Pencarian global tidak diaktifkan.
Lewati ke konten utama

Ringkasan topik

    • Assalamualaikum Wr. Wb.

      Salam Sejahtera untuk kita Semua.

      Selamat datang para mahasiswa/i yang saya banggakan.

      Dimanapun berada, semoga selalu dalam keadaan sehat dan dalam Lindungan Allah SWT.

      Selamat datang di Mata kuliah Manajemen Sumber Daya Manusia 1 dengan Sistem Pembelajaran Daring (SPADA).

      Perkenalkan kami dosen pengampu mata Kuliah  Dr. Sahyunu, SE., M.Si dari Prodi S1 Manajemen  FEB Universitas Sulawesi Tenggara, Dr. Sri Wiyati Mahrani, SE., M.Si dari Prodi S1 Manajemen FEB Universitas Halu Oleo dan Wa Ode Dien Indalestari, SM., MM dari Prodi S1 Manajemen FEB Universitas Sulawesi Tenggara.

      Mata kuliah Manajemen Sumber  Daya Manusia 1 (MSDM-1) ini merupakan salah satu implementasi Pembelajaran Daring Kolaboratif (PDK) kerjasama  dan Prodi S1 Manajemen  FEB Universitas Sulawesi Tenggara Prodi S1 Manajemen FEB Universitas Halu Oleo Tahun 2023

      Selamat mengikuti perkuliahan ini dengan baik,

      Tetap setia pada proses dan tetap semangat !!

      Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

      Dosen Pengampu


  • Salam dan Selamat Datang di Mata Kuliah Manajemen Sumber Daya Manusia I

    • Deskripsi Mata Kuliah MSDM

    Mata kuliah Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas SULAWESI TENGGARA dan Fakultas Ekonomi Universitas Halu Oleo. Mata kuliah MSDM menitikberatkan pada kemampuan dasar mahasiswa dalam memahami pentingnya pengetahuan tentang MSDM, yang membahas tentang pengelolaan sumber daya manusia (SDM) dalam suatu organisasi atau perusahaan meliputi peranan MSDM, dan fungsi operasional atau siklus MSDM berupa perencanaan tenaga kerja, rekrutmen & seleksi, pelatihan & pengembangan SDM. Mata kuliah ini juga memberikan pemahaman konseptual tentang dasar, perkembangan dan ruang lingkup serta fungsi MSDM, baik untuk sektor publik maupun bisnis dalam menunjang visi misi organisasi. Selanjutnya, mata kuliah ini juga mengkaji perlunya MSDM melakukan penilaian prestasi, perencanaan & pengembangan karir, kompensasi dan penyelesaian masalah SDM dalam suatu organisasi atau perusahaan.

    • Capaian Pembelajaran

    1. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan teori manajemen sumber daya manusia dan tantangannya diera globalisasi
    2. Mahasiswa mampu mengimplementasikan Konsep2 dasar manajemen sumber daya manusia dan tantangannya diera globalisasi
    3. Mahasiswa mampu menjelaskan peran Manajer dalam kegiatan manajemen sumber daya manusia dan tantangannya diera globalisasi

    • Materi Pembelajaran

    1. MSDM dan tantangannya di Era Globalisasi
    2.  Pengelolaan MSDM berdasarkan prinsip keragaman dan kesetaraan dalam pekerjaan (Equal Employment Opportunity/EEO)
    3. Sistem kompensasi berkridibilitas
    4. Program Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)
    5. Penilaian kinerja berbasis teknologi
    6. Perencanaan Manajemen
    7. Analisis Pekerjaan
    8. Seleksi, Orientasi dan Penempatan
    9. Manajemen perencanaan karir
    10. Manajemen Pelatihan dan Pengembangan SDM

    • Referensi

    Dessler, Gary. 2015. Human Resource Management, 10th Edition. Prentice Hall, New Jersey, 2015

