LMS-SPADA INDONESIA
| Nama | : | Dr. Gunta Wirawan, M.Pd |
| Tempat/tanggal lahir | : | Sungai Jaga A / 13 Desember 1972 |
| NIP (jika ada) | : | - |
| Pangkat/Gol. Ruang | : | Penata Muda Tk.I/IIIB |
| Jabatan | : | Asisten Ahli |
| Kepakaran | : | Bahasa dan Sastra – Tradisi Lisan |
| Unit Organisasi | : | ISBI Singkawang |
| Alamat rumah | : | Jl. Veteran Gg. H. Ibrahim No.192 Roban Singkawang Kalimantan Barat |
| nomor HP | : | 081256116997 |
| : | gwirawan91@gmail.com | |
| Google Scolar | : | https://scholar.google.com/citations?hl=id&user=UQXpG6QAAAAJ |
| ORCID | : | orcid.org/0000-0002-4020-7028 |
| Publons | : | https://publons.com/researcher/4174509/gunta-wirawan/publications/ |
| Scopus | : | https://www.scopus.com/57216620183 |
Mata Kuliah ini membahas tentang hakikat kajian drama yaitu menalaah struktur drama (baik dalam bentuk teks tertulis maupun pementasan) dengan bertolak pada pendekatan, teori, dan metode tertentu. Oleh sebab itu, isi dari mata kuliah kajian drama mencakup berbagai teori, pendekatan, dan metode dalam mengkaji teks/ pementasan drama dan praktik pengkajiannya.
CP-MK 1 Mahasiswa mampu memahami Hakikat Drama (C2)
CP-MK 2 Mahasiswa mampu menjelaskan Sejarah Drama Dunia (C2)
CP-MK 3 Mahasiswa mampu menjelaskan Perkembangan Drama di Indonesia (C2)
CP-MK 4 Mahasiswa mampu mengklasifikasikan Mazhab sastra Dunia dan Pengaruhnya terhadap Drama Indonesia Modern (C2)
CP-MK 5 Mahasiswa mampu menjelaskan Drama dalam Dimensi Sastra (C2)
CP-MK 6 Mahasiswa mampu menganalisis Unsur-Unsur Drama dalam Teater (C4)
CP-MK 7 Mahasiswa mampu menganalisis Pengkajian Drama Tradisional (C4)
CP-MK 8 Mahasiswa mampu memproduksi artikel ilmiah menggunakan berbagai Pendekatan Analisis Drama (Objektif, Mimesis, Ekspresif, Pragmatis) (C6)
Berdasarkan 8 Rumusan CPL tersebut, materi perkuliahan yang akan di bahas selama 1 semester terdiri dari 1 pertemuan yang membahas tentang kontrak dan ruang lingkup mata kuliah, 2 pertemuan yang terdiri dari Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS), dan 13 pertemuan membahas materi tentang Kajian Drama. dari 13 materi tersebut, akan ada 4 materi menggunakan model project based leraning, yaitu pertemuan 5, pertemuan 11, pertemuan 12, pertemuan 13, dan pertemuan 14. Penjelasan dari proyek tersebut di paparkan pada pertemuan tersebut.
Selanjutnya, setiap pertemuan terdiri dari video pembelajaran yang awajib di tonton video pembelajaran besrisi materi singkat tenta materi yang di bahas. pada setiap video pembelajaran terdapat uji pemahaman yang WAJIB dikerjakan. selain itu terdapat pertanyaan pemantik, soal latihan, dan modul pembelajaran. Jangan lupa membaca petunjuk pada setia pertemuan dan setia tugas wajib di kerjakan.
Adapun rincian materi yang dibahas dalam 13 kali pertemuan tersebut yaitu:
PERTEMUAN 1 : KONTRAK DAN RUANG LINGKUP MATA KULIAH
PERTEMUAN 2 : HAKIKAT DRAMA DAN PENGKAJIAN SASTRA
PERTEMUAN 3 : SEJARAH DRAMA DUNIA
PERTEMUAN 4 : PERKEMBANGAN DRAMA DI INDONESIA
PERTEMUAN 5 : MAZHAB SASTRA DUNIA
PERTEMUAN 6 : DRAMA DALAM DIMENSI SASTRA
PERTEMUAN 7 : DRAMA SEBAGAI TEATER
PERTEMUAN 8 : UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS)
PERTEMUAN 9 : UNSUR PENDUKUNG (DRAMA SEBAGAI TEATER)
PERTEMUAN 10 : PENGKAJIAN DRAMA TRADISIONAL
PERTEMUAN 11 : PENDEKATAN OBJEKTIF
PERTEMUAN 12 : PENDEKATAN MIMESIS
PERTEMUAN 13 : PENDEKATAN EKSPRESIF
PERTEMUAN 14 : PENDEKATAN PRAGMATIS
PERTEMUAN 15 : REVIEW PEMBELAJARAN DAN PENUGASAN PROYEK
PERTEMUAN 16 : UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS)
Sedangkan untuk kriteria penilaian akhir mata kuliah ditetukan berdasarkan kriteria berikut.
Silahkan di download RPS kajian Drama berikut
Silahkan Download dan pelajari modul kajian drama berikut
Setiap pertemaun terdapat latihan. untuk melakuakn penilaian maka di perlukan pedoman Evaluasi Pembelajaran Mata Kulaih Kajian Drama berikut!
