LMS-SPADA INDONESIA

Assalamu'alaikum Wr. Wb
Selamat datang Rekan Rekan Mahasiswa yang saya banggakan.
Dimanapun berada..., semoga selalu dalam keadaan sehat walafiat dan dalam Lindungan Allah SWT.
Selamat datang di Mata kuliah Cyber Computer Security Daring SPADA (Sistem Pembelajaran Daring) Jurusan Ilmu Komputer FMIPA Universitas Lampung. Mata kuliah ini ditujukan bagi peserta didik yang sedang mengambil program S1 Sarjana pada rumpun Ilmu Informatika dan Komputer, terutama terkait dengan bidang studi:Ilmu Komputer / Teknik Informatika, Sistem Informasi, Sistem Komputer, Rekayasa Perangkat Lunak maupun Teknologi Informasi
Mata kuiah Cyber Computer Security ini memiliki beban SKS sebesar 3 SKS, dengan kode Matakuliah : CSS10
Selamat mengikuti perkuliahan ini dengan baik,
Salam hangat dan tetap semangat !!
Wassalamu'alaikum Wr. Wb
Rangga Firdaus
Cyber Computer Security merupakan upaya untuk melindungi informasi dari adanya cyber attack. Cyberattack dalam operasi informasi adalah semua jenis tindakan yang sengaja dilakukan untuk mengganggu kerahasiaan (confidentiality), integritas (integrity), dan ketersedian (availability) informasi. Tindakan ini bisa ditujukan untuk mengganggu secara fisik maupun dari alur logic sistem informasi. Cyber attack merupakan upaya mengganggu informasi yang berfokus pada alur logic sistem informasi. Keamanan siber komputer atau dalam Bahasa Inggris Cyber Computer Security atau dikenal juga dengan sebutan cybersecurity atau IT security adalah keamanan infromasi yang diaplikasikan kepada komputer dan jaringannya. Computer security atau keamanan komputer bertujuan membantu user agar dapat mencegah penipuan atau mendeteksi adanya usaha penipuan di sebuah sistem yang berbasis informasi. Informasinya sendiri memiliki arti non fisik.
Dalam materi Cyber Computer Security, akan dibahas beberapa hal yang terkait didalamnya, antara lain :
+ Capaian Pembelajaran yang diharapkan dalam+ + + + + MK Daring++Cyber Computer Security dalam+ + + + + + SPADA (Sistem Pembelajaran Daring Indonesia)+ + + + ini+ +adalah :
Secara garis besar, peta program pembelajaran yang akan kita lakukan adalah berdasarkan sesuai urutan dan dapat seperti gambar yang diatas:
Perkuliahan Cyber Computer Security dalam semester ini terlihat pada peta program perkuliahan, terdiri dari beberapa tahapan penyampaian materi pembelajaran yang dilakukan, baik dari sisi materi yang bertahap serta assesment yang dilakukan seperti, tugas, quis, uts maupun uas
Struktur Pelaksanaan Perkuliahan matakuliah Cyber Computer Security ini, diharapkan seluruh peserta didik dapat menyelesaikan mata kuliah ini dalam kurun waktu antara 4-6 bulan. Adapun struktur pelaksanannya adalah sebagai berikut:

Dalam mengikuti perkuliahan ini, para mahasiswa harus mengadopsi paradigma dan mekanisme pembelajaran dengan prinsip-prinsip utama sebagai berikut:
- Mahasiswa diharapkan untuk aktif melakukan proses pembelajaran mandiri melalui beraneka ragam cara yang tersedia dan memungkinkan, yaitu: (a) menggunakan referensi yang tersedia; (b) memanfaatkan berbagai sumber yang dapat diakses via internet; (c) melakukan komunikasi intensif antar sesama mahasiswa; (d) mengerjakan seluruh latihan dan tugas-tugas yang diberikan; (e) menghadiri sesi temu virtual dengan dosen pengampu mata kuliah; dan (f) mengikuti ujian terjadwal yang telah ditetapkan. Paradigma pembelajaran e-learning adalah aktif dan mandiri, dimana keberhasilan mahasiswa akan ditentukan oleh intensitas pembelajaran yang dilakukannya sendiri, bukan bergantung pada pihak lain sebagaimana model perkuliahan konvensional berbasis tatap muka.
