Pencarian global tidak diaktifkan.
Lewati ke konten utama

Ringkasan topik

  • Pertemuan 1 Hakikat Prosa (Hubungannya dengan Apresiasi dan Kajian)

  • Pertemuan 2 (Perbedaan Prosa dari Segi Kuantitas dan Kualitas)

    • Silahkan gabung dengan tautan zoom berikut!

      https://ikipsiliwangi-ac-id.zoom.us/j/99310998434?pwd=K0JGYlZwQUd3cUdoaFFsNFdlNUJnZz09
      Meeting ID: 993 1099 8434
      Passcode: PBSI-1

    • Silakan baca dengan saksama dan pelajari dengan sungguh sungguh!

    • Apabila ada cerita yang ditulis disertai gambar, apakah juga termasuk ke dalam jenis prosa? Misalnya, komik, cerita bergambar, atau cerita infografik! Tuliskan argumentasi Anda!

    • Setelah Anda mempelajari materi 2, jawablah pertanyaan berikut dengan argumentasi yang mencukupi!

      1. Apa perbedaan antara cerpen dan novel?

      2. Pada bagian unsur intrinsik cerpen dan novel apakah ada perbedaan yang dominan antarkeduanya? Coba jelaskan!

      3. Coba Anda membaca cerpen "Dodolitdodolitdodolibret" karya Seno Gumira Adjidarma, kemudian jelaskan masuk ke dalam jenis prosa apakah cerpen tersebut!

  • Pertemuan 3 (Jenis prosa dari segi umur (prosa anak, prosa remaja, prosa dewasa).)

  • Pertemuan 4 ( Unsur Intrinsik pembangun prosa)

    • Silakan unduh materi pada pertemuan ini, kemudian baca dengan cermat, pelajari dengan khidmat, dan pahami dengan cepat. Apabila ada yang tidak dipahami dapat didiskusikan di forum. (Selamat belajar!)

    • Apakah setiap cerpen memiliki seluruh unsur intrinsik atau ekstrinsik! (Silakan kemukakan pendapat Anda disertai contoh dan argumentasinya)

    • Kerjakan kuis 4 berdasarkan pemahaman Anda terhadap Modul 4. Gunakan kuis sebagai cara untuk mengetahui pemahaman Anda terhadap materi yang dipelajari.

    • Silakan baca cerpen berikut, kemudian analisislah berdasarkan unsur intrinsiknya!

  • Pertemuan 5 (Unsur ekstrinsik pembangun Prosa))

    • Silahkan untuk untuk dapat memahami materi yang akan didiskusikan pada pertemuan kali ini!

    • Silahkan tonton video pembahasan berikut!

        

    • Resume Pertemuan ke 5 dengan topik unsur ekstrinsik pembangun prosa

    • Apa hubungan unsur ekstrinsik (latar belakang pendidikan) terhadap cerpen yang dibuat!

    • Penugasan

      1. Silakan Saudara baca cerpen Sepotong Senja untuk Pacarku karya Seno Gumira Adjidarma!
      2. Setelah membaca cerpen tersebut, silakan Saudara pelajari dan amati sosok Seno Gumira Adjidarma (dari berbagai aspek).
      3. Coba buatlah keterkaitan latar belakang Seno Gumira Adjidarma yang memengaruhi cerpen Sepotong Senja untuk Pacarku
  • Pertemuan 6 (Analisis prosa dengan konstruksi aktansial Greimas)

    • Tonton video dibawah untuk menyamakan persepsi terkait materi pada pertemuan kali ini!
      dan setelahnya silahkan untuk berdiskusi membuat pertanyaan dan mejawab pertanyaan satu sama lain

        

    • Bagaimana kalau dalam cerita/prosa, subjek tidak memiliki tujuan? (Berikan pendapat Anda sesuai konstruksi aktansial Greimas)

    • 1. Bacalah cerpen Dodolitdodolitdodolibret karya Seno Gumira Adjidarma
      2. Buatlah skema aktan menurut Greimas dengan subjek:
      a.Guru Kiplik
      b.Para penghuni pulau
  • Pertemuan 7 (Analisis prosa dengan konsep gaya bahasa/stilistika)

  • Pertemuan 8 (UTS)

    • Assalamulaikum w.w.

      Selamat pagi semuanya.

      Pertemuan kedelapan (8) ini kita akan melaksanakan UTS. Silakan pelajari dan cermati soal yang diajukan. Kemudian jawablah dengan tepat dan jelas. Jawaban ditulis di kertas folio, dipindai, dan dikirim ke Spada Indonesia sesuai jadwal!