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Salam sejahtera untuk kita semua. Halo mahasiswa STKIP Singkawang dan IKIP PGRI Pontianak program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang berbahagia.
Semoga teman-teman mahasiswa sehat dan selalu dalam lindungan Allah subhanahuwata'ala, aamiin....
Bertemu dengan saya Dr. Gunta Wirawan, M.Pd. sebagai Dosen Pengampu MK Kajian drama. Pada pertemuan pertama ini, saya sudah menguploud silabus dan kontrak perkuliahan.
Semoga pada perkuliahan ini saudara mahasiswa mendapat ilmu yang bermanfaat dan nilai maksimal. Jika ada hal yang kurang di pahami silahkan kita diskusikan.
Mahasiswa sekalian, pada pertemuan kali ini, akan dibahas tentang kontrak perkuliahan beserta sistematika perkuliahan. Silakan simak video berikut ini.
Diharapkan setelah menyimak video pembelajaran, mahasiswa sekalian dapat:
Sebagai Bahan bacaan, berikut diberikan sumber belajar untuk pertemuan pertama.
Bahan bacaan ini digunakan jika terjadi kendala teknis dalam proses pembelajaran. Bahan bacaan ini hanya memuat pembahasan materi yang disajikan secara verbal (tertulis) tanpa didukung dengan penjelasan dari dosen pengampu.
Silakan pergunakan dengan bijak
Selain sumber bacaan dalam modul, mahasiswa sekalian dalam memahami materi dari suymber bacaan dalam PPT berikut.
Sama seperti Sumber bacaan dalam MODUL, PPT ini digunakan hanya jika terjadi permasalahan teknis dalam video interaktif di atas.
Maka, Gunakanlah Bacaan Ini Dengan BIJAK
Untuk mengukur apakah kalian dinyatakan telah mengikuti atau belum mengikuti perkuliahan pada pertemuan ke -2, kalian dapat melakukan penilaian secara mandiri, yang nanti, penilaian tersebut dapat dikonfirmasi dengan penilaian dari dosen.
Jika terdapat ketidakcocokan antara penilaian yang kalian lakukan secara mandiri dengan penilaian dosen, segera lakukan konfirmasi dan diskusi dengan dosen pengampu.
Bahan bacaan ini digunakan jika terjadi kendala teknis dalam proses pembelajaran. Bahan bacaan ini hanya memuat pembahasan materi yang disajikan secara verbal (tertulis) tanpa didukung dengan penjelasan dari dosen pengampu.
Gunakanlah Bacaan Ini Dengan BIJAK
Selain sumber bacaan dalam modul, mahasiswa sekalian dalam memahami materi dari suymber bacaan dalam PPT berikut.
Sama seperti Sumber bacaan dalam MODUL, PPT ini digunakan hanya jika terjadi permasalahan teknis dalam video interaktif di atas.
Maka, Gunakanlah Bacaan Ini Dengan BIJAK
TERIMA KASIH ATAS ATENSI DAN PARTISIPASINYA DALAM PEMBELAJARAN KALI INI. SAMPAI BERTEMU DI PERTEMUAN BERIKUTNYA
Mahasiswa Sekalian, apakah kalian tau bagaimana sejarah Drama yang ada di Dunia?
coba sampaikan apa yang kamu ketahui tentang Sejarah Drama Dunia?
Nah, sebagai clue awal, pada pertemuan kali ini, mahasiswa akan membahas materi "Sejarah Drama Dunia" yang telah disajikan dalam suatu video pembelajaran interaktif berikut.
Dalam video pembelajaran tersebut, berisi tentang:
Diharapkan setelah menyimak video pembelajaran, mahasiswa mampu mengkaji bagaimana terbentuknya Drama yang ada Di Dunia, dan apa Saja yang membedakan antara Drama di negara yang satu dengan Drama di negara yang lainnya.
Bahan bacaan ini digunakan jika terjadi kendala teknis dalam proses pembelajaran. Bahan bacaan ini hanya memuat pembahasan materi yang disajikan secara verbal (tertulis) tanpa didukung dengan penjelasan dari dosen pengampu.
Gunakanlah Bacaan Ini Dengan BIJAK
Selain sumber bacaan dalam modul, mahasiswa sekalian dalam memahami materi dari suymber bacaan dalam PPT berikut.
Sama seperti Sumber bacaan dalam MODUL, PPT ini digunakan hanya jika terjadi permasalahan teknis dalam video interaktif di atas.
Maka, Gunakanlah Bacaan Ini Dengan BIJAK
Untuk mengukur apakah kalian dinyatakan telah mengikuti atau belum mengikuti perkuliahan pada pertemuan ke - 3, kalian dapat melakukan penilaian secara mandiri, yang nanti, penilaian tersebut dapat dikonfirmasi dengan penilaian dari dosen.
Jika terdapat ketidakcocokan antara penilaian yang kalian lakukan secara mandiri dengan penilaian dosen, segera lakukan konfirmasi dan diskusi dengan dosen pengampu.
