Diskusi Pembelajaran 2

Teori dan Konsep Pembelajaran

Teori dan Konsep Pembelajaran

oleh NURUL LUTFIYANA RIZKY -
Jumlah balasan: 0

1. Teori pembelajaran kognitif yang efektif adalah menurut Brunner yang menjabarkan ada beberapa tahap dalam proses belajar, 1.)Enaktif: aktivitas peserta belajar untuk memahami lingkungan melalui observasi langsung suatu kenyataan; 2.) Ikonik: peserta didik mengamati kenyataan tidak secara langsung, tetapi melalui sumber sekunder, misalnya melalui gambar atau tulisan; 3.) Simbolik: peserta didik mampu membuat ide atau gagasan abstrak yang sangat mempengaruhi dalam bahasa dan logika.

2. Teori Konstruktivistik lebih menekankan siswanya “mengknstruksi” atau membangun pemahamannya terhadap fenomena yang dialami dengan menggunakan pengalaman, struktur kognitif dan keyakinan yang dimiliki. Sehingga dalam proses belajar, siswa membangun sendiri pengetahuan mereka dengan keterlibatan aktif dalam kegiatan belajar mengajar. Sedangkan Teori Behavioristik menuntut siswa untuk mengungkapkan kembali pengetahuan yang telah dipelajari, dalam bentuk laporan/tes. Siswa sebagai individu yang pasif. Pembelajaran dan evaluasi tekanan pada hasil belajar.