Pengantar Perkuliahan
Assalamualaikum Wr. Wb.
Salam Sejahtra, Shalom, Rahayu, Namo Budaya.
Selamat datang, mahasiswa sekalian, di perkuliahan kita pada semester ini! Baik Anda yang mengikuti secara online maupun offline, saya berharap semangat belajar tetap tinggi dalam setiap sesi perkuliahan. Kita akan memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran online untuk tetap terhubung, berdiskusi, dan berbagi pengetahuan, meskipun kita berada di tempat yang berbeda. Bagi Anda yang hadir secara offline, saya berharap kehadiran fisik dapat memperkuat interaksi dan pengalaman belajar yang lebih mendalam.
Dalam pembelajaran online, mari kita manfaatkan platform yang ada untuk berdiskusi secara aktif dan interaktif. Jangan ragu untuk bertanya, mengutarakan pendapat, dan berpartisipasi dalam diskusi melalui forum, chat, maupun video conference. Saya akan memastikan materi yang disampaikan mudah diakses, dan kita akan tetap menjaga komunikasi secara efektif agar tidak ada yang tertinggal dalam proses belajar.
Bagi Anda yang hadir secara offline, suasana kelas akan tetap menjadi ruang bagi kita untuk berdiskusi langsung, mengeksplorasi materi secara lebih mendalam, dan saling berbagi pemahaman. Mari jaga lingkungan belajar yang nyaman dan produktif. Pada akhirnya, baik online maupun offline, tujuan kita tetap sama: mendapatkan pemahaman yang kuat dan menyeluruh mengenai topik yang kita pelajari. Mari kita mulai perkuliahan ini dengan semangat kolaborasi dan rasa ingin tahu yang besar!
DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam kepada mahasiswa tentang metode dan pendekatan penelitian dalam bidang pendidikan sejarah. Mahasiswa akan mempelajari berbagai jenis penelitian yang relevan, mulai dari penelitian kuantitatif, kualitatif, hingga metode campuran, yang dapat diterapkan untuk mengeksplorasi isu-isu pendidikan sejarah. Fokus utama mata kuliah ini adalah pada pengembangan keterampilan dalam merancang, melaksanakan, dan menganalisis penelitian pendidikan sejarah dengan menggunakan berbagai teknik pengumpulan data seperti wawancara, survei, observasi, dan studi literatur. Selain itu, mahasiswa juga akan diberikan kesempatan untuk mengkaji berbagai hasil penelitian sebelumnya guna memperkaya pemahaman tentang tren dan isu terkini dalam pendidikan sejarah, serta mengembangkan kemampuan untuk merumuskan rekomendasi yang dapat diaplikasikan dalam konteks pendidikan formal. Mata kuliah ini diharapkan mampu membekali mahasiswa dengan kemampuan berpikir kritis dan metodologis dalam memecahkan berbagai tantangan yang dihadapi dalam pembelajaran sejarah di sekolah-sekolah.
CAPAIAN MK
- Menjelaskan pengertian fungsi, dan pendekatan penelitian pendidikan
- Memahami metode-metode penelitian
- Mengdiagnosis dan merumuskan masalah penelitian
- Menganalisis kajian pustaka dalam penelitian
- Menganalisis cara merumuskan hipotesis penelitian
- Mendiagnosis variable dan pengukurannya
- Memilih rancangan penelitian
- Menganalisis tentang populasi dan sampel penelitian
- Merancang instrumen penelitian dan analisis dataMembuat proposal dan laporan penelitian
REFERENSI
Utama
Angels, T.A. (1991). Classroom research:early lessons from success. San Francisco: Jossey-Bass, Inc. 2. Hopkins, David. (1993). A teacher’s guide to classroom research. Philadelphia: Open University Press. 3. Hubbard, Ruth and Power, Brenda M. (1993). The Art of Classroom Inquiry, A Handbook for teacher-research. New Hampshire: Heinemann, Portsmouth.