TERIMA KASIH ATAS ATENSI DAN PARTISIPASINYA DALAM PEMBELAJARAN KALI INI. SAMPAI BERTEMU DI PERTEMUAN BERIKUTNYA
Pada perkuliahan pertemuan ke – 4 ini, mahasiswa akan diberikan materi tentang "Perkembangan Drama Di Indonesia.
sebelum ke pembahasannya, pada pertemuan ke-3, kalian telah membahas tentang sejarah drama di Dunia. Coba Kalian Sebutkan apa saja periode drama dunia, serta sebutkan siapa saja tokoh - tokoh pada preriode tersebut. tuliskan pemahaman kalian pada kolom jawaban berikut.
Untuk mengukur apakah kalian dinyatakan telah mengikuti atau belum mengikuti perkuliahan pada pertemuan ke -2, kalian dapat melakukan penilaian secara mandiri, yang nanti, penilaian tersebut dapat dikonfirmasi dengan penilaian dari dosen.
Jika terdapat ketidakcocokan antara penilaian yang kalian lakukan secara mandiri dengan penilaian dosen, segera lakukan konfirmasi dan diskusi dengan dosen pengampu.
Bahan bacaan ini digunakan jika terjadi kendala teknis dalam proses pembelajaran. Bahan bacaan ini hanya memuat pembahasan materi yang disajikan secara verbal (tertulis) tanpa didukung dengan penjelasan dari dosen pengampu.
Gunakanlah Bacaan Ini Dengan BIJAK
Selain sumber bacaan dalam modul, mahasiswa sekalian dalam memahami materi dari suymber bacaan dalam PPT berikut.
Sama seperti Sumber bacaan dalam MODUL, PPT ini digunakan hanya jika terjadi permasalahan teknis dalam video interaktif di atas.
Maka, Gunakanlah Bacaan Ini Dengan BIJAK
TERIMA KASIH ATAS ATENSI DAN PARTISIPASINYA DALAM PEMBELAJARAN KALI INI. SAMPAI BERTEMU DI PERTEMUAN BERIKUTNYA
Sebelumnya, Apakah kalian pernah mendengar istilah Mahzab?
coba sampaikan pendapatmu apa yang kamu pikirkan ketika mendengar kata Mahzab?
Tuliskan hasil pemahaman kalian pada isian berikut.
Setelah kalian menyimak materi Mahzab Sastra Dunia secara garis besar, silakan kerjakan soal berikut dengan petunjuk:
1. Kerjakan soal latihan berikut dengan benar!
2. Kerjakan dengan sendiri-sendiri untuk mendapatkan nilai maksimal, jika ada yang bekerja sama maka nilai akan saya kosongkan (pemberi contekan dan penerima contekan
3. Jawab tepat waktu sampai akhir jam pembelajaran
Selanjutnya, agar pemahaman kalian tentang materi lebih baik lagi, kerjakan tugas proyek berikut. Mahasiswa diharapkan dapat menyelesaikan penugasan yang dapat diakses dalam file berikut, dan kumpulkan hasilnya pada link ini. Kerjakan penugasan tersebut dengan jujur dan penuh tanggung jawab.
Untuk mengukur apakah kalian dinyatakan telah mengikuti atau belum mengikuti perkuliahan pada pertemuan ke -2, kalian dapat melakukan penilaian secara mandiri, yang nanti, penilaian tersebut dapat dikonfirmasi dengan penilaian dari dosen.
Jika terdapat ketidakcocokan antara penilaian yang kalian lakukan secara mandiri dengan penilaian dosen, segera lakukan konfirmasi dan diskusi dengan dosen pengampu.
Bahan bacaan ini digunakan jika terjadi kendala teknis dalam proses pembelajaran. Bahan bacaan ini hanya memuat pembahasan materi yang disajikan secara verbal (tertulis) tanpa didukung dengan penjelasan dari dosen pengampu.
Gunakanlah Bacaan Ini Dengan BIJAK
Selain sumber bacaan dalam modul, mahasiswa sekalian dalam memahami materi dari sumber bacaan dalam PPT berikut.
Sama seperti Sumber bacaan dalam MODUL, PPT ini digunakan hanya jika terjadi permasalahan teknis dalam video interaktif di atas.
Maka, Gunakanlah Bacaan Ini Dengan BIJAK
TERIMA KASIH ATAS ATENSI DAN PARTISIPASINYA DALAM PEMBELAJARAN KALI INI. SAMPAI BERTEMU DI PERTEMUAN BERIKUTNYA
Sebelumnya, kalian telah membahasmateri tentang mahzab satra dunia bukan?
coba tuliskan hasil pemahaman kalian terkait dengan apa yang dimaksud dengan mahzab atau aliran dalam sastra?
Mahasiswa sekalian, Setelah kalian menyimak materi pada pertemuan kali ini mahasiswa sekalian diharapakan dapat:
Pada perkuliahan pertemuan ke – 6 ini, mahasiswa akan diberikan materi tentang Drama Dalam Dimensi Sastra.
Sebelum kita memahami lebih lanjut tentang materi tersebut, mungkin muncul pertanyaan dalam benak kalian, mengapa dalam drama harus ada dialog? apa yang akan terjadi jika drama tidak diikuti dengan adanya dialog?
Jawaban dari pertanyaan tersebut mengarahkan kalian untuk memahami Drama Dalam Dimensi Sastra. Oleh karena itu, mari Simak video pembelajaran interaktif berikut.