- Mengingat bahwa capaian pembelajaran mahasiswa (standar kompetensi kelulusan) peserta program pendidikan jarak jauh harus sama dengan model pembelajaran berbasis tatap muka, maka model evaluasi atau penilaiannya akan jauh lebih ketat dan bersifat multi dimensi. Dalam penyelenggaraan matakuliah ini, dosen pengampu menilai mahasiswa dengan menggunakan berbagai instrumen dan indikator, seperti: (a) keaktifan dalam mengikuti forum diskusi; (b) keteraturan atau frekuensi dalam melakukan akses terhadap sumber daya pendidikan yang tersedia pada aplikasi learning management system yang dipakai; (c) kuantitas kehadiran dan kualitas interaksi dalam sesi komunikasi virtual dengan dosen, baik yang bersifat sinkronus maupun asinkronus; (d) kelengkapan pengumpulan tugas yang diberikan; (e) partisipasi aktif mengerjakan soal-soal latihan; dan (f) hasil ujian tengah semester/quis maupun ujian akhir semester. Keseluruhan kinerja mahasiswa melalui beragam model interaksi tersebut dijadikan sebagai bahan evaluasi dosen dalam memberikan penilaian akhir pencapaian mahasiswa dalam mata kuliah yang bersangkutan. Perlu diperhatikan bahwa bobot keseluruhan model interaksi dan evaluasi tersebut kurang lebih sama karena sifatnya yang holistik.
Model Asesmen dalam perkuliahan ini, dapat dilihat seperti dibawah ini.



Peserta didik akan dievaluasi penguasaannya dan pemahamannya terhadap materi kuliah dengan menggunakan pendekatan sebagai berikut:
Selamat untuk mengerjakan Pra Test atau Awal Test Mata Kuliah Cyber Computer Security.
Dikerjakan dalam waktu 30 Menit untuk beberapa soal dibawah ini.:+
Apakah yang dimaksud dengan .Security Perimeter Protection?
Komponen apa saja yang terdapat dalam lingkup Network and Internet Defense?
Prinsip-prinsip apa saja yang ada dalam Cyber Computer Security terkait dalam Firewall maupun IDS ?
Apakah perbedaan antara Security Concerns & Penetration?
Bagaimana Langkah melakukan Penetration Testing Methodology yang saudara ketahui?
Pra test atau awal test ini dikerjakan di kertas, dan dikumpulkan di kelas, pada saat perkuliah awal ini berakhir.
Terima kasih dan selamat mengerjakan
Dosen Pengampu,
Rangga Firdaus
Identitas Diri
| Nama | : | +Dr. (Can)+Rangga Firdaus, M.Kom+ + + ++ |
| NIP | : | +197410102008011015 |
| NIDN | : | +0210107402 |
| TTL ++ | : | +Sungai Gerong, 10 Oktober 1974 |
| Agama | : | +Islam |
| Kantor | : | +Gedung Mipa Terpadu Lt.+1 |
| +Jl. Prof Soemantri Brojonegoro - FMIPA UNILA | ||
| Rumah | : | +Perumahan Wijaya 3+Blok D9 Jl. Tirtayasa Bandar+ Lampung |
| HP | : | +0818273313 / 081379006544 |
| : | +rangga.firdaus@gmail.com |
Detail Informasi lengkap, silahkan untuk melihat data riwayat hidup selengkapnya pada file data riwayat hidup
Deatil informasi Dosen Pengampu ada dalam File Daftar Riwayat Hidup Dosen Pengampu diatas..silahkan dibaca dan semoga bermanfaaat.
Terima kasih
Mata kuliah ini menggunakan metode pembelajaran sinkronus dan asinkronus. Metode pembelajaran asinkronus menggunakan materi yang sudah diunggah pada modul LMS ini. Mahasiswa wajib membuka laman ini sesering mungkin seperti halnya menggunakan sosial media (FB, twitter, dll). Referensi utama sudah disiapkan pada laman ini, akan tetapi mahasiswa dapat menggunakan berbagai macam sumber lain (buku, jurnal, sumber online) untuk menambah wawasan. Sedangkan metode pembelajaran sinkronus akan menggunakan aplikasi VMeet. Panduan menggunakan VMeet sudah kami sertakan pada laman ini. Aplikasi VMeet dapat digunakan oleh mahasiswa untuk langsung melakukan conference dengan dosen dan atau asisten.
