Global searching is not enabled.
Skip to main content

Topic outline

  • Pemasaran Digital (Digital Marketing)


    Dosen Pengampu

      Nama : HANIF ZAIDAN SINAGA
    Email: hanif.zaidan@gmail.com

    Mata Kuliah   :   Pemasaran Digital
    Kode   :   PBD232
    Program Studi   :   S1 Bisnis Digital
    Perguruan Tinggi   :   Universitas Ibn Khaldun Bogor
    • CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH (CPMK): 

      1. Mampu melaksanakan kinerja mandiri, bermutu dan terukur dalam hal kemandirian dan kewirausahaan.
      2. Mampu memilih keputusan secara tepat berdasarkan hasil analisis informasi dan data dalam mengaplikasikan teknologi informasi dalam mendukung kegiatan kewirausahaan secara digital.
      3. Mampu mengintegrasikan dan menilai penggunaan teknologi digital dengan bisnis secara komprehensif guna menyelesaikan permasalahan dalam mendukung kegiatan kewirausahaan secara digital.
      4. Mampu merancang proyek pemasaran digital berdasarkan konsep manajemen pemasaran dan konsep Teknologi Informasi dan Komunikasi guna mendukung kegiatan kewirausahaan secara digital.

      DESKRIPSI SINGKAT MATA KULIAH:

      Mata kuliah ini dirancang untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan dalam menerapkan teknologi Augmented Reality (AR) dalam Strategi Pemasaran Digital. Mahasiswa akan mempelajari konsep dasar Pemasaran Digital dan teknologi Augmented Reality (AR), serta mengintegrasikan teknologi Augmented Reality (AR) ke dalam iklan pemasaran untuk meningkatkan interaksi dan keterlibatan pelanggan. Melalui model pembelajaran Project Based Learning (PBL), mahasiswa akan terlibat dalam proyek nyata untuk merancang, mengembangkan, dan mengevaluasi iklan Pemasaran Digital berbasis Augmented Reality (AR).

      MATERI YANG DIBERIKAN:

      1. Konsep Pemasaran
      2. Strategi Bauran Pemasaran
      3. Konsep dan Ekosistem Pemasaran Digital
      4. Media Sosial dan Iklan Media Sosial
      5. Website dan SEO/SEM
      6. E-commerce dan E-mail Marketing
      7. Strategi Pemasaran Digital menggunakan Platform Digital
      8. Ujian Tengah Semester (UTS)
      9. Pengenalan dan Platform berbasis Augmented Reality (AR)
      10. Elemen Pemasaran Digital Berbasis Augmented Reality (AR)
      11. Pengembangan Konten Berbasis Augmented Reality (AR)
      12. Integrasi Augmented Reality (AR) dalam Kampanye Pemasaran Digital
      13. Pembuatan Proyek Pemasaran Digital Berbasis Augmented Reality (AR)
      14. Presentasi Proyek Pemasaran Digital Berbasis Augmented Reality (AR)
      15. Evaluasi dan Peningkatan Kinerja Pemasaran Digital
      16. Ujian Akhir Semester (UAS)
      MODEL PERTEMUAN:

      Kegiatan perkuliahan ini dilakukan secara blended learning yaitu: 

      1. Pertemuan sinkron (face to face), yaitu pertemuan offline atau online, dosen dan mahasiswa bertemu dalam ruang kelas sesuai jadwal kuliah,
      2. Pertemuan asinkron, yaitu pertemuan yang dilakukan secara daring dengan menggunakan e-learning, dosen dan mahasiswa tidak bertemu dalam ruang kelas.

      UTS dan UAS dilakukan secara face to face.

      PETUNJUK MEMPELAJARI MEDIA PEMBELAJARAN:

      Media pembelajaran yang disediakan pada setiap tatap muka meliputi:

      1. handout 
      2. media presentasi
      3. sumber bacaan lain
      4. video pembelajaran

      Pertama-tama, Anda harus download media pembelajaran no 1, 2 dan 3. Anda sebaiknya membaca materi ini dengan tuntas. Setelah itu, Anda diminta untuk melihat video. Video akan meningkatkan pemahaman Anda terhadap materi kuliah.

      Silakan klik "PENDAHULUAN" untuk mengetahui Sistem Penilaian.

