Global searching is not enabled.
Skip to main content

Topic outline

  • Sejarah Pergerakan Nasional Indonesia


    Dosen Pengampu

     

    Nama : DEWA MADE ALIT

    Email: dewaalit@mahadewa.ac.id


    Mata Kuliah   :   Sejarah Pergerakan Nasional Indonesia
    Kode   :   2001072835
    Program Studi   :   S1 Pendidikan Sejarah
    Perguruan Tinggi   :   Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

    Kajian tentang Sejarah Indonesia dari tahun 1900-1945 yang meliputi konsep-konsep dan nasionalis, latar belakang organisasi pergerakan (politik, agama, pemuda dan wanita), dengan segala upaya dan permasalahan yang ditimbulkannya termasuk masa pendudukan jepang di Idonesia.

    Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

    1. 1. Mampu menguasai konsep teoritis dan fakta sejarah Pergerakan Nasional Indonesia.
      • 1. Memahami konsep dasar sejarah pergerakan nasional, menganalisis latar belakang lahirnya nasionalisme Indonesia dan latar belakang lahirnya Pergerakan Nasional Indonesia
      • 2. Menganalisis latar belakang dan perjuangan organisasi organisasi pergerakan yang bercorak nasionalis, Islam, Sosialis, Keagamaan dan wanita pada masa pergerakan nasional Indonesia
      • 3. Menganalisis masa pendudukan Jepang di Indonesia
    2. 2. Mampu memformulasikan dan mengkomunikasikan secara kontekstual Sejarah Pergerakan Nasional Indonesia untuk menyelesaikan masalah - masalah pembelajaran sejarah secara mandiri maupun kelompok.

      Unduh RPS
    • Setiap tahap pembelajaran akan dirancang untuk mengembangkan kompetensi yang diperlukan, mulai dari pemahaman dasar hingga kemampuan analisis kritis dan penerapan praktis. Kemajuan kalian akan diukur melalui berbagai tugas, diskusi, dan evaluasi yang akan mencerminkan penguasaan terhadap materi yang telah dipelajari. Pastikan untuk mengikuti setiap tahapan dengan baik agar kemampuan yang diharapkan dapat tercapai secara optimal.

    • Mahasiswa yang saya hormati, selama satu semester ke depan, kita akan membahas materi perkuliahan yang mencakup nasionalisme, organisasi pergerakan, penjajahan Jepang dan proklamasi kemerdekaan. Saya harap kalian dapat mempersiapkan diri dengan baik untuk setiap pertemuan, sehingga kita dapat bersama-sama mencapai pemahaman yang mendalam dan komprehensif tentang materi yang akan dibahas.

    • Salam JAS MERAH. Teman-teman mahasiswa yang hebat, berikut adalah RPS yang akan dijadikan acuan pembelajaran selama satu semester. Silakan unduh dan baca dengan cermat. Seluruh kegiatan pembelajaran dan indikator capaian pembelajaran tercantum di RPS. Kita semua berharap mahasiswa mampu mencapai CPMK yang diinginkan melalui mata kuliah ini

    • Salam JAS MERAH
      Para mahasiswa yang berbahagia
      Bagian ini berisi petunjuk perkuliahan untuk mata kuliah Sejarah Pergerakan Nasional Indonesia LMS Spada. Petunjuk ini sebaiknya kalian baca dan perhatikan karena petunjuk ini akan memberikan kalian pemahaman yang utuh mengenai mekanisme perkuliahan dalam setiap pembelajaran. Selamat membaca.

    • Dalam rangka memastikan keberhasilan kalian dalam mengikuti perkuliahan, sangat penting untuk memahami dan mematuhi kontrak perkuliahan yang telah disediakan di SPADA. Baca dengan seksama seluruh isi kontrak perkuliahan yang mencakup tujuan perkuliahan, jadwal pertemuan, penilaian, dan aturan lainnya. Pastikan kalian mencatat atau menandai poin-poin penting yang perlu diperhatikan, seperti jadwal tugas, ketentuan kehadiran, dan kriteria penilaian. Jika terdapat bagian dari kontrak perkuliahan yang kurang jelas atau memerlukan penjelasan lebih lanjut, jangan ragu untuk mengajukan pertanyaan kepada dosen melalui forum diskusi atau email.

    • Mahasiswa yang hebat!
      Penilaian dalam mata kuliah ini akan dilakukan berdasarkan rubrik penilaian yang telah disusun untuk memastikan objektivitas serta transparansi. Rubrik ini mencakup beberapa komponen penilaian, dimana setiap komponen akan dinilai berdasarkan kriteria tertentu dan bobot penilaian yang sudah ditentukan. Pastikan untuk memahami rubrik ini dengan baik agar dapat memaksimalkan capaian nilai sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

  • Pertemuan ke 1

    Salam JAS MERAH!
    Para mahasiswa yang hebat, kami sangat berbahagia kalian bisa bergabung dalam mata kuliah Sejarah Pergerakan Nasional Indonesia untuk memulai pengalaman baru. Pertemuan hari ini kita akan membahas tentang deskripsi singkat mata kuliah ini. Pada pertemuan ke-1 ini kita juga akan mempelajari tentang materi konsep nasionalime dan perbedaan nasionalisme Indonesia dengan nasionalisme barat. Materi ini merupakan bagian dari Sub CPMK 1 Menguasai konsep dasar sejarah pergerakan nasional, menganalisis latar belakang lahirnya nasionalisme Indonesia dan latar belakang lahirnya Pergerakan Nasional Indonesia.


    Pertemuan 1, 27 September 2024, Pukul 18.00 Wita

    Link GM



    Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu
    1. 1. Kontrak perkuliahaan
    2. 2. Konsep nasionalisme
    3. 3. Nasionalisme menurut Ernas Renan
    • Sobat Generasi penerus bangsa!
      Materi perkuliahan yang akan kita pelajari memiliki kaitan erat dengan permasalahan nyata yang dihadapi masyarakat.

    • Hallo sahabat JAS MERAH!
      Sebagai gambaran singkat mengenai materi ini, kalian dapat membaca ringkasan materi tentang nasionalisme, semangat !

    • Pastikan ya teman-teman mahasiswa untuk memperhatikan setiap aspek dari indikator penilaian, karena hasil akhir perkuliahan akan sangat bergantung pada pencapaian kalian dalam setiap komponen yang dinilai.

    • Untuk mempelajari materi kuliah silahkan kalian membaca semua bahan ajar yang tersedia dan mengikuti instruksi dosen untuk setiap kegiatan pembelajaran.

    • Dalam video ini, kita akan menjelajahi apa yang dimaksud dengan nasionalisme, bagaimana ia berkembang, serta peran pentingnya dalam membentuk identitas dan persatuan bangsa. Perlu diketahui bahwa nasionalisme bangsa Indonesia memiliki perbedaan dengan nasionalisme yang lahir dan berkembang di Eropa. Sukarno (1964:9) mengatakan Nasionalisme Eropa ialah lebih mengarah kepada sesuatu yang bersifat agresif yaitu suatu nasionalisme mengutamakan kepentingan pribadi, nasionalisme perdagangan yang mengedepankan keuntungan sendiri.
      Bersiaplah untuk memahami lebih dalam tentang bagaimana perasaan cinta tanah air dan kebanggaan nasional dapat menginspirasi perubahan sosial dan politik di berbagai belahan dunia.

    • Jika dilakukan penelaahan lebih dalam maka sangatlah jelas bahwa latarbelakang Historis dari nasionalisme Indonesia dan Eropa sangatlah berbeda. Nasionalisme Indonesia lahir akibat dari adanya kondisi Nusantara yang terjajah.  Nasionalisme yang lahir sebagai bentuk perlawanan terhadap penjajah. Di video selanjutnya, kita akan membahas bagaimana sejarah, budaya, dan konteks sosial-politik telah membentuk pandangan nasionalisme yang unik di Indonesia, serta bagaimana ini berbeda dari konsep nasionalisme yang berkembang di dunia Barat. Mari kita pelajari bersama dan memahami lebih dalam tentang apa yang membuat nasionalisme Indonesia begitu istimewa. Silahkan buat rangkuman materinya!

    • View Make forum posts: 2

      Salam hangat Sobat JAS MERAH
      Radikalisme dan Ekstremisme: Peningkatan paham radikalisme dan ekstremisme, baik dalam bentuk agama maupun ideologi, mengancam persatuan dan kesatuan bangsa. Kelompok-kelompok ini sering kali menyebarkan kebencian dan memecah belah masyarakat. Menurut kalian bagaimana nasionalisme menghadapi kondisi seperti ini.
      Silakan diskusikan di forum diskusi SPADA, dengan memberikan contoh konkret dan referensi yang mendukung argumen kalian. Setiap mahasiswa akan tercentang jika sudah dua (2) kali berkomentar atau mengeluarkan pendapat yang dilengkapi dengan referensi atau sumber kutipan. Keaktifan kalian dalam berdiskusi sangat mempengaruhi penilaian keaktifan. Semangat ya berdiskusi

    • Kuis Pertemuan 1

      Silakan mengikuti kuis untuk mengukur pemahaman anda tentang Konsep Nasionalisme dan Perbedaan Nasionalisme Indonesia dengan nasionalisme barat

      Kuis ini terdiri dari 10 soal pilihan ganda dengan bobot 10 poin setiap soal. Kalian memiliki waktu 20 menit untuk menyelesaikan semua soal. Bacalah setiap soal dengan cermat dan pilihlah jawaban yang paling tepat. Setiap jawaban benar akan bernilai 10 poin. Selamat mengerjakan!

    • Silakan buat resume dari materi kuliah yang telah dipelajari pada minggu ini. Resume harus mencakup poin-poin utama yang disampaikan dan disusun dalam format esai sebanyak 500-1000 kata. Gunakan bahasa yang jelas dan padat, serta pastikan untuk menyusun resume secara runtut. Setelah selesai, unggah resume dalam format PDF ke LMS sebelum tanggal 4 Oktober 2024

  • Pertemuan ke 2

    Salam JAS MERAH!
    Para mahasiswa yang hebat, kami sangat senang kalian bisa bergabung untuk mendalami tentang Sejarah Pergerakan Nasional Indonesia. Ingatlah, tidak ada mimpi yang terlalu besar atau tujuan yang terlalu jauh. Dengan tekad, kerja keras, dan semangat pantang menyerah, kalian bisa meraih apa pun yang kalian impikan. Jadilah pemberani, jangan takut untuk berinovasi dan berpikir kreatif. Setiap hari adalah peluang baru untuk menjadi lebih baik. Pertemuan hari ini kita akan membahas secara berurutan tentang Pendidikan masa politik etis, Elite tradisional dan Modern, Peran elite modern dalam lahirnya nasionalisme, Munculnya Pergerakan Nasional, serta perbedaan perjuangan sebelum 1908 dengan sesudah 1908. Materi ini merupakan bagian dari Sub CPMK 1 Menguasai konsep dasar sejarah pergerakan nasional, menganalisis latar belakang lahirnya nasionalisme Indonesia dan latar belakang lahirnya Pergerakan Nasional Indonesia.

