
![]() |
Nama : HANIF ZAIDAN SINAGA Email: hanif.zaidan@gmail.com |
|
Mata Kuliah | : | Pemasaran Digital |
Kode | : | PBD232 |
Program Studi | : | S1 Bisnis Digital |
Perguruan Tinggi | : | Universitas Ibn Khaldun Bogor |
CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH (CPMK):
DESKRIPSI SINGKAT MATA KULIAH:
Mata kuliah ini dirancang untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan dalam menerapkan teknologi Augmented Reality (AR) dalam Strategi Pemasaran Digital. Mahasiswa akan mempelajari konsep dasar Pemasaran Digital dan teknologi Augmented Reality (AR), serta mengintegrasikan teknologi Augmented Reality (AR) ke dalam iklan pemasaran untuk meningkatkan interaksi dan keterlibatan pelanggan. Melalui model pembelajaran Project Based Learning (PBL), mahasiswa akan terlibat dalam proyek nyata untuk merancang, mengembangkan, dan mengevaluasi iklan Pemasaran Digital berbasis Augmented Reality (AR).
MATERI YANG DIBERIKAN:
Kegiatan perkuliahan ini dilakukan secara blended learning yaitu:
UTS dan UAS dilakukan secara face to face.
Media pembelajaran yang disediakan pada setiap tatap muka meliputi:
Pertama-tama, Anda harus download media pembelajaran no 1, 2 dan 3. Anda sebaiknya membaca materi ini dengan tuntas. Setelah itu, Anda diminta untuk melihat video. Video akan meningkatkan pemahaman Anda terhadap materi kuliah.
Silakan klik "PENDAHULUAN" untuk mengetahui Sistem Penilaian.
Silakan download Rencana Pembelajaran Semester (RPS) mata kuliah ini.
Bismillahirrahmanirrahim
Assalamu'alaykum Warahmatullahi Wabarakaatuh
Teman-teman, apa kabar hari ini ? Tetap jaga kesehatan dan tetap olahraga yaa...
Sebelum kita mulai kuliah hari ini, seperti biasa kita baca Surat Al-Fatihah untuk diri kita, orang tua kita, dan semua orang.
Hari ini adalah hari pertama kita dalam mata kuliah ini yaitu Pemasaran Digital. Sebelum kita masuk ke materi silakan teman-teman lihat Rencana Pembelajaran Semester (RPS) yang sudah saya simpan di atas. Ada 16 pertemuan dimana pertemuan ke 8 adalah Ujian Tengah Semester (UTS) dan pertemuan ke 16 adalah Ujian Akhir Semester (UAS). Sebelum UAS yaitu pertemuan ke 13 dan 14, teman-teman akan membuat dan mempresentasikan proposal project dalam membuat produk dari klien teman-teman dalam bentuk Augmented Reality (AR) kemudian produk tersebut diunggah ke media sosial milik klien sehingga menambah pengalaman baru bagi klien dan pelanggannya. Bagaimana cara membuat produk dalam bentuk Augmented Reality (AR) ? Nanti kita akan desainnya di aplikasi Canva kemudian kita unggah ke aplikasi Assemblr Edu untuk kita jadikan Augmented Reality (AR). Penasaran kan ? Ikuti terus mata kuliah ini sampai akhir.
Konsep pemasaran adalah filosofi atau pendekatan yang berfokus pada pemahaman dan pemenuhan kebutuhan serta keinginan pelanggan dengan cara yang lebih efektif dibandingkan dengan pesaing. Dalam konsep ini, keberhasilan perusahaan bergantung pada kemampuannya untuk memberikan nilai yang diinginkan pelanggan sambil mencapai tujuan bisnis seperti profitabilitas dan pertumbuhan jangka panjang.
Silakan Anda baca dan buka Slide Materi, E-Modul, Video Pembelajaran dalam Materi Pertemuan ini agar Anda dapat mengetahui lebih lanjut.
Untuk melihat keaktifan mahasiswa maka setiap mahasiswa wajib menjawab pertanyaan di dalam forum diskusi ini.
Bismillahirrahmanirrahim
Assalamu'alaykum Warahmatullahi Wabarakaatuh
Teman-teman, apa kabar hari ini ? Tetap jaga kesehatan dan tetap olahraga yaa...