    • Silakan download Rencana Pembelajaran Semester (RPS) mata kuliah ini.

  • Pertemuan 1: Konsep Pemasaran

    • Konsep pemasaran adalah filosofi atau pendekatan yang berfokus pada pemahaman dan pemenuhan kebutuhan serta keinginan pelanggan dengan cara yang lebih efektif dibandingkan dengan pesaing. Dalam konsep ini, keberhasilan perusahaan bergantung pada kemampuannya untuk memberikan nilai yang diinginkan pelanggan sambil mencapai tujuan bisnis seperti profitabilitas dan pertumbuhan jangka panjang.

      Silakan Anda baca dan buka Slide Materi, E-Modul, Video Pembelajaran dalam Materi Pertemuan ini agar Anda dapat mengetahui lebih lanjut. 

    • Untuk melihat keaktifan mahasiswa maka setiap mahasiswa wajib menjawab pertanyaan di dalam forum diskusi ini.

  • Pertemuan 2: Strategi Bauran Pemasaran

    Capaian pembelajaran di pertemuan ke 2 ini adalah Sub CPMK-1 : mampu menjelaskan (C2) konsep pemasaran, bauran pemasaran, pemasaran digital, dan augmented reality (AR). CPMK-1
    Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu
    1. Konsep bauran pemasaran
    2. Bauran pemasaran product
    3. Bauran pemasaran price
    4. Bauran pemasaran place
    5. Bauran pemasaran promotion
    6. Strategi Bauran Pemasaran
    • Strategi bauran pemasaran adalah kombinasi elemen-elemen pemasaran yang digunakan oleh perusahaan untuk mempromosikan produk atau layanan kepada target pelanggan dengan cara yang paling efektif. Strategi ini dikenal dengan istilah Marketing Mix, yang pada awalnya terdiri dari 4P (Product, Price, Place, Promotion) dan berkembang menjadi 7P (People, Process, Physical Evidence) untuk mencakup elemen-elemen tambahan yang relevan dengan bisnis jasa.

      Silakan Anda baca dan buka Slide Materi, E-Modul, Video Pembelajaran dalam Materi Pertemuan ini agar Anda dapat mengetahui lebih lanjut.

    • Setiap mahasiswa wajib merangkum Kuliah Umum tanggal 26 September 2024 dan mengumpulkan rangkuman paling lambat Jum'at 27 September 2024 jam 23.59.

    • Setiap mahasiswa yang telah mendapatkan E-Certificate Kuliah Umum 26 September 2024, wajib mengupload ke dalam LMS ini.

    • Untuk melihat keaktifan mahasiswa maka setiap mahasiswa wajib menjawab pertanyaan di dalam forum diskusi ini.

  • Pertemuan 3: Konsep dan Ekosistem Pemasaran Digital

    Bismillahirrahmanirrahim

    Assalamu'alaykum Warahmatullahi Wabarakaatuh

    Teman-teman, apa kabar hari ini ? Tetap jaga kesehatan dan tetap olahraga yaa...

    Sebelum kita mulai kuliah hari ini, seperti biasa kita baca Surat Al-Fatihah untuk diri kita, orang tua kita, dan semua orang.

    Hari ini kita masuk pertemuan ke 3 dan hari ini kita akan membahas tentang Konsep dan Ekosistem Pemasaran Digital. 

    Capaian pembelajaran di pertemuan ke 3 ini adalah Sub CPMK-1 : mampu menjelaskan (C2) konsep pemasaran, bauran pemasaran, pemasaran digital, dan augmented reality (AR). CPMK-1
    Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu
    1. Konsep pemasaran digital
    2. Konsep Ekosistem Pemasaran Digital
    3. Elemen-elemen Ekosistem Pemasaran Digital
    4. Pentingnya Ekosistem Pemasaran Digital
  • Pertemuan 4: Media Sosial dan Iklan Media Sosial

    Bismillahirrahmanirrahim

    Assalamu'alaykum Warahmatullahi Wabarakaatuh

    Teman-teman, apa kabar hari ini ? Tetap jaga kesehatan dan tetap olahraga yaa...

    Sebelum kita mulai kuliah hari ini, seperti biasa kita baca Surat Al-Fatihah untuk diri kita, orang tua kita, dan semua orang.

