waalaikumsalam pak ,
izin menjawab,saya Dilla Asmaul Husna Nim 2325049
universitas pasir pengaraian 🙏🏻
Untuk mendesain database sebuah toko online, kita perlu mempertimbangkan beberapa entitas dan atribut penting yang mewakili objek-objek utama dalam sistem tersebut. Berikut adalah beberapa entitas yang umumnya diperlukan:
1. Entitas dan Atributnya:
Pelanggan (Customer)
Atribut: ID Pelanggan, Nama, Alamat Email, Kata Sandi, Alamat Pengiriman, Nomor Telepon, Tanggal Registrasi
Produk (Product)
Atribut: ID Produk, Nama Produk, Deskripsi, Harga, Stok, Kategori, Gambar Produk
Pesanan (Order)
Atribut: ID Pesanan, Tanggal Pesan, Status Pesanan, Total Harga, ID Pelanggan (relasi ke entitas Pelanggan), ID Pengiriman (relasi ke entitas Pengiriman)
Detail Pesanan (Order Detail)
Atribut: ID Detail Pesanan, ID Pesanan (relasi ke entitas Pesanan), ID Produk (relasi ke entitas Produk), Kuantitas, Harga Produk
Pembayaran (Payment)
Atribut: ID Pembayaran, Metode Pembayaran, Tanggal Pembayaran, Jumlah Pembayaran, ID Pesanan (relasi ke entitas Pesanan)
Pengiriman (Shipping)
Atribut: ID Pengiriman, Alamat Pengiriman, Status Pengiriman, Tanggal Pengiriman, ID Pesanan (relasi ke entitas Pesanan)
2. Hubungan Antar Entitas:
Pelanggan ↔ Pesanan
Hubungan satu ke banyak: Satu pelanggan dapat membuat banyak pesanan, tetapi satu pesanan hanya bisa dibuat oleh satu pelanggan.
Pesanan ↔ Detail Pesanan
Hubungan satu ke banyak: Satu pesanan dapat memiliki banyak detail pesanan, karena pesanan bisa berisi lebih dari satu produk.
Detail Pesanan ↔ Produk
Hubungan banyak ke satu: Banyak detail pesanan bisa merujuk pada satu produk yang sama.
Pesanan ↔ Pembayaran
Hubungan satu ke satu: Setiap pesanan biasanya memiliki satu pembayaran terkait.
Pesanan ↔ Pengiriman
Hubungan satu ke satu: Satu pesanan memiliki satu informasi pengiriman terkait.
Dengan relasi ini, database toko online akan terstruktur dengan baik dan dapat menangani informasi pelanggan, produk, pesanan, pembayaran, serta pengiriman secara efisien.