Pendukung
Kemmis, S and Mc Taggart, R. (1990). The action
research planner. Victoria: Deakin University Press. 5. Noffke , Susan E and
Stevenson B Robert. (1995). Educational Action Research. New York:Columbia
University. 6. Shaver, J.P. (ed). (1991). Handbook on research of social
studies teaching and learning. Washington, D.C: NCSS 7. Stringer, Ernest T.
(1996). Action Research: A Hanbook for Practitioners. California: SAGE
Publications, Inc.
PETUNJUK BELAJAR
- Pelajari Silabus dan Rencana Pembelajaran: Sebelum memulai perkuliahan, pahami terlebih dahulu silabus dan rencana pembelajaran yang disediakan oleh dosen. Ini akan membantu Anda memahami topik-topik yang akan dibahas, tugas-tugas yang harus diselesaikan, serta metode evaluasi.
- Ikuti Perkuliahan dengan Aktif: Hadir secara aktif dalam setiap perkuliahan, baik itu tatap muka maupun daring. Aktif bertanya dan berdiskusi saat perkuliahan akan membantu memperjelas konsep-konsep penelitian dan metode yang dibahas.
- Pelajari Literatur dan Referensi yang Diberikan: Baca dengan teliti literatur atau referensi yang disarankan oleh dosen. Hal ini penting untuk memperluas wawasan Anda terkait berbagai pendekatan dalam penelitian pendidikan sejarah. Selalu catat poin-poin penting dari bacaan untuk referensi saat mengerjakan tugas.
- Kerjakan Tugas dengan Teliti dan Tepat Waktu: Setiap tugas yang diberikan merupakan kesempatan untuk memperdalam pemahaman Anda. Pastikan Anda memahami petunjuk tugas dan mengerjakannya dengan sungguh-sungguh. Manfaatkan waktu yang tersedia untuk menyelesaikan tugas sebelum tenggat waktu.
- Kembangkan Kemampuan Metodologi Penelitian: Praktikkan penggunaan metode penelitian yang dipelajari selama kuliah, seperti wawancara, observasi, dan analisis data. Buat rancangan penelitian sederhana yang bisa diterapkan dalam konteks pendidikan sejarah. Ini akan membantu Anda mempersiapkan diri untuk tugas akhir penelitian.
- Bekerja Sama dengan Teman Sebaya: Belajar secara kolaboratif dengan teman sekelas untuk berbagi pemahaman tentang konsep-konsep sulit. Diskusi kelompok dapat memberikan perspektif baru dan mempercepat pemahaman Anda tentang materi yang dipelajari.
- Manfaatkan Waktu Konsultasi dengan Dosen: Jangan ragu untuk bertanya atau berkonsultasi dengan dosen terkait hal-hal yang belum Anda pahami. Gunakan waktu konsultasi untuk mendapatkan bimbingan lebih lanjut tentang topik penelitian, teknik pengumpulan data, atau kendala yang Anda hadapi dalam proses belajar.
- Lakukan Review Berkala: Secara rutin lakukan tinjauan ulang terhadap materi yang telah dipelajari. Ini akan membantu Anda dalam mempersiapkan diri untuk ujian dan juga dalam memahami hubungan antar topik yang telah dipelajari.
- Siapkan Diri untuk Penelitian Lapangan: Jika ada tugas penelitian lapangan, pastikan Anda sudah memahami teknik pengumpulan data dan etika penelitian. Rencanakan dengan matang prosedur penelitian yang akan dilakukan dan pastikan Anda mematuhi pedoman yang telah diberikan.
- Selesaikan Tugas Akhir dengan Cermat: Tugas akhir mata kuliah ini biasanya berupa penelitian kecil. Pastikan Anda mengikuti seluruh tahapan penelitian, mulai dari perumusan masalah, pengumpulan data, analisis, hingga penulisan laporan akhir. Konsultasikan secara rutin dengan dosen pembimbing untuk memastikan penelitian Anda berjalan sesuai rencana.
EVALUASI
- Aktivitas partisipatif (20%)
- Project (35%)
- Kuis (5%)
- Tugas (15%)
- UTS (15%)
- UAS (20%
Contact : Wa 082188876477