Sebelum kita mulai kuliah hari ini, seperti biasa kita baca Surat Al-Fatihah untuk diri kita, orang tua kita, dan semua orang.
Hari ini kita masuk pertemuan ke 2 dan hari ini kita akan membahas tentang Bauran Pemasaran atau Marketing Mix. Teman-teman apa ada yang sudah mengetahui tentang Bauran Pemasaran atau Marketing Mix ? Bagaimana kita sebagai Digital Marketer menerapkan Strategi Bauran Pemasaran ?
Strategi bauran pemasaran adalah kombinasi elemen-elemen pemasaran yang digunakan oleh perusahaan untuk mempromosikan produk atau layanan kepada target pelanggan dengan cara yang paling efektif. Strategi ini dikenal dengan istilah Marketing Mix, yang pada awalnya terdiri dari 4P (Product, Price, Place, Promotion) dan berkembang menjadi 7P (People, Process, Physical Evidence) untuk mencakup elemen-elemen tambahan yang relevan dengan bisnis jasa.
Silakan Anda baca dan buka Slide Materi, E-Modul, Video Pembelajaran dalam Materi Pertemuan ini agar Anda dapat mengetahui lebih lanjut.
Setiap mahasiswa wajib merangkum Kuliah Umum tanggal 26 September 2024 dan mengumpulkan rangkuman paling lambat Jum'at 27 September 2024 jam 23.59.
Setiap mahasiswa yang telah mendapatkan E-Certificate Kuliah Umum 26 September 2024, wajib mengupload ke dalam LMS ini.
Untuk melihat keaktifan mahasiswa maka setiap mahasiswa wajib menjawab pertanyaan di dalam forum diskusi ini.
Bismillahirrahmanirrahim
Assalamu'alaykum Warahmatullahi Wabarakaatuh
Teman-teman, apa kabar hari ini ? Tetap jaga kesehatan dan tetap olahraga yaa...
Sebelum kita mulai kuliah hari ini, seperti biasa kita baca Surat Al-Fatihah untuk diri kita, orang tua kita, dan semua orang.
Hari ini kita masuk pertemuan ke 3 dan hari ini kita akan membahas tentang Konsep dan Ekosistem Pemasaran Digital.
Konsep dan ekosistem pemasaran digital mencakup pendekatan, strategi, dan alat yang digunakan untuk mempromosikan produk atau layanan secara online. Pemasaran digital berfokus pada pemanfaatan teknologi dan platform digital untuk menjangkau audiens target, membangun hubungan dengan pelanggan, dan mendorong konversi melalui berbagai saluran digital. Ekosistem pemasaran digital terdiri dari elemen-elemen yang saling terhubung untuk menciptakan strategi yang efektif.
Silakan Anda baca dan buka Slide Materi, E-Modul, Video Pembelajaran dalam Materi Pertemuan ini agar Anda dapat mengetahui lebih lanjut.
Untuk melihat keaktifan mahasiswa maka setiap mahasiswa wajib menjawab pertanyaan di dalam forum diskusi ini.
Join Zoom Meeting https://zoom.us/j/91994244562?pwd=904rXY5Zed7wxTZk6yRXpLIJEclDlC.1 Meeting ID: 919 9424 4562 Passcode: MNJ
Bismillahirrahmanirrahim
Assalamu'alaykum Warahmatullahi Wabarakaatuh
Teman-teman, apa kabar hari ini ? Tetap jaga kesehatan dan tetap olahraga yaa...
Sebelum kita mulai kuliah hari ini, seperti biasa kita baca Surat Al-Fatihah untuk diri kita, orang tua kita, dan semua orang.
Hari ini kita masuk pertemuan ke 4 dan hari ini kita akan membahas tentang Media Sosial dan Iklan Media Sosial.
Media sosial dan iklan media sosial adalah elemen penting dalam pemasaran digital. Media sosial merujuk pada platform digital yang memungkinkan pengguna untuk berbagi konten, berinteraksi, dan membangun hubungan. Iklan media sosial adalah strategi pemasaran berbayar yang memanfaatkan platform ini untuk menjangkau audiens target dengan lebih efektif.
Silakan Anda baca dan buka Slide Materi, E-Modul, Video Pembelajaran dalam Materi Pertemuan ini agar Anda dapat mengetahui lebih lanjut.