    Hari ini kita masuk pertemuan ke 4 dan hari ini kita akan membahas tentang Media Sosial dan Iklan Media Sosial. 

    Capaian pembelajaran di pertemuan ke 4 ini adalah Sub CPMK-2 : mampu menggunakan (C3) elemen-elemen dalam pemasaran digital. CPMK-2
    Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu
    1. Media sosial
    2. Pemilihan media sosial
    3. Merancang dan Menguji Iklan
    4. Memilih jenis-jenis media dan jadwal iklan
    • Media sosial dan iklan media sosial adalah elemen penting dalam pemasaran digital. Media sosial merujuk pada platform digital yang memungkinkan pengguna untuk berbagi konten, berinteraksi, dan membangun hubungan. Iklan media sosial adalah strategi pemasaran berbayar yang memanfaatkan platform ini untuk menjangkau audiens target dengan lebih efektif.

      Silakan Anda baca dan buka Slide Materi, E-Modul, Video Pembelajaran dalam Materi Pertemuan ini agar Anda dapat mengetahui lebih lanjut.

    • Setiap mahasiswa wajib merancang iklan di media sosial dengan ketentuan :

      1. Harus ada tujuan kampanye

      2. Ada target audiens (segmentasi demografis, geografis, psikografis, perilaku) 

      3. Konten iklan (headline menarik, manfaat jelas, ada call to action, kualitas gambar dan video bagus, kreatif, gunakan hashtag dan tag)

      4. Jadwal iklan

    • Setiap mahasiswa wajib merancang iklan di media sosial dengan ketentuan : 

      1. Harus ada tujuan kampanye 

      2. Ada target audiens (segmentasi demografis, geografis, psikografis, perilaku)   

      3. Konten iklan (headline menarik, manfaat jelas, ada call to action, kualitas gambar dan video bagus, kreatif, gunakan hashtag dan tag) 

      4. Jadwal iklan

    • Untuk melihat keaktifan mahasiswa maka setiap mahasiswa wajib menjawab pertanyaan di dalam forum diskusi ini.

  • Pertemuan 5: Website dan SEO/SEM

    Bismillahirrahmanirrahim

    Assalamu'alaykum Warahmatullahi Wabarakaatuh

    Teman-teman, apa kabar hari ini ? Tetap jaga kesehatan dan tetap olahraga yaa...

    Sebelum kita mulai kuliah hari ini, seperti biasa kita baca Surat Al-Fatihah untuk diri kita, orang tua kita, dan semua orang.

    Hari ini kita masuk pertemuan ke 5 dan hari ini kita akan membahas tentang Website dan SEO/SEM. 

    Capaian pembelajaran di pertemuan ke 5 ini adalah Sub CPMK-2 : mampu menggunakan (C3) elemen-elemen dalam pemasaran digital. CPMK-2
    Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu
    1. Langkah-langkah membuat konten secara kreatif
    2. Pengelolaan Website
    3. Search Engine Optimization (SEO)
    4. Search Engine Marketing (SEM)
    • Website, SEO, dan SEM adalah tiga elemen inti dalam strategi pemasaran digital yang saling mendukung untuk membantu bisnis meningkatkan visibilitas, menjangkau audiens target, dan mencapai tujuan pemasaran. 

      Website adalah platform digital yang berfungsi sebagai representasi online suatu bisnis, individu, atau organisasi. Dalam konteks pemasaran, website sering menjadi pusat kegiatan pemasaran digital, tempat pengguna mendapatkan informasi, membeli produk, atau berinteraksi dengan merek. 

      Search Engine Optimization (SEO) adalah praktik mengoptimalkan konten, struktur, dan teknis website untuk meningkatkan visibilitas di hasil pencarian organik di mesin pencari seperti Google.

      Search Engine Marketing (SEM) adalah praktik pemasaran digital berbayar untuk meningkatkan visibilitas website di halaman hasil mesin pencari (Search Engine Results Page - SERP). Ini mencakup iklan PPC (Pay-Per-Click), seperti Google Ads.

      Silakan Anda baca dan buka Slide Materi, E-Modul, Video Pembelajaran dalam Materi Pertemuan ini agar Anda dapat mengetahui lebih lanjut.