    Grup Whatsapp PDK Manajemen Sumber Daya Manusia

    Link Grup : https://chat.whatsapp.com/FuXbuVjyN0q6TC7zrHL0St


    • DOSEN 1

      NAMA : DR. SAHYUNU, SE., M.Si

      PRODI : S1 MANAJEMEN FEB UNIVERSITAS SULAWESI TENGGARA

      DOSEN 2

      NAMA : DR. SRI WIYATI MAHRANI, SE., M.Si

      PRODI : S1 MANAJEMEN FEB UNIVERSITAS HALU OLEO

      DOSEN 3

      NAMA : WA ODE DIEN INDALESTARI, SM., MM

      PRODI : SI BISNIS DIGITAL FEB UNIVERSITAS SULAWESI TENGGARA

    • Struktur Pelaksanaan Perkuliahan matakuliah Manajemen Sumber Daya Manusia I (MSDM I) ini, diharapkan seluruh peserta didik dapat menyelesaikan mata kuliah ini dalam kurun waktu 1 Semester. Adapun struktur pelaksanannya adalah sebagai berikut:

      1. Peserta didik diwajibkan membaca setiap materi dan konten yang diberikan per pokok bahasan, yang diikuti dengan secara aktif berpartisipasi serta dapat mengerjaan kuis yang telah tersedia.
      2. Peserta didik dapat mengikuti UTS dan UAS dengan waktu yang telah ditentukan.
      3. Semua bentuk aktivitas selama perkuliahan harus terdata di LMS ini.

    • Dalam mengikuti perkuliahan ini, para mahasiswa harus mengadopsi paradigma dan mekanisme pembelajaran dengan prinsip-prinsip utama sebagai berikut:

      Mahasiswa diharapkan untuk aktif melakukan proses pembelajaran mandiri melalui beraneka ragam cara yang tersedia dan memungkinkan, yaitu: 

      (a) menggunakan referensi yang tersedia; 

      (b) memanfaatkan berbagai sumber yang dapat diakses via internet; 

      (c) melakukan komunikasi intensif antar sesama mahasiswa; 

      (d) mengerjakan seluruh latihan dan tugas-tugas yang diberikan; 

      (e) menghadiri sesi temu daring dengan dosen pengampu mata kuliah; dan 

      (f) mengikuti ujian terjadwal yang telah ditetapkan. 

      Paradigma pembelajaran daring adalah aktif dan mandiri, dimana keberhasilan mahasiswa akan ditentukan oleh intensitas pembelajaran yang dilakukannya sendiri, bukan bergantung pada pihak lain sebagaimana model perkuliahan konvensional berbasis tatap muka.

      Mengingat bahwa capaian pembelajaran mahasiswa (standar kompetensi kelulusan) peserta program pendidikan jarak jauh harus sama dengan model pembelajaran berbasis tatap muka, maka model evaluasi atau penilaiannya akan jauh lebih ketat dan bersifat multi dimensi. 

      Dalam penyelenggaraan matakuliah MSDM 1 ini, dosen pengampu menilai mahasiswa dengan menggunakan berbagai instrumen dan indikator, seperti: 

      (a) keaktifan dalam mengikuti forum diskusi; 

      (b) keteraturan atau frekuensi dalam melakukan akses terhadap sumber daya pendidikan yang tersedia pada aplikasi learning management system yang dipakai; 

      (c) kuantitas kehadiran dan kualitas interaksi dalam sesi komunikasi virtual dengan dosen; 

      (d) kelengkapan pengumpulan tugas yang diberikan; 

      (e) partisipasi aktif mengerjakan soal-soal latihan; dan 

      (f) hasil ujian tengah semester/quis maupun ujian akhir semester. 

      Keseluruhan kinerja mahasiswa melalui beragam model interaksi tersebut dijadikan sebagai bahan evaluasi dosen dalam memberikan penilaian akhir pencapaian mahasiswa dalam mata kuliah yang bersangkutan. Perlu diperhatikan bahwa bobot keseluruhan model interaksi dan evaluasi tersebut kurang lebih sama karena sifatnya yang holistik.


    • Peserta didik akan dievaluasi penguasaannya dan pemahamannya terhadap materi kuliah dengan menggunakan pendekatan sebagai berikut:

      1.      Diskusi, Latihan Soal, Tugas per Pokok Bahasan, Project Base Learning, Case Method dan Kuis (50%)

      2.      Ujian Tengah Semester (20%)

      3.      Ujian Akhir Semester (30%)


  • RPS Mata Kuliah Manajemen Sumber Daya Manusia I

    • Rencana pembelajaran semester (RPS) merupakan rencana pembelajaran yang disusun untuk kegiatan pembelajaran selama satu semester guna memenuhi capaian pembelajaran lulusan yang dibebankan pada suatu mata kuliah (Manajemen Sumber Daya Manusia)


  • BUKU AJAR MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA

    • Buku yang berjudul Manajemen Sumber Daya Manusia merupakan salah satu bentuk output implementasi Program Bantuan Pembelajaran Daring Kolaboratif (PDK) kerjasama antara Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unniversitas Sulawesi Tenggara (Unsultra) dengan Jurusan Manajemen FEB Universitas Halu Oleo (UHO). Program Bantuan PDK ini didanai oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi, Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan.

