Prinsip memahami bahasa dan sastra
1. Prinsip Komunikatif
Bahasa dan sastra tidak hanya diajarkan sebagai seperangkat aturan, tetapi sebagai alat untuk menyampaikan makna.
2. Prinsip Kontekstual
Pembelajaran kontekstual mengaitkan materi pelajaran dengan pengalaman hidup siswa
4. Prinsip Keaktifan Siswa
Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia sebaiknya mendorong keaktifan siswa. Pembelajaran yang efektif adalah yang melibatkan siswa secara aktif dalam proses belajar. Siswa tidak hanya menjadi penerima pasif, tetapi mereka berperan sebagai partisipan aktif dalam belajar.
6. Prinsip Interaktif dan Kolaboratif
Interaksi dengan teman sebaya dan guru sangat penting untuk membantu siswa memahami bahasa dan sastra dengan lebih baik, terutama dalam konteks sosial.
7. Prinsip Pengalaman Langsung
Dalam pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, prinsip ini diterapkan dengan mengajak siswa langsung berlatih berbicara, mendengarkan, membaca, dan menulis.
Prinsip dalam memahami bahasa dan sastra dalam konteks pengembangan karakter :
Memahami prinsip-prinsip dasar pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di SD/MI tidak hanya penting untuk penguasaan bahasa itu sendiri, tetapi juga untuk pembentukan karakter siswa. Dengan mendalami bahasa dan sastra, siswa dapat mengembangkan keterampilan berpikir, berkomunikasi, meningkatkan keaktifan dan menanamkan nilai-nilai moral yang esensial bagi perkembangan karakter yang kuat dan bertanggung jawab.
Top of Form
Bottom of Form
Upaya guru dalam mengimplementasikan prinsip bahasa dan sastra dalam konteks pengembangan karkter adalah dengan menyajikan bahan ajar yang berhubungan dengan materi yang diajarkan misalnya pada drama pendidik dapat menyediakan vidio pembelajaran yang berisi materi drama, peserta didik dapat mengambil secara langsung nilai-nilai pendidikan karakter, pesan-pesan yang tersurat dan tersirat didalamnya,peserta didik dapat memilih dan memilah mana hal positif yang patut dicontoh dan mana hal negatif yang tidak patut untuk dicontoh sehingga dapat mendukung pengembangan karakter peserta didik