LMS-SPADA INDONESIA
Assalamualaikum Wr. Wb.
Salam Sejahtera untuk kita Semua.
Selamat datang para mahasiswa/i yang saya banggakan.
Dimanapun berada, semoga selalu dalam keadaan sehat dan dalam Lindungan Allah SWT.
Selamat datang di Mata kuliah Manajemen Sumber Daya Manusia 1 dengan Sistem Pembelajaran Daring (SPADA).
Perkenalkan kami dosen pengampu mata Kuliah Dr. Sahyunu, SE., M.Si dari Prodi S1 Manajemen FEB Universitas Sulawesi Tenggara, Dr. Sri Wiyati Mahrani, SE., M.Si dari Prodi S1 Manajemen FEB Universitas Halu Oleo dan Wa Ode Dien Indalestari, SM., MM dari Prodi S1 Manajemen FEB Universitas Sulawesi Tenggara.
Mata kuliah Manajemen Sumber Daya
Manusia 1 (MSDM-1) ini merupakan salah satu implementasi Pembelajaran
Daring Kolaboratif (PDK) kerjasama dan Prodi S1 Manajemen FEB
Universitas Sulawesi Tenggara Prodi S1 Manajemen FEB Universitas Halu
Oleo Tahun 2023
Selamat mengikuti perkuliahan ini dengan baik,
Tetap setia pada proses dan tetap semangat !!
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Dosen Pengampu
Mata kuliah Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas SULAWESI TENGGARA dan Fakultas Ekonomi Universitas Halu Oleo. Mata kuliah MSDM menitikberatkan pada kemampuan dasar mahasiswa dalam memahami pentingnya pengetahuan tentang MSDM, yang membahas tentang pengelolaan sumber daya manusia (SDM) dalam suatu organisasi atau perusahaan meliputi peranan MSDM, dan fungsi operasional atau siklus MSDM berupa perencanaan tenaga kerja, rekrutmen & seleksi, pelatihan & pengembangan SDM. Mata kuliah ini juga memberikan pemahaman konseptual tentang dasar, perkembangan dan ruang lingkup serta fungsi MSDM, baik untuk sektor publik maupun bisnis dalam menunjang visi misi organisasi. Selanjutnya, mata kuliah ini juga mengkaji perlunya MSDM melakukan penilaian prestasi, perencanaan & pengembangan karir, kompensasi dan penyelesaian masalah SDM dalam suatu organisasi atau perusahaan.
Dessler, Gary. 2015. Human Resource Management, 10th Edition. Prentice Hall, New Jersey, 2015
Grup Whatsapp PDK Manajemen Sumber Daya Manusia
Link Grup : https://chat.whatsapp.com/FuXbuVjyN0q6TC7zrHL0St
DOSEN 1
NAMA : DR. SAHYUNU, SE., M.Si
PRODI : S1 MANAJEMEN FEB UNIVERSITAS SULAWESI TENGGARA
DOSEN 2
NAMA : DR. SRI WIYATI MAHRANI, SE., M.Si
PRODI : S1 MANAJEMEN FEB UNIVERSITAS HALU OLEO
DOSEN 3
NAMA : WA ODE DIEN INDALESTARI, SM., MM
PRODI : SI BISNIS DIGITAL FEB UNIVERSITAS SULAWESI TENGGARA
Struktur Pelaksanaan Perkuliahan matakuliah Manajemen Sumber Daya Manusia I (MSDM I) ini, diharapkan seluruh peserta didik dapat menyelesaikan mata kuliah ini dalam kurun waktu 1 Semester. Adapun struktur pelaksanannya adalah sebagai berikut:
Dalam mengikuti perkuliahan ini, para mahasiswa harus mengadopsi paradigma dan mekanisme pembelajaran dengan prinsip-prinsip utama sebagai berikut:
Mahasiswa diharapkan untuk aktif melakukan proses pembelajaran mandiri melalui beraneka ragam cara yang tersedia dan memungkinkan, yaitu:
(a) menggunakan referensi yang tersedia;
(b) memanfaatkan berbagai sumber yang dapat diakses via internet;
(c) melakukan komunikasi intensif antar sesama mahasiswa;
(d) mengerjakan seluruh latihan dan tugas-tugas yang diberikan;
(e) menghadiri sesi temu daring dengan dosen pengampu mata kuliah; dan
(f) mengikuti ujian terjadwal yang telah ditetapkan.
Paradigma
pembelajaran daring adalah aktif dan mandiri, dimana keberhasilan
mahasiswa akan ditentukan oleh intensitas pembelajaran yang dilakukannya
sendiri, bukan bergantung pada pihak lain sebagaimana model perkuliahan
konvensional berbasis tatap muka.
Mengingat bahwa capaian pembelajaran mahasiswa (standar kompetensi kelulusan) peserta program pendidikan jarak jauh harus sama dengan model pembelajaran berbasis tatap muka, maka model evaluasi atau penilaiannya akan jauh lebih ketat dan bersifat multi dimensi.
Dalam penyelenggaraan matakuliah MSDM 1 ini, dosen pengampu menilai mahasiswa dengan menggunakan berbagai instrumen dan indikator, seperti:
(a) keaktifan dalam mengikuti forum diskusi;
(b) keteraturan atau frekuensi dalam melakukan akses terhadap sumber daya pendidikan yang tersedia pada aplikasi learning management system yang dipakai;
(c) kuantitas kehadiran dan kualitas interaksi dalam sesi komunikasi virtual dengan dosen;
(d) kelengkapan pengumpulan tugas yang diberikan;
(e) partisipasi aktif mengerjakan soal-soal latihan; dan
(f) hasil ujian tengah semester/quis maupun ujian akhir semester.