      Buku ini membahas tentang beberapa topik terkait dengan Manajemen Sumber Daya Manusia yang didalamnya membahas tentang : Konsep MSDM Dan Tantangannya Di Era Globalisasi, Pengelolaan MSDM Berdasarkan Prinsip Keragaman, Dan Kesetaraan Dalam Pekerjaan (Equal Employment Opportunity/Eeo), Sistem Kompensasi, Program Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3), Penilaian Kinerja Berbasis Teknologi, Perencanaan Manajemen, Analisis Pekerjaan, Seleksi, Orientasi Dan Penempatan, Manajemen Perencanaan Karir,  Manajemen Pelatihan Dan Pengembangan SDM.

      Buku ini merupakan simbol semangat intelektual dalam mengkaji tentang Manajemen Sumber Daya Manusia yang diterbitkan pada tahun 2023. Penulis buku ini adalah dosen Pengampu mata kuliah MSDM pada program Bantuan PDK Program Studi Manajemen FEB Unsultra bermitra dengan Jurusan Manajemen FEB UHO. Para penulis memiliki latar belakang pendidikan yang sesuai dengan kompetensi Manajemen SDM. Upaya penyusunan buku ini dilakukan untuk digunakan sebagai bahan ajar dalam program bantuan PDK yang dihasilkan para penulis sehingga dapat bermanfaat bagi pembaca secara lebih luas. Penulis mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi, Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Rektor Universitas Sulawesi Tenggara beserta jajarannya, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unsultra, Ketua Program Studi Manajemen FEB Unsultra selaku Koordinator PDK Tahun 2023, Ketua Jurusan Manajemen FEB UHO selaku Mitra dan seluruh pihak yang berkontribusi dalam mendukung penyelesaian penulisan Buku ini.




  • Pertemuan 1 : Menyikapi MSDM di Era Globalisasi: Tantangan dan Strategi

    Konsep Dasar MSDM
    1.      Definisi dan Tujuan MSDM
    2.      Sasaran Sosial, Organisasional, Individualdan Profesional MSDM
    3.      Otoritas MSDM
    4.      MSDM SebagaiPendekatan Strategis,Sistem dan Proaktif
     
     Tantangan-Tantangan MSDM Di Era Globalisasi
    1.      Tantangan Eksternal(Perubahan Teknologi,Ekonomi dan Persaingan,Pemerintahan
    2.     Tantangan Organisasional(Tuntutan Serikat Buruh,Kepegawaian, Budaya dan
             Struktur   Organisasi)
    3.     Tantangan Profesional
    4.      Tantangan Internasional

  • Pertemuan 2 : Pengelolaan Manajemen Sumber Daya Manusia Berdasarkan Prinsip Keragaman Dan Equal Employment Opportunity

  • Pertemuan Ke-3

    Mengimplementasikan Kesetaraan dan Non Diskriminasi Dalam Kegiatan MSDM
    1.     Kesetaraan dalam Praktik perekrutan
    2.     Kesetaraan dalam kegiatan gaji dan imbalan
    3.     Kesetaraan dalam Perlakuan yang adil ditempat kerja
    4.     Kesetaraan dalam Manajemen penilaian kerja
    5.     Kesetaraan dalam Pelatihan dan pengembangan
    6.     Kesetaraan dalam Pemutusan Hubungan Kerja


  • Pertemuan Ke-4 : Sistem Kompensasi

    1.       Definisi Kompensasi
    2.       Macam2 bentukKompensasi (upah pokok,uang lembur, pesangondan dana pensiun)
    3.       Landasan hukumpenentuan dan menghitung kompensasi

  • Pertemuan Ke-5 : Keselamatan dan Kesehatan Kerja

    1.        Filosofi K3
    2.        Analisis resiko danpengendalian K3
    3.        kebijakan dan landasan hukum sistem manajemen K3


