Tujuan pembelajaran dapat bervariasi tergantung pada konteksnya, tetapi secara umum, tujuan pembelajaran dapat dibagi menjadi beberapa kategori:
1. **Kognitif**: Mengembangkan pemahaman dan pengetahuan. Misalnya, siswa diharapkan dapat memahami konsep-konsep dasar dalam suatu mata pelajaran.
2. **Afektif**: Membangun sikap dan nilai. Ini mencakup pengembangan rasa tanggung jawab, empati, dan sikap positif terhadap pembelajaran.
3. **Psikomotor**: Mengembangkan keterampilan fisik dan motorik. Misalnya, siswa diharapkan dapat melakukan tugas praktis dengan baik.
4. **Sosial**: Meningkatkan kemampuan berinteraksi dan bekerja sama dengan orang lain. Ini termasuk keterampilan komunikasi dan kolaborasi.
5. **Praktis**: Memastikan siswa dapat menerapkan pengetahuan dalam situasi nyata. Tujuan ini sering kali berhubungan dengan keterampilan hidup dan persiapan karier.
Setiap tujuan pembelajaran sebaiknya jelas dan terukur, sehingga dapat dievaluasi efektivitasnya.