Setiap mahasiswa wajib merancang iklan di media sosial dengan ketentuan :
1. Harus ada tujuan kampanye
2. Ada target audiens (segmentasi demografis, geografis, psikografis, perilaku)
3. Konten iklan (headline menarik, manfaat jelas, ada call to action, kualitas gambar dan video bagus, kreatif, gunakan hashtag dan tag)
4. Jadwal iklan
Setiap mahasiswa wajib merancang iklan di media sosial dengan ketentuan :
1. Harus ada tujuan kampanye
2. Ada target audiens (segmentasi demografis, geografis, psikografis, perilaku)
3. Konten iklan (headline menarik, manfaat jelas, ada call to action, kualitas gambar dan video bagus, kreatif, gunakan hashtag dan tag)
4. Jadwal iklan
Untuk melihat keaktifan mahasiswa maka setiap mahasiswa wajib menjawab pertanyaan di dalam forum diskusi ini.
Bismillahirrahmanirrahim
Assalamu'alaykum Warahmatullahi Wabarakaatuh
Teman-teman, apa kabar hari ini ? Tetap jaga kesehatan dan tetap olahraga yaa...
Sebelum kita mulai kuliah hari ini, seperti biasa kita baca Surat Al-Fatihah untuk diri kita, orang tua kita, dan semua orang.
Hari ini kita masuk pertemuan ke 5 dan hari ini kita akan membahas tentang Website dan SEO/SEM.
Website, SEO, dan SEM adalah tiga elemen inti dalam strategi pemasaran digital yang saling mendukung untuk membantu bisnis meningkatkan visibilitas, menjangkau audiens target, dan mencapai tujuan pemasaran.
Website adalah platform digital yang berfungsi sebagai representasi online suatu bisnis, individu, atau organisasi. Dalam konteks pemasaran, website sering menjadi pusat kegiatan pemasaran digital, tempat pengguna mendapatkan informasi, membeli produk, atau berinteraksi dengan merek.
Search Engine Optimization (SEO) adalah praktik mengoptimalkan konten, struktur, dan teknis website untuk meningkatkan visibilitas di hasil pencarian organik di mesin pencari seperti Google.
Search Engine Marketing (SEM) adalah praktik pemasaran digital berbayar untuk meningkatkan visibilitas website di halaman hasil mesin pencari (Search Engine Results Page - SERP). Ini mencakup iklan PPC (Pay-Per-Click), seperti Google Ads.
Silakan Anda baca dan buka Slide Materi, E-Modul, Video Pembelajaran dalam Materi Pertemuan ini agar Anda dapat mengetahui lebih lanjut.
Untuk melihat keaktifan mahasiswa maka setiap mahasiswa wajib menjawab pertanyaan di dalam forum diskusi ini.
Setiap kelompok wajib membuat website dan meng-upload link website sebelum Ahad 20 Oktober 2024 jam 23.59 untuk kelas B dan Senin 21 Oktober jam 23.59 untuk kelas A.
Join Zoom Meeting https://zoom.us/j/91994244562?pwd=904rXY5Zed7wxTZk6yRXpLIJEclDlC.1 Meeting ID: 919 9424 4562 Passcode: MNJ
Bismillahirrahmanirrahim
Assalamu'alaykum Warahmatullahi Wabarakaatuh
Teman-teman, apa kabar hari ini ? Tetap jaga kesehatan dan tetap olahraga yaa...
Sebelum kita mulai kuliah hari ini, seperti biasa kita baca Surat Al-Fatihah untuk diri kita, orang tua kita, dan semua orang.
Hari ini kita masuk pertemuan ke 6 dan hari ini kita akan membahas tentang E-Commerce dan E-mail Marketing.
E-commerce dan email marketing adalah dua elemen penting dalam pemasaran digital. E-commerce menyediakan platform untuk transaksi jual beli secara online, sedangkan email marketing adalah strategi komunikasi yang memanfaatkan email untuk membangun hubungan dengan pelanggan dan mendorong penjualan.
E-commerce (electronic commerce) adalah aktivitas jual beli barang atau jasa melalui platform digital, seperti website atau aplikasi. Contohnya adalah marketplace seperti Tokopedia, Shopee, Amazon, dan e-commerce milik perusahaan seperti Nike atau Zara.
Email marketing adalah strategi pemasaran digital yang menggunakan email untuk mengirim pesan kepada pelanggan, seperti promosi, pengumuman, atau buletin.
