Diskusi Pembelajaran 11

Peran Media Interaktif dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa dan Kriteria Evaluasi Efektivitas Pembelajaran.

Peran Media Interaktif dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa dan Kriteria Evaluasi Efektivitas Pembelajaran.

oleh DYAH OKTAVIA -
Jumlah balasan: 1

Nama:Dyah Oktavia

Nim:51232011

1. Media interaktif dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi dengan beberapa cara:

  • Visualisasi Konsep: Media interaktif sering kali menyediakan representasi visual yang membantu siswa memahami konsep yang kompleks dengan lebih mudah.
  • Pembelajaran Berbasis Praktik: Siswa dapat mencoba berbagai skenario dalam lingkungan yang aman, memperkuat pemahaman melalui pengalaman langsung.
  • Umpan Balik Langsung: Media interaktif memberikan umpan balik instan, membantu siswa mengetahui kesalahan mereka dan memperbaikinya secara real-time.
  • Kolaborasi: Media interaktif sering memfasilitasi kolaborasi antar siswa, yang dapat meningkatkan pemahaman melalui diskusi dan pertukaran ide.

Dengan demikian, media interaktif menciptakan lingkungan belajar yang dinamis dan mendukung, yang dapat meningkatkan pemahaman dan retensi materi oleh siswa.

2. Dalam mengevaluasi efektivitas media pembelajaran, beberapa kriteria yang perlu diperhatikan antara lain:

  • Relevansi: Media harus sesuai dengan tujuan pembelajaran dan materi yang diajarkan.
  • Keterlibatan: Media harus mampu menarik perhatian siswa dan mendorong partisipasi aktif.
  • Kemudahan Akses: Media harus mudah diakses dan digunakan oleh siswa, tanpa memerlukan keterampilan teknis yang tinggi.
  • Interaktivitas: Tingkat interaktivitas media dapat mempengaruhi pemahaman dan keterlibatan siswa.

Dengan mempertimbangkan kriteria ini, pendidik dapat lebih baik menilai dan memilih media pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan pengalaman belajar siswa.

 

Sebagai balasan DYAH OKTAVIA

Re: Peran Media Interaktif dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa dan Kriteria Evaluasi Efektivitas Pembelajaran.

oleh 220121609894 TASYA TITANICA OCTAVIA -
Menambahkan jawaban dari saudara Dyah pada point 1, yaitu Media interaktif sering kali menyediakan representasi visual yang membantu siswa memahami konsep yang kompleks dengan lebih mudah. Menurut saya benar, karena setiap siswa memiliki cara belajar yang berbeda. Media interaktif dapat mengakomodasi berbagai gaya belajar visual, auditori, atau kinestetik yang membantu semua siswa untuk memahami materi dengan lebih baik. Jadi ketika kita membuat media pembelajaran interktif kita juga harus memperhatikan aspek-aspeknya misalnya membuat video interaktif nah di dalam video tersbut kita harus memberi sinyalisasi dalam bentuk teks karena saat siswa meilihat video bukan sekedar melihat tetapi kita memberi point penting dari penjelasan tersebut berupa sinyalisasi.