Asesmen atau penilaian merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam keseluruhan aktifitas pembelajaran yang dilakukan dengan kolaborasi antara Pendidik dan Peserta Didik. Asesmen dirancang dan dilakukan sesuai dengan fungsinya dan keleluasaan untuk menentukan teknik dan waktu pelaksanaan asesmen agar efektif dalam mencapai tujuan pembelajaran. Selain itu, evaluasi pembelajaran juga digunakan untuk:
- Mengetahui kemajuan belajar peserta didik
- Mengetahui tingkat efisiensi metode pendidikan
- Mengetahui efektifitas sistem pembelajaran
- Meningkatkan kualitas pembelajaran dan pendidikan
- Menyediakan dasar bagi guru untuk memperbaiki metode pengajaran
- Memberikan informasi kepada guru mengenai karakteristik peserta didik
- Memfasilitasi guru dalam menyusun laporan hasil pembelajaran
- Mengukur keberhasilan guru dalam mengajar
KKTP dalam konteks Kurikulum Merdeka adalah kriteria atau indikator yang menunjukkan sejauh mana peserta didik sudah menunjukkan kompetensi pada tujuan pembelajaran. Kriteria ini dikembangkan saat pendidik merencanakan asesmen, yang dilakukan pendidik saat pendidik menyusun perencanan pembelajaran, baik dalam bentuk rencana pelaksanaan pembelajaran ataupun modul ajar.