Proses komunikasi bisnis adalah serangkaian langkah atau tahapan yang dilalui dalam transmisi informasi, ide atau pesan antara entitas bisnis baik internal maupun eksternal , . Proses ini melibatkan berbagai elemen seperti penyampaian, penerimaan, interpretasi dan umpan balik terhadap pesan yang dikomunikasikan. Proses komunikasi bisnis yang efektif sangat penting di lingkungan kerja karena dapat memfasilitasi kerja sama yang baik, peningkatan produktivitas, pengambilan keputusan yang baik serta manajemen konflik yang baik .
Masalah dalam komunikasi bisnis era digital menurut saya antara lain, kebingungan pesan, kurangnya tatap muka komunikasi, kelebihan informasi, ketergantungan terhadap teknologi, keamanan dan privasi . Pada intinya menurut saya dalam berkomunikasi bisnis di era digital ini kita tidak boleh percaya sepenuhnya dan bergantung dengan teknologi yang ada, kita harus mempelajari bagaimana cara berkomunikasi yang baik dan efektif, mempelajari dan mendalami perkembangan teknologi yang terjadi dan selalu berhati-hati akan setiap langkah yang akan kita ambil
Tren komunikasi bisnis saat ini menurut saya adalah seperti memanfaatkan media sosial sebagai lapak bisnis, seperti berjualan di tiktok, instagram dan lain-lain.