Menurut pendapat saya, untuk point yang pertama yaitu Pengalaman Ketika Kurikulum Berubah di Pertengahan Jenjang Sekolah, banyak siswa mungkin merasakan kebingungan dan stres ketika kurikulum berubah saat mereka masih dalam proses belajar di jenjang tertentu sehingga akan terjadi adanya adaptasi materi baru. Point yang kedua yaitu Pendapat tentang Bagus atau Tidaknya Pergantian Kurikulum, menurut saya ada 2 pendapat disini yaitu pendapat positif :
- Adaptasi Zaman: Kurikulum yang diperbarui dapat membantu siswa mendapatkan pendidikan yang lebih relevan dengan kebutuhan zaman dan teknologi terbaru.
- Inovasi Pengajaran: Pergantian kurikulum sering kali memacu para guru untuk mengembangkan metode pengajaran yang lebih kreatif dan menarik.
Pendapat Negatif:
- Ketidakstabilan: Terlalu seringnya perubahan membuat sistem pendidikan kurang stabil, dan dapat mengganggu proses belajar mengajar.
- Waktu Adaptasi: Guru dan siswa memerlukan waktu untuk beradaptasi, dan ini sering kali berdampak pada efektivitas pengajaran di awal penerapan kurikulum baru.
- Kesiapan Infrastruktur: Tidak jarang perubahan kurikulum tidak disertai dengan kesiapan fasilitas atau pelatihan yang memadai untuk guru.
Poit yang ketiga yaitu Hal yang Perlu Diperbaiki Jika Kurikulum Berubah Lagi
- Konsistensi dan Jangka Panjang: Kurikulum baru sebaiknya dirancang untuk bertahan dalam jangka waktu yang cukup panjang agar siswa dan guru bisa lebih beradaptasi.
- Pelatihan untuk Guru: Pelatihan intensif dan dukungan berkelanjutan untuk guru agar lebih siap dan mampu menerapkan kurikulum dengan baik.
- Penyelarasan dengan Dunia Nyata: Kurikulum baru sebaiknya berfokus pada keterampilan yang dibutuhkan di dunia nyata, seperti kemampuan berpikir kritis, problem solving, dan literasi digital.
- Masukan dari Praktisi: Melibatkan guru, siswa, dan pakar pendidikan dalam proses perumusan agar kurikulum lebih sesuai dengan kebutuhan lapangan.
- Evaluasi Bertahap: Perubahan sebaiknya diuji coba di beberapa sekolah percontohan sebelum diimplementasikan secara nasional.