Silakan Anda baca dan buka Slide Materi, E-Modul, Video Pembelajaran dalam Materi Pertemuan ini agar Anda dapat mengetahui lebih lanjut.
Untuk melihat keaktifan mahasiswa maka setiap mahasiswa wajib menjawab pertanyaan di dalam forum diskusi ini.
Bismillahirrahmanirrahim
Assalamu'alaykum Warahmatullahi Wabarakaatuh
Teman-teman, apa kabar hari ini ? Tetap jaga kesehatan dan tetap olahraga yaa...
Sebelum kita mulai kuliah hari ini, seperti biasa kita baca Surat Al-Fatihah untuk diri kita, orang tua kita, dan semua orang.
Hari ini kita masuk pertemuan ke 7 dan hari ini kita akan membahas tentang Strategi Pemasaran Digital.
Strategi pemasaran digital adalah rencana terstruktur yang dirancang untuk memanfaatkan platform dan alat digital guna mencapai tujuan bisnis, seperti meningkatkan penjualan, memperluas jangkauan pasar, atau membangun kesadaran merek.
Silakan Anda baca dan buka Slide Materi, E-Modul, Video Pembelajaran dalam Materi Pertemuan ini agar Anda dapat mengetahui lebih lanjut.
Untuk melihat keaktifan mahasiswa maka setiap mahasiswa wajib menjawab pertanyaan di dalam forum diskusi ini.
Upload tugas video
Upload tugas video
Join Zoom Meeting https://zoom.us/j/91994244562?pwd=904rXY5Zed7wxTZk6yRXpLIJEclDlC.1 Meeting ID: 919 9424 4562 Passcode: MNJ
Bismillahirrahmanirrahim
Assalamu'alaykum Warahmatullahi Wabarakaatuh
Teman-teman, apa kabar hari ini ? Tetap jaga kesehatan dan tetap olahraga yaa...
Sebelum kita mulai UTS hari ini, seperti biasa kita baca Surat Al-Fatihah untuk diri kita, orang tua kita, dan semua orang.
Selamat mengerjakan.
Bismillahirrahmanirrahim
Assalamu'alaykum Warahmatullahi Wabarakaatuh
Teman-teman, apa kabar hari ini ? Tetap jaga kesehatan dan tetap olahraga yaa...
Sebelum kita mulai kuliah hari ini, seperti biasa kita baca Surat Al-Fatihah untuk diri kita, orang tua kita, dan semua orang.
Hari ini kita masuk pertemuan ke 9 dan hari ini kita akan membahas tentang Pengenalan Platform berbasis Augmented Reality (AR).
Augmented Reality (AR) adalah teknologi yang memungkinkan integrasi elemen digital (seperti gambar, video, dan model 3D) ke dalam dunia nyata melalui perangkat seperti smartphone, tablet, atau kacamata AR. Platform berbasis AR menyediakan alat dan infrastruktur untuk menciptakan, mendistribusikan, dan mengakses konten AR dengan mudah, contoh: ARKit (Apple), ARCore (Google), Vuforia, Unity, Assemblr Studio, Polycam.
Silakan Anda baca dan buka Slide Materi, E-Modul, Video Pembelajaran dalam Materi Pertemuan ini agar Anda dapat mengetahui lebih lanjut.
Untuk melihat keaktifan mahasiswa maka setiap mahasiswa wajib menjawab pertanyaan di dalam forum diskusi ini.
Bismillahirrahmanirrahim
Assalamu'alaykum Warahmatullahi Wabarakaatuh
Teman-teman, apa kabar hari ini ? Tetap jaga kesehatan dan tetap olahraga yaa...
Sebelum kita mulai kuliah hari ini, seperti biasa kita baca Surat Al-Fatihah untuk diri kita, orang tua kita, dan semua orang.
Hari ini kita masuk pertemuan ke 10 dan hari ini kita akan membahas tentang Elemen Pemasaran Digital Berbasis Augmented Reality (AR).
Augmented Reality (AR) menjadi salah satu inovasi teknologi yang membuka peluang besar dalam pemasaran digital. Elemen-elemen yang membentuk pemasaran berbasis AR membantu menciptakan pengalaman pelanggan yang lebih menarik, interaktif, dan mendalam, yang sering kali tidak dapat dicapai melalui metode pemasaran tradisional.