    Klik Google meet di bawah untuk perkuliahan Sinkronus
    Perhatian : sebelum membuka Google Meeti di bawah ini, anda harus login ke Google terlebih dulu
    Pertemuan 2, tanggal 4 Oktober 2024, Pukul 1800 Wita

    https://us06web.zoom.us/j/2408413436?pwd=xkBkYay8gihVcGRo9pI5i0WemqStMi.1

    Meeting ID: 240 841 3436
    Passcode: 083710

    Capaian pembelajaran di pertemuan ke 3 ini adalah Sub CPMK 2 Menganalisis latar belakang d

    Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu
    1. Pendidikan masa politik etis
    2. Elite tradisional dan Modern
    3. ISDV Indische Partij
    4. Peran elite modern dalam lahirnya nasionalisme
    5. Munculnya Pergerakan Nasional Perbedaan pergerakan Nasional sebelum dan sesudah 1908

    • Hallo Sahabat JAS Merah!
      Mempelajari sejarah penting untuk memahami akar permasalahan saat ini, serta memberikan kita perspektif yang lebih luas tentang dunia sehingga kita bisa berkontribusi bagi bangsa dan negara

    • Salam JAS MERAH! Sahabat mahasiswa, untuk memaksimalkan proses pembelajaran, silakan akses dan pelajari materi perkuliahan yang telah disediakan karena materi tersebut akan menjadi dasar diskusi dan penilaian dalam perkuliahan ini. Sebagai gambaran singkat mengenai materi ini, kalian dapat membaca ringkasan materi sebagai berikut.

    • Sahabat JAS MERAH, silahkan dicermati indikator penilaian yang ditetapkan pada materi pertemuan 2 ini. Ketrecapaian indikator akan memberikan gambaran yang jelas tentang progres belajar kalian dan mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan. Silahkan dibaca dan dipahami

    • Setelah kalian membaca materi, cobalah membuat rangkuman untuk membantu memperdalam pemahaman kalian

    • Perlu diketahui bahwa nasionalisme Bangsa Indonesia memiliki perbedaan  dengan  nasionalisme  yang  lahir  dan  berkembang  di  Eropa. Sukarno (1964:9) mengatakan Nasionalisme Eropa   ialah lebih   mengarah kepada   sesuatu   yang bersifat agresif   yaitu suatu   nasionalisme mengutamakan kepentingan pribadi, nasionalisme perdagangan yang mengedepankan keuntungan sendiri.

      Jika dilakukan penelaahan lebih dalam maka sangatlah jelas bahwa latarbelakang Historis dari nasionalisme Indonesia dan eropa sangatlah berbeda. Nasionalisme Indonesia lahir akibat dari adanya kondisi Nusantara yang terjajah.  Nasionalisme yang lahir sebagai bentuk perlawanan terhadap penjajah. Dalam video ini, kita akan menyelami semangat perjuangan para pahlawan dan tokoh-tokoh penting yang berperan dalam membangkitkan kesadaran nasional dan memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Bersiaplah untuk memahami bagaimana pergerakan ini membentuk identitas bangsa dan menjadi fondasi bagi Indonesia yang merdeka dan berdaulat. Silahkan cermati video berikut dan buatlah catatan poin-poin penting dari materi tersebut!

    • View Make forum posts: 2

      Mahasiswa yang hebat, Salam JAS MERAH

      Sejarah membuktikan bahwa lahirnya pergerakan nasional Indonesia tidak lepas dari peran golongan terdidik yang lahir lewat kebijakan politik etis. Walaupun lahirnya golongan terdidik tidak diharapkan oleh pemerintah kolonial namun mampu mengadakan perubahan yang sangat besar dan dalam waktu yang singkat yakni 1908 sampai Indonesia merdeka. Pendidikan menjadi faktor kunci kemajuan sebuah bangsa. Berdasarkan data, kualifikasi guru belum memenuhi standar kualifikasi minimal yakni S1, distribusi guru yang masih belum merata, fasilitas yang belum memadai untuk daerah 3T, tingkat putus sekolah dasar 0,28 % (2021), tingkat putus sekolah Menengah Pertama 0,92 % (2021) dan tingkat SMA yng putus sekolah 2,02 % (2021). Menurut kalian apa yang menjadi akar permasalahan tersebut. Silahkan di diskusikan. Setiap mahasiswa akan tercentang √ jika sudah dua (2) kali berkomentar atau mengeluarkan pendapat yang dilengkapi dengan referensi atau sumber kutipan. Ayoo semangat

    • Teman-teman mahasiswa silakan mengikuti kuis berikut untuk mengukur pemahaman kalian tentang Pergerakan Nasional Indonesia. Kalian akan menghadapi 10 pertanyaan pilihan ganda dalam kuis ini. Setiap soal bernilai 10 poin dan kalian memiliki waktu 20 menit untuk menjawab semuanya. Pilih jawaban yang paling tepat dari keempat pilihan yang tersedia. Setelah yakin dengan jawaban kalian, klik "Kirim". Ingat, setiap jawaban benar akan menambah 10 poin pada skor kalian. Selamat berjuang!

    • Silakan buat resume dari materi kuliah yang telah dipelajari pada minggu ini. Resume harus mencakup poin-poin utama yang disampaikan dan disusun dalam format esai sebanyak 500-700 kata. Gunakan bahasa yang jelas dan padat, serta pastikan untuk menyusun resume secara runtut. Setelah selesai, unggah resume dalam format PDF ke LMS sebelum tanggal 11 Oktober 2024

  • Pertemuan ke 3

    Salam JAS MERAH!

    Para mahasiswa yang hebat, tetap semangat, terus berjuang, dan jadilah versi terbaik dari diri kalian. Kami sangat senang kalian masih setia berdiskusi untuk mendalami Sejarah Pergerakan Nasional Indonesia. Pertemuan ke-3 kita akan mengupas tentang Organisasi Pergerakan Nasional, antara lain: Boedi Oetomo, Serikat Islam, dan Indische Partij. Materi ini merupakan bagian dari Sub CPMK 2 Menganalisis latar belakang dan perjuangan organisasi-organisasi pergerakan yang bercorak nasionalis, Islam, Sosialis, keagamaan dan wanita pada masa pergerakan nasional Indonesia
    Klik Google meet di bawah untuk perkuliahan Sinkronus
    Perhatian : sebelum membuka Google Meeti di bawah ini, anda harus login ke Google terlebih dulu
    Pertemuan 3, tanggal 11 Oktober 2024, Pukul 18.00 Wita

    https://us06web.zoom.us/j/8064411261?pwd=bF1uaa0UjuxbDEgSM7aS9IXXf5WKCB.1 

    Capaian pembelajaran di pertemuan ke 3 ini adalah Sub CPMK 2 Menganalisis latar belakang dan perjuangan organisasi organisasi pergerakan yang bercorak nasionalis, Islam, Sosialis, Keagamaan dan wanita pada masa pergerakan nasional Indonesia.
    Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu
    1. Boedi Oetomo
    2. Serikat Islam
    3. ISDV Indische Partij
    • Mahasiswa penerus bangsa!

      Materi perkuliahan yang akan kita pelajari memiliki kaitan erat dengan permasalahan nyata yang dihadapi masyarakat

    • Bosan dengan teori-teori membingungkan? Materi perkuliahan akan membantu kalian menemukan jawaban atas semua pertanyaanmu. Jangan anggap remeh materi perkuliahan. Di sanalah letak kunci keberhasilanmu. Sebagai gambaran singkat mengenai materi ini, kalian dapat membaca ringkasan materi sebagai berikut.

    • Sahabat JAS MERAH, Ingin tahu rahasia meraih nilai A? Rahasianya ada di indikator penilaian! Dengan memahami indikator ini, Anda dapat menyusun strategi belajar yang efektif dan terarah.

    • Hai para pejuang ilmu, Jangan sampai ketinggalan kereta! Baca materi perkuliahan tentang Boedi Oetomo, Serikat Islam, dan Indische Partij sebelum berangkat ke kelas, agar kamu bisa langsung tancap gas!

    • Media merupakan sarana penting dalam menyampaikan ide dan gagasan serta menggalang dukungan dari masyarakat kolonial. Bagaimana Budi Oetomo, Serikat Islam dan Indische Partij menggunkan media untuk tujuan pergerakan nasional dan bagaimana media modern yang ada sekarang ini dapat digunakan untuk tujuan yang serupa. Dalam video ini, kita akan menjelajahi sejarah berdirinya organisasi ini, peran pentingnya dalam kebangkitan nasional Indonesia, serta bagaimana Budi Oetomo menjadi pelopor pergerakan nasional menuju kemerdekaan. Mari kita mengenal lebih dekat tokoh-tokoh di balik Budi Oetomo dan kontribusi besar mereka dalam membangun kesadaran nasional dan semangat perjuangan di tanah air

    • Video selanjutnya kita membahas tentang Serikat Islam, sebuah organisasi penting dalam sejarah pergerakan nasional Indonesia. Dalam video ini, Anda akan mempelajari latar belakang pendirian, peran, dan pengaruh Serikat Islam dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia. Mari kita simak bersama untuk memahami lebih dalam mengenai kontribusi Serikat Islam bagi bangsa kita

    • Video pembelajaran berikutnya membahas tentang Indische Partij, salah satu organisasi pergerakan nasional yang berperan penting dalam sejarah kemerdekaan Indonesia. Melalui video ini, Anda akan mengetahui latar belakang berdirinya Indische Partij, tokoh-tokoh utama di balik organisasi ini, serta pengaruhnya dalam perjuangan melawan penjajahan. Mari kita simak bersama untuk lebih memahami kontribusi Indische Partij dalam membangun semangat nasionalisme di tanah air

    • View Make forum posts: 1

      Media merupakan sarana penting dalam menyampaikan ide dan gagasan serta menggalang dukungan dari masyarakat Kolonial. Bagaimana Budi Oetomo (BO), Serikat Islam dan Indische Partij menggunakan media untuk tujuan pergerakan nasional. Menurut kalian bagaimana media modern yang ada sekarang ini dapat digunakan untuk tujuan yang serupa. "Jangan ragu untuk mengutarakan pendapat kalian! Diskusi kita hari ini akan semakin seru jika semua berpartisipasi. Bagaimana kalian melihat relevansi materi ini dengan kondisi saat ini?". Setiap mahasiswa akan tercentang √ jika sudah dua (2) kali berkomentar atau mengeluarkan pendapat yang dilengkapi dengan referensi atau sumber kutipan. Ayoo semangat

    • Baca dengan cermat jurnal ilmiah yang membahas Pergerakan Nasional Indonesia, kemudian buat ringkasan yang mencakup latar belakang, tujuan penelitian, metodologi, hasil temuan, dan kesimpulan. Ringkasan harus ditulis dalam 400-500 kata dan mencerminkan pemahaman kalian terhadap peristiwa-peristiwa penting dalam pergerakan nasional. Pastikan untuk menyusun ringkasan secara runtut dan jelas, lalu unggah dalam format PDF ke LMS sebelum batas waktu yang ditentukan.

