Komponen utama penyusun ATP ada 3:
1. Aksi/kompetisi
- Keterampilan: kemampuan yang diharapkan dapat dimiliki oleh siswa setelah mengikuti pembelajaran
- Pengetahuan: fakta, konsep, prinsip, atau teori yang harus dikuasai siswa.
- Sikap: nilai-nilai, sikap, atau katakter yang ingin dikembangkan pada diri siswa.
2. Konten
- Mata pelajaran: materi pembelajaran yang relevan dengan kompetensi yang ingin dicapai.
- Konteks: situasi atau konteks nyata yang dapat menghubungkan materi pembelajaran dengan kehidupan sehari hari siswa
3. Variasi
- Keterampilan berpikir: keterampilan berpikir kritis, kreatif dan tingkat tinggi lainnya seperti analisis, evaluasi, prediksi dan menciptakan.
- Metode pembelajaran: berbagai metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran, seperti diskusi, proyek, presentasi, dll
- Asesmen: bentuk penilaian yang digunakan untuk mengukur pencapaian siswa terhadap tujuan pembelajaran.