Mari Diskusi

Chelisea Olivia_Nim.223020212070_Rombel B

Chelisea Olivia_Nim.223020212070_Rombel B

by CHELISEA OLIVIA -
Number of replies: 0

1. apa yang kalian rasakan, ketika menjadi siswa kemudian kurikulum berubah?

Jawaban : Yang saya rasakan ketika kurikulum berubah adalah bingung dan membuat saya beradaptasi pada pembelajaran di kurikulum yang baru,pergantian kurikulum yang saya rasakan yang saya masih ingat pada masa saya SMA terjadi pergantiaan kurikulum dari kurikulum k13 menjadi kurikulum merdeka, saat itu saya merasakan perbedaan yang begitu jauh dari proses pembelajaran sebelumnya,saat itu membutuhkan penyesuaian dan adaptasi pada penerapan kurikulum yang baru.kurukulum merdeka ini lebih  menerapkan pengintegrasian teknologi pada pembelaran,namun sekolah saya pada saat itu tidak dapat menerapkannya karena terbatasnya teknologi dan sumber internet.

2. menurut kalian bagus ga sih pergantian kurikulum?

Jawaban : Menurut saya pergantian kurikulum ini baiknya dan bagus karena menyesuaikan perkembangan zaman dan perkembangan teknologi dan inovasi terutama pada kurikulum merdeka saat ini, namun terdapat dampak positif dan negatif dari pergantian kurikulum ini. Dampak positifnya yaitu mengembangkan keterampilan peserta didik,menciptakan pembelajaran yang bersifat nyata dengan kehidupan sehari-hari,mengembangkan inovasi dan teknologi,dan menyesuaikan materi pembelajaran.Dampak negatifnya yaitu menimbulkan kebingungan bagi peserta didik dan guru,beberapa sekolah belum siap pada penerapan kurikulum yang baru,perubahan pola mengajar dan  standar penilaian,dan memerluakan waktu yang lama untuk beradaptasi dengan kurikulum yang baru.

3. kalau kurikulum berubah lagi, apa yang harus diperbaiki di kurikulum berikutnya?

Jawaban : Jika terjadi perubahan lagi pada kurikulum,maka yang harus diperbaiki pada kurikulum selanjutnya yaitu:

1) Melibatkan guru dalam penyusunan kurikulum karena guru lah yang mengetahui dan menjalankan kurikulum dilapangan. 2) Melakukan pelatihan dan pendampingan bagi guru. 3) Kurikulum tidak membebani guru dan peserta didik. 4) Keseimbangan antara teori dan praktik. 5) Melakukan evaluasi yang berkesinambungan atau terus menerus. 6) Selalu mengintegrasikan teknologi.