    • Untuk melihat keaktifan mahasiswa maka setiap mahasiswa wajib menjawab pertanyaan di dalam forum diskusi ini.

    • Setiap kelompok wajib membuat website dan meng-upload link website sebelum Ahad 20 Oktober 2024 jam 23.59 untuk kelas B dan Senin 21 Oktober jam 23.59 untuk kelas A.

    • Join Zoom Meeting https://zoom.us/j/91994244562?pwd=904rXY5Zed7wxTZk6yRXpLIJEclDlC.1 Meeting ID: 919 9424 4562 Passcode: MNJ

  • Pertemuan 6: E-commerce dan E-mail Marketing

    Bismillahirrahmanirrahim

    Assalamu'alaykum Warahmatullahi Wabarakaatuh

    Teman-teman, apa kabar hari ini ? Tetap jaga kesehatan dan tetap olahraga yaa...

    Sebelum kita mulai kuliah hari ini, seperti biasa kita baca Surat Al-Fatihah untuk diri kita, orang tua kita, dan semua orang.

    Hari ini kita masuk pertemuan ke 6 dan hari ini kita akan membahas tentang E-Commerce dan E-mail Marketing.

    Capaian pembelajaran di pertemuan ke 6 ini adalah Sub CPMK-2 : mampu menggunakan (C3) elemen-elemen dalam pemasaran digital. CPMK-2
    Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu
    1. Konsep dan Penerapan E-commerce
    2. Konsep dan Penerapan E-mail marketing
    3. Strategi Pemasaran dalam Pemasaran Digital
    • E-commerce dan email marketing adalah dua elemen penting dalam pemasaran digital. E-commerce menyediakan platform untuk transaksi jual beli secara online, sedangkan email marketing adalah strategi komunikasi yang memanfaatkan email untuk membangun hubungan dengan pelanggan dan mendorong penjualan.

      E-commerce (electronic commerce) adalah aktivitas jual beli barang atau jasa melalui platform digital, seperti website atau aplikasi. Contohnya adalah marketplace seperti Tokopedia, Shopee, Amazon, dan e-commerce milik perusahaan seperti Nike atau Zara.

      Email marketing adalah strategi pemasaran digital yang menggunakan email untuk mengirim pesan kepada pelanggan, seperti promosi, pengumuman, atau buletin.

      Silakan Anda baca dan buka Slide Materi, E-Modul, Video Pembelajaran dalam Materi Pertemuan ini agar Anda dapat mengetahui lebih lanjut.

    • Untuk melihat keaktifan mahasiswa maka setiap mahasiswa wajib menjawab pertanyaan di dalam forum diskusi ini.

  • Pertemuan 7: Strategi Pemasaran Digital

    Bismillahirrahmanirrahim

    Assalamu'alaykum Warahmatullahi Wabarakaatuh

    Teman-teman, apa kabar hari ini ? Tetap jaga kesehatan dan tetap olahraga yaa...

    Sebelum kita mulai kuliah hari ini, seperti biasa kita baca Surat Al-Fatihah untuk diri kita, orang tua kita, dan semua orang.

    Hari ini kita masuk pertemuan ke 7 dan hari ini kita akan membahas tentang Strategi Pemasaran Digital.

    Capaian pembelajaran di pertemuan ke 7 ini adalah Sub CPMK-3 : mampu mengintegrasikan (C4) strategi pemasaran dengan elemen-elemen pemasaran digital. CPMK-3
    Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu
    1. Konsep Platform Digital
    2. Menyusun Strategi Pemasaran Digital menggunakan Platform Digital
  • Pertemuan 8: Ujian Tengah Semester (UTS)

    Bismillahirrahmanirrahim

    Assalamu'alaykum Warahmatullahi Wabarakaatuh

    Teman-teman, apa kabar hari ini ? Tetap jaga kesehatan dan tetap olahraga yaa...

    Sebelum kita mulai UTS hari ini, seperti biasa kita baca Surat Al-Fatihah untuk diri kita, orang tua kita, dan semua orang.

    Selamat mengerjakan.

