Diskusi Pembelajaran 2

Teori dan Konsep Dasar Pembelajaran

Teori dan Konsep Dasar Pembelajaran

oleh 220121604562 AQMALIA DINAR FITRIANISA -
Jumlah balasan: 1

1. Teori pembelajaran kognitif untuk merancang pembelajaran yang efektif dilakukan dengan cara memproses, menyimpan dan memperoleh informasi yang dimana dirancang untuk lebih berpusat pada siswa yakni yang pertama : 1) memberikan pengetahuan awal mengenai materi yang akan diberikan dengan melalui diskusi atau memberikan pertanyaan awal. 2) pengorganisasian informasi dengan memberikan materi melalui peta konsep, atau outline. 3) memberikan pembelajaran berbasis masalah inkuiri dengan mengekplorasi dan memecahkan masalah secara mandiri, proses ini dapat membantu siswa memberikan pemahaman yang mendalam. 4) proses kognitif memerlukan pengulangan agar informasi yang didapatkan dapat tersimpan dalam memori jangka Panjang. 5) Dan yang terakhir melakukan refleksi agar siswa dapat mengevaluasi belajar nya sehingga nantinya mereka dapat membantu meningkatkan keefektivitas belajar nya.

2. Perbedaannya terletak pada pandangan mereka tentang proses belajar dipahami, seperti :

-  Teori Behaviorisitik

Berfokus pada perubahan perilaku yakni berupa stimulus-respons atau pemberian reward dan punishment. Dimana dalam teori ini siswa sebagai penerima pasif dan bentuk renspons mereka dengan dilakukan melalui latihan berulang, sedangkan guru sebagai pemberi instruksi atau penguat perilaku. Teori ini berfokus pada hasil yang dapat diukur.

-      Teori konstruktivis

Sedangkan pada teori ini belajar yang menekankan pada siswa sebagai proses aktif yang membangun pengetahuannya dan pemahaman melalui pengalaman dengan interakasi di lingkungannya dengan mengaitkan konsep baru dan pengetahuan sebelumnya. Disini guru bertindak dengan sebagai seorang fasilitator pembelajaran dan teori ini akan lebih berfokus pada pemahaman yang mendalam dan pengembangan keterampilan berpikir kritis. 

Sebagai balasan 220121604562 AQMALIA DINAR FITRIANISA

Re: Teori dan Konsep Dasar Pembelajaran

oleh 220121609810 RISTI NOVIANI -
Opini di atas memberikan gambaran yang jelas mengenai teori pembelajaran kognitif dan perbedaannya dengan teori behavioristik dan konstruktivis. Dalam konteks ini, sangat penting untuk menekankan bahwa penerapan teori pembelajaran kognitif dalam merancang pengalaman belajar dapat memberikan siswa kesempatan untuk aktif terlibat dalam proses belajar mereka. Metode seperti pengorganisasian informasi melalui peta konsep dan pembelajaran berbasis masalah inkuiri sangat relevan untuk membangun keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah. Satu aspek yang bisa ditambahkan dalam diskusi ini adalah pentingnya integrasi teknologi dalam mendukung pembelajaran kognitif. Misalnya, penggunaan aplikasi atau platform digital dapat memfasilitasi proses pengorganisasian informasi, serta menyediakan alat untuk refleksi dan evaluasi belajar yang lebih interaktif. Dengan mengadopsi pendekatan teknologi, siswa dapat memiliki akses ke sumber daya yang lebih luas dan melakukan kolaborasi dengan rekan-rekan mereka, yang semakin memperdalam pemahaman mereka. Selain itu, penting juga untuk mempertimbangkan kebutuhan dan gaya belajar individu siswa. Meskipun teori konstruktivis menekankan peran aktif siswa dalam membangun pengetahuan, tidak semua siswa belajar dengan cara yang sama. Oleh karena itu, penggabungan elemen dari berbagai teori pembelajaran dapat memberikan pendekatan yang lebih holistik dan inklusif, serta meningkatkan keefektivitasan pembelajaran secara keseluruhan. Dengan memadukan berbagai metode dan teknologi, pendidik dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih dinamis dan adaptif.