General
Silahkan undah dan pahami Perangkat Pembelajaran untuk Mata Kuliah Kajian dan Apresiasi Prosa
Silahkan undah dan pahami Perangkat Pembelajaran untuk Mata Kuliah Kajian dan Apresiasi Prosa
Disini kita akan sama-sama memahami tentan HAKIKAT PROSA (hubungannya dengan apresiasi dan kajian)
Kegiatan ini akan dilakukan dengan cara presentasi dan dilanjutkan dengan diskusi tanya jawab.
Unduh Salindia Materi disini!
Silakan kawan mahasiswa dapat menuliskan judul dan nama pengarang prosa (cerpen atau novel) yang pernah dibaca! (Berikan alasan dalam 1 paragraf, mengapa prosa yang Anda baca itu begitu menarik)
https://ikipsiliwangi-ac-id.zoom.us/j/99310998434?pwd=K0JGYlZwQUd3cUdoaFFsNFdlNUJnZz09
Meeting ID: 993 1099 8434
Passcode: PBSI-1
Silakan baca dengan saksama dan pelajari dengan sungguh sungguh!
Apabila ada cerita yang ditulis disertai gambar, apakah juga termasuk ke dalam jenis prosa? Misalnya, komik, cerita bergambar, atau cerita infografik! Tuliskan argumentasi Anda!
Setelah Anda mempelajari materi 2, jawablah pertanyaan berikut dengan argumentasi yang mencukupi!
1. Apa perbedaan antara cerpen dan novel?
2. Pada bagian unsur intrinsik cerpen dan novel apakah ada perbedaan yang dominan antarkeduanya? Coba jelaskan!
3. Coba Anda membaca cerpen "Dodolitdodolitdodolibret" karya Seno Gumira Adjidarma, kemudian jelaskan masuk ke dalam jenis prosa apakah cerpen tersebut!
Refleksi pertemuan
Apakah prosa anak harus ditulis oleh anak atau bisa ditulis oleh orang dewasa? Kemukakan pendapat Anda!
Kerjakan kuis 3 berdasarkan pemahaman Anda terhadap Modul 3. Gunakan kuis sebagai cara untuk mengetahui pemahaman Anda terhadap materi yang dipelajari.
Silakan unduh materi pada pertemuan ini, kemudian baca dengan cermat, pelajari dengan khidmat, dan pahami dengan cepat. Apabila ada yang tidak dipahami dapat didiskusikan di forum. (Selamat belajar!)
Apakah setiap cerpen memiliki seluruh unsur intrinsik atau ekstrinsik! (Silakan kemukakan pendapat Anda disertai contoh dan argumentasinya)
Kerjakan kuis 4 berdasarkan pemahaman Anda terhadap Modul 4. Gunakan kuis sebagai cara untuk mengetahui pemahaman Anda terhadap materi yang dipelajari.
Silakan baca cerpen berikut, kemudian analisislah berdasarkan unsur intrinsiknya!
Silahkan untuk untuk dapat memahami materi yang akan didiskusikan pada pertemuan kali ini!
Silahkan tonton video pembahasan berikut!
Resume Pertemuan ke 5 dengan topik unsur ekstrinsik pembangun prosa
Apa hubungan unsur ekstrinsik (latar belakang pendidikan) terhadap cerpen yang dibuat!
Penugasan
Tonton video dibawah untuk menyamakan persepsi terkait materi pada pertemuan kali ini!
dan setelahnya silahkan untuk berdiskusi membuat pertanyaan dan mejawab pertanyaan satu sama lain
Bagaimana kalau dalam cerita/prosa, subjek tidak memiliki tujuan? (Berikan pendapat Anda sesuai konstruksi aktansial Greimas)
silahkan unduh salindia materi tersebut untuk memahami topik yang akan disikusikan kali ini
Silahkan klik tautan di bawah ini untuk bergabung pada sesi tatap maya atau klik tombok enter the room!
https://meet.google.com/qit-nkvj-bzo
Bagaimana kalau prosa tidak menggunakan majas? Coba jelaskan pendapat Anda!
Assalamulaikum w.w.
Selamat pagi semuanya.
Pertemuan kedelapan (8) ini kita akan melaksanakan UTS. Silakan pelajari dan cermati soal yang diajukan. Kemudian jawablah dengan tepat dan jelas. Jawaban ditulis di kertas folio, dipindai, dan dikirim ke Spada Indonesia sesuai jadwal!
Terima kasih dan tetap semangat!
Silakan unduh materi pada pertemuan ini, kemudian baca dengan cermat, pelajari dengan khidmat, dan pahami dengan cepat. Apabila ada yang tidak dipahami dapat didiskusikan di forum. (Selamat belajar!)
Apa hubungan antara pengarang dan masyarakat?
Kerjakan kuis 9 berdasarkan pemahaman Anda terhadap Modul 9. Gunakan kuis sebagai cara untuk mengetahui pemahaman Anda terhadap materi yang dipelajari.
https://ikipsiliwangi-ac-id.zoom.us/j/99310998434?pwd=K0JGYlZwQUd3cUdoaFFsNFdlNUJnZz09
Meeting ID: 993 1099 8434
Passcode: PBSI-1
Silakan baca cerpen berikut melalui akses tautan berikut
https://indonesian.dalangpublishing.com/topeng-nalar
Setelah itu, coba kemukakan pendapat Anda tentang bagaimanakah kaitan karya sastra dan segi kejiwaan pengarang?