    • Complete the activity

      Siap-siap meraih nilai sempurna! Kuis seru dengan 10 tantangan pilihan ganda sudah menunggumu. Setiap soal bernilai 10 poin dan kamu punya waktu 20 menit untuk menaklukkan semuanya. Baca setiap pertanyaan dengan teliti, lalu pilih jawaban terbaikmu. Jangan ragu untuk berpikir cepat dan tepat! Setiap jawaban benar akan membawamu lebih dekat ke nilai maksimal. Selamat berpetualang dalam dunia kuis

  • Pertemuan ke 4

    Salam JAS MERAH!

    Selamat datang di perkuliahan di LMS Spada! Semoga kalian dalam keadaan sehat dan penuh semangat. Ingatlah, setiap langkah yang kalian ambil dalam perjalanan akademis ini adalah investasi berharga untuk masa depan. Jangan pernah ragu untuk bertanya, berinovasi, dan terus belajar. Pada Pertemuan ke-4 kita akan melanjutkan pembahasan tentang Studies Club dan Perhimpunan Indonesia. Materi ini masih merupakan bagian dari Sub CPMK 2 Menganalisis latar belakang dan perjuangan organisasi-organisasi pergerakan yang bercorak nasionalis, Islam, Sosialis, keagamaan dan wanita pada masa pergerakan nasional Indonesia

    Pertemuan 4, Tanggal 18 Oktober 2024, Pukul 18.00 Wita

    Link Zoom Pertemuan 4

    https://us06web.zoom.us/j/86145983852?pwd=OtD38ageg5LB4eVKx87kqMuEsbaBe5.1 


    Capaian pembelajaran di pertemuan ke 4 ini adalah Sub CPMK 2 Menganalisis latar belakang dan perjuangan organisasi organisasi pergerakan yang bercorak nasionalis, Islam, Sosialis, Keagamaan dan wanita pada masa pergerakan nasional Indonesia.
    Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu
    1. Kelompok studi mahasiswa (studies club).
    2. Perhimpunan Indonesia (PI)
    • Hallo para mahasiswa luar biasa, tujuan dari mempelajari materi ini adalah untuk mengembangkan pemahaman mendalam tentang konsep-konsep kunci yang relevan, sehingga kalian dapat menerapkannya secara efektif dalam situasi dunia nyata

    • Bosan dengan kuliah yang membosankan? Kuncinya ada di materi perkuliahan! Dengan membaca sebelumnya, kalian akan lebih aktif dan paham di kelas. Sebagai gambaran singkat mengenai materi ini, kalian dapat membaca ringkasan materi sebagai berikut

    • Sahabat JAS MERAH "Indikator penilaian adalah kunci untuk membuka potensi terbaik kalian. Jangan lewatkan kesempatan untuk memaksimalkan hasil belajar kalian dengan memahami indikator ini."

    • Bosan dengan kuliah yang membosankan? Yuk, ubah kebiasaan kalian! Mulailah dengan membaca materi perkuliahan sebelum kelas. Dengan begitu, kalian akan lebih aktif dalam diskusi dan lebih mudah memahami materi yang disampaikan dosen. Dijamin, kuliah jadi lebih seru dan bermakna! Setelah menyimak materi jangan lupa menandai point-point penting materi tersebut

    • Pemuda terpelajar sebagai kaum intelektual membutuhkan wadah sebagai tempat bertukar pikiran, menemukenali permasalahan yang muncul di masyarakat dan kemudian mencari jalan keluarnya. Pada masa pergerakan nasional lahir studie club diantaranya adalah Indonesische Studie Club dan Algemeene Studieclub. Dalam video ini, kita akan menjelajahi latar belakang, tujuan, dan peran penting yang dimainkan oleh Studies Club dalam menginspirasi semangat kebangsaan dan memupuk kesadaran nasional di kalangan intelektual muda. Mari kita lihat bagaimana semangat dan ide-ide progresif dari Studies Club membantu membentuk jalan menuju kemerdekaan Indonesia

    • Studie Club berperan sebagai “inkubator” ide dan pemikiran yang melandasi aksi dan strategi yang dijalankan oleh Perhimpunan Indonesia. Perhimpunan Indonesia pada akhirnya menerapkan pengetahuan dan ketrampilan yang didapati dari studie club untuk digunakan dalam perjuangan yang lebih luas. Keduanya saling melengkapi. Dalam video ini, kita akan mengeksplorasi bagaimana Perhimpunan Indonesia, dengan semangat kebangsaan dan ide-ide revolusionernya, berkontribusi dalam membangun kesadaran nasional dan memperjuangkan kemerdekaan. Mari kita pelajari lebih dalam tentang perjuangan dan pengaruh Perhimpunan Indonesia dalam perjalanan menuju kemerdekaan bangsa kita.

    • View Make forum posts: 3

      Sahabat JAS MERAH, kalian semua punya perspektif yang unik. Yuk, kita tukar pikiran dan temukan pemahaman baru yang lebih komprehensif. "Ayo, tunjukkan pemahaman kalian terhadap materi ini! Sampaikan pendapat kalian dan kita diskusikan bersama-sama." Setiap mahasiswa akan tercentang √ jika sudah dua (2) kali berkomentar atau mengeluarkan pendapat yang dilengkapi dengan referensi atau sumber kutipan.

      Kepemimpinan seperti apa yang dapat kita temukan pada tokoh-tokoh pendiri Studie Club dan pemimpin-pemimpin Perhimpunan Indonesia yang bisa dijadikan model kepemimpinan nasional Indonesia ditengah problema kebangsaan dewasa ini

    • Selamat mengerjakan kuis ini! Kuis terdiri dari 10 soal pilihan ganda. Pilihlah satu jawaban yang paling tepat untuk setiap soal dengan mengklik opsi yang tersedia. Waktu yang diberikan untuk menyelesaikan kuis ini adalah 20 menit. Perhatikan waktu yang berjalan di bagian atas layar. Setelah selesai menjawab, klik tombol "Selesai" untuk mengakhiri kuis. Jawaban kalian akan tersimpan secara otomatis. Selamat berjuang!

    • Tugas kalian adalah membuat resume dari materi kuliah yang tersedia di LMS. Resume harus mencerminkan pemahaman kalian terhadap konsep-konsep kunci yang dibahas dan ditulis dalam 1-2 halaman. Hindari menyalin langsung dari materi, usahakan untuk merangkumnya dengan kata-kata kalian. Unggah resume dalam format DOCX atau PDF melalui platform LMS paling lambat pada tanggal yang telah ditentukan

  • Pertemuan ke 5

    Salam JAS MERAH!

    Selamat datang di LMS Spada! Kalian adalah generasi penerus yang penuh potensi dan semangat. Perjalanan akademis ini mungkin tidak selalu mudah, tapi percayalah setiap tantangan adalah kesempatan untuk tumbuh dan belajar. Jangan pernah ragu untuk melangkah maju, karena setiap usaha kalian adalah langkah menuju sukses. Pada Pertemuan ke-5 ini kita akan membahas tentang Sumpah Pemuda, PNI, PNI Baru, dan PPPKI. Materi ini masih merupakan bagian dari Sub CPMK 2 Menganalisis latar belakang dan perjuangan organisasi-organisasi pergerakan yang bercorak nasionalis, Islam, Sosialis, keagamaan dan wanita pada masa pergerakan nasional Indonesia.
    Pertemuan 5, Tanggal 25 Oktober 2024, Pukul 18.00 Wita
    Link zoom Pertemuan 5
    https://us06web.zoom.us/j/83378084460?pwd=841bxZkDmfPGwGfjgbZSSg2EeNqMQ6.1

    Capaian pembelajaran di pertemuan ke 5 ini adalah Sub CPMK 2 Menganalisis latar belakang dan perjuangan organisasi organisasi pergerakan yang bercorak nasionalis, Islam, Sosialis, Keagamaan dan wanita pada masa pergerakan nasional Indonesia.
    Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu
    1. Sumpah Pemuda
    2. PNI, PNI Baru
    3. PPPKI
    • Perkuliahan ini dirancang untuk membantu kalian memahami konsep-konsep kunci secara interaktif, meningkatkan keterampilan berpikir kritis, dan membuka wawasan baru melalui diskusi dan kolaborasi virtual

    • Sahabat JAS MERAH, "Jangan sampai ketinggalan informasi penting! Baca materi perkuliahan dengan seksama, karena di situlah terdapat jawaban atas banyak pertanyaan dan topik yang akan kita bahas lebih mendalam di kelas." Sebagai gambaran singkat mengenai materi ini, kalian dapat membaca ringkasan materi sebagai berikut.

    • Mahasiswa yang hebat, "Kesuksesan dalam perkuliahan bukan hanya soal belajar keras, tapi juga belajar cerdas. Baca dan pahami indikator penilaian sebagai langkah pertama untuk memaksimalkan potensi kalian."

    • Untuk memastikan kalian mendapatkan pemahaman yang komprehensif, jangan lupa membaca materi perkuliahan yang telah tersedia. Setiap halaman berisi wawasan yang akan mendukung pencapaian akademik kalian. Silahkan disimak dengan baik materi berikut dan jangan lupa membuat catatan penting materi tersebut.

    • Sumpah pemuda merupakan tonggak penting perjalanan nasionalisme Indonesia. Berbagai keputusan telah diambil dalam kongres pemuda ke-2 salah satunya adalah sebuah ikrar yang sekarang dikenal dengan nama “Sumpah pemuda” yang menghilangkan sekat-sekat promordialisme. Dalam video ini, kita akan mengeksplorasi latar belakang, proses, dan makna dari peristiwa yang menyatukan pemuda-pemudi dari berbagai daerah untuk bersumpah setia pada satu tanah air, satu bangsa, dan satu bahasa. Mari kita telusuri bagaimana semangat persatuan dan kesatuan yang dicetuskan dalam Sumpah Pemuda menjadi dasar kuat bagi perjuangan menuju kemerdekaan Indonesia

    • Sumpah Pemuda merupakan ikrar pemuda Indonesia untuk satu tanah air, satu bangsa dan satu Bahasa, Indonesia. Ikrar ini meneguhkan persatuan dan nasionalisme pemuda. Sementara itu, PNI yang didirikan oleh Sukarno, 4 Juli 1927 terinspirasi dari sumpah pemuda, ideologi kebangsaan dan persatuan yang menjadi perjuangan utama PNI. Ideologi kebangsaan dan persatuan diterjemahkan melalui sebuah federasi yang diberi nama PPPKI. Namun PNI akibat penetrasi kolonial mengalami keruntuhan, demikian juga PPPKI.

