contoh strategi pemasaran STP untuk UMKM Agroindustri:
1. Segmentasi:
UMKM Agroindustri membagi pasar berdasarkan demografi dan psikografis, seperti usia (25-45 tahun), pendapatan menengah ke atas, dan gaya hidup sehat. Geografis: daerah perkotaan dengan tingkat konsumsi produk organik yang tinggi.
2. Target:
Target pasar adalah konsumen yang peduli dengan kesehatan dan lingkungan, serta mencari produk pangan organik atau natural. Ini termasuk keluarga muda, ibu rumah tangga, dan individu yang menerapkan gaya hidup sehat.
3. Posisi Produk:
Produk diposisikan sebagai pangan sehat dan organik, dengan fokus pada kualitas premium, bahan alami, dan proses produksi ramah lingkungan. Ini membedakan produk UMKM dari pesaing yang mungkin menawarkan produk konvensional dengan harga lebih rendah.
1. Segmentasi:
UMKM Agroindustri membagi pasar berdasarkan demografi dan psikografis, seperti usia (25-45 tahun), pendapatan menengah ke atas, dan gaya hidup sehat. Geografis: daerah perkotaan dengan tingkat konsumsi produk organik yang tinggi.
2. Target:
Target pasar adalah konsumen yang peduli dengan kesehatan dan lingkungan, serta mencari produk pangan organik atau natural. Ini termasuk keluarga muda, ibu rumah tangga, dan individu yang menerapkan gaya hidup sehat.
3. Posisi Produk:
Produk diposisikan sebagai pangan sehat dan organik, dengan fokus pada kualitas premium, bahan alami, dan proses produksi ramah lingkungan. Ini membedakan produk UMKM dari pesaing yang mungkin menawarkan produk konvensional dengan harga lebih rendah.