Dalam video pembelajaran berikut, berisi tentang:
1. Penjelasan singkat tentang Drama Dalam Dimensi Sastra, dan
2. Uji pemahaman tentang materi.
Untuk mengukur apakah kalian dinyatakan telah mengikuti atau belum mengikuti perkuliahan pada pertemuan ke - 6, kalian dapat melakukan penilaian secara mandiri, yang nanti, penilaian tersebut dapat dikonfirmasi dengan penilaian dari dosen.
Jika terdapat ketidakcocokan antara penilaian yang kalian lakukan secara mandiri dengan penilaian dosen, segera lakukan konfirmasi dan diskusi dengan dosen pengampu.
Selain sumber bacaan dalam modul, mahasiswa sekalian dalam memahami materi dari sumber bacaan dalam PPT berikut.
Sama seperti Sumber bacaan dalam MODUL, PPT ini digunakan hanya jika terjadi permasalahan teknis dalam video interaktif di atas.
Maka, Gunakanlah Bacaan Ini Dengan BIJAK
TERIMA KASIH ATAS ATENSI DAN PARTISIPASINYA DALAM PEMBELAJARAN KALI INI. SAMPAI BERTEMU DI PERTEMUAN BERIKUTNYA
Setelah kalian menyimak materi Drama Sebagai Teater secara garis besar, selanjutnya mahasiswa diharapkan dapat menyelesaikan penugasan yang dapat diakses dalam file berikut, dan kumpulkan hasilnya pada link ini. Kerjakan penugasan tersebut dengan penuh tanggung jawab.
Untuk mengukur apakah kalian dinyatakan telah mengikuti atau belum mengikuti perkuliahan pada pertemuan ke - 7, kalian dapat melakukan penilaian secara mandiri, yang nanti, penilaian tersebut dapat dikonfirmasi dengan penilaian dari dosen.
Jika terdapat ketidakcocokan antara penilaian yang kalian lakukan secara mandiri dengan penilaian dosen, segera lakukan konfirmasi dan diskusi dengan dosen pengampu.
Bahan bacaan ini digunakan jika terjadi kendala teknis dalam proses pembelajaran. Bahan bacaan ini hanya memuat pembahasan materi yang disajikan secara verbal (tertulis) tanpa didukung dengan penjelasan dari dosen pengampu.
Gunakanlah Bacaan Ini Dengan BIJAK
Selain sumber bacaan dalam modul, mahasiswa sekalian dalam memahami materi dari sumber bacaan dalam PPT berikut.
Sama seperti Sumber bacaan dalam MODUL, PPT ini digunakan hanya jika terjadi permasalahan teknis dalam video interaktif di atas.
Maka, Gunakanlah Bacaan Ini Dengan BIJAK
TERIMA KASIH ATAS ATENSI DAN PARTISIPASINYA DALAM PEMBELAJARAN KALI INI. SAMPAI BERTEMU DI PERTEMUAN BERIKUTNYA
Assalamualaiku Wr. Wb. dan selamat Pagi mahasiswa sekalian. salam sejahtera untuk kita semua.
Dipertemuan kali ini mahasiswa semua sudah masuk pada pekan Ujian Tengah Semester (UTS), yang mana pada pembelajaran kali ini adalah kalian diharapkan dapat mengaplikasikan semua pengetahuan yang telah kita bahas dan diskusikan pada pertemuan 2 sampai 7, serta diharapakan mahasiswa sekalian dapat melakukan analisis terhadap materi yang telah dibahas pada pertemuan - pertemuan sebelumnya.
SELAMAT MENGERJAKAN
Untuk petunjuk lebih lengkapnya, silakan download soal UTS nya sebagai Berikut.
Kerjakan soal tersebut dengan penuh tanggung jawab
Untuk mengukur apakah kalian dinyatakan telah mengikuti atau belum mengikuti perkuliahan pada pertemuan ke -8, kalian dapat melakukan penilaian secara mandiri, yang nanti, penilaian tersebut dapat dikonfirmasi dengan penilaian dari dosen.
Jika terdapat ketidakcocokan antara penilaian yang kalian lakukan secara mandiri dengan penilaian dosen, segera lakukan konfirmasi dan diskusi dengan dosen pengampu.
Pada perkuliahan pertemuan ke – 9 ini, mahasiswa akan diberikan materi tentang Unsur Pendukung (Drama Sebagai Teater).
Sebelum kita memahami lebih lanjut tentang materi tersebut, mungkin muncul pertanyaan dalam benak kalian, selain Sutradara, Pemain, dan Dialog, Unsur apa apa saja yang menjadi pendukung dalam sebuah drama?
Jawaban dari pertanyaan tersebut mengarahkan kalian untuk memahami Unsur Pendukung tersebut.
Mahasiswa sekalian, Setelah kalian menyimak materi pada pertemuan kali ini mahasiswa sekalian diharapakan dapat mengkaji unsur - unsur pendukung yang digunakan dalam suatu drama.
Oleh karena itu, mari Simak video pembelajaran interaktif berikut. Dalam video pembelajaran berikut, berisi tentang:
1. Penjelasan singkat tentang materi, dan
2. Uji pemahaman tentang materi.
Setelah kalian menyimak materi Unsur Pendukung (Drama Sebagai Teater) secara garis besar, selanjutnya mahasiswa diharapkan dapat menyelesaikan penugasan yang dapat diakses dalam file berikut, dan kumpulkan hasilnya pada link ini. Kerjakan penugasan tersebut dengan penuh tanggung jawab.