      Video pembelajaran selanjutnya kita akan mengupas tiga organisasi penting dalam sejarah pergerakan nasional Indonesia: Partai Nasional Indonesia (PNI), PNI Baru, dan PPPKI (Permufakatan Perhimpunan Politik Kebangsaan Indonesia). Dalam video ini, kita akan menjelajahi asal-usul, tujuan, dan peran masing-masing organisasi dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Mari kita lihat bagaimana PNI, PNI Baru, dan PPPKI berkontribusi dalam membangun kesadaran nasional dan mempersatukan rakyat Indonesia dalam upaya mencapai kemerdekaan.

    • View Make forum posts: 3

      PNI sebagai partai nonkooperatif terhadap pemerintah colonial dengan gaya kepemimpinan Sukarno, dalam waktu singkat dapat meebut simpati masyarakat. Sepak terjang PNI sangat mengkhawatirkan pemerintah kolonial sehingga mengambil tindakan tegas terhadap pemimpin-pemimpin PNI. PNI pecah menjadi dua ada yang setuju dibubarkan ada yang menolak. Maka lahirlah Partindo dan PNI Baru. Keteladanan apa yang sebaiknya ditunjukan oleh kader bila partainya mengalami kondisi seperti PNI. "Jangan ragu untuk mengutarakan pendapat kalian! Diskusi kita hari ini akan semakin seru jika semua berpartisipasi. Bagaimana kalian melihat relevansi materi ini dengan kondisi saat ini?" Sampaikan pendapat kalian dan kita diskusikan bersama-sama." Setiap mahasiswa akan tercentang √ jika sudah tiga (3) kali berkomentar atau mengeluarkan pendapat yang dilengkapi dengan referensi atau sumber kutipan. Ayoo maju terus!!

    • Kerjakan kuis yang terdiri dari 10 soal pilihan ganda dengan bobot 10 poin untuk tiap soal. kalian diberi waktu 20 menit untuk menyelesaikan semua soal, jadi perhatikan pengelolaan waktu dengan baik. Pilih jawaban yang paling sesuai untuk setiap pertanyaan, dan pastikan semua soal terjawab sebelum waktu habis. Setiap jawaban yang benar akan langsung bernilai, dan hasil akhir akan dihitung secara otomatis. Pastikan Anda fokus dan teliti dalam memilih jawaban. Selamat mengerjakan!

    • Silakan buat resume dari materi kuliah yang telah dipelajari pada minggu ini. Resume harus mencakup poin-poin utama yang disampaikan dan disusun dalam format esai sebanyak 500-700 kata. Gunakan bahasa yang jelas dan padat, serta pastikan untuk menyusun resume secara runtut. Setelah selesai, unggah resume dalam format PDF ke LMS sebelum tanggal pengumpulan yang telah ditetapkan.

  • Pertemuan ke 6

    Salam JAS MERAH!

    Selamat datang di LMS Spada! Kita semua berada di sini untuk belajar, bertumbuh, dan mencapai impian kita. Perjalanan ini mungkin penuh dengan tantangan, tetapi ingatlah bahwa setiap rintangan adalah kesempatan untuk menjadi lebih kuat dan lebih bijaksana. Pada Pertemuan ke-6 ini kita akan membahas tentang Organisasi Pergerakan SI Afdeling B, PKI, Muhammadiyah, NU, dan Organisasi Wanita. Materi ini masih merupakan bagian dari Sub CPMK-2 Menganalisis latar belakang dan perjuangan organisasi-organisasi pergerakan yang bercorak nasionalis, Islam, Sosialis, keagamaan dan wanita pada masa pergerakan nasional Indonesia
    Pertemuan 6, Tanggal 1 Nopember 2024, Pukul 18.00 Wita
    Link Zoom
    https://us06web.zoom.us/j/87203566294?pwd=fi8ZaxWcSNTa3hSEOjopLb8o33T0li.1 

    Capaian pembelajaran di pertemuan ke 6 ini adalah Sub CPMK 2 Menganalisis latar belakang dan perjuangan organisasi organisasi pergerakan yang bercorak nasionalis, Islam, Sosialis, Keagamaan dan wanita pada masa pergerakan nasional Indonesia.
    Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu
    1. SI Afdeling B
    2. PKI
    3. Muhammadiyah
    4. NU Organisasi Wanita.
    • Sahabat JAS MERAH, mempelajari materi ini adalah seperti membuka peta harta karun. Setiap konsep baru adalah petunjuk yang membawa kita lebih dekat pada tujuan.

    • Ingin lebih siap menghadapi diskusi di kelas? Pastikan kalian membaca materi perkuliahan yang telah disediakan. Pengetahuan dari bacaan tersebut akan menjadi kunci sukses kalian! Sebagai gambaran singkat mengenai materi ini, kalian dapat membaca ringkasan materi tentang SI Afdeling B, PKI, Muhammadiyah, Nahdatul Ulama, dan Organisasi Wanita sebagai berikut.

    • Sahabat JAS MERAH, Indikator penilaian merupakan peta jalan bagi keberhasilan kalian dalam mata kuliah ini. Bacalah dengan cermat agar kalian mengetahui apa saja yang akan dinilai dan bagaimana cara mencapai nilai yang diharapkan.

    • Hallo Sahabat JAS MERAH, Bosan dengan kuliah yang membosankan? Kuncinya ada di materi perkuliahan! Dengan membaca sebelumnya, kalian akan lebih aktif dan paham di kelas. Setelah membaca cobalah untuk menyimpulkan materi tersebut.

    • Selamat datang di video kami yang akan membahas tiga organisasi penting ada berbagai organisasi masa pergerakan nasional yang berbasiskan agama sebagai dasar perjuangan, seperti Serikat Islam Afdeling B yang merupakan bagian dari Serikat Islam, Muahammadiyah dan Nahdatul Ulama (NU) Dalam video ini, kita akan menelusuri sejarah, tujuan, dan peran masing-masing organisasi dalam membangun kesadaran sosial, keagamaan, dan kebangsaan di Indonesia. Mari kita pelajari bagaimana Serikat Islam Afdeling B, Muhammadiyah, dan NU berkontribusi dalam memperjuangkan kemerdekaan dan membentuk identitas bangsa Indonesia.

    • Selain ada organisasi pergerakan yang berbasiskan agama, juga muncul organisasi yang beridiologikan sosialis-marxis yakni PKI. Peran wanita dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia juga tidak bisa dilupakan mengingat ada berbagai organisasi wanita yang muncul. Dalam video ini, kita akan mengeksplorasi peran PKI dalam dinamika politik Indonesia serta kontribusi berbagai organisasi wanita dalam memperjuangkan hak-hak perempuan dan kemerdekaan bangsa. Mari kita pelajari bagaimana kedua kekuatan ini berinteraksi dan mempengaruhi perjalanan sejarah Indonesia.

    • View Make forum posts: 3

      Para mahasiswa yang hebat, "Mari manfaatkan kesempatan ini untuk berdiskusi! Bagaimana pendapat kalian tentang topik yang telah kita bahas? Sampaikan ide-ide kreatif kalian tentang topik berikut, dan kita akan belajar bersama dari perspektif yang berbeda!" Setiap mahasiswa akan tercentang √ jika sudah tiga (3) kali berkomentar atau mengeluarkan pendapat yang dilengkapi dengan referensi atau sumber kutipan. Semangaat!!

      Terlepas dari hitam putihnya sejarah organiasasi yang ada pada masa pergerakan nasioanl Indonesia, kontribusi apa yang sudah diberikan oleh organisasi Serikat Islam Afdeling B, PKI, Muhammadiyah, NU dan organisasi wanita dalam pembentukan identitas nasional serta warisan yang masih relevan dengan kehidupan masa kini.

    • Silakan kerjakan kuis online yang terdiri dari 10 soal pilihan ganda. Kalian akan diberi waktu 20 menit untuk menyelesaikan semua soal, jadi pastikan untuk mengelola waktu dengan baik. Pilih jawaban yang paling tepat dari setiap soal dan pastikan semua soal terjawab sebelum waktu habis. Setiap soal memiliki bobot 10 poin, dan hasil akhir akan otomatis dihitung setelah kuis selesai. Periksa koneksi internet kalian untuk memastikan pengumpulan jawaban berjalan lancar

    • Pastikan kalian membaca instruksi tugas dengan seksama sebelum memulai. Tugas harus diselesaikan dalam format PDF dan diunggah melalui LMS paling lambat tanggal yang ditentukan. Gunakan referensi yang relevan dan sertakan daftar pustaka sesuai format yang telah ditentukan. Jika ada pertanyaan atau kesulitan, silakan hubungi dosen melalui forum diskusi atau email.

      Membuat artikel dan PPT tentang sejarah pergerakan nasional yang berkaitan dengan nasionalisme Indonesia, latar belakang lahirnya organisasi pergerakan, sepak terjang organisasi pergerakan baik masa colonial maupun Jepang, pendudukan Jepang dan proklamasi kemerdekaan.

  • Pertemuan ke 7

    Salam JAS MERAH!

    Selamat datang di LMS Spada! Jangan pernah takut untuk mencoba hal baru, bertanya, dan mengeksplorasi. Kegagalan bukanlah akhir, melainkan bagian dari proses menuju kesuksesan. Setiap usaha yang kalian lakukan, sekecil apa pun, membawa kalian lebih dekat ke tujuan. Pada Pertemuan ke-7 kita akan membedah tentang Fraksi Nasional, Petisi Sutarjo, dan Gabungan Politik Indonesia. Materi ini masih merupakan bagian dari Sub CPMK 2 Menganalisis latar belakang dan perjuangan organisasi-organisasi pergerakan yang bercorak nasionalis, Islam, Sosialis, keagamaan dan wanita pada masa pergerakan nasional Indonesia.

