Masalah apa saja yang anda sering temui dalam kerja kelompok dan bagaimana solusinya?
PM 160516 - Shierly Sephiani (Universitas Brawijaya)
Masalah yang sering dijumpai dalam kerja secara tim adalah perbedaan pendapat. Banyaknya anggota dalam satu tim mengindikasikan banyak juga pendapat yang dimiliki dalam tim tersebut karena tiap individu pastinya memiliki pandangannya sendiri. Untuk itu, musyawarah dengan kepala dingin adalah solusinya. Hal tersebut harus dilakukan dengan meredam ego masing-masing dan objektif dalam membuat kesepakatan. Kita harus saling menghargai dan memberikan pendapat yang membangun bukan menjatuhkan. Ketika kita telah melakukan hal tersebut, saya rasa suasana kelompok dapat menjadi nyaman dan dapat berjalan sesuai tujuan yang diharapkan.
Masalah yang sering dijumpai dalam kerja secara tim adalah perbedaan pendapat. Banyaknya anggota dalam satu tim mengindikasikan banyak juga pendapat yang dimiliki dalam tim tersebut karena tiap individu pastinya memiliki pandangannya sendiri. Untuk itu, musyawarah dengan kepala dingin adalah solusinya. Hal tersebut harus dilakukan dengan meredam ego masing-masing dan objektif dalam membuat kesepakatan. Kita harus saling menghargai dan memberikan pendapat yang membangun bukan menjatuhkan. Ketika kita telah melakukan hal tersebut, saya rasa suasana kelompok dapat menjadi nyaman dan dapat berjalan sesuai tujuan yang diharapkan.
PM 15014-Erfina Ayu Wulandari (Universitas Negeri Semarang)
Selain masalah perbedaan pendapat masalah lain yang sering dijumpai dalam kerjasama tim adalah kurangnya komunikasi anggota dalam tim sehingga memperlambat kinerja dalam anggota. hal ini dapat berdampak besar terhadap tidak tercapainya tujuan organisasi. untuk mengatasi hal tersebut adalah kita harus mulai membangun komunikasi yang baik sedari awal dimulai dari hal yang kecil. seperti menyapa anggota tim ketika berada didalam ruangan.
Selain masalah perbedaan pendapat masalah lain yang sering dijumpai dalam kerjasama tim adalah kurangnya komunikasi anggota dalam tim sehingga memperlambat kinerja dalam anggota. hal ini dapat berdampak besar terhadap tidak tercapainya tujuan organisasi. untuk mengatasi hal tersebut adalah kita harus mulai membangun komunikasi yang baik sedari awal dimulai dari hal yang kecil. seperti menyapa anggota tim ketika berada didalam ruangan.