LMS-SPADA INDONESIA
Hi everyone
Selamat datang dan selamat bergabung pada mata kuliah Pengembangan Kurikulum. Pengembangan Kurikulum adalah salah satu matakuliah wajib pada Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, FKIP, Universitas Dwijendra. Matakuliah ini mengkaji tentang konsep kurikulum dan pengembangan kurikulum, struktur kurikulum 2013, stuktur Kurikulum Merdeka, dan pembuatan modul ajar untuk mengajar Bahasa Inggris di jenjang SMP dan SMA/SMK
Capaian Pembelajaran (CP)
Menguasai Teori, konsep, dan prinsip tentang karakteristik dan perkembangan peserta didik, serta pembimbingan dan pengembangan potensi peserta didik; menguasai teori , konsep dan prinsip pengembangan program pembelajaran, penyajian/ delivery (metode dan prosedur) , pengelolaan, dan evaluasi program pembelajaran bahasa Inggis yang mendidik; menguasai berbagai teori, konsep, dan prinsip kebahasaan,dan belajar bahasa serta menerapkannnya dalam pembelajaran bahasa Inggris baik untuk kebutuhan umum maupun khusus; menguasai kemahiran berbahasa Innggris secara lisan dan tulisan dalam konteks keseharian/umum, akademis, dan pekerjaan.
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CP-MK)
1. Mahasiswa memahami konsep dan komponen kurikulum
2. Mahasiswa memahami tentang hakekat dan prinsip pengembangan kurikulum
3. Mahasiswa memahami struktur Kurikulum Merdeka
4. Mahasiswa mampu merancang asesmen Kurikulum Merdeka
5. Mahasiswa mampu merancang modul ajar
Informasi Mata Kuliah
Mata Kuliah : Pengembangan Kurikulum
Kode Mata Kuliah : KKD 4103316
Beban SKS : 3 SKS
Semester : III (Tiga)
Program Studi : Pendidikan Bahasa Inggris
Fakultas : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Perguruan Tinggi : Universitas Dwijendra
Dosen Pengampu
Nama : I Komang Dedik Susila, S.Pd., M.Pd
NIDN : 0828069203
Email : dediksusila@gmail.com
Silahkan download rencana pembelajaran semester yang akan digunakan dalam proses pembelajaran semester ini.
Halo semuanya
Asesmen formatif dirancang untuk memberikan umpan balik yang berkesinambungan dan konstruktif kepada siswa, sehingga siswadapat memperbaiki kelemahan dan memperkuat aspek yang sudah dikuasai. Asesmen formatif dilakukan secara terus-menerus selama proses pembelajaran. Sedangkan Asesmen Sumatif digunakan untuk mengukur pencapaian siswa terhadap standar atau tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Asesmen sumatif sering digunakan untuk memberikan nilai akhir dan menentukan apakah siswa telah memenuhi kriteria kelulusan atau tidak.
Simak video pembelajaran berikut ini! Kemudian jawablah pertanyaan yang ada pada video tersebut!
Simak video pembelajaran tentang Langkah-langkah Penyusunan Asesmen Sumatif! Kemudian jawablah pertanyaan yang ada pada video tersebut!
Berikut ini adalah modul ajar pertemuan 13. Modul ini berisi tentang Asesmen Formatif dan Sumatif Kurikulum Merdeka. Di akhir modul ini terdapat evaluasi yang digunakan untuk mengetahui pemahaman anda pada materi ini.
Buatlah rancangan asesmen formatif dan sumatif mata pelajaran Bahasa Inggris pada salah satu fase atau jenjang Pendidikan!
Setelah mempelajari materi dan mengerjakan tugas mengenai Asesmen Formatif dan Sumatif Kurikulum Merdeka , berilah kesan pesan, pertanyaan maupun ringkasan materi terhadap materi ini!