • 8. UJIAN TENGAH SEMESTER/UTS

    • UJian Tengah Semester (UTS) Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini memberikan pengalaman langsung kepada mahasiswa untuk mengamati Karakteristik  Kreativitas Alamiah Anak Usia Dini

  • 9. Pengukuran Kreativitas

    Pendekatan dalam pengukuran bakat kreatif:

    • analisis obyektif
    • pertimbangan subyektif
    • inteventori kepribadian

  • 10. Pengukuran Kreativitas

    Manfaat Pengukuran Bakat Kreatif:

    • Pengayaan
    • Pola perkembangan kreativitas
    • Remidiasi
  • 11. Presentasi Kelompok

    Presentasi kelompok:

    Pengembangan kreativitas aspek Nilai Agama dan  Moral

  • 12. Presentasi Kelompok

    Presentasi kelompok :

    Pengembangan kreativitas aspek bahasa

    • Topik Bahasan:

      1. Bagaimana pengembangan aspek NAM dilihat dari sudut pengembangan kreativitas?

      2. Bagaimana hubungan kreativitas dengan aspek NAM anak usia dini?

      3. Bagaimana rancangan pembelajaran aspek NAM dengan menggunakan konsep Merdeka Belajar?

      Semua mahasiswa memberikan jawaban di chatroom

      Silakan mengritisi jawaban dari teman yang lain

  • 13. Presentasi Kelompok

    Presentasi kelompok :  

    Pengembangan kreativitas aspek kognitif

  • 14. Presentasi Kelompok

    Presentasi kelompok :  

    Pengembangan kreativitas aspek fisik/motorik

    • Topik Bahasan "Pengembangan Kreativitas Aspek Nilai Agama dan Moral"

      1. Jelaskan hubungan kreativitas dengan aspek nilai agama dan moral AUD

      2. Deskripsikan indikator pada TPPA yang terkait erat dengan kreativitas

      3. Mengapa kreativitas anak perlu dikembangkan

      silakan gunakan room chat untuk menyampaikan pendapat, masing-masing mahasiswa wajib menyampaikan jawabanya di room chat

      selamat belajar

  • 15. Presentasi Kelompok

    Presentasi Kelompok

    Pengembangan kreativitas aspek Sosial dan emosional

  • 16. UJIAN AKHIR SEMESTER/UAS

  • Topic 17