    Capaian pembelajaran di pertemuan ke 8 ini adalah Ujian Tengah Semester (UTS)
    Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu Ujian Tengah Semester (UTS)
  • Pertemuan 9: Pengenalan Platform berbasis Augmented Reality (AR)

    Bismillahirrahmanirrahim

    Assalamu'alaykum Warahmatullahi Wabarakaatuh

    Teman-teman, apa kabar hari ini ? Tetap jaga kesehatan dan tetap olahraga yaa...

    Sebelum kita mulai kuliah hari ini, seperti biasa kita baca Surat Al-Fatihah untuk diri kita, orang tua kita, dan semua orang.

    Hari ini kita masuk pertemuan ke 9 dan hari ini kita akan membahas tentang Pengenalan Platform berbasis Augmented Reality (AR).

    Capaian pembelajaran di pertemuan ke 9 ini adalah Sub CPMK-1 : mampu menjelaskan (C2) konsep pemasaran, bauran pemasaran, pemasaran digital, dan augmented reality (AR). CPMK-1
    Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu
    1. Konsep Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR), Mixed Reality (MR).
    2. Platform yang menggunakan Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR), Mixed Reality (MR).
    • Augmented Reality (AR) adalah teknologi yang memungkinkan integrasi elemen digital (seperti gambar, video, dan model 3D) ke dalam dunia nyata melalui perangkat seperti smartphone, tablet, atau kacamata AR. Platform berbasis AR menyediakan alat dan infrastruktur untuk menciptakan, mendistribusikan, dan mengakses konten AR dengan mudah, contoh: ARKit (Apple), ARCore (Google), Vuforia, Unity, Assemblr Studio, Polycam.

      Silakan Anda baca dan buka Slide Materi, E-Modul, Video Pembelajaran dalam Materi Pertemuan ini agar Anda dapat mengetahui lebih lanjut.

    • Untuk melihat keaktifan mahasiswa maka setiap mahasiswa wajib menjawab pertanyaan di dalam forum diskusi ini.

  • Pertemuan 10: Elemen Pemasaran Digital Berbasis Augmented Reality (AR)

    Bismillahirrahmanirrahim

    Assalamu'alaykum Warahmatullahi Wabarakaatuh

    Teman-teman, apa kabar hari ini ? Tetap jaga kesehatan dan tetap olahraga yaa...

    Sebelum kita mulai kuliah hari ini, seperti biasa kita baca Surat Al-Fatihah untuk diri kita, orang tua kita, dan semua orang.

    Hari ini kita masuk pertemuan ke 10 dan hari ini kita akan membahas tentang Elemen Pemasaran Digital Berbasis Augmented Reality (AR).

    Capaian pembelajaran di pertemuan ke 10 ini adalah Sub CPMK-4 : mampu mengintegrasikan (C4) elemen-elemen pemasaran digital dengan augmented reality (AR). CPMK-3
    Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu Elemen-elemen pemasaran digital (media sosial dan website) menggunakan augmented reality (AR)
  • Pertemuan 11: Pengembangan Konten Berbasis Augmented Reality (AR)

    Bismillahirrahmanirrahim

    Assalamu'alaykum Warahmatullahi Wabarakaatuh

    Teman-teman, apa kabar hari ini ? Tetap jaga kesehatan dan tetap olahraga yaa...

    Sebelum kita mulai kuliah hari ini, seperti biasa kita baca Surat Al-Fatihah untuk diri kita, orang tua kita, dan semua orang.

    Hari ini kita masuk pertemuan ke 11 dan hari ini kita akan membahas tentang Pengembangan Konten Berbasis Augmented Reality (AR).

    Capaian pembelajaran di pertemuan ke 11 ini adalah Sub CPMK-4 : mampu mengintegrasikan (C4) elemen-elemen pemasaran digital dengan augmented reality (AR). CPMK-3
    Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu
    1. Konsep konten pemasaran
    2. Penggunaan Augmented Reality (AR) dalam Pemasaran
    3. Membuat konten pemasaran berbasis Augmented Reality (AR).
  • Pertemuan 12: Integrasi Augmented Reality (AR) dalam Kampanye Pemasaran Digital

    Bismillahirrahmanirrahim

    Assalamu'alaykum Warahmatullahi Wabarakaatuh

    Teman-teman, apa kabar hari ini ? Tetap jaga kesehatan dan tetap olahraga yaa...

    Sebelum kita mulai kuliah hari ini, seperti biasa kita baca Surat Al-Fatihah untuk diri kita, orang tua kita, dan semua orang.