    Pertemuan 7, tanggal 8 Nopember 2024, Pukul 18.00 Wita

    https://telkomsel.zoom.us/j/92833456570?pwd=TytJXX3bBU1iFLt4TaVTCRYueRxwJA.1

    Capaian pembelajaran di pertemuan ke 7 ini adalah Sub CPMK 2 Menganalisis latar belakang dan perjuangan organisasi organisasi pergerakan yang bercorak nasionalis, Islam, Sosialis, Keagamaan dan wanita pada masa pergerakan nasional Indonesia.
    Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu
    1. Fraksi Nasional
    2. Petisi Sutarjo
    3. Gabungan Politik Indonesia
    • Tujuan dari mempelajari materi ini adalah untuk mengembangkan pemahaman mendalam tentang konsep-konsep kunci yang relevan, sehingga kalian dapat menerapkannya secara efektif dalam situasi dunia nyata.

    • Ingin jadi mahasiswa kece? Mulailah dengan kebiasaan membaca materi perkuliahan secara rutin. Dijamin, kalian akan terlihat lebih keren! Sebagai gambaran singkat mengenai materi ini, kalian dapat membaca ringkasan materi sebagai berikut.

    • Para sahabat JAS MERAH, Untuk meraih hasil maksimal dalam perkuliahan, pastikan kalian memahami indikator penilaian yang telah disusun. Baca dan cermati setiap poin agar kalian bisa mengatur strategi belajar yang tepat.

    • Pembacaan materi perkuliahan secara mandiri merupakan langkah awal yang krusial dalam proses pembelajaran.Diharapkan seluruh mahasiswa dapat membaca materi perkuliahan sebelum pertemuan kelas untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran.

    • Fraksi Nasional mengambil beberapa langkah penting untuk pergerakan nasional Indonesia seperi memberikan dukungan terhadap pemimpin PNI yang ditangkap oleh pemerintah colonial. Berbagai tindakan telah diambil oleh Fraksi Nasional seperti menentang keras wilde schoolen ordonantie. Dalam video ini, kita akan mengeksplorasi latar belakang pembentukan, tujuan, dan peran penting Fraksi Nasional dalam memperjuangkan kemerdekaan dan kedaulatan Indonesia. Mari kita telusuri bagaimana Fraksi Nasional berkontribusi dalam membangun kesadaran nasional dan mendorong perubahan politik di tanah air.

    • Petisi Sutarjo muncul sebagai reaksi rakyat jajahan untuk diberikan hak mengelola wilayahnya masing-masing sesuai hasil analisis Sutarjo terhadap Hukum Dasar Grondwet, yang mana keempat wilayah yakni Ngeri belanda, Suriname, Hindia Belanda dan Curacao memiliki kedudukan yang setara.

      Kemunculan Gapi berawal dari penolakan terhadap Petisi Sutarjo, sebagai usaha dari M. Husni Thamrin untuk menyatukan berbagai organisasi politik dalam sebuah federasi yang diberi nama Gapi. Dalam video ini, kita akan menelusuri latar belakang, tujuan, dan dampak dari Petisi Sutarjo serta bagaimana Gabungan Politik Indonesia memainkan peran strategis dalam perjuangan kemerdekaan. Mari kita pelajari bersama bagaimana kedua upaya ini menginspirasi semangat persatuan dan kebangsaan di tengah rakyat Indonesia.

    • View Make forum posts: 2

      kami ingin mendengar pandangan kalian! Silahkan buka diskusi tentang poin penting yang menarik perhatian dalam materi kali ini. Setiap opini akan memperkaya pemahaman kita. Kalian akan tercentang √ jika sudah dua (2) kali berkomentar atau mengeluarkan pendapat yang dilengkapi dengan referensi atau sumber kutipan. Ayo berkolaborasi dalam berpendapat

      Diskusikan bagaimana dinamika politik pada masa kolonial akibat adanya fraksi nasional, petisi Sutrajo dan Gapi

    • Kuis ini terdiri dari 10 soal pilihan ganda, dengan waktu pengerjaan selama 20 menit. Setiap soal bernilai 10 poin, jadi pastikan kalian membaca setiap soal dengan saksama dan memilih jawaban yang paling tepat. Perhatikan batas waktu yang tertera di layar, dan cobalah untuk tidak menghabiskan terlalu banyak waktu pada satu soal. Jika ada soal yang sulit, lanjutkan ke soal berikutnya dan kembali lagi jika waktu memungkinkan. Jawaban akan otomatis tersimpan saat kalian memilihnya, jadi periksa kembali jawaban Anda sebelum kuis selesai. Semoga sukses!

  • Pertemuan ke 8

    Salam JAS MERAH!

    Halo Mahasiswa Hebat. Jangan pernah takut menghadapi tantangan. Tantangan adalah peluang untuk belajar dan berkembang. Ingat, keberhasilan tidak datang dari ketidakhadiran kegagalan, tetapi dari kemampuan untuk bangkit kembali setiap kali kita jatuh

    Pada Pertemuan ke-8 kita akan melakukan Ujian Tengah Semester. Soal UTS mengacu pada materi Sub CPMK 1 Menguasai konsep dasar sejarah pergerakan nasional, menganalisis latar belakang lahirnya nasionalisme Indonesia dan latar belakang lahirnya Pergerakan Nasional Indonesia dan bahasan Sub CPMK 2 Menganalisis latar belakang dan perjuangan organisasi-organisasi pergerakan yang bercorak nasionalis, Islam, Sosialis, keagamaan dan wanita pada masa pergerakan nasional Indonesia.

    Berikut adalah petunjuk untuk Ujian Tengah Semester yang akan dilaksanakan di LMS Spada. Mohon diperhatikan dan dipatuhi dengan baik agar ujian dapat berjalan dengan lancar dan tertib.
    Ujian Tengah Semester, Tanggal 15 Nopember 2024, Pukul 18.00


    Capaian pembelajaran di pertemuan ke 8 ini adalah
    1. Sub CPMK 1 Memahami konsep dasar sejarah pergerakan nasional, menganalisis latar belakang lahirnya nasionalisme Indonesia dan latar belakang lahirnya Pergerakan Nasional Indonesia.
    2. Sub CPMK 2 Menganalisis latar belakang dan perjuangan organisasi organisasi pergerakan yang bercorak nasionalis, Islam, Sosialis, Keagamaan dan wanita pada masa pergerakan nasional Indonesia.
    • View Make a submission

      Hallo sahabat JAS MERAH masih semangat. Kita sekarang sudah memasuki tahap pertengahan perkuliahaan. Untuk mengetahui ketercapaian CPMK maka silakan kerjakan soal Ujian Tengah Semester yang terdiri dari 4 soal essay. Kalian akan diberi waktu 90 menit untuk menyelesaikan semua soal, jadi pastikan untuk mengelola waktu dengan baik. Jawablah setiap soal uraian di bawah ini dengan penjelasan yang lengkap, jelas, dan sesuai dengan konsep yang telah dipelajari. Setiap jawaban harus menggunakan bahasa sendiri dan mencerminkan pemahaman terhadap materi. Hindari jawaban hasil menyalin dari sumber lain. Perhatikan ketepatan dan kerapian penulisan. Gunakan istilah yang sesuai dengan materi, dan hindari jawaban yang bertele-tele atau tidak sesuai dengan fokus soal. Periksa kembali jawaban kalian sebelum dikumpulkan untuk memastikan tidak ada bagian yang terlewat atau jawaban yang kurang lengkap.

  • Pertemuan ke 9


    Salam JAS MERAH!

    Selamat datang di LMS Spada. Kalian adalah individu yang luar biasa dengan bakat dan kemampuan unik. Percayalah pada diri sendiri dan tetaplah bersemangat dalam mengejar ilmu. Setiap usaha yang kalian lakukan, sekecil apa pun, membawa kalian lebih dekat ke tujuan. Pada Pertemuan ke-9 kita akan mengkaji tentang Kedatangan Jepang ke Indonesia, Struktur Pemerintahan Pendudukan Jepang, dan Pergerakan Nasional pada Masa Jepang. Materi ini merupakan bagian dari Sub CPMK 3 Mampu menganalisis masa Pendudukan Jepang di Indonesia
    Pertemuan 9, Tanggal 22 Nopember 2024, Pukul 18.00
    https://meet.google.com/dbf-rujc-kgt 


    Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu
    1. Tentara Jepang masuk Indonesia,
    2. Struktur pemerintahan pendudukan, Pergerakan nasional pada masa jepang.
    • Dengan mempelajari materi perkuliahan ini, kalian tidak hanya memperoleh wawasan yang mendalam, tetapi juga keterampilan analitis yang diperlukan untuk mengevaluasi dan menyelesaikan berbagai masalah secara kritis dan inovatif

    • Sahabat JAS MERAH, Apakah kalian tahu bagaimana Jepang berusaha memenangkan hati rakyat Indonesia selama masa pendudukan? Baca deskripsi materi untuk mengungkap fakta menariknya. Sebagai gambaran singkat mengenai materi ini, kalian dapat membaca ringkasan materi tentang kedatangan Jepang ke Indonesia dan struktur pemerintahan pendudukan Jepang sebagai berikut.

    • Sahabat JAS MERAH, Untuk menghindari kebingungan dan kesalahpahaman, mohon baca indikator penilaian secara menyeluruh. Di dalamnya terdapat informasi penting mengenai kriteria penilaian setiap tugas dan komponen yang akan mempengaruhi nilai akhir kalian.

    • Kedatangan Jepang ke Indonesia membawa perubahan besar dalam struktur pemerintahan dan mempengaruhi dinamika pergerakan nasional. Bagaimana bangsa Indonesia meresponsnya? Mari kita pelajari bersama materi kali ini untuk memahami konteks sejarah yang krusial ini!

    • Selamat datang di video ini yang akan membahas momen penting dalam sejarah Indonesia. Dalam video ini, kita akan mengulas bagaimana kedatangan Jepang pada tahun 1942 mengubah dinamika politik dan sosial di Indonesia, serta dampak jangka panjang dari pendudukan Jepang terhadap perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia. Mari kita telusuri bersama bagaimana peristiwa ini menjadi bagian penting dalam perjalanan sejarah Indonesia menuju kemerdekaan.

