- Teori pembelajaran kognitif menekankan pentingnya proses mental dalam memahami, mengorganisasi, dan menyimpan informasi. Dalam merancang pembelajaran yang efektif, pendekatan ini dapat diterapkan dengan cara menyediakan pengalaman belajar yang memungkinkan siswa aktif memproses informasi. Misalnya, pengajar dapat menggunakan peta konsep, diagram, atau mind mapping untuk membantu siswa mengorganisasi pengetahuan baru dan menghubungkannya dengan pengetahuan yang sudah dimiliki (prinsip asimilasi dan akomodasi dari Piaget). Selain itu, strategi seperti scaffolding dapat diterapkan untuk memberikan dukungan yang sesuai dengan tingkat kemampuan siswa, yang kemudian secara bertahap dikurangi saat siswa menjadi lebih mandiri. Penggunaan pertanyaan reflektif, simulasi, dan tugas berbasis masalah juga membantu siswa mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan metakognisi. Dengan demikian, pembelajaran berbasis teori kognitif berfokus pada pemberdayaan siswa untuk memahami dan menginternalisasi materi secara mendalam, bukan sekadar menghafal