      Terima kasih dan tetap semangat!

  • Pertemuan 9 (Analisis prosa dengan pendekatan sosiologi sastra)

    • Silakan unduh materi pada pertemuan ini, kemudian baca dengan cermat, pelajari dengan khidmat, dan pahami dengan cepat. Apabila ada yang tidak dipahami dapat didiskusikan di forum. (Selamat belajar!)

    • Apa hubungan antara pengarang dan masyarakat?

    • 1.Bacalah cerpen yang berjudul Pelajaran Mengarang karya Seno Gumira Adjidarma
      2.Coba jelaskan bagaimana cerpen tersebut dipandang sebagai cerminan masyarakat dan fungsi sosialnya!
    • Kerjakan kuis 9 berdasarkan pemahaman Anda terhadap Modul 9. Gunakan kuis sebagai cara untuk mengetahui pemahaman Anda terhadap materi yang dipelajari.

  • Pertemuan 10 (Analisis prosa dengan pendekatan psikologi sastra)

    • Silahkan gabung dengan tautan zoom berikut!

      https://ikipsiliwangi-ac-id.zoom.us/j/99310998434?pwd=K0JGYlZwQUd3cUdoaFFsNFdlNUJnZz09

      Meeting ID: 993 1099 8434
      Passcode: PBSI-1

    • Silakan baca cerpen berikut melalui akses tautan berikut

      https://indonesian.dalangpublishing.com/topeng-nalar

      Setelah itu, coba kemukakan pendapat Anda tentang bagaimanakah kaitan karya sastra dan segi kejiwaan pengarang?


    • 1. Bacalah cerpen yang berjudul "Topeng Nalar"!
      2. Bagaimanakah fenomena kejiwaan yang dihadapi tokoh utama dalam cerpen tersebut?

      Berikut tautan cerpennya:

      https://indonesian.dalangpublishing.com/topeng-nalar

    • Materi perkuliahan dapat diunduh, dibaca, didiskusikan dan dipahami 

  • Pertemuan 11 (Analisis prosa dengan pendekatan resepsi sastra)

    • MATERI:

      Silakan unduh materi pada pertemuan ini, kemudian baca dengan cermat, pelajari dengan khidmat, dan pahami dengan cepat. Apabila ada yang tidak dipahami dapat didiskusikan di forum. (Selamat belajar!)

    • Silakan baca cerpen "Lampor" karya Joni Ariadinata, melalui tautan berikut.

      https://ruangsastra.com/27886/lampor/

      Setelah itu, bagaimana tanggapan Anda terkait tokoh tokoh dalam cerpen tersebut!

    • 1. Bacalah cerpen "Lampor" karya Joni Ariadinata

      2. Apakah Anda menemukan intertekstualitas pada cerpen tersebut? Coba jelaskan!

      3. Bagaimana tanggapan Anda terhadap cerpen tersebut!

  • Pertemuan 12 (Intertekstualitas pada Prosa)

    • Silakan unduh materi pada pertemuan ini, kemudian baca dengan cermat, pelajari dengan khidmat, dan pahami dengan cepat. Apabila ada yang tidak dipahami dapat didiskusikan di forum. (Selamat belajar!)

    • Setelah kalian membaca cerpen "Lampor" karya Joni Ariadinata, silakan kemukakan, apakah ada intertekstualitas pada cerpen tersebut? apa interkstualitasnya

    • Tugas ini melanjutkan dari tugas pertemuan 11. Silakan pertajam unsur intertekstualitas pada cerpen "Lampor" karya Joni Ariadinata tersebut!

  • Pertemuan 13 (Alih Wahana)

    • Silakan unduh materi pada pertemuan ini, kemudian baca dengan cermat, pelajari dengan khidmat, dan pahami dengan cepat. Apabila ada yang tidak dipahami dapat didiskusikan di forum. (Selamat belajar!)

    • Silakan baca puisi dan prosa karya Sapardi Djoko Damono yang berjudul “Hujan Bulan Juni” kemudian berikan tanggapan Anda mengenai alih wahana yang terjadi dalam film Hujan Bulan Juni yang diangkat dari Novel Hujan Bulan Juni!

