1.Teori pembelajaran kognitif dapat diterapkan dalam merancang pembelajaran yang efektif dengan cara:
a.Menekankan peran pendidik sebagai pembimbing untuk mengembangkan potensi kognitif peserta didik
b.Memastikan keterlibatan peserta didik secara aktif dalam kegiatan pembelajaran
c.Mengkaitkan pengetahuan baru dengan struktur kognitif yang telah dimiliki peserta didik
d.Memberikan area baru yang belum diketahui agar peserta didik dapat belajar
e.Menggunakan teknologi AR dan VR agar peserta didik dapat mengalami situasi nyata secara virtual
-Teori pembelajaran kognitif berfokus pada pemahaman proses kognitif yang mendasari kognisi manusia. Teori ini juga menekankan pentingnya konteks dalam memahami dan mengasimilasi informasi.
2.Perbedaan utama antara teori konstruktivis dan behavioristik dalam konteks pembelajaran adalah:
-Teori konstruktivis berpendapat bahwa belajar adalah proses di mana pelajar aktif membangun ide-ide baru atau konsep.
-Teori behavioristik menganggap belajar adalah perubahan perilaku yang tampak, dan selalu dapat terukur.