Bagaimana cara Anda membangun dan mempertahankan hubungan baik dengan pelanggan?
Menurut saya, hal tersebut dapat dilakukan dengan memberi layanan terbaik ke pelanggan seperti merespon dengan cepat dan ramah, lalu memahami apa yang pelanggan inginkan dan komunikasi yang terbuka jika ada suatu kendala, setelah itu menerima kritik dan saran yang diberikan oleh pelanggan, hal itu dapat dilakukan dengan mengimplementasikan kritik yang saran yang telah diberikan oleh pelanggan.
Menurut saya, membangun hubungan baik dengan pelanggan bisa dilakukan dengan memahami kebutuhan mereka, memberikan layanan yang responsif, menawarkan nilai tambah, dan menjaga komunikasi yang baik. Selain itu, program loyalitas dan membangun komunitas juga bisa meningkatkan hubungan jangka panjang.
Dalam pandangan saya, yang harus dilakukan dengan memberikan layanan pelanggan yang ramah dan responsif, melakukan komunikasi yang konsisten dengan menggunakan medsos tentang cerita produk, tutorial, tips, produk baru, promosi, dll., memberikan layanan pasca penjualan tentang cara perawatan/pemakaian produk dan garansi maupun layanan perbaikan, memberikan reward atau penawaran ekslusif bagi pelanggan setia, menerima feedback dan menanggapinya. Semua itu sangat penting untuk menjaga hubungan dengan pelanggan agar ada rasa percaya dan penting bagi keberlanjutan usaha.
Menurut saya, Membangun dan mempertahankan hubungan baik dengan pelanggan adalah aspek penting dalam menjalankan bisnis yang sukses
menurut saya dengan memberikan perhatian khusus dengan memahami kebutuhan spesifik pelanggan
Menurut saya sendiri, Cara untuk membangun dam mempertahankan hubungan baik dengan pelanggan ialah dengan memberikan pelayanan terbaik yang kita bisa, tidak membedakan perlakuan kepada pelanggan hanya karena perbedaan jumlah pesanan juga suatu hal yang penting
In reply to Melinda Wining Anggun Wulandari
Re: Business Model Canvas
cara agar pelanggan tetap setia dengan kita yaitu dengan selalu berkomunikasi secara jujur dan terbuka, dengan melakukan itu kita akan membangun kepercayaan pelanggan kepada kita
Menurut saya cara yang tepat adalah melayani customer dengan ramah dan responsif serta memberikan solusi pada suatu permasalahan yang dialami pelanggan. Kemudian untuk pelanggan yang sudah berlangganan kita sbg pebisnis bisa memberikan reward poin / hadiah lainnya guna sebagai apresiasi kepada pelanggan setia
Melakukan pelayanan dengan sabar, ramah, teliti, atau bisa juga menyapa kembali pelanggan lewat sosial media yang dapat dihubungi untuk sekedar menanyakan kabar sekaligus menawarkan produk dan menawarkan promo, apabila terdapat kesalahan pada pelanggan atau staff/owner berusaha untuk tetap menyelesaikan masalah dengan baik agar mendapat pelayanan dan solusi yang baik juga.
Menurut saya Membangun dan mempertahankan hubungan baik dengan pelanggan adalah kunci untuk menciptakan loyalitas dan keberlanjutan bisnis. Kenali kebutuhan pelanggan, memberikan pelayanan pelanggan yang luar biasa.