Untuk mengukur apakah kalian dinyatakan telah mengikuti atau belum mengikuti perkuliahan pada pertemuan ke - 9, kalian dapat melakukan penilaian secara mandiri, yang nanti, penilaian tersebut dapat dikonfirmasi dengan penilaian dari dosen.
Jika terdapat ketidakcocokan antara penilaian yang kalian lakukan secara mandiri dengan penilaian dosen, segera lakukan konfirmasi dan diskusi dengan dosen pengampu.
Bahan bacaan ini digunakan jika terjadi kendala teknis dalam proses pembelajaran. Bahan bacaan ini hanya memuat pembahasan materi yang disajikan secara verbal (tertulis) tanpa didukung dengan penjelasan dari dosen pengampu.
Gunakanlah Bacaan Ini Dengan BIJAK
Selain sumber bacaan dalam modul, mahasiswa sekalian dalam memahami materi dari sumber bacaan dalam PPT berikut.
Sama seperti Sumber bacaan dalam MODUL, PPT ini digunakan hanya jika terjadi permasalahan teknis dalam video interaktif di atas.
Maka, Gunakanlah Bacaan Ini Dengan BIJAK
TERIMA KASIH ATAS ATENSI DAN PARTISIPASINYA DALAM PEMBELAJARAN KALI INI. SAMPAI BERTEMU DI PERTEMUAN BERIKUTNYA
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Salam sejahtera untuk kita semua.
Halo mahasiswa STKIP Singkawang dan IKIP PGRI Pontianak yang budiman. Semoga teman-teman mahasiswa sehat semua ya. Bertemu kembali pada mata kuliah Kajian Drama dengan materi Pengkajian Teater Tradisional.
Kali ini kita masuk pada pertemuan kesepuluh, mahasiswa diharapkan untuk membaca dan download Sajian Materi X, PPT Materi X, serta video pembelajaran tentang Pengkajian Teater Tradisional yang sudah diupload, dan perhatikanlah instruksi yang ada pada Latihan.
Semoga pada perkuliahan ini saudara mahasiswa mendapat ilmu yang bermanfaat dan nilai maksimal.
Capaian Pembelajaran Umum dan Khusus pada pertemuan kali ini adalah: Setelah Anda selesai mengikuti aktivitas perkuliahan pada pertemuan ini, diharapkan dapat menjelaskan Pengkajian Tetater Tradisional
Mahasiswa sekalian, pada pertemuan kali ini materi yang akan dibahas yaitu PENGKAJIAN DRAMA TRADISIONAL. Untuk pemaparan materi dan instruksi perkuliahan pertemuan 10, silakan simak video pembelajaran berikut.
Dalam video pembelajaran akan ada beberapa UJI PEMAHAMAN yang terkait materi yang dibahas.
Simak video ini dengan penuh perhatian, laksanakan semua instruksi yang ditugaskan dalam video pembelajaran, serta silakan berdiskusi jika aktivitas tersebut diperlukan.
SELAMAT MENONTON
Setelah mahasiswa sekalian menyimak materi tentang PENGKAJIAN DRAAM TRADISIONAL, silakan uji pemahaman kalian sebagai berikut.
Kerjakan dengan sebaik mungkin. mahasiswa sekalian dikatakan telah mengikuti perkuliahan pada pertemuan ke -10 jika nilai yang diperoleh minimal 81 dari rentang 100
SELAMAT MENGERJAKAN
Untuk mengukur apakah kalian dinyatakan telah mengikuti atau belum mengikuti perkuliahan pada pertemuan ke -10, kalian dapat melakukan penilaian secara mandiri, yang nanti, penilaian tersebut dapat dikonfirmasi dengan penilaian dari dosen.
Jika terdapat ketidakcocokan antara penilaian yang kalian lakukan secara mandiri dengan penilaian dosen, segera lakukan konfirmasi dan diskusi dengan dosen pengampu.
Bahan bacaan ini digunakan jika terjadi kendala teknis dalam proses pembelajaran.
Bahan bacaan ini hanya memuat pembahasan materi yang disajikan secara verbal (tertulis) tanpa didukung dengan penjelasan dari dosen pengampu.
BIJAKLAH DALAM MENGGUNAKANNYA
Selain sumber bacaan dalam modul, mahasiswa sekalian dalam memahami materi dari suymber bacaan dalam PPT berikut.
Sama seperti Sumber bacaan dalam MODUL, PPT ini digunakan hanya jika terjadi permasalahan teknis dalam video interaktif di atas.
Maka, Gunakanlah Bacaan Ini Dengan BIJAK
Setelah kalian mempelajari apa itu drama, teater, unsur utama dan unsur pendukung dari suatu drama, coba kalian tuliskan kembali pemahaman kalian setelah mempelajari hal-hal yang disebutkan.
Tuliskan hasil pemahaman kalian pada isian berikut.
Mahasiswa sekalian, Setelah kalian menyimak materi pada pertemuan kali ini mahasiswa sekalian diharapakan dapat:
- Mengkaji beberapa video berdasarkan pendekatan objektif
- Menghasilkan artikel yang terkait dengan hasil kajian kalian terhadap video berdasarkan pendekatan objektif.