    • Video berikutnya akan mengulas struktur pemerintahan dan dinamika pergerakan nasional selama masa pendudukan Jepang di Indonesia. Dalam video ini, kita akan mempelajari bagaimana Jepang mengatur pemerintahan di Indonesia dan bagaimana struktur ini memengaruhi pergerakan nasional serta perjuangan kemerdekaan. Kita juga akan mengeksplorasi bagaimana pergerakan nasional beradaptasi dan berkembang dalam konteks baru ini, serta dampaknya terhadap perjalanan menuju kemerdekaan Indonesia

    • View Make forum posts: 2

      Kedatangan Jepang ke Indonesia membawa perubahan besar, baik dalam struktur pemerintahan maupun kehidupan masyarakat. Dengan mengusung slogan 'Asia untuk Asia,' Jepang membubarkan pemerintahan Hindia Belanda dan menggantinya dengan sistem pemerintahan militer. Namun, apakah langkah-langkah yang mereka ambil lebih banyak membawa dampak positif atau justru memperburuk kondisi rakyat Indonesia? Bagaimana menurut kalian, Yuk, kita diskusikan bagaimana pengaruh kebijakan Jepang ini terhadap perjuangan kemerdekaan Indonesia dan dampaknya hingga saat ini!. Sampaikan ide-ide kreatif kalian tentang topik tersebut, dan kita akan belajar bersama dari perspektif yang berbeda. Setiap mahasiswa akan tercentang √ jika sudah dua (2) kali berkomentar atau mengeluarkan pendapat yang dilengkapi dengan referensi atau sumber kutipan. Semangaat!

    • Kuis ini berisi 10 soal pilihan ganda yang akan menguji pengetahuan kalian mengenai proses kedatangan Jepang ke Indonesia dan struktur pemerintahan yang diterapkannya selama pendudukan. Dengan waktu 20 menit untuk menyelesaikan semua soal, dan setiap soal bernilai 10 poin, pastikan kalian mengelola waktu dengan baik dan memilih jawaban yang paling sesuai dengan materi yang telah dipelajari.

    • Untuk tugas kali ini, mahasiswa diminta menyusun ringkasan informatif yang mencakup lima topik utama: Jepang Masuk Indonesia, Struktur Pemerintahan Pendudukan Jepang, Pergerakan Nasional Masa Pendudukan Jepang, Pengerahan Tenaga Rakyat, dan Janji Status Indonesia di Kemudian Hari. Setiap topik harus disajikan secara ringkas, namun tetap memuat informasi penting dan relevan, dengan menggunakan gaya bahasa yang jelas dan mudah dipahami. Pastikan setiap bagian memiliki alur logis dan mencerminkan pemahaman kalian terhadap materi. Panjang ringkasan untuk setiap topik adalah sekitar 100–150 kata, dengan mengacu pada sumber-sumber tepercaya. Tugas ini harus dikumpulkan dalam format dokumen PDF melalui platform perkuliahan paling lambat pada tanggal yang telah ditentukan. Selamat mengerjakan!

  • Pertemuan ke 10

    Salam JAS MERAH!

    Selamat datang di LMS Spada! Kalian adalah generasi penerus yang penuh potensi dan semangat. Perjalanan akademis ini mungkin tidak selalu mudah, tapi percayalah setiap tantangan adalah kesempatan untuk tumbuh dan belajar. Jangan pernah ragu untuk melangkah maju, karena setiap usaha kalian adalah langkah menuju sukses. Pada Pertemuan ke-10 kita akan mengkaji tentang Pengerahan tenaga rakyat dan Janji status Indonesia dikemudian hari. Materi ini masih merupakan bagian dari Sub CPMK 3 Mampu menganalisis masa Pendudukan Jepang di Indonesia.
    Pertemuan 10, Tanggal 29 Nopember 2024, Pukul 18.00
    Klik Google meet di bawah untuk perkuliahan Sinkronus
    Perhatian : sebelum membuka Google Meeti di bawah ini, anda harus login ke Google terlebih dulu


    https://us06web.zoom.us/j/85902318386?pwd=xYJkpsMfeDdXdo83woaL9aaSbBhhu7.1 

    Capaian pembelajaran di pertemuan ke 10 ini adalah Sub CPMK 3 mampu menganalisis masa Pendudukan jepang di Indonesia
    Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu
    1. Pengerahan tenaga rakyat.
    2. Janji status Indonesia dikemudian hari.
    • Dengan mempelajari upaya-upaya yang dilakukan oleh Jepang untuk memperoleh dukungan dari masyarakat Indonesia, kalian akan dapat menganalisis dinamika politik dan sosial pada masa pendudukan serta implikasinya terhadap sejarah pergerakan nasional.

    • Kalian pasti penasaran bagaimana Jepang berusaha membangun kepercayaan rakyat Indonesia pada masa pendudukan. Dalam materi minggu ini, kita akan mendalami berbagai cara yang dilakukan Jepang untuk meraih dukungan, mulai dari propaganda hingga pembentukan organisasi-organisasi. Ayo baca deskripsi materi untuk menemukan lebih banyak detailnya!

    • Yuk, jadikan indikator penilaian sebagai sahabat belajar kalian! Dengan memahami indikator ini, kalian akan merasa lebih percaya diri dan termotivasi untuk mencapai tujuan akademik.

    • Bagaimana Jepang berusaha mendapatkan dukungan rakyat Indonesia selama masa pendudukan? Apa saja kebijakan yang mereka terapkan untuk meraih simpati dan bagaimana dampaknya terhadap perjuangan kemerdekaan? Ayo, baca materi kali ini untuk menggali lebih dalam strategi yang digunakan Jepang!

    • Selamat datang di video yang akan membahas tentang pengerahan tenaga rakyat selama masa pendudukan Jepang di Indonesia. Dalam video ini, kita akan mengeksplorasi bagaimana Jepang memanfaatkan sumber daya manusia Indonesia untuk mendukung kepentingan perang mereka, serta dampak dari kebijakan ini terhadap kehidupan masyarakat Indonesia. Mari kita telusuri bagaimana pengerahan tenaga rakyat mempengaruhi kondisi sosial dan ekonomi selama periode tersebut dan kontribusinya terhadap dinamika perjuangan kemerdekaan.

    • Video selanjutnya akan menayangkan tentang upaya pemerintah pendudukan Jepang dalam mendapatkan dukungan dari rakyat Indonesia selama masa Perang Dunia II. Melalui video ini, kalian akan mempelajari berbagai strategi dan kebijakan yang diterapkan oleh Jepang untuk memenangkan hati rakyat Indonesia, serta dampak dari upaya tersebut terhadap perjalanan sejarah bangsa kita. Mari kita simak bersama untuk memahami lebih dalam tentang periode penting dalam sejarah Indonesia ini.

    • View Make forum posts: 2

      Pemerintah pendudukan Jepang berusaha keras untuk mendapatkan dukungan dari rakyat Indonesia selama masa penjajahan. Namun, apakah kebijakan-kebijakan yang mereka terapkan benar-benar berhasil menciptakan simpati atau justru menambah resistansi? Diskusikan bagaimana berbagai langkah seperti organisasi-organisasi yang dibentuk Jepang, propaganda, hingga janji kemerdekaan yang mereka tawarkan, mempengaruhi sikap rakyat Indonesia. Apakah strategi tersebut cukup efektif atau hanya sebuah taktik sementara untuk memperkuat posisi Jepang?

    • Kuis ini terdiri dari 10 soal pilihan ganda yang akan menguji pemahaman kalian mengenai strategi-strategi yang digunakan oleh pemerintah Jepang untuk mendapatkan dukungan dari rakyat Indonesia selama masa pendudukan. kalian memiliki waktu 20 menit dan tiap soal bernilai 10 poin. Pastikan Anda memahami konteks sejarah dengan baik, dan gunakan waktu yang ada untuk menjawab setiap pertanyaan dengan teliti.

    • Silakan buat resume dari materi kuliah yang telah dipelajari pada minggu ini. Resume harus mencakup poin-poin utama yang disampaikan dan disusun dalam format esai sebanyak 500-700 kata. Gunakan bahasa yang jelas dan padat, serta pastikan untuk menyusun resume secara runtut. Setelah selesai, unggah resume dalam format PDF ke LMS sebelum tanggal pengumpulan yang telah ditetapkan.

  • Pertemuan ke 11

    Salam JAS MERAH!

    Selamat datang di LMS Spada! Kalian adalah masa depan yang penuh dengan potensi dan harapan. Perjalanan akademis ini mungkin penuh tantangan, tetapi ingatlah setiap tantangan adalah peluang untuk belajar dan tumbuh. Jangan pernah takut untuk melangkah maju, karena setiap usaha yang kalian lakukan adalah langkah menuju kesuksesan. Pada Pertemuan ke-11 kita akan mengkaji tentang Situasi Menjelang Proklamasi dan Peristiwa Rengasdengklok. Materi ini merupakan bagian dari Sub CPMK 4 Mampu menganalisis kondisi politik Indonesia yang memungkinkan lahirnya proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945.
    Pertemuan 11, Tanggal 6 Desember 2024, Pukul 18.00 Wita
    https://us06web.zoom.us/j/89153376803?pwd=wgky1FTWled6Ihc4iZIF5cgYeMBe5c.1

    Capaian pembelajaran di pertemuan ke 11 ini adalah Sub CPMK 4 mampu menganalisis kondisi politik Indonesia yang memungkinkan lahirnya proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945.
    Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu
    1. Menjelang proklamasi,
    2. Peristiwa Rengas dengklok,
    • Sahabat JAS MERAH, dengan mempelajari peristiwa Rengasdengklok, kalian akan dapat menggali lebih dalam tentang dinamika politik dan ketegangan antar kelompok pemuda dan golongan tua yang akhirnya membawa pada lahirnya proklamasi kemerdekaan Indonesia

    • Menjelang Proklamasi, ada momen penting yang mengubah arah sejarah Indonesia. Apa yang sebenarnya terjadi di balik peristiwa Rengasdengklok, dan bagaimana peranannya dalam memuluskan langkah menuju kemerdekaan? Cek deskripsi materi kali ini untuk mengetahui lebih dalam!

    • Ingin meraih nilai A dengan mudah? Rahasianya ada di indikator penilaian! Dengan memahami indikator penilaian, kalian akan tahu persis apa yang diharapkan dari Anda. Jangan ragu untuk bertanya kepada dosen jika ada bagian yang belum jelas. Dengan persiapan yang matang, kesuksesan akademik ada di genggaman kalian!

    • Peristiwa Rengasdengklok adalah titik balik dalam perjuangan menuju proklamasi kemerdekaan. Bagaimana peristiwa ini terjadi dan apa pengaruhnya terhadap langkah-langkah selanjutnya? Ayo, baca materi kali ini untuk menggali lebih dalam tentang momen bersejarah ini !

    • Selamat datang di video kami yang akan membahas situasi menjelang Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Dalam video ini, kita akan menyelami kondisi sosial, politik, dan ekonomi yang melatarbelakangi detik-detik menjelang proklamasi. Mari kita lihat bagaimana perjuangan para tokoh nasional, semangat rakyat, dan peristiwa-peristiwa penting yang terjadi saat itu menjadi landasan kuat bagi lahirnya Indonesia yang merdeka. Bersiaplah untuk menyaksikan perjalanan penuh ketegangan dan harapan yang akhirnya membawa kita pada momen bersejarah, Proklamasi 17 Agustus 1945.