Silakan Anda baca dan buka Slide Materi, E-Modul, Video Pembelajaran dalam Materi Pertemuan ini agar Anda dapat mengetahui lebih lanjut.
Untuk melihat keaktifan mahasiswa maka setiap mahasiswa wajib menjawab pertanyaan di dalam forum diskusi ini.
Join Zoom Meeting https://zoom.us/j/91994244562?pwd=904rXY5Zed7wxTZk6yRXpLIJEclDlC.1 Meeting ID: 919 9424 4562 Passcode: MNJ
Bismillahirrahmanirrahim
Assalamu'alaykum Warahmatullahi Wabarakaatuh
Teman-teman, apa kabar hari ini ? Tetap jaga kesehatan dan tetap olahraga yaa...
Sebelum kita mulai kuliah hari ini, seperti biasa kita baca Surat Al-Fatihah untuk diri kita, orang tua kita, dan semua orang.
Hari ini kita masuk pertemuan ke 11 dan hari ini kita akan membahas tentang Pengembangan Konten Berbasis Augmented Reality (AR).
Komponen Utama dalam Pengembangan Konten AR (Perangkat AR, Konten Digital, Platform Pemasaran, Pengalaman Pengguna (UX), Jenis Konten AR dalam Pemasaran (Try-On Virtual, Interactive Storytelling, Game dan Gamifikasi, Label Produk AR, AR Live Events), Teknologi Pendukung untuk Pengembangan Konten AR (Alat Pembuatan Konten AR, Integrasi Teknologi AI), Strategi Implementasi AR untuk Pemasaran Digital, Tantangan dalam Pengembangan Konten AR.
Silakan Anda baca dan buka Slide Materi, E-Modul, Video Pembelajaran dalam Materi Pertemuan ini agar Anda dapat mengetahui lebih lanjut.
Video ini akan menerangkan cara pembuatan iklan produk contohnya mug berbasis Augmented Reality (AR) serta penggunaannya di Media Sosial
Video ini akan menerangkan cara pembuatan iklan produk contohnya mug berbasis Augmented Reality (AR) serta penggunaannya di Media Sosial
Video ini akan menerangkan cara pembuatan iklan produk contohnya mug berbasis Augmented Reality (AR) serta penggunaannya di Media Sosial
Untuk melihat keaktifan mahasiswa maka setiap mahasiswa wajib menjawab pertanyaan di dalam forum diskusi ini.
Upload disini E-Certificate Seminar Nasional AEBD tanggal 26 November 2024 milik Anda - Kelas A
Upload disini E-Certificate Seminar Nasional AEBD tanggal 26 November 2024 milik Anda - Kelas B
Tugas merangkum materi Seminar Nasional AEBD
Tugas merangkum materi Seminar Nasional AEBD
Bismillahirrahmanirrahim
Assalamu'alaykum Warahmatullahi Wabarakaatuh
Teman-teman, apa kabar hari ini ? Tetap jaga kesehatan dan tetap olahraga yaa...
Sebelum kita mulai kuliah hari ini, seperti biasa kita baca Surat Al-Fatihah untuk diri kita, orang tua kita, dan semua orang.
Hari ini kita masuk pertemuan ke 12 dan hari ini kita akan membahas tentang Integrasi Augmented Reality (AR) dalam Kampanye Pemasaran Digital.
Studi Kasus, Implementasi, Pemeliharaan, Pengembangan dalam Integrasi Augmented Reality (AR) dalam Kampanye Pemasaran Digital.
Silakan Anda baca dan buka Slide Materi, E-Modul, Video Pembelajaran dalam Materi Pertemuan ini agar Anda dapat mengetahui lebih lanjut.
Video ini akan menerangkan cara pembuatan iklan produk contohnya pot bunga berbasis Augmented Reality (AR) serta penggunaannya di Media Sosial
Video ini akan menerangkan cara pembuatan iklan produk contohnya pot bunga berbasis Augmented Reality (AR) serta penggunaannya di Media Sosial
Video ini akan menerangkan cara pembuatan iklan produk contohnya pot bunga berbasis Augmented Reality (AR) serta penggunaannya di Media Sosial
Untuk melihat keaktifan mahasiswa maka setiap mahasiswa wajib menjawab pertanyaan di dalam forum diskusi ini.
