Diskusi Pembelajaran 3

1. Apa saja langkah-langkah penting dalam melakukan analisis kebutuhan pembelajaran? 2. Bagaimana hasil analisis kebutuhan dapat membantu merancang strategi pembelajaran yang tepat?

1. Apa saja langkah-langkah penting dalam melakukan analisis kebutuhan pembelajaran? 2. Bagaimana hasil analisis kebutuhan dapat membantu merancang strategi pembelajaran yang tepat?

by 220121602915 HASNA SURYANINGTYAS -
Number of replies: 0

1. Pengumpulan Informasi (guru perlu memahami informasi tentang siswa terlebih dahulu); Identifikasi Kesenjangan (terdapat 5 komponen yang saling berkaitan); Analisis Performance (guru memahami berbagai informasi dan identifikasi kesenjangan yang ada); Indentifikasi Hambatan (identifikasi berbagai kendala yang muncul beserta sumber sumbernya); Indentifikasi Karakteristik Peserta didik (berkaitan dengan peserta didik di antaranya adalah tentang usia, jenis kelamin, level pendidikan, gaya belajar, pengalaman dan sikap.); Identifikasi Tujuan; Merumuskan Masalah (menuliskan pernyataan masalah sebagai pedoman dalam penyusunan proses desain intruksional)

2. Hasil analisis kebutuhan membantu merancang strategi pembelajaran yang tepat dengan mengidentifikasi kebutuhan, kekuatan, dan hambatan siswa, serta menetapkan tujuan pembelajaran yang jelas. Dengan informasi ini, guru dapat memilih metode pembelajaran yang sesuai, menyusun materi yang relevan, serta merancang evaluasi yang efektif. Metode analisis ini memastikan bahwa proses pembelajaran disesuaikan dengan karakteristik siswa, meningkatkan efektivitas dan keterlibatan mereka dalam belajar.

1.       Pengumpulan Informasi (guru perlu memahami informasi tentang siswa terlebih dahulu)

2.       Identifikasi Kesenjangan (terdapat 5 komponen yang saling berkaitan)

3.       Analisis Performance (guru memahami berbagai informasi dan identifikasi kesenjangan yang ada)

4.       Indentifikasi Hambatan (identifikasi berbagai kendala yang muncul beserta sumber sumbernya)

5.       Indentifikasi Karakteristik Peserta didik (berkaitan dengan peserta didik di antaranya adalah tentang usia, jenis kelamin, level pendidikan, gaya belajar, pengalaman dan sikap.)

6.       Identifikasi Tujuan

7.       Merumuskan Masalah (menuliskan pernyataan masalah sebagai pedoman dalam penyusunan proses desain intruksional)

 

1. Pengumpulan Informasi (guru perlu memahami informasi tentang siswa terlebih dahulu); Identifikasi Kesenjangan (terdapat 5 komponen yang saling berkaitan); Analisis Performance (guru memahami berbagai informasi dan identifikasi kesenjangan yang ada); Indentifikasi Hambatan (identifikasi berbagai kendala yang muncul beserta sumber sumbernya); Indentifikasi Karakteristik Peserta didik (berkaitan dengan peserta didik di antaranya adalah tentang usia, jenis kelamin, level pendidikan, gaya belajar, pengalaman dan sikap.); Identifikasi Tujuan; Merumuskan Masalah (menuliskan pernyataan masalah sebagai pedoman dalam penyusunan proses desain intruksional)

2. 

1.       Pengumpulan Informasi (guru perlu memahami informasi tentang siswa terlebih dahulu)

2.       Identifikasi Kesenjangan (terdapat 5 komponen yang saling berkaitan)

3.       Analisis Performance (guru memahami berbagai informasi dan identifikasi kesenjangan yang ada)

4.       Indentifikasi Hambatan (identifikasi berbagai kendala yang muncul beserta sumber sumbernya)

5.       Indentifikasi Karakteristik Peserta didik (berkaitan dengan peserta didik di antaranya adalah tentang usia, jenis kelamin, level pendidikan, gaya belajar, pengalaman dan sikap.)

6.       Identifikasi Tujuan

7.       Merumuskan Masalah (menuliskan pernyataan masalah sebagai pedoman dalam penyusunan proses desain intruksional)