    Hari ini kita masuk pertemuan ke 12 dan hari ini kita akan membahas tentang Integrasi Augmented Reality (AR) dalam Kampanye Pemasaran Digital.

    Capaian pembelajaran di pertemuan ke 12 ini adalah Sub CPMK-4 : mampu mengintegrasikan (C4) elemen-elemen pemasaran digital dengan augmented reality (AR). CPMK-3
    Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu
    1. Kampanye dalam Pemasaran Digital
    2. Menggabungkan kampanye dalam pemasaran digital dengan augmented reality (AR)
  • Pertemuan 13: Pembuatan Proyek Pemasaran Digital Berbasis Augmented Reality (AR)

    Bismillahirrahmanirrahim

    Assalamu'alaykum Warahmatullahi Wabarakaatuh

    Teman-teman, apa kabar hari ini ? Tetap jaga kesehatan dan tetap olahraga yaa...

    Sebelum kita mulai kuliah hari ini, seperti biasa kita baca Surat Al-Fatihah untuk diri kita, orang tua kita, dan semua orang.

    Hari ini kita masuk pertemuan ke 13 dan hari ini kita akan membahas tentang Pembuatan Proyek Pemasaran Digital berbasis Augmented Reality (AR).

    Capaian pembelajaran di pertemuan ke 13 ini adalah Sub CPMK-5 : mampu merancang (C6) dan mengevaluasi (C5) proyek pemasaran digital berbasis augmented reality (AR). CPMK-4
    Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu
    1. Langkah-langkah menyusun proposal usaha
    2. Pemilihan usaha yang akan dipasarkan secara digital
  • Pertemuan 14: Presentasi Proyek Pemasaran Digital Berbasis Augmented Reality (AR)

    Bismillahirrahmanirrahim

    Assalamu'alaykum Warahmatullahi Wabarakaatuh

    Teman-teman, apa kabar hari ini ? Tetap jaga kesehatan dan tetap olahraga yaa...

    Sebelum kita mulai kuliah hari ini, seperti biasa kita baca Surat Al-Fatihah untuk diri kita, orang tua kita, dan semua orang.

    Hari ini kita masuk pertemuan ke 14 dan hari ini kita akan membahas tentang Presentasi Proyek Pemasaran Digital berbasis Augmented Reality (AR).

    Capaian pembelajaran di pertemuan ke 14 ini adalah Sub CPMK-5 : mampu merancang (C6) dan mengevaluasi (C5) proyek pemasaran digital berbasis augmented reality (AR). CPMK-4
    Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu Presentasi proposal
  • Pertemuan 15: Evaluasi dan Peningkatan Kinerja Pemasaran Digital

    Bismillahirrahmanirrahim

    Assalamu'alaykum Warahmatullahi Wabarakaatuh

    Teman-teman, apa kabar hari ini ? Tetap jaga kesehatan dan tetap olahraga yaa...

    Sebelum kita mulai kuliah hari ini, seperti biasa kita baca Surat Al-Fatihah untuk diri kita, orang tua kita, dan semua orang.

    Hari ini kita masuk pertemuan ke 15 dan hari ini kita akan membahas tentang Evaluasi dan Peningkatan Kinerja Pemasaran Digital.

    Capaian pembelajaran di pertemuan ke 15 ini adalah Sub CPMK-5 : mampu merancang (C6) dan mengevaluasi (C5) proyek pemasaran digital berbasis augmented reality (AR). CPMK-4
    Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu Evaluasi pemasaran digital menggunakan Augemented Reality (AR).
  • Pertemuan 16: Ujian Akhir Semester (UAS)

    Bismillahirrahmanirrahim

    Assalamu'alaykum Warahmatullahi Wabarakaatuh

    Teman-teman, apa kabar hari ini ? Tetap jaga kesehatan dan tetap olahraga yaa...

    Sebelum kita mulai UAS hari ini, seperti biasa kita baca Surat Al-Fatihah untuk diri kita, orang tua kita, dan semua orang.

    Selamat mengerjakan.

    Capaian pembelajaran di pertemuan ke 16 ini adalah Ujian Akhir Semester (UAS)
    Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu Ujian Akhir Semester (UAS)