Join Zoom Meeting https://zoom.us/j/91994244562?pwd=904rXY5Zed7wxTZk6yRXpLIJEclDlC.1 Meeting ID: 919 9424 4562 Passcode: MNJ
Upload Tugas Kelompok (Video Produk bentuk 3D dari Aplikasi Polycam)
Upload Tugas Kelompok (QR Code dari Aplikasi Assemblr Studio)
Bismillahirrahmanirrahim
Assalamu'alaykum Warahmatullahi Wabarakaatuh
Teman-teman, apa kabar hari ini ? Tetap jaga kesehatan dan tetap olahraga yaa...
Sebelum kita mulai kuliah hari ini, seperti biasa kita baca Surat Al-Fatihah untuk diri kita, orang tua kita, dan semua orang.
Hari ini kita masuk pertemuan ke 13 dan hari ini kita akan membahas tentang Pembuatan Proyek Pemasaran Digital berbasis Augmented Reality (AR).
Upload hasil foto produk bentuk 3D dalam bentuk movie.
Untuk melihat keaktifan mahasiswa maka setiap mahasiswa wajib menjawab pertanyaan di dalam forum diskusi ini.
Bismillahirrahmanirrahim
Assalamu'alaykum Warahmatullahi Wabarakaatuh
Teman-teman, apa kabar hari ini ? Tetap jaga kesehatan dan tetap olahraga yaa...
Sebelum kita mulai kuliah hari ini, seperti biasa kita baca Surat Al-Fatihah untuk diri kita, orang tua kita, dan semua orang.
Hari ini kita masuk pertemuan ke 14 dan hari ini kita akan membahas tentang Presentasi Proyek Pemasaran Digital berbasis Augmented Reality (AR).
- video produk yg sudah dibuat 3D di Polycam
- hasil video di upload ke Assembler Studio untuk menghasilkan QR Code video produk
- video produk yg sudah dibuat 3D di Polycam
- hasil video di upload ke Assembler Studio untuk menghasilkan QR Code video produk
- QR Code video produk di posting di media sosial (IG atau TikTok)
- bukti QR Code video produk dan bukti posting di medsos,
- Pastikan QR Code yang telah diposting di Instagram atau TikTok berfungsi dengan baik sehingga video produk muncul saat pengunjung di Instagram atau TikTok scan QR Code tersebut.
- QR Code video produk di posting di media sosial (IG atau TikTok)
- bukti QR Code video produk dan bukti posting di medsos,
- Pastikan QR Code yang telah diposting di Instagram atau TikTok berfungsi dengan baik sehingga video produk muncul saat pengunjung di Instagram atau TikTok scan QR Code tersebut.
Bismillahirrahmanirrahim
Assalamu'alaykum Warahmatullahi Wabarakaatuh
Teman-teman, apa kabar hari ini ? Tetap jaga kesehatan dan tetap olahraga yaa...
Sebelum kita mulai kuliah hari ini, seperti biasa kita baca Surat Al-Fatihah untuk diri kita, orang tua kita, dan semua orang.
Hari ini kita masuk pertemuan ke 15 dan hari ini kita akan membahas tentang Evaluasi dan Peningkatan Kinerja Pemasaran Digital.
Proses pengukuran dan analisis kinerja kampanye pemasaran digital berdasarkan indikator tertentu. Indikator Kinerja Utama (Key Performance Indicators / KPI): Traffic Website, Engagement Media Sosial, Konversi (Conversion Rate).
Silakan Anda baca dan buka Slide Materi, E-Modul, Video Pembelajaran dalam Materi Pertemuan ini agar Anda dapat mengetahui lebih lanjut.
Untuk melihat keaktifan mahasiswa maka setiap mahasiswa wajib menjawab pertanyaan di dalam forum diskusi ini.
Join Zoom Meeting https://zoom.us/j/91994244562?pwd=904rXY5Zed7wxTZk6yRXpLIJEclDlC.1 Meeting ID: 919 9424 4562 Passcode: MNJ
Bismillahirrahmanirrahim
Assalamu'alaykum Warahmatullahi Wabarakaatuh
Teman-teman, apa kabar hari ini ? Tetap jaga kesehatan dan tetap olahraga yaa...
Sebelum kita mulai UAS hari ini, seperti biasa kita baca Surat Al-Fatihah untuk diri kita, orang tua kita, dan semua orang.
Selamat mengerjakan.