Silahkan untuk men-Download file dari salah satu buku pegangan untuk perkuliahan kita matakuliah Cyber Computer Security+ dalam 1 semester kedepan
Silahkan untuk men-Download file dari salah satu buku pegangan untuk perkuliahan kita matakuliah Cyber Computer Security dalam 1 semester kedepan
Rekan rekan mahasiswa yang saya hormati,
Agar lebih memberikan wawasan yang lebih luas lagi, beberapa menit pada video pengantar 1, terutama pada menit ke 15 hingga ke 27 bisa menjadi bahan kajian kita pada pertemuan mendatang
Selanjutnya, rekan rekan mahasiswa dapat memperhatikan beberapa video pengantar 2. pada menit ke 8:30 adakah yang perlu ditanya ?.+ Semoga dapat memberikan pencerahan dan inpirasi bagaimana dan apa yang akan kita bahas dalam perkuliahan ini
Pada Video Pengantar 3 ini, rekan rekan mahasiswa dapat memperhtaikan seluruh tampilan terutama pada detik ke 35 sampai dengan detik ke 56 di video yang ada, setelah itu dapat dibuat suatu kesimpulan dari hasil yang dilihat, dengan menuliskan tidak lebih dari 200 Kata
Selamat Mengikuti Perkuliahan Matakuliah SPADA Cyber Computer Security
Dalam Perkuliaan ini, akan ada berbagai Pokok Bahasan Materi, Diskusi, Kuis dan Tugas.
UTS akan dilaksanakan setelah mengikuti 6 Pokok Bahasan, dan selanjutya ditambah dengan kegiatan lain, setelah UTS Seperti Mengerjakan tugas, diskusi, dan beberapa pokok bahasan, akan diadakan UAS.
Semoga berhasil dan selamat mengikuti perkuliahan ini dengan baik,
Terima kasih,
Rangga Firdaus
Capaian pembelajaran yang akan didapat dalam matakuliah ini, selain dapat dilihat dari sisi 5W+1H (What, Why, Where, When, Who dan How)
Mahasiswa dapat :
Video dibawah ini mengilustrasikan bagaiamana pemanfaatan serta fungis dari security perimeter protection dijalankan,
Pada menit ke 6 hingga akhir, apakah dapat diterapkan di kampus rekan rekan semuanya?
Dibawah ini, adalah materi untuk pertemuan #1.
terdiri dari Materi 1A, membahas tentang Gambaran Umumnya
dan Materi 1B lebih pada pembahasan secara teknis menjawab 5W+1H
silahkan dibaca, dan semoga berhasil menjawab semua tugas yang diberikan.
Silakan mengerjakan tugas dibawah in secara individu, dan dikumpulkan sesuai waktu yang telah ditentukan:Menjelaskan apa yang dimaksud dengan Security Perimeter Protection
Diskusikan hal-hal dibaawah ini bersama kelompoknya masing, dan dikumpulkan secara individu,
Silahkan untuk didonlut semua materi pertemuaan dalam bentuk Scrom
Capaian pembelajaran yang akan didapat dalam matakuliah ini, selain dapat dilihat dari sisi 5W+1H (What, Why, Where, When, Who dan How)
Mahasiswa dapat :
Silahkan mengemukan pendapat dan bisa untuk saling bertanya secara langsung pada saat kuliah berjalan
Materi Pertemuan 2A ini dapat didonlut dengan mengklik logo atau tulisan ini
Materi Pertemuan 2B ini dapat didonlut dengan mengklik logo atau tulisan ini
Silahkan untuk mengerjakan tugas berikut ini, dan dikumpulkan secara individu sesuai waktu yang telah ditentukan.
Silahkan rekan rekan mahasiswa mendiskusikan beberapa hal hal beri kut ini, jangan lupa dikerjakan secara individu, dikumpul sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.
Capaian pembelajaran yang akan didapat dalam matakuliah ini, selain dapat dilihat dari sisi 5W+1H (What, Why, Where, When, Who dan How)
Mahasiswa dapat :
Silahkan mengemukan pendapat dan bisa untuk saling bertanya secara langsung pada saat kuliah berjalan
Pada maeri 3A , disampaikan beberapa hal penting terkait materi yang ada, antara lain : What is a Firewall, Need of Firewall,Firewall Design Principles,Firewall Characteristics, How does a Firewall Work, Firewall Rules, Firewall Architectures, Packet Filtering Router, Distributed Firewall
Lebiih lengkapnya dapat di klik serta di donlut materi 3A tersebut.
Dalam materi 3B ini, diberikan beberap informasi materi berupa :
Making The Firewall Fit, Security Strategies Implemented, Testing Firewall Configuration, Implementations of FIrewall, Firewall Deployment, Firewall Security, Phase I ++++ Gather Documentation, Phase II ++++ The Firewall, Phase III ++++ The Rule Base, Phase IV ++++ Testing & Scanning, Phase V ++++ Maintenance & Monitoring, Future of Firewalls
Materi tersebut dapat didonlut pada file tersebut diatas.
Diskusikan beberapa hal ini dengan rekan sekelompok saudara
Kerjakan beberapa soal dibawah ini,
Beberapa hal yang dapat saudara kerjakan dan dikumpulkan, pilih 5 soal yang saudara ketahui dari 14 soal dibawah ini untuk dikerjakan secara individu. Waktu mengerjakan sesuai dengan yang telah ditentukan.
Secara Scorm Materi 3A dan 3B dapat dilihat dan diunduh pada file scorm diatas
Capaian pembelajaran yang akan didapat dalam matakuliah ini, selain dapat dilihat dari sisi 5W+1H (What, Why, Where, When, Who dan How) Mahasiswa dapat :
Silahkan mengemukan pendapat dan bisa untuk saling bertanya secara langsung pada saat kuliah berjalan
Materi 4A ini membahas tentang gambaran umum bagaiamana security concern & penetration itu ada dan bekerja. Selanjutnya silahkan di donlut materi 4A ini
Pada diskusi ke 3 ini, silahkan rekan rekan mahasiswa mendiskuiskan dengan teman sekelompok dan dikumpulkan secara individu sesuai dengan waktu yang ada sesuai dengan materi 4A
Materi 4B dapat di donlut dengan mengklik logo dan tulisan diatas
Pada diskusi 4 ini, silahkan diskusikan kepada seluruh rekan sekelas. Bahan Diskusi 4 ini, adalah Materi 4B.
Jangan lupa hasil kegiatannya, dikumpulkan sesuai waktu yang telah ditentukan.
Kerjakan tugas ke 4 ini sesuai dengan apa yang telah dikerjakan dalam diskusi materi ini.
Capaian pembelajaran yang akan didapat dalam matakuliah ini, selain dapat dilihat dari sisi 5W+1H (What, Why, Where, When, Who dan How)
Mahasiswa dapat :
Materi 5 ini lebih mebahas pada penetration testing methodology dan silahan didonlut dan dipelajari lagi materi tersebut
Silahkan dikerjakan perkelompok tugas dari materi 5 ini.
Pada video pembelajaran terkait dengan materi penetration testing methodology, silahkan semua mahasiswa menyaksikan video dibawah ini.
Ada beberapa hal yang bisa dicatat, dan diskusikan terutama pada 4 menit pertama video yang dilihat.
Selamat menyaksikan.
Buat sebuah video secara berkelompok, mensimulasikan bagaiamana melakukan sebuah penetration testing.
Berikan link video tersebut dan silahkan di kumpulkan sesuai waktu yang ada.
Pada akhir sesi pembelajaran, peserta didik diharapkan mampu:
Silahkan mengemukan pendapat dan bisa untuk saling bertanya secara langsung pada saat kuliah berjalan
Mahasiswa untuk membuka situs dbawah ini
https://www.akamai.com/us/en/cdn/
Analisalah distribusi trafik internet pada tanggal tertentu, dan jawablah pertanyaan di bawah ini:
Lakukanlah sejumlah kajian korelasi dengan menghubungkan antara pola trafik dan serangan sejumlah negara dengan berbagai situasi politik, ekonomi, maupun sosial budaya yang terjadi pada suatu durasi tertentu. Amati pula berita-berita utama suatu negara ketika yang bersangkutan mendapatkan serangan internet yang cukup signifikan ++++ untuk memperlihatkan apakah yang bersangkutan sadar akan serangan yang terjadi.
Semua materi 1 hingga 6 akan dikeluarkan 1-3 Soal tiap soalnya dan ujian akan dilaksaakan secara Online dengan beragam tipe soal, mulai dari piihan, mengurutkan dan benar salah serta esai.
Pada akhir sesi pembelajaran, peserta didik diharapkan mampu:
Silhakan diklik dan diamati :
https://www.akamai.com/uk/en/about/our-thinking/state-of-the-internet-report/web-attack-visualization.jsp
Silahkan mengemukan pendapat dan bisa untuk saling bertanya secara langsung pada saat kuliah berjalan
Analisalah distribusi serangan yang terjadi untuk menjawab sejumlah pertanyaan berikut ini:
Rekan rekan mahasiswa dapat memperhatikan video ini, dan dapat diskusikan atau dapat diberikan sebuah tanggapan minimal 200 kata terkait web yang ada dibawah ini
Pada akhir sesi pembelajaran, peserta didik diharapkan mampu:
Silahkan rekan rekan mahasiswa untuk membuka alamat situs dibawah ini, silahkan dijelajahi web tersebut, diskusikan dan jawab semua pertanyaan yang ada dalam LMS ini sesuai dengan materi yang ada.
diakses di :
https://cybermap.kaspersky.com/
Dibawah ini adalah sebuah video terkait Cyber threat real time map yang disampaikan lebih kurang berdurasi 3,23 menit. semoga dapat memberikan pencerahan dan gambaran terkait hal tersebut.
Selamat menyaksikan.
Analisalah distribusi serangan dilihat dari sejumlah aspek sebagai berikut:
Pada akhir sesi pembelajaran, peserta didik diharapkan mampu:
Silahkan untuk dibuka dan dicermati serta diperhatikan semua yang ada pada link dibwah ini ?
https://cybermap.kaspersky.com/
Analisalah distribusi serangan dilihat dari sejumlah aspek sebagai berikut:
Silahkan mengemukan pendapat dan bisa untuk saling bertanya secara langsung pada saat kuliah berjalan
Pada Video Cyber Threat Real Time Statics, dapat diperhatikan dalam bagaiamana secara real, aktivitas yang terjadi saat ini.
semoga mendapat gambaran dan pengetahuan dari apa yang saudara saksikan.
Diskusikan materi cyber computer terkait hak kekayaan intelektual
Pada akhir sesi pembelajaran, peserta didik diharapkan mampu:
Silahkan untuk di perhatikan dari Video Fireeye Cyber Threat Map,
Semoga dapat membuka cakrwala wawasan tentang Fireeye Cyber
Pada akhir sesi pembelajaran, peserta didik diharapkan mampu:
Silahkan semua mahasiswa membuka situs dibawah ini
http://www.digitalattackmap.com
Selanjutanya silahkan dicaoba dan di lakukan simulasi, terkait DDos Digital Attack.
SIlahkan bertanya dan memanfaatkan fasilitas ini untuk bertanya diskusi dll dalam materi ini
Pada video ini, diberikan gambaran apa dan bagaiamana DDos Digital Attack Map itu.
Semoga video ini memberikan gambaran dan pencerahan bagi kita semua.
Dengan cara menggunakan berbagai menu dan navigasi yang tersedia, lakukan kajian terhadap:
Pada bagian bawah peta, terlihat adanya grafik tren penggunaan bandwidth dalam serangan DDOS. Coba simulasikan bagaimana peristiwa DDOS terjadi dengan menekan tombol ++ Play+++ ++++ kemudian amatilah:
Pada akhir sesi pembelajaran, peserta didik diharapkan mampu:
Silahkan semua mahasiswa yang mengambil matakuliah ini, terutama pada materi #13 DDos Attack Worldwide
dapat mengakses situs ini. :
http://www.digitalattackmap.com/gallery/
Silahkan untuk dilihat video tersebut, dan silahkan untuk dianalisa dan semoga dapat membantu untuk menjawab soal soal yang ada