    • Video berikutnya kita akan mengulas Peristiwa Rengasdengklok, sebuah momen krusial dalam sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia. Dalam video ini, kita akan membahas latar belakang, kronologi, dan dampak dari peristiwa yang terjadi pada 16 Agustus 1945 ini, di mana sejumlah tokoh penting dari golongan pemuda mengambil langkah berani untuk mempercepat proklamasi kemerdekaan. Mari kita telusuri bagaimana Peristiwa Rengasdengklok menjadi titik balik dalam perjuangan bangsa menuju kemerdekaan.

    • View Make forum posts: 2

      Peristiwa Rengasdengklok menjadi salah satu momen penting menjelang proklamasi kemerdekaan Indonesia, di mana terjadi ketegangan antara golongan muda dan golongan tua. Diskusikan peran masing-masing golongan dalam menentukan nasib bangsa dan bagaimana dinamika politik saat itu mengarah pada lahirnya Indonesia sebagai negara merdeka. Kalian akan tercentang √ jika sudah dua (2) kali berkomentar atau mengeluarkan pendapat yang dilengkapi dengan referensi atau sumber kutipan. Ayo berkolaborasi dalam berpendapat.

    • Selamat mengerjakan kuis! kalian akan menjawab 10 soal pilihan ganda yang berfokus pada peristiwa penting menjelang proklamasi kemerdekaan, termasuk peristiwa Rengasdengklok. Setiap soal memiliki bobot 10 poin, dan kalian diberi waktu 20 menit untuk menyelesaikannya. Bacalah dengan teliti setiap soal dan pilihlah jawaban yang paling tepat berdasarkan pemahaman kalain tentang sejarah Indonesia pada masa itu.

    • Sahabat JAS MERAH pada pertemuan kali ini kalian diminta menyusun ringkasan informatif yang mencakup tiga topik utama: Situasi Menjelang Proklamasi, Peristiwa Rengasdengklok, dan Perumusan Teks Proklamasi. Setiap topik harus diringkas dengan padat dan jelas, memuat informasi penting seperti tokoh, latar belakang, dan dampak dari peristiwa tersebut. Panjang setiap ringkasan adalah 100–150 kata, ditulis menggunakan gaya bahasa yang sistematis dan mudah dipahami. Harap gunakan sumber-sumber terpercaya sebagai acuan, seperti buku referensi, jurnal, atau artikel sejarah. Tugas ini dikumpulkan dalam format PDF melalui platform perkuliahan paling lambat pada tanggal yang ditentukan. Selamat mengerjakan dan pastikan hasilnya merefleksikan pemahaman kalian terhadap materi!

  • Pertemuan ke 12

    Salam JAS MERAH!

    Selamat datang di LMS Spada! Kalian adalah bintang-bintang yang akan menerangi masa depan dengan pengetahuan dan keterampilan. Perjalanan akademis ini mungkin tidak selalu mudah, tetapi setiap tantangan adalah kesempatan untuk berkembang dan menjadi lebih kuat. Pada Pertemuan ke-12 kita akan mengkaji tentang Perumusan Teks Proklamasi dan Proklmasi Kemerdekaan. Materi ini masih merupakan bagian dari Sub CPMK 4 Mampu menganalisis kondisi politik Indonesia yang memungkinkan lahirnya proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945.
    Pertemuan 12, Tanggal 13 Desember 2024, Pukul 18.00 Wita
    Klik Google meet di bawah untuk perkuliahan Sinkronus
    Perhatian : sebelum membuka Google Meeti di bawah ini, anda harus login ke Google terlebih dulu

    https://us06web.zoom.us/j/87691447073?pwd=7AzOd11RVfGz6JV8Wo2f4xOTHpY5zC.1

    Capaian pembelajaran di pertemuan ke 12 ini adalah Sub CPMK 4 mampu menganalisis kondisi politik Indonesia yang memungkinkan lahirnya proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945.
    Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu Perumusan teks proklamasi, Proklamasi
    • Dengan memahami bagaimana teks proklamasi dirumuskan, kalian dapat melihat peran strategis yang dimainkan oleh para pemimpin bangsa, yang dengan cermat merancang proklamasi untuk menyatukan seluruh elemen masyarakat dalam semangat kemerdekaan.

    • Perumusan Teks Proklamasi adalah momen penting yang menentukan arah bangsa Indonesia. Bagaimana teks tersebut akhirnya dihasilkan dan apa maknanya bagi perjuangan kemerdekaan? Yuk, baca deskripsi materi untuk menggali lebih dalam proses sejarah tersebut!

    • Sahabat JAS MERAH, pastikan sebelum memulai perkuliahan, kalian telah membaca dengan cermat indikator penilaian yang telah dibagikan. Indikator ini akan menjadi panduan kalian dalam mencapai prestasi akademik yang optimal.

    • Proklamasi Kemerdekaan Indonesia bukan hanya sekedar deklarasi, tetapi juga hasil dari proses pemikiran dan perjuangan panjang. Bagaimana teks proklamasi disusun dan apa maknanya bagi bangsa Indonesia? Ayo, baca materi ini untuk memahami lebih dalam!

    • Selamat datang di video kami yang akan membahas dua momen bersejarah: perumusan teks Proklamasi dan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Dalam video ini, kita akan menjelajahi proses krusial di balik penulisan teks Proklamasi oleh Soekarno dan Hatta, serta bagaimana momen bersejarah pada 17 Agustus 1945 menandai lahirnya Indonesia sebagai negara yang merdeka. Mari kita pelajari lebih dalam tentang latar belakang, perdebatan, dan langkah-langkah yang membawa bangsa kita menuju kemerdekaan yang telah lama diidamkan.

    • View Make forum posts: 2

      Teks Proklamasi yang ditulis oleh Soekarno-Hatta tidak hanya sekadar deklarasi kemerdekaan, tetapi juga simbol dari tekad bangsa Indonesia untuk merdeka. Bagaimana kalian melihat proses perumusan teks tersebut dan makna mendalam yang terkandung di dalamnya?. Setiap mahasiswa akan tercentang √ jika sudah dua (2) kali berkomentar atau mengeluarkan pendapat yang dilengkapi dengan referensi atau sumber kutipan. Semangat!

    • Selamat mengerjakan kuis! kalian akan menghadapi 10 soal pilihan ganda yang menguji pemahaman kalian tentang Teks Proklamasi dan Proklamasi Kemerdekaan. Setiap soal memiliki bobot 10 poin, dan kalian diberi waktu 20 menit untuk menjawab semuanya. Bacalah dengan cermat setiap soal, pastikan kalian memahami konteks sejarah yang mendasarinya, dan pilihlah jawaban yang paling tepat.

    • Hallo sahabat JAS MERAH. Tugas kalian adalah membuat resume dari materi kuliah yang tersedia di LMS. Resume harus mencerminkan pemahaman Anda terhadap konsep-konsep kunci yang dibahas dan ditulis dalam 1-2 halaman. Hindari menyalin langsung dari materi, usahakan untuk merangkumnya dengan kata-kata Anda sendiri. Unggah resume dalam format DOCX atau PDF melalui platform LMS paling lambat pada tanggal yang telah ditentukan.

  • Pertemuan ke 13

    Salam JAS MERAH!

    Selamat datang di LMS Spada! Jangan pernah ragu untuk bermimpi besar dan bekerja keras untuk mewujudkannya. Ingatlah bahwa setiap usaha, sekecil apa pun, adalah langkah menuju kesuksesan. Kegagalan hanyalah bagian dari proses belajar, jadi jangan takut untuk mencoba hal-hal baru dan berani mengambil risiko. Pada Pertemuan ke-13 kita akan mempresentasikan dan mendiskusikan tulisan dari salah satu bagian Tema Pergerakan Nasional yang telah dipilih oleh mahasiswa. Materi ini merupakan bagian dari Sub CPMK 5 Menyusun dan mempresentasikan tulisan dari salah satu bagian tema pergerakan nasional.
    Sahabat JAS MERAH melalui proses menyusun, mempresentasikan, dan mendiskusikan tulisan mengenai bagian dari tema pergerakan nasional, kalian akan mengembangkan kemampuan analisis, keterampilan komunikasi, dan pemahaman mendalam tentang perjuangan bangsa Indonesia dalam meraih kemerdekaan.
    Pertemuan 13, tanggal 20 Desember 2024, Pukul 18.00 Wita
    Klik Google meet di bawah untuk perkuliahan Sinkronus
    Perhatian : sebelum membuka Google Meeti di bawah ini, anda harus login ke Google terlebih dulu


    Link Perkuliahaan
    https://us06web.zoom.us/j/81504283801?pwd=9dtU0QKg3CnOMWYvFpaHPb7B4suouV.1

    Capaian pembelajaran di pertemuan ke 13 ini adalah Sub CPMK 5 Menyusun dan mempresentasikan tulisan dari salah satu bagian tema pergerakan nasional.
    Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu Diambil satu tema dari Pergerakan nasional
    • Untuk memaksimalkan hasil diskusi, baca terlebih dahulu indikator atau rubrik penilaian yang telah ditentukan. Dengan memahami kriteria yang dinilai, kalian bisa lebih fokus dalam berkontribusi dengan cara yang konstruktif dan efektif.

    • View Make forum posts: 2

      Para mahasiswa yang hebat, "Mari manfaatkan kesempatan ini untuk berdiskusi! Bagaimana pendapat kalian tentang tulisan yang telah kalian susun? Sampaikan ide-ide kreatif kalian tentang topik tersebut, dan kita akan belajar bersama dari perspektif yang berbeda!" Setiap mahasiswa akan tercentang √ jika sudah dua (2) kali berkomentar atau mengeluarkan pendapat yang dilengkapi dengan referensi atau sumber kutipan. Semangat ya!

    • View Make a submission

      Sahabat JAS MERAH. Mari berkreasi dengan sejarah! Buat PPT yang menjelaskan salah satu pergerakan nasional Indonesia, meliputi latar belakang, tujuan, tokoh, serta dampaknya berdasarkan artikel yang kalian kerjakan secara kelompok. Gunakan kreativitas dan teknologi untuk menghidupkan semangat para pejuang kita!.  Presentasikan PPT kalian sampaikan ide kalian dengan jelas, kreatif, dan penuh semangat!. Silahkan dicermati terlebih dahulu rubrik penilaiannya.

