Mari Diskusi

Kristina Klara _223020212074

Kristina Klara _223020212074

by KRISTINA KLARA -
Number of replies: 0

Ketika kurikulum berubah, sebagai siswa, rasanya seperti memulai perjalanan baru di sekolah. Ada rasa penasaran dan sedikit gugup tentang apa yang akan dipelajari dan bagaimana cara belajarnya.

1. Perasaan Ketika Kurikulum Berubah:

 •Rasa Penasaran: Banyak siswa merasakan rasa penasaran tentang apa yang akan mereka pelajari dengan kurikulum baru. Mereka ingin tahu apakah materi pelajarannya lebih menarik, metode pembelajarannya lebih menyenangkan, atau apakah ada hal baru yang bisa mereka pelajari.

•Sedikit Gugup: Ada juga rasa gugup karena harus beradaptasi dengan cara belajar yang baru. Mereka mungkin bertanya-tanya apakah mereka bisa mengikuti pelajaran dengan baik, apakah mereka akan kesulitan memahami materi baru, atau apakah mereka akan kehilangan teman-teman karena perubahan kurikulum

•Harapan untuk Lebih Baik: Banyak siswa juga berharap bahwa perubahan kurikulum akan membawa dampak positif bagi mereka. Mereka berharap bahwa pembelajaran akan lebih menarik, lebih mudah dipahami, dan lebih bermanfaat untuk masa depan mereka

2. Keuntungan dan Kerugian Pergantian Kurikulum:

 

•Keuntungan: Perubahan kurikulum diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan mempersiapkan siswa untuk menghadapi tantangan masa depan. Kurikulum baru mungkin lebih relevan dengan kebutuhan zaman, lebih fokus pada pengembangan kompetensi siswa, dan lebih fleksibel dalam penerapannya

•Kerugian: Perubahan kurikulum bisa membuat siswa merasa terbebani karena harus belajar dengan cara baru dan menyesuaikan diri dengan materi pelajaran yang baru. Ada juga kemungkinan bahwa perubahan kurikulum tidak selalu berjalan mulus dan membutuhkan waktu untuk beradaptasi.

3. Perbaikan yang Dibutuhkan di Kurikulum Selanjutnya:

 

- Fleksibilitas dan Kebebasan: Kurikulum selanjutnya harus lebih fleksibel dan memberi siswa kebebasan untuk memilih bidang studi yang mereka minati.

•Relevansi dengan Kebutuhan Zaman: Kurikulum harus terus diperbarui agar relevan dengan perkembangan teknologi, informasi, dan kebutuhan dunia kerja.

•Pengembangan Karakter: Kurikulum harus lebih fokus pada pengembangan karakter siswa, seperti nilai-nilai moral, etika, dan kewarganegaraan.

•Peningkatan Keterampilan Abad 21: Kurikulum harus menitikberatkan pada pengembangan keterampilan abad 21, seperti berpikir kritis, komunikasi, kolaborasi, dan kreativitas. 

    Secara keseluruhan, perubahan kurikulum adalah proses yang penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Namun, penting untuk memastikan bahwa perubahan tersebut dilakukan dengan mempertimbangkan kebutuhan siswa dan guru, serta memastikan bahwa proses adaptasi berjalan dengan lancar.