Setelah kalian menyimak materi tentang Pendekatan Objektif secara garis besar, selanjutnya mahasiswa diharapkan dapat menyelesaikan penugasan yang dapat diakses dalam file berikut, dan kumpulkan hasilnya pada link ini. Kerjakan penugasan tersebut dengan penuh tanggung jawab.
- Tugas proyek dilakukan secara berkelompok
- kelompok teridiri dari 5 - 7 orang
- di bawah sudah di sediakan 2 video drama (teater tradisional) silahkan setiap kelompok menganilisis video tersebut dengan pendekatan objektif
-Video-video ini juga di gunakan untuk bahan analisis pertemuan 12, 13, dan 14.
Untuk Penugasan Proyek, silakan ditonton video – video berikut. Video - Video berikut ini digunakan juga untuk analisis drama pada pertemuan ke- 12, pertemuan ke - 13, dan pertemuan ke - 14.
Untuk mengukur apakah kalian dinyatakan telah mengikuti atau belum mengikuti perkuliahan pada pertemuan ke - 11, kalian dapat melakukan penilaian secara mandiri, yang nanti, penilaian tersebut dapat dikonfirmasi dengan penilaian dari dosen.
Jika terdapat ketidakcocokan antara penilaian yang kalian lakukan secara mandiri dengan penilaian dosen, segera lakukan konfirmasi dan diskusi dengan dosen pengampu.
Bahan bacaan ini digunakan jika terjadi kendala teknis dalam proses pembelajaran. Bahan bacaan ini hanya memuat pembahasan materi yang disajikan secara verbal (tertulis) tanpa didukung dengan penjelasan dari dosen pengampu.
Gunakanlah Bacaan Ini Dengan BIJAK
Selain sumber bacaan dalam modul, mahasiswa sekalian dalam memahami materi dari sumber bacaan dalam PPT berikut.
Sama seperti Sumber bacaan dalam MODUL, PPT ini digunakan hanya jika terjadi permasalahan teknis dalam video interaktif di atas.
Maka, Gunakanlah Bacaan Ini Dengan BIJAK
TERIMA KASIH ATAS ATENSI DAN PARTISIPASINYA DALAM PEMBELAJARAN KALI INI. SAMPAI BERTEMU DI PERTEMUAN BERIKUTNYA
Mahasiswa sekalian, pada pertemuan sebelumnya kalian telah mepelajari materi tentang kajian drama berdasarkan pendekatan objektif bukan?
Coba sampaikan apa yang kamu pahami tentang kajian berdasarkan pendekatan objektif? apa saja cirinya. Tuliskan hasil pemahaman kalian pada isian berikut.
Mahasiswa sekalian, Setelah kalian menyimak materi pada pertemuan kali ini mahasiswa sekalian diharapakan dapat:
- Mengkaji beberapa video berdasarkan pendekatan Mimesis
- Menghasilkan artikel yang terkait dengan hasil kajian kalian terhadap video berdasarkan pendekatan Mimesis.
Pada perkuliahan pertemuan ke – 12 ini, mahasiswa akan diberikan materi tentang kajian drama berdasarkan Pendekatan Objektif.
Untuk pembahasan selengkapnya mari simak video pembelajaran interaktif berikut.
Dalam video pembelajaran berikut, berisi tentang:
1. Penjelasan singkat tentang materi
2. Uji pemahaman tentang materi, dan
3. Penugasan Proyek
Setelah kalian menyimak materi tentang Pendekatan mimesis secara garis besar, selanjutnya mahasiswa diharapkan dapat menyelesaikan penugasan yang dapat diakses dalam file berikut, dan kumpulkan hasilnya pada link ini. Kerjakan penugasan tersebut dengan penuh tanggung jawab.
- Tugas proyek dilakukan secara berkelompok
- kelompok teridiri dari 5 - 7 orang
- video drama (teater) sudah di siapkan pada pertmuan 11. Silahkan setiap kelompok menganilisis video tersebut dengan pendekatan mimesis
Untuk mengukur apakah kalian dinyatakan telah mengikuti atau belum mengikuti perkuliahan pada pertemuan ke -12, kalian dapat melakukan penilaian secara mandiri, yang nanti, penilaian tersebut dapat dikonfirmasi dengan penilaian dari dosen.
Jika terdapat ketidakcocokan antara penilaian yang kalian lakukan secara mandiri dengan penilaian dosen, segera lakukan konfirmasi dan diskusi dengan dosen pengampu.
Bahan bacaan ini digunakan jika terjadi kendala teknis dalam proses pembelajaran. Bahan bacaan ini hanya memuat pembahasan materi yang disajikan secara verbal (tertulis) tanpa didukung dengan penjelasan dari dosen pengampu.
Gunakanlah Bacaan Ini Dengan BIJAK
Selain sumber bacaan dalam modul, mahasiswa sekalian dalam memahami materi dari sumber bacaan dalam PPT berikut.
Sama seperti Sumber bacaan dalam MODUL, PPT ini digunakan hanya jika terjadi permasalahan teknis dalam video interaktif di atas.