  • Pertemuan Ke-6 : Keselamatan dan Kesehatan Kerja (Lanjutan)

  • Pertemuan Ke-7 : Penilaian Kinerja Berbasis Teknologi

    1.       Definisi penilaian kinerja

    2.       Manfaat penilaian kinerja

    3.       Metode penilaian kinerja

    4.       Mengoperasikan  aplikasi penilaian kinerja


  • Pertemuan Ke-8 : UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS)

  • Pertemuan Ke-9 : Perencanaan SDM

    Konsep Dasar Perencanaan SDM
    1.          Definisi Perencanaan SDM
    2.          Manfaat Perencanaan SDM
    3.          Prosedur Perencanaan SDM
    4.          Analisis Penawaran dan permintaan SDM
    Mengimplementasi perencanaan manajemen melalui Analisis Penawaran dan permintaan SDM

  • Pertemuan Ke-10 : Analisis Pekerjaan

    Konsep Dasar Sistem InformasiSDM (SISDM)
    1.       Definisi
    2.       Tujuan
    3.       Kegunaan


  • Pertemuan Ke-11 Analisis Pekerjaan (Lanjutan)

    Analisis Pekerjaan
    1.       Metode
    2.       Sumber Data
    3.       Penyelenggara
    4.       Rancangan pekerjaan
    Implementasi analisis pekerjaandidalam perusahaan
  • Pertemuan Ke-12 : Seleksi, Orientasi dan Penempatan

    Konsep Dasar Rekrutmen,Seleksi, Orientasi danPenempatan
    1.       Definisi Rekrutmen,Seleksi, Orientasi danPenempatan
    2.       ProsedurRekrutmen,Seleksi, Orientasi danPenempatan


  • Pertemuan Ke-13 : Perencanaan Karir

    Konsep Dasar Perencanaan Karir
    1.       Manajemen Karir
    2.       Tahapan Merancang Karir
    3.       Periode Karir
    4.       Transisi Karir
     Implementasi Manajemen Perencanaan Karir


  • Pertemuan Ke-14 : Manajemen Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia

    Konsep Dasar Pelatihan dan Pengembangan SDM

    1.  Definisi Pelatihan dan Pengembangan SDM

    2.  Tahapan Pelatihan dan Pengembangan SDM

    3.  Program Pelatihan dan Pengembangan SDM

    Implementasi Pelatihan dan  Pengembangan SDM


  • Pertemuan Ke-15 : Manajemen Pelatihan dan Pengembangan SDM (Lanjutan)

  • Pertemuan Ke-16 : UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS)

  • TUGAS PROJECT

    TUJUAN PENUGASAN :

    Dalam era sekarang kita diperhadapkan dengan tantangan globalisasi begitu juga yang dirasakan oleh organisasi baik dengan keterbatasan SDM dalam menyeimbangkan tantangan global, bidang teknologi dan kurangnya SDM dalam menjalankan strategi untuk menghadapi tantangan global. Di era sekarang tantangan global yang paling menonjol yaitu perkembangan teknologi berawal dari ini banyak organisasi mencari solusi agar dapat mengikuti tantangan global, agar dapat meyelesaikan pekerjaan sesuai target dan visi misi. Berdasarkan deskripsi diatas yang menjadi tugas kelompok yaitu :

    a. Masing-masing kelompok mencari organisasi baik instansi pemerintah atau swasta.
    b. Mengidentifikasi tantangan global yang dihadapi pada oragnisasi tersebut
    c. Mengidentifikasi apakah tantangan global membawa dampak positif atau negative bagi organisasi
    d. Mengidentifikasi solusi atau strategi yang dijalankan untuk menghadapi tantangan global agar organisasi tetap berjalan dengan baik

    • DESKRIPSI UMUM PENUGASAN
      1. Satu kelompok terdiri dari 12-13 mahasiswa kolaborasi berasal dari UHO dan UNSULTRA
      2. Tugas dibuat dalam bentuk video maximal 10 menit
      3. Penilaian isi video yaitu objek, pada saat wawancara dan mahasiswa mampu menyimpulkan hasil wawancara diakhir vidio
      4. Vidio diupload di youtobe dan tik tok wajib hashtag akun media social masing masing Universitas/Fakultas/Prodi
      5. Penilaian dilakukan berdasarkan kreativitas video, penyampaian tugas dan jumlah like terbanyak