    • Penilaian presentasi ini mencakup lima aspek utama: (1) Konten atau isi dinilai berdasarkan ketepatan informasi, kedalaman analisis, dan relevansi materi dengan tema pergerakan nasional; (2) Organisasi mencakup susunan ide yang logis, alur presentasi yang jelas, serta keterpaduan antara bagian pembuka, isi, dan penutup; (3) Gaya presentasi menilai kemampuan menyampaikan materi dengan percaya diri, intonasi, kontak mata, dan interaksi dengan audiens; (4) Penggunaan media mencakup kualitas desain visual pada PPT, kelengkapan data pendukung, serta kreativitas dalam memanfaatkan media yang relevan; dan (5) Penggunaan waktu menilai kesesuaian durasi presentasi dengan waktu yang telah ditentukan, termasuk kemampuan mengatur tempo agar materi dapat tersampaikan dengan baik. Yuk kita baca dan pahami Rubrik penilaian Produk dan presentasi selengkapnya agar kalian tidak gagal paham.

  • Pertemuan ke 14

    Salam JAS MERAH!

    Selamat datang di LMS Spada! Setiap hari adalah kesempatan baru untuk belajar, berinovasi, dan tumbuh. Jadilah pemberani, kreatif, dan teruslah mengejar impian kalian dengan penuh semangat. Percayalah pada diri sendiri dan jangan pernah menyerah. Pada Pertemuan ke-14 kita masih mempresentasikan dan mendiskusikan tulisan dari salah satu bagian Tema Pergerakan Nasional yang telah dipilih oleh mahasiswa. Materi ini merupakan bagian dari Sub CPMK 5 Menyusun dan mempresentasikan tulisan dari salah satu bagian tema pergerakan nasional. 
    Sahabat JAS MERAH. Dengan menyusun tulisan berdasarkan tema pergerakan nasional, kalian akan dipandu untuk menyelami lebih dalam aspek-aspek penting sejarah Indonesia, kemudian mempresentasikan hasil analisis kalian, serta berpartisipasi aktif dalam diskusi yang menggali berbagai perspektif.
    Pertemuan 14, Tanggal 27 Desember 2024, Pukul 18.00 Wita
    Klik Google meet di bawah untuk perkuliahan Sinkronus
    Perhatian : sebelum membuka Google Meeti di bawah ini, anda harus login ke Google terlebih dulu


    https://meet.google.com/grc-jvse-cbu

    Capaian pembelajaran di pertemuan ke 14 ini adalah Sub CPMK 5 Menyusun dan mempresentasikan tulisan dari salah satu bagian tema pergerakan nasional.
    Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu Diambil satu tema dari Pergerakan nasional
    • Sebelum memulai diskusi, pastikan kalian sudah membaca indikator atau rubrik penilaian yang telah disediakan. Hal ini akan membantu kalian untuk fokus pada aspek-aspek yang akan dinilai, seperti partisipasi aktif dan kemampuan menyampaikan argumen secara jelas.

    • View Make forum posts: 2

      Para mahasiswa yang hebat, untuk memperdalam pemahaman kita, mari kita mulai diskusi tentang tulisan yang kalian kerjakan. Bagaimana menurut kalian apakah konsep ini dapat diterapkan di dunia nyata? Yuk, mulai dengan membahas isu atau pertanyaan yang menurut kalian menantang dari materi hari ini. Setiap mahasiswa akan tercentang √ jika sudah dua (2) kali berkomentar atau mengeluarkan pendapat yang dilengkapi dengan referensi atau sumber kutipan. Semangat ya!

    • Penilaian presentasi ini mencakup lima aspek utama: (1) Konten atau isi dinilai berdasarkan ketepatan informasi, kedalaman analisis, dan relevansi materi dengan tema pergerakan nasional; (2) Organisasi mencakup susunan ide yang logis, alur presentasi yang jelas, serta keterpaduan antara bagian pembuka, isi, dan penutup; (3) Gaya presentasi menilai kemampuan menyampaikan materi dengan percaya diri, intonasi, kontak mata, dan interaksi dengan audiens; (4) Penggunaan media mencakup kualitas desain visual pada PPT, kelengkapan data pendukung, serta kreativitas dalam memanfaatkan media yang relevan; dan (5) Penggunaan waktu menilai kesesuaian durasi presentasi dengan waktu yang telah ditentukan, termasuk kemampuan mengatur tempo agar materi dapat tersampaikan dengan baik. Yuk kita baca dan pahami Rubrik penilaian Produk dan presentasi selengkapnya agar kalian tidak gagal paham. 

  • Pertemuan ke 15

    Salam JAS MERAH!

    Selamat datang di LMS Spada! Ingatlah, kesuksesan adalah milik mereka yang gigih, yang tidak pernah menyerah, dan yang selalu berusaha untuk menjadi lebih baik. Kalian adalah calon pemimpin masa depan, dan dunia membutuhkan semangat serta inovasi kalian. Pada Pertemuan ke-15 kita mempresentasikan dan mendiskusikan tulisan dari salah satu bagian Tema Pergerakan Nasional yang telah dipilih oleh mahasiswa. Materi ini masih merupakan bagian dari Sub CPMK 5 Menyusun dan mempresentasikan tulisan dari salah satu bagian tema pergerakan nasional.
    Sahabat JAS MERAH. Melalui aktivitas menyusun, mempresentasikan, dan mendiskusikan tulisan yang berkaitan dengan pergerakan nasional, kalian diharapkan dapat menunjukkan pemahaman mereka tentang sejarah Indonesia dan melatih kemampuan untuk menyampaikan argumen dengan tegas, mendalam, dan berdasarkan data yang valid.
    Pertemuan 15, Tanggal 3 Januari 2025, Pukul 18.00
    Klik Google meet di bawah untuk perkuliahan Sinkronus
    Perhatian : sebelum membuka Google Meeti di bawah ini, anda harus login ke Google terlebih dulu


    https://meet.google.com/nyr-ioug-kmv

    Capaian pembelajaran di pertemuan ke 15 ini adalah Sub CPMK 5 Menyusun dan mempresentasikan tulisan dari salah satu bagian tema pergerakan nasional.
    Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu Diambil satu tema dari Pergerakan nasional
    • Sahabat mahasiswa. Perhatikan indikator atau rubrik penilaian yang telah disediakan sebelum bergabung dalam diskusi. Ini akan membantu kalian memahami hal-hal yang akan dievaluasi, seperti kualitas argumentasi, keberagaman perspektif, dan interaksi dengan peserta lainnya.

    • View Make forum posts: 2

      Para mahasiswa yang hebat, Jangan ragu untuk mengutarakan pendapat kalian! Diskusi kita hari ini akan semakin seru jika semua berpartisipasi. Bagaimana kalian melihat relevansi materi ini dengan kondisi saat ini? Silakan buka diskusi tentang poin penting yang menarik perhatian dalam materi kali ini. Setiap opini akan memperkaya pemahaman kita. Setiap mahasiswa akan tercentang √ jika sudah dua (2) kali berkomentar atau mengeluarkan pendapat yang dilengkapi dengan referensi atau sumber kutipan. Semangat ya!!

    • Penilaian presentasi ini mencakup lima aspek utama: (1) Konten atau isi dinilai berdasarkan ketepatan informasi, kedalaman analisis, dan relevansi materi dengan tema pergerakan nasional; (2) Organisasi mencakup susunan ide yang logis, alur presentasi yang jelas, serta keterpaduan antara bagian pembuka, isi, dan penutup; (3) Gaya presentasi menilai kemampuan menyampaikan materi dengan percaya diri, intonasi, kontak mata, dan interaksi dengan audiens; (4) Penggunaan media mencakup kualitas desain visual pada PPT, kelengkapan data pendukung, serta kreativitas dalam memanfaatkan media yang relevan; dan (5) Penggunaan waktu menilai kesesuaian durasi presentasi dengan waktu yang telah ditentukan, termasuk kemampuan mengatur tempo agar materi dapat tersampaikan dengan baik. Yuk kita baca dan pahami Rubrik penilaian Produk dan presentasi selengkapnya agar kalian tidak gagal paham.

  • Pertemuan ke 16

    Salam JAS MERAH!
    Halo Mahasiswa Hebat. Ini adalah waktu untuk menunjukkan semua usaha dan kerja keras yang telah kalian lakukan selama ini. Jangan pernah meragukan kemampuan diri sendiri. Kalian sudah mempersiapkan diri dengan baik, dan sekarang saatnya untuk bersinar.Pada Pertemuan ke-16 kita akan melakukan Ujian Akhir Semester. Soal UAS mengacu pada materi Sub CPMK 3 mampu menganalisis masa Pendudukan jepang di Indonesia, Sub CPMK 4 mampu menganalisis kondisi politik Indonesia yang memungkinkan lahirnya proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945, dan bahasan Sub CPMK 5 Menyusun dan mempresentasikan tulisan dari salah satu bagian tema pergerakan nasional.
    Ujian Akhir Semester, 10 Januari 2025, Pukul 19.00 Wita
    Klik Google meet di bawah untuk perkuliahan Sinkronus
    Perhatian : sebelum membuka Google Meeti di bawah ini, anda harus login ke Google terlebih dulu



    Capaian pembelajaran di pertemuan ke 16 ini adalah
    1. Sub CPMK 3 mampu menganalisis masa Pendudukan jepang di Indonesia
    2. Sub CPMK 4 mampu menganalisis kondisi politik Indonesia yang memungkinkan lahirnya proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945.
    3. Sub CPMK 5 Menyusun dan mempresentasikan tulisan dari salah satu bagian tema pergerakan nasional.

    Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu
    1. Sub CPMK 3 mampu menganalisis masa Pendudukan jepang di Indonesia
    2. Sub CPMK 4 mampu menganalisis kondisi politik Indonesia yang memungkinkan lahirnya proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945.
    3. Sub CPMK 5 Menyusun dan mempresentasikan tulisan dari salah satu bagian tema pergerakan nasional.
    • View Make a submission

      Sahabat JAS MERAH masih semangat. . Kita sekarang sudah memasuki tahap akhir perkuliahaan. Untuk mengetahui ketercapaian CPMK maka silakan kerjakan soal Ujian Akhir Semester yang terdiri dari 4 soal essay. Kalian akan diberi waktu 90 menit untuk menyelesaikan semua soal, jadi pastikan untuk mengelola waktu dengan baik. Jawablah setiap soal uraian di bawah ini dengan penjelasan yang lengkap, jelas, dan sesuai dengan konsep yang telah dipelajari. Setiap jawaban harus menggunakan bahasa sendiri dan mencerminkan pemahaman terhadap materi. Hindari jawaban hasil menyalin dari sumber lain. Perhatikan ketepatan dan kerapian penulisan. Gunakan istilah yang sesuai dengan materi, dan hindari jawaban yang bertele-tele atau tidak sesuai dengan fokus soal. Periksa kembali jawaban kalian sebelum dikumpulkan untuk memastikan tidak ada bagian yang terlewat atau jawaban yang kurang lengkap.