Maka, Gunakanlah Bacaan Ini Dengan BIJAK
Setelah kalian menyimak materi tentang Pendekatan Ekspresif secara garis besar, selanjutnya mahasiswa diharapkan dapat menyelesaikan penugasan yang dapat diakses dalam file berikut, dan kumpulkan hasilnya pada link ini. Kerjakan penugasan tersebut dengan penuh tanggung jawab.
- Tugas proyek dilakukan secara berkelompok
- kelompok teridiri dari 5 - 7 orang
- video drama (teater) sudah di siapkan pada peretmuan 11. Silahkan setiap kelompok menganilisis video tersebut dengan pendekatan ekspresif
SELAMAT MENGERJAKAN
Untuk mengukur apakah kalian dinyatakan telah mengikuti atau belum mengikuti perkuliahan pada pertemuan ke - 13, kalian dapat melakukan penilaian secara mandiri, yang nanti, penilaian tersebut dapat dikonfirmasi dengan penilaian dari dosen.
Jika terdapat ketidakcocokan antara penilaian yang kalian lakukan secara mandiri dengan penilaian dosen, segera lakukan konfirmasi dan diskusi dengan dosen pengampu.
Bahan bacaan ini digunakan jika terjadi kendala teknis dalam proses pembelajaran. Bahan bacaan ini hanya memuat pembahasan materi yang disajikan secara verbal (tertulis) tanpa didukung dengan penjelasan dari dosen pengampu.
Gunakanlah Bacaan Ini Dengan BIJAK
Selain sumber bacaan dalam modul, mahasiswa sekalian dalam memahami materi dari sumber bacaan dalam PPT berikut.
Sama seperti Sumber bacaan dalam MODUL, PPT ini digunakan hanya jika terjadi permasalahan teknis dalam video interaktif di atas.
Maka, Gunakanlah Bacaan Ini Dengan BIJAK
TERIMA KASIH ATAS ATENSI DAN PARTISIPASINYA DALAM PEMBELAJARAN KALI INI. SAMPAI BERTEMU DI PERTEMUAN BERIKUTNYA
Assalamualaikum...wr...wb... Halo mahasiswa STKIP Singkawang dan IKIP PGRI Pontianak yang berbahagia. Semoga teman-teman mahasiswa sehat semua ya. Bertemu kembali dengan saya, pada mata kuliah Kajian Drama dengan materi Pendekatan Pragmatis. Pada hari ini kita sudah masuk pada pertemuan ke empathie belas. Untuk itu, baca dan downloadlah Sajian Materi , PPT Materi , serta video pembelajaran tentang Pendekatan Pragmatis yang sudah saya upload. Perhatikanlah instruksi yang ada pada Latihan. Kerjakan tugas tersebut dengan tanggung jawab dan tepat waktu. Jangan lupa isi presensi pada setiap pertemuan. Bertanyalah pada dosen pengampu atau mahasiswa lain ketika saudara mahasiswa mengalami kesulitan. Ikutilah perkuliahan ini dengan hati yang bahagia. Semoga pada perkuliahan ini saudara mahasiswa mendapat ilmu yang bermanfaat dan nilai maksimal.
Capaian Pembelajaran Umum dan Khusus
Setelah Anda selesai mengikuti aktivitas perkuliahan pada pada pertemuan ini, diharapkan dapat menjelaskan Pendekatan Pragmatis di dalam Drama
Mahasiswa sekalian, Sebelumnya, bukankah kalian mepelajari dan memahami tiga pendekatan dalam kajian drama bukan?
selain itu kalian juga telah melakukan analisis beberapa video berdasarkan tiga pendekatan tersebut. oleh karena itu coba sampaikan pemahaman kamu tentang inti dari ketiga pendekatan tersebut, dan apa poin yang membedakannya?
Tuliskan pemahahaman kalian pada link ini
Bagus sekali pemahaman kalian tentang tiga pendekatan yang digunakan dalam kajian drama.
selain ketiga pendekatan tersebut, ada satu lagi pendekatan yaang digunakan dalam kajian drama yang akan dibahas pada pertemuan ke-14, yaitu Pendekatan Pragmatis. Setelah kalian menyimak materi pada pertemuan kali ini mahasiswa sekalian diharapakan dapat:
- Mengkaji beberapa video berdasarkan pendekatan Pragmatis
- Menghasilkan artikel yang terkait dengan hasil kajian kalian terhadap video berdasarkan pendekatan pragmatis.
Pada perkuliahan pertemuan ke – 14 ini, mahasiswa akan diberikan materi tentang kajian drama berdasarkan Pendekatan Pragmatis.
Untuk pembahasan selengkapnya mari simak video pembelajaran interaktif berikut. Dalam video pembelajaran berikut, berisi tentang:
Setelah kalian menyimak materi Pendekatan Pragmatis secara garis besar, selanjutnya mahasiswa diharapkan dapat menyelesaikan penugasan yang dapat diakses dalam file berikut, dan kumpulkan hasilnya pada link ini. Kerjakan penugasan tersebut dengan penuh tanggung jawab.