1. Bacalah cerpen yang berjudul "Topeng Nalar"!
2. Bagaimanakah fenomena kejiwaan yang dihadapi tokoh utama dalam cerpen tersebut?
Berikut tautan cerpennya:
https://indonesian.dalangpublishing.com/topeng-nalar
Materi perkuliahan dapat diunduh, dibaca, didiskusikan dan dipahami
MATERI:
Silakan unduh materi pada pertemuan ini, kemudian baca dengan cermat, pelajari dengan khidmat, dan pahami dengan cepat. Apabila ada yang tidak dipahami dapat didiskusikan di forum. (Selamat belajar!)
Silakan baca cerpen "Lampor" karya Joni Ariadinata, melalui tautan berikut.
https://ruangsastra.com/27886/lampor/
Setelah itu, bagaimana tanggapan Anda terkait tokoh tokoh dalam cerpen tersebut!
1. Bacalah cerpen "Lampor" karya Joni Ariadinata
2. Apakah Anda menemukan intertekstualitas pada cerpen tersebut? Coba jelaskan!
3. Bagaimana tanggapan Anda terhadap cerpen tersebut!
Silakan unduh materi pada pertemuan ini, kemudian baca dengan cermat, pelajari dengan khidmat, dan pahami dengan cepat. Apabila ada yang tidak dipahami dapat didiskusikan di forum. (Selamat belajar!)
Setelah kalian membaca cerpen "Lampor" karya Joni Ariadinata, silakan kemukakan, apakah ada intertekstualitas pada cerpen tersebut? apa interkstualitasnya
Tugas ini melanjutkan dari tugas pertemuan 11. Silakan pertajam unsur intertekstualitas pada cerpen "Lampor" karya Joni Ariadinata tersebut!
Silakan unduh materi pada pertemuan ini, kemudian baca dengan cermat, pelajari dengan khidmat, dan pahami dengan cepat. Apabila ada yang tidak dipahami dapat didiskusikan di forum. (Selamat belajar!)
Silakan baca puisi dan prosa karya Sapardi Djoko Damono yang berjudul “Hujan Bulan Juni” kemudian berikan tanggapan Anda mengenai alih wahana yang terjadi dalam film Hujan Bulan Juni yang diangkat dari Novel Hujan Bulan Juni!
Bahan bacaan untuk forum diskusi: https://www.scribd.com/document/425531593/Hujan-Bulan-Juni-novel-pdf
Tugas 13:
1. Bacalah novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata dan Simaklah film “Laskar Pelangi”!
2. Apakah Anda menemukan keterkaitan antara kedua objek karya sastra/seni tersebut?
3. Adakah persamaan dan perbedaan yang Anda temukan?
Tautan film Laskar Pelangi: https://www.vidio.com/watch/1620526-laskar-pelangi
Selamat pagi, kawan mahasiswa IKIP Siliwangi dan Unpatti. Hari ini kita akan mengingat kembali unsur yang ada dalam bangun cerita pendek. Setelah itu, kita akan coba memproduksi cerpen dengan tema "moral" dan "etika". Mari kita pelajari kembali unsur yang ada dalam cerita pendek.
Setelah pembelajaran pertemuan 14 ini. Saudara diharapkan dapat menghasilkan 1 cerita pendek dengan tema "moral" atau "etika".
Assalamualaikum w.w.
Kawan-kawan mahasiswa yang baik, pertemuan 15 ini akan diisi dengan praktik menulis cerpen dengan baik sesuai teori yang sudah dipelajari pada pertemuan sebelumnya. Silakan diskusikan dengan dosen Anda terkait pembuatan cerpen ini. Pada akhirnya, cerpen yang dihasilkan akan dijadikan bentuk buku elektronik menjadi antologi cerpen bersama atau antologi tunggal.
Bentuk Proyek
Proyek UAS pada mata kuliah Apresiasi dan Kajian Prosa Fiksi ini memproduksi cerpen dengan tema “Moralitas dan Etika”. Mahasiswa diminta membuat cerpen dengan tema yang sesuai serta cerita yang mengandung pesan moral, etika, dan pendidikan yang tinggi. Hasil dari proyek ini akan diterbitkan dalam antologi cerpen.
Deskripsi Proyek
“moralitas dan etika
apresiasi dan kajian prosa dengan mengimplementasikan
produksi cerpen secara individu
serta dapat dimanfaatkan kepada pembaca lebih luas dalam
bentuk buku antologi cerpen
Metode Pengerjaan Proyek/Instruksi Kerja
Bentuk dan Format Luaran:
Bentuk luaran :
Cerpen yang dikumpulkan akan dikurasi oleh dosen. Setelah dianggap layak akan dikumpulkan dan akan dipublikasi menjadi antologi cerpen. Apabila cerpen dianggap tidak layak akan diberi kesempatan untuk memperbaiki (maksimal perbaikan 2 kali)
Indikator, Kriteria dan Bobot Penilaian
Aspek yang Dinilai |
Skor |
Kesesuaian tema |
20 |
Kelengkapan unsur cerpen |
30 |
Penggunaan gaya bahasa |
20 |
Pengembangan cerita dan konflik |
20 |
Penulisan (EyD) |
10 |
Jadwal Pelaksanaan
Pengumpulan sesuai jadwal UAS mata kuliah Apresiasi dan Kajian Prosa melalui melalui spada Indonesia atau tautan google form berikut https://forms.gle/vfLrPbxfgQ7qsoK46