- pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan pola fikir kritis siswa, dengan adanya metode tersebut siswa dituntut untuk memecahkan masalah dengan berkelompok. dalam penerapannya siswa lebih cenderung berdiskusi dengan kelompoknya untuk memecahkan suatu masalah, dari sanalah nilai nilai kritis dan pola fikir yang terstruktur dapat mengembangkan keterampilan berfikir kritis siswa.
- keuntungan dari pembelajar kolaboratif memiliki kelebihan apabila siswa dihadapkan dengan suatu masalah mereka akan lebih cenderung berdiskusi dengan kelompok kecilnya. dengan berpusat kepada siswa yang lebih cenderung lebih aktif dan seorang guru hanya mendapingi dan memberikan arahan yang lebih baik, pada pengalaman pribadi metode pembelajaran kolaboratif efisiensi berada ditingkatan SMA. metode tradisional menurut saya kurang efektif karena siswa hanya duduk diam dan menyimak apa yang disampaikan oleh guru atau pendidik, dalam pengalam pribadi juga siswa lebih cepat bosan dan kurang kondusif dalam pembelajaran.