SELAMAT MENGERJAKAN
- Tugas proyek dilakukan secara berkelompok
- kelompok teridiri dari 5 7 orang
- video drama (teater tradisional) sudah di siapkan pada peretmuan 11. Silahkan setiap kelompok menganilisis video tersebut dengan pendekatan objektif
- Setelah mahasiswa sekalian menganalisis video – video di bawah ini, Lalu hasil akhir dari proyek silakan di upload pada di LMS ini
Untuk Penugasan Proyek, silakan ditonton video – video yang telah disematkan pada pertemuan 11
Untuk mengukur apakah kalian dinyatakan telah mengikuti atau belum mengikuti perkuliahan pada pertemuan ke -14, kalian dapat melakukan penilaian secara mandiri, yang nanti, penilaian tersebut dapat dikonfirmasi dengan penilaian dari dosen.
Jika terdapat ketidakcocokan antara penilaian yang kalian lakukan secara mandiri dengan penilaian dosen, segera lakukan konfirmasi dan diskusi dengan dosen pengampu.
Bahan bacaan ini digunakan jika terjadi kendala teknis dalam proses pembelajaran. Bahan bacaan ini hanya memuat pembahasan materi yang disajikan secara verbal (tertulis) tanpa didukung dengan penjelasan dari dosen pengampu.
Gunakanlah Bacaan Ini Dengan BIJAK
Selain sumber bacaan dalam modul, mahasiswa sekalian dalam memahami materi dari sumber bacaan dalam PPT berikut.
Sama seperti Sumber bacaan dalam MODUL, PPT ini digunakan hanya jika terjadi permasalahan teknis dalam video interaktif di atas.
Maka, Gunakanlah Bacaan Ini Dengan BIJAK
TERIMA KASIH ATAS ATENSI DAN PARTISIPASINYA DALAM PEMBELAJARAN KALI INI. SAMPAI BERTEMU DI PERTEMUAN BERIKUTNYA
Mahasiswa sekalian, coba kalian jelaskan secara singkat apa yang dimaksud dengan Pengkajian Drama berdasarkan pendekatan Objektif, Mimesis, Ekpresif, dan pragmatis?
coba sampaikan pendapatmu apa yang kamu pikirkan pada isian berikut.
Pada pertemuan ke -15 mahasiswa sekalian akan diberikan penugasan proyek, yang merupakan hasil akhir dari proses pembelajaran pada pertemuan ke 2 sampai pertemuan ke - 14. hasil akhir yang diharapkan pada pertemuan 15 adalah, mahasiswa diharapkan dapat menghasilkan satu artikel yang berkaitan dengan Pengkajian Drama yang dipublish minimal pada jurnal nasional.
silakan download ketentuan proyeknya pada file berikut, dan kumpulkan hasilnya pada link yang yang telah disediakan pada link ini.
SELAMAT MENGERJAKAN
Untuk mengukur apakah kalian dinyatakan telah mengikuti atau belum mengikuti perkuliahan pada pertemuan ke - 15, kalian dapat melakukan penilaian secara mandiri, yang nanti, penilaian tersebut dapat dikonfirmasi dengan penilaian dari dosen.
Jika terdapat ketidakcocokan antara penilaian yang kalian lakukan secara mandiri dengan penilaian dosen, segera lakukan konfirmasi dan diskusi dengan dosen pengampu.
Bahan bacaan ini digunakan jika terjadi kendala teknis dalam proses pembelajaran. Bahan bacaan ini hanya memuat pembahasan materi yang disajikan secara verbal (tertulis) tanpa didukung dengan penjelasan dari dosen pengampu.
Gunakanlah Bacaan Ini Dengan BIJAK
Selain sumber bacaan dalam modul, mahasiswa sekalian dalam memahami materi dari sumber bacaan dalam PPT berikut.
Sama seperti Sumber bacaan dalam MODUL, PPT ini digunakan hanya jika terjadi permasalahan teknis dalam video interaktif di atas.
Maka, Gunakanlah Bacaan Ini Dengan BIJAK
TERIMA KASIH ATAS ATENSI DAN PARTISIPASINYA DALAM PEMBELAJARAN KALI INI. SAMPAI BERTEMU DI KESMEPATAN LAINNYA
Assalamualaiku Wr. Wb. dan selamat Pagi mahasiswa sekalian. salam sejahtera untuk kita semua. dipetemuan kali ini mahasiswa semua sudah masuk pada pekan Ujian Akhir Semester (UAS), yang mana pada pembelajaran kali ini adalah kalian diharapkan dapat mengaplikasikan semua pengetahuan yang telah kita bahas dan diskusikan pada pertemuan 2 sampai 15, serta diharapakan mahasiswa sekalian dapat melakukan analisis semua materi yang telah dibahas pada pertemuan sebelumnya serta mengaplikasikannya ke dalam proyek akhir mata kuliah.
SELAMAT MENGERJAKAN
Untuk petunjuk lebih lengkapnya, silakan download soal UTS nya sebagai Berikut.
Kerjakan soal tersebut dengan penuh tanggung jawab
Untuk mengukur apakah kalian dinyatakan telah mengikuti atau belum mengikuti perkuliahan pada pertemuan ke -16, kalian dapat melakukan penilaian secara mandiri, yang nanti, penilaian tersebut dapat dikonfirmasi dengan penilaian dari dosen.
Jika terdapat ketidakcocokan antara penilaian yang kalian lakukan secara mandiri dengan penilaian dosen, segera lakukan konfirmasi dan diskusi dengan dosen pengampu.