Topic outline

  • Pemrograman Bergerak

    Tampilan Dosen Pengampu

    Dosen Pengampu


    Foto Dosen
    KRISTINA ANNATASIA BR SITEPU

    Email: kannatasia88@gmail.com

    No WA: 082285606131

    HERU SAPUTRA

    Email: herusaputra@metamedia.ac.id

    No WA: 082211000456

    Foto Dosen
    Mata Kuliah : Pemrograman Bergerak
    Kode : MKPS44602
    Program Studi : S1 Sistem Informasi
    Perguruan Tinggi : STMIK Kaputama

    Selamat datang di mata kuliah Pemrograman Bergerak.

    Mata kuliah ini memberi pengetahuan tentang teori dan dasar pembuatan aplikasi bergerak dan beberapa tool/IDE untuk membuat aplikasi bergerak berbasis android. Mata kuliah ini melatih keterampilan mahasiswa dalam membuat program berbasis android untuk aplikasi stand alone, client-server serta aplikasi mobile untuk interfacing dengan perangkat keras.

    Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
    1. Mahasiswa dapat memahami konsep dasar pemrograman mobile
    2. Mahasiswa dapat memahami tentang konsep dasar pemrograman mobile dan dapat mengoperasikan software pengembangan aplikasi
    3. Mahasiswa dapat menggunakan Widget View
    4. Mahasiswa dapat menggunakan dialog, progress dialog dan notifikasi
    5. Mahasiswa dapat menggunakan activity dan intent
    6. Mahasiswa dapat menggunakan fragment
    7. Mahasiswa mampu menerapkan pembuatan menu
    8. Mahasiswa dapat menerapkan penyimpanan data
    9. Mahasiswa dapat menerapkan tentang pemrograman location based service

    Selamat belajar dan semoga sukses!


    Ikon PDFUnduh RPS

    Ikon PDFDownload Buku Pembelajaran 1

    Ikon PDFDownload Buku Pembelajaran 2

    Ikon PDFDownload Buku Pembelajaran 3

  • Pertemuan ke 1

    Capaian pembelajaran di pertemuan ke-1 ini adalah:

    • Mahasiswa mengetahui dan mampu mengikuti kontrak perkuliahan.
    • Mahasiswa mampu memahami mata kuliah yang akan dipelajari selama satu semester ke depan.
    • Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan tentang konsep dasar pemrograman mobile menggunakan OS Android dengan bahasa pemrograman Java.

    Sumber belajar yang bisa dipelajari:

    1. Teknologi Android:
      • Sejarah Telekomunikasi
      • Teknologi Java
      • Aplikasi & Komputasi Mobile
      • Konvergensi Teknologi
    2. Persiapan Android Programming:
      • Sejarah Android
      • Android SDK
      • Arsitektur Android
      • Fundamental Aplikasi
      • Versi Android
      • Instalasi Java
      • Instalasi Android
      • Instalasi Emulator
  • Pertemuan ke 2

    Capaian pembelajaran di pertemuan ke-2 ini adalah:

    1. Mahasiswa dapat memahami tentang konsep dasar pemrograman mobile.
    2. Mahasiswa dapat mengoperasikan software pengembangan aplikasi.

    Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu:

    1. Pembuatan program sederhana pada Android.
    2. Menjalankan aplikasi di virtual dan physical device.
    3. Komponen UI.
    4. Package, project structure, AndroidManifest.xml.
    5. Konsep activity.
    6. Siklus activity.
  • Pertemuan ke 3

    Capaian pembelajaran di pertemuan ke-3 ini adalah:

    Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan tentang struktur proyek dan antarmuka Android.


    Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu:

    1. Layout desain, komponen tipe, hierarki elemen layar, komponen aplikasi service dan activity, struktur XML.
    2. Mendesain layout:
      1. Linear Layout
      2. Absolute Layout
      3. Relative Layout
      4. Table Layout
      5. Frame Layout
      6. ScrollView
      7. TableRow
      8. Ticker
      9. Kombinasi Layout
    3. Toast.
  • Pertemuan ke 4

    Capaian pembelajaran di pertemuan ke-4 ini adalah:

    Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan tentang activity dan siklus hidup Android.


    Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu:

    1. Dasar pembuatan widget
    2. TextView
    3. EditText
    4. Button
    5. RadioButton
    6. RatingBar
    7. ImageButton
  • Pertemuan ke 5

    Capaian pembelajaran di pertemuan ke-5 ini adalah:

    Mahasiswa mampu memahami, menjelaskan, dan membuat layout-layout Android menggunakan emulator.


    Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu:

    1. AutoCompleteTextView
    2. MultiAutoCompleteTextView
    3. ListView
    4. GridView
    5. Date and Time
    6. MapView and WebView
    7. ImageView
    8. Spinner
  • Pertemuan ke 6

    Capaian pembelajaran di pertemuan ke-6 ini adalah:

    Mahasiswa dapat menggunakan Dialog, progress dialog, dan notifikasi.


    Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu:

    1. Dialog
    2. Progress Dialog
    3. Notifikasi
    4. Membuat aplikasi dengan dialog
  • Pertemuan ke 7

    Capaian pembelajaran di pertemuan ke-7 ini adalah:

    Mahasiswa dapat menggunakan Activity dan Intent.


    Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu:

    1. Memulai activity dengan/tanpa mengirim data
    2. Pindah antar activity
    3. Pengertian intent
    4. Implisit intent
    5. Explisit intent
    6. Membuat aplikasi multi activity dengan mengirim data antar activity
    7. Menggunakan intent untuk memanggil aplikasi lain
  • Pertemuan ke 8

    Capaian pembelajaran di pertemuan ke-8 ini adalah:

    Selamat datang di pertemuan ke-8.
    Pada hari ini, kita akan melaksanakan Ujian Tengah Semester (UTS). Ujian ini dirancang untuk mengukur pemahaman adik-adik terhadap materi yang telah dipelajari hingga saat ini.
    Berikut adalah ketentuan pelaksanaan ujian:

    1. Durasi Ujian: 75 menit.
    2. Waktu Pelaksanaan: Ujian akan dimulai tepat pada pukul 13.00 WIB.
    3. Sistem Pengumpulan Jawaban:
    - Mahasiswa diminta untuk langsung menjawab soal pada laman yang disediakan.
    - Setelah waktu ujian habis, sistem akan secara otomatis menutup laman isian jawaban.
    - Mahasiswa tidak dapat melanjutkan ujian jika waktu telah berakhir.

    Saya mohon agar adik-adik dapat mengerjakan ujian ini dengan jujur dan mematuhi aturan yang telah ditetapkan. Pastikan untuk memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya.
    Selamat mengerjakan, semoga sukses!


    Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu:

    UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS)

  • Pertemuan ke 9

    Capaian pembelajaran di pertemuan ke-9 ini adalah:

    Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan tentang jenis-jenis widget aplikasi Android.


    Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu:

    1. Pengertian Fragment
    2. Manfaat Fragment
    3. Membuat Fragment
    4. Siklus hidup Fragment
    5. Implementasi Fragment pada aplikasi
  • Pertemuan ke 10

    Capaian pembelajaran di pertemuan ke-10 ini adalah:

    Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan tentang service pada Android.


    Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu:

    1. Teknik Pembuatan Menu:
      • Menu dengan ListView
      • Menu dengan XML
      • Menu Dinamik
      • Menu dengan TabHost
    2. Membuat berbagai jenis menu
  • Pertemuan ke 11

    Capaian pembelajaran di pertemuan ke-11 ini adalah:

    Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan tentang fragment.


    Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu:

    1. Macam-macam penyimpanan data, kelebihan dan kekurangannya
    2. Memilih media penyimpanan yang tepat untuk aplikasi yang dibuat
    3. Shared Preference
    4. SQLite
    5. MySQL
    6. Membuat aplikasi CRUD sederhana dengan SQLite
  • Pertemuan ke 12

    Capaian pembelajaran di pertemuan ke-12 ini adalah:

    Mahasiswa mampu memahami, menjelaskan, dan membuat custom alert dialog Android.


    Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu:

    1. Macam-macam penyimpanan data, kelebihan dan kekurangannya
    2. Memilih media penyimpanan yang tepat untuk aplikasi yang dibuat
    3. Shared Preference
    4. SQLite
    5. MySQL
    6. Membuat aplikasi CRUD sederhana dengan SQLite
  • Pertemuan ke 13

    Capaian pembelajaran di pertemuan ke-13 ini adalah:

    Mahasiswa dapat membuat aplikasi berbasis Android.


    Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu:

    1. Pengenalan development Android dengan App Inventor
    2. Pengembangan aplikasi sederhana dengan App Inventor
    3. Penggunaan variabel (App Inventor), Conditional programming & looping (App Inventor), Pengenalan TinyDB (App Inventor), Penyimpanan file (App Inventor), Second screen (App Inventor)
  • Pertemuan ke 14

    Capaian pembelajaran di pertemuan ke-14 ini adalah:

    Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan tentang penyimpanan data pada aplikasi Android.


    Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu:

    Project membuat aplikasi Android.

  • Pertemuan ke 15

    Capaian pembelajaran di pertemuan ke-15 ini adalah:

    Mahasiswa mampu memahami, menjelaskan, dan membuat aplikasi menggunakan database SQLite.


    Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu:

    Project membuat aplikasi Android.

  • Pertemuan ke 16

    Capaian pembelajaran di pertemuan ke-16 ini adalah:

    UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS)


    Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu:

    UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS)