Strategi Pembelajaran Sejarah
Dosen Pengampu
Nama : DHALIA SOETOPO Email: dhalia.soetopo@gmail.com |
||
|
Mata Kuliah | : | Strategi Pembelajaran Sejarah |
Kode | : | 2001070623 |
Program Studi | : | S1 Pendidikan Sejarah |
Perguruan Tinggi | : | Universitas PGRI Mahadewa Indonesia |
Konsep strategi pembelajaran, klasifikasi strategi pembelajaran, jenos strategi pembelajaran, metode pembelajaran sejarah, dasar Sejarah, Evaluasi pembelajaran sejarah Media Pembelajaran Sejarah dan Pengelolaan Kelas dalam Pembelajaran Sejarah.
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)- Memiliki pemahaman tentang keterkaitan antara tujuan, materi, strategi pembelajaran dan evaluasi pembelajaran sejarah
- Memiliki pemahaman tentang pendekatan dalam Pembelajaran Sejarah
Unduh RPS |
Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Rekan mahasiswa yang berbahagia, selamat datang pada mata kuliah Strategi Pembelajaran Sejarah. Mata kuliah Strategi Pembelajaran Sejarah merupakan mata kuliah dasar yang terletak di semester 3 program studi Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Mahadewa Indonesia dan Universitas PGRI Banyuwangi.
Materi yang dipelajari pada matakuliah ini adalah sebagai berikut :
- Pengertian Strategi Belajar, Mengajar, dan Pembelajaran Sejarah
- Tujuan pendidikan dan tujuan pendidikan Sejarah
- Ruang lingkup materi pendidikan Sejarah di sekolah
- Paradigma baru tentang Mengajar, Kompetensi Guru Sejarah, Keterampilan Dasar Mengajar
- Pendekatan dalam Pembelajaran Sejarah
- Model-model pembelajaran Sejarah
- Metode Pembelajaran Sejarah
- Evaluasi Pembelajaran Sejarah
- Media Pembelajaran Sejarah
- Pengelolaan Kelas dalam Pembelajaran Sejarah
Pustaka Utama yang digunakan pada Mata Kuliah adalah sebagai berikut :
- Aunurrahman. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta..
- Djamarah, Saiful Bahri., dan Aswan Zain. (1996). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
- Mulyasa, E., (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT. remaja Rosda Karya
- Permendikbud RI, Nomor 54 tahun 2013. Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah.
- Permendikbud RI, Nomor 65 tahun 2013. Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.
- Permendikbud RI, Nomor 81A tahun 2013, tentang Implementasi Kurikulum.
- Sanjaya, Wina. (2007). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
- Solihatin, Etin., dan Raharjo. (2007). Cooprative Learning: Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta: Bumi Aksara
- Sudjana, Nana. (2005). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensino
- Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. (2001). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensino
- Sunaryo. (1989). Strategi Belajar Mengajar dalam Pengajaran IPS. Jakarta: Dirjend Dikti Proyek PLPTK.
- Uno, Hamzah B. (2011). Belajar Dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
- Wahab, Abdul Aziz. (2008). Metode dan Model-Model Mengajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Bandung: Alfabeta
- Widja, I Gde. (1989). Dasar-Dasar Pengembangan Strategi Serta Metode Pengajaran Sejarah. Jakarta: Dijend Dikti Proyek PLP
Dosen Pengampu
- I Nyoman Bayu Pramatha, S.Pd, M.Pd
- Dhalia Soetopo, M.Pd
Selamat kuliah, dan Wassalamu'alaikum Wr Wb.