      Bahan bacaan untuk forum diskusi: https://www.scribd.com/document/425531593/Hujan-Bulan-Juni-novel-pdf 

    • Tugas 13:
      1. Bacalah novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata dan Simaklah film “Laskar Pelangi”!
      2. Apakah Anda menemukan keterkaitan antara kedua objek karya sastra/seni tersebut?
      3. Adakah persamaan dan perbedaan yang Anda temukan?

      Tautan film Laskar Pelangi: https://www.vidio.com/watch/1620526-laskar-pelangi 

  • Pertemuan 14 ( Memproduksi cerpen dengan tema moralitas dan etika)

    • Selamat pagi, kawan mahasiswa IKIP Siliwangi dan Unpatti. Hari ini kita akan mengingat kembali unsur yang ada dalam bangun cerita pendek. Setelah itu, kita akan coba memproduksi cerpen dengan tema "moral" dan "etika". Mari kita pelajari kembali unsur yang ada dalam cerita pendek.

    • Setelah pembelajaran pertemuan 14 ini. Saudara diharapkan dapat menghasilkan 1 cerita pendek dengan tema "moral" atau "etika". 

  • Pertemuan 15 (Menghasilkan kumpulan cerpen yang dibukukan baik dalam bentuk cetak maupun e-book.) Lanjutan Pertemuan 14

    • Assalamualaikum w.w.

      Kawan-kawan mahasiswa yang baik, pertemuan 15 ini akan diisi dengan praktik menulis cerpen dengan baik sesuai teori yang sudah dipelajari pada pertemuan sebelumnya. Silakan diskusikan dengan dosen Anda terkait pembuatan cerpen ini. Pada akhirnya, cerpen yang dihasilkan akan dijadikan bentuk buku elektronik menjadi antologi cerpen bersama atau antologi tunggal. 

  • Pertemuan 16 (UAS)

    • Bentuk Proyek

      Proyek UAS pada mata kuliah Apresiasi dan Kajian Prosa Fiksi ini memproduksi cerpen dengan tema “Moralitas dan Etika”. Mahasiswa diminta membuat cerpen dengan tema yang sesuai serta cerita yang mengandung pesan moral, etika, dan pendidikan yang tinggi. Hasil dari proyek ini akan diterbitkan dalam antologi cerpen.

       

      Deskripsi Proyek

      1. Objek garapan proyek           : Pembuatan antologi cerpen
      2. Batasan                                 : Proyek  ini  dibuat dalam bentuk cerpen dengan tema

       “moralitas dan etika

      1. Relevansi                              : Proyek ini relevan dengan kombinasi teori dan praktik dalam

        apresiasi dan kajian prosa dengan mengimplementasikan

        produksi cerpen secara individu

      1. Manfaat                                 : Mahasiswa dilatih untuk dapat menulis cerpen dengan baik

        serta dapat dimanfaatkan kepada pembaca lebih luas dalam

        bentuk buku antologi cerpen

       

      Metode Pengerjaan Proyek/Instruksi Kerja

      1. Mahasiswa memilih tema cerpen “moralitas dan etika”
      2. Mahasiswa menulis cerpen sesuai tema
      3. Mahasiswa menulis cerpen sesuai aturan cerpen (unsur intrinsik dan ekstrinsik)
      4. Mahasiswa menyesuaikan format penulisan cerpen dengan (huruf TNR 12, spasi 1, ukuran kertas A4, 1200 s.d. 4000 kata)
      5. Mahasiswa mengumpulkan cerpen sesuai tenggat waktu yang ditentukan, yakni 2 minggu setelah ditugaskan

        

      Bentuk dan Format Luaran:

      Bentuk luaran :

      Cerpen yang dikumpulkan akan dikurasi oleh dosen. Setelah dianggap layak akan dikumpulkan dan akan dipublikasi menjadi antologi cerpen. Apabila cerpen dianggap tidak layak akan diberi kesempatan untuk memperbaiki (maksimal perbaikan 2 kali)

       

      Indikator, Kriteria dan Bobot Penilaian

       

      Aspek yang Dinilai

      Skor

      Kesesuaian tema

      20

      Kelengkapan unsur cerpen

      30

      Penggunaan gaya bahasa

      20

      Pengembangan cerita dan konflik

      20

      Penulisan (EyD)

      10

       

      Jadwal Pelaksanaan

      Pengumpulan sesuai jadwal UAS mata kuliah Apresiasi dan Kajian Prosa melalui melalui spada Indonesia atau tautan google form berikut https://forms.gle/vfLrPbxfgQ7qsoK46