Keseluruhan kinerja mahasiswa melalui beragam model interaksi tersebut dijadikan sebagai bahan evaluasi dosen dalam memberikan penilaian akhir pencapaian mahasiswa dalam mata kuliah yang bersangkutan. Perlu diperhatikan bahwa bobot keseluruhan model interaksi dan evaluasi tersebut kurang lebih sama karena sifatnya yang holistik.
Peserta didik akan dievaluasi penguasaannya dan pemahamannya terhadap materi kuliah dengan menggunakan pendekatan sebagai berikut:
1. Diskusi, Latihan Soal, Tugas per Pokok Bahasan, Project Base Learning, Case Method dan Kuis (50%)
2. Ujian Tengah Semester (20%)
3. Ujian Akhir Semester (30%)
Rencana pembelajaran semester (RPS) merupakan rencana pembelajaran yang disusun untuk kegiatan pembelajaran selama satu semester guna memenuhi capaian pembelajaran lulusan yang dibebankan pada suatu mata kuliah (Manajemen Sumber Daya Manusia)
Buku yang berjudul Manajemen Sumber Daya Manusia merupakan salah satu bentuk output implementasi Program Bantuan Pembelajaran Daring Kolaboratif (PDK) kerjasama antara Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unniversitas Sulawesi Tenggara (Unsultra) dengan Jurusan Manajemen FEB Universitas Halu Oleo (UHO). Program Bantuan PDK ini didanai oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi, Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan.
Buku ini membahas tentang beberapa topik terkait dengan Manajemen Sumber Daya Manusia yang didalamnya membahas tentang : Konsep MSDM Dan Tantangannya Di Era Globalisasi, Pengelolaan MSDM Berdasarkan Prinsip Keragaman, Dan Kesetaraan Dalam Pekerjaan (Equal Employment Opportunity/Eeo), Sistem Kompensasi, Program Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3), Penilaian Kinerja Berbasis Teknologi, Perencanaan Manajemen, Analisis Pekerjaan, Seleksi, Orientasi Dan Penempatan, Manajemen Perencanaan Karir, Manajemen Pelatihan Dan Pengembangan SDM.
Buku ini merupakan simbol semangat intelektual dalam mengkaji tentang Manajemen Sumber Daya Manusia yang diterbitkan pada tahun 2023. Penulis buku ini adalah dosen Pengampu mata kuliah MSDM pada program Bantuan PDK Program Studi Manajemen FEB Unsultra bermitra dengan Jurusan Manajemen FEB UHO. Para penulis memiliki latar belakang pendidikan yang sesuai dengan kompetensi Manajemen SDM. Upaya penyusunan buku ini dilakukan untuk digunakan sebagai bahan ajar dalam program bantuan PDK yang dihasilkan para penulis sehingga dapat bermanfaat bagi pembaca secara lebih luas. Penulis mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi, Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Rektor Universitas Sulawesi Tenggara beserta jajarannya, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unsultra, Ketua Program Studi Manajemen FEB Unsultra selaku Koordinator PDK Tahun 2023, Ketua Jurusan Manajemen FEB UHO selaku Mitra dan seluruh pihak yang berkontribusi dalam mendukung penyelesaian penulisan Buku ini.

Konsep Dasar Kesetaraan dan Diskriminasi
1. Kesetaraan dan perlakuan yang sama Diskriminasi
2. Landasan hukum perihal diskriminasi
1. Definisi penilaian kinerja
2. Manfaat penilaian kinerja
3. Metode penilaian kinerja
4. Mengoperasikan aplikasi penilaian kinerja
Konsep Dasar Pelatihan dan Pengembangan SDM
1. Definisi Pelatihan dan Pengembangan SDM
2. Tahapan Pelatihan dan Pengembangan SDM
3. Program Pelatihan dan Pengembangan SDM
Implementasi Pelatihan dan Pengembangan SDMTUJUAN PENUGASAN :
Dalam era sekarang kita diperhadapkan dengan tantangan globalisasi begitu juga yang dirasakan oleh organisasi baik dengan keterbatasan SDM dalam menyeimbangkan tantangan global, bidang teknologi dan kurangnya SDM dalam menjalankan strategi untuk menghadapi tantangan global. Di era sekarang tantangan global yang paling menonjol yaitu perkembangan teknologi berawal dari ini banyak organisasi mencari solusi agar dapat mengikuti tantangan global, agar dapat meyelesaikan pekerjaan sesuai target dan visi misi. Berdasarkan deskripsi diatas yang menjadi tugas kelompok yaitu :
a. Masing-masing kelompok mencari organisasi baik instansi pemerintah atau swasta.
b. Mengidentifikasi tantangan global yang dihadapi pada oragnisasi tersebut
c. Mengidentifikasi apakah tantangan global membawa dampak positif atau negative bagi organisasi
d. Mengidentifikasi solusi atau strategi yang dijalankan untuk menghadapi tantangan global agar organisasi tetap berjalan dengan baik
DESKRIPSI UMUM PENUGASAN
1. Satu kelompok terdiri dari 12-13 mahasiswa kolaborasi berasal dari UHO dan UNSULTRA
2. Tugas dibuat dalam bentuk video maximal 10 menit
3. Penilaian isi video yaitu objek, pada saat wawancara dan mahasiswa mampu menyimpulkan hasil wawancara diakhir vidio
4. Vidio diupload di youtobe dan tik tok wajib hashtag akun media social masing masing Universitas/Fakultas/Prodi
5. Penilaian dilakukan berdasarkan kreativitas video, penyampaian tugas dan jumlah like terbanyak