Tugas Pertemuan 11

Topik: Menyusun Alat Ukur Keterampilan

1. Konsep Alat Ukur Keterampilan
Jelaskan perbedaan antara alat ukur keterampilan berbasis kinerja (performance-based assessment) dan berbasis produk (product-based assessment). Berikan contoh penerapannya dalam mata pelajaran geografi!

2. Menentukan Indikator Keterampilan
Sebuah topik pembelajaran geografi adalah "Pemetaan Wilayah". Sebutkan 3 indikator keterampilan yang relevan untuk topik tersebut, dan jelaskan mengapa indikator tersebut penting dalam mengukur keterampilan siswa!

3. Menyusun Instrumen Soal
Anda diminta membuat soal untuk mengukur keterampilan "membaca peta topografi". Rancanglah satu soal yang berbasis kinerja, lengkap dengan petunjuk pengerjaan yang jelas!

4. Merancang Rubrik Penilaian
Jelaskan langkah-langkah dalam menyusun rubrik penilaian untuk keterampilan "membuat peta sketsa sederhana". Sertakan contoh rubrik sederhana untuk penilaian tersebut!