Perencanaan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
Dosen Pengampu
Nama : Yeni Rostikawati, M.Pd. Email: yenirostikawati@ikipsiliwangi.ac.id |
||
Mata Kuliah | : | Perencanaan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia |
Kode | : | 4212212304 |
Program Studi | : | S1 Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia |
Perguruan Tinggi | : | Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Siliwangi |
Deskripsi Mata Kuliah
Assalamualaikum... Salam sejahtera para mahasiswa!
Selamat bergabung dalam Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Saya senang Anda semua dapat bergabung pada mata kuliah ini. Mata kuliah Perencanaan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia ini membahas mengenai perangkat pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang harus dikuasai sebagai bekal Anda menjadi pendidik atau guru, yaitu mulai dari memahami konsep dasar hingga praktik menyusun rencana atau persiapan pembelajaran yang mengacu pada kurikulum merdeka di jenjang SMP dan SMA/SMK/MA.
Untuk mencapai target perkuliahan tersebut, Anda harus mengikuti 16 kali pertemuan. Dalam 16 kali pertemuan tersebut, 14 pertemuan membahas topik materi, selebihnya adalah UTS dan UAS. Metode perkuliahan yang digunakan berbasis Proyek dan Studi Kasus, termasuk metode pelaksanaan UTS dan UAS. Oleh karena itu, penilaian dalam perkuliahan ini menitikberatkan pada penilaian proses. Artinya, ketuntasan belajar Anda tergantung pada peran aktif Anda dalam mengikuti perkuliahan di setiap pertemuan. Peran aktif berdiskusi, menyelesaikan tugas, kuis, dll. baik dalam perkuliahan Synchronus maupun Asynchronus.
Berikut adalah sistem penilaian untuk syarat kelulusan pada mata kuliah ini:
Kehadiran : 20% Tugas : 20% Praktik : 20% UTS : 20% UAS : 20% Kehadiran akan otomatis terkonfirmasi jika sudah menuntaskan seluruh rangkaian perkuliahan pada setiap pertemuan.
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
- Mampu mengidentifikasi urgensi perencanaan dalam pembelajaran.
- Mampu menyipulkan landasan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia.
- Mampu menguraikan prinsip dan komponen perencanaan pembelajaran.
- Mampu merancang pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran (Modul Ajar berorientasi SDGs & berbasis AI, LKPD berorientasi SDGs, Media Ajar berbasis AI)
- Mampu merekomendasi dan mengontruksi implementasi pembelajaran
- Mampu merencanakan evaluasi pembelajaran.
- Mampu mengembangkan bahan ajar.
- Mampu mengintegrasikan pembelajaran karakter dalam perencanaan pembelajaran.
- Mampu mengintegrasikan pembelajaran berbasis proyek dan kontekstual.
- Mampu menyusun perencanaan pembelajaran melalui identifikasi tantangan dan solusi dalam pembelajaran Bahasa Bahasa dan Sastra Indonesia.
Tata Tertib Perkuliahan Daring
- Masuk kelas daring maksimal 5 menit sebelum dimulai.
- Memakai pakaian yang sopan selama proses perkuliahan walaupun daring.
- Selalu mengaktifkan kamera saat pembelajaran daring (kecuali ada kendala teknis, maka informasikan ke dosen).
- Mengikuti perkuliahan dengan aktif.
- Toleransi tidak masuk kelas maksimal 3 kali selain sakit.
- Jika ijin dispen harus ada surat keterangan dispen dari prodi/ fakultas.
- Setiap tugas yang diberikan harus diselesaikan karena akan berpengaruh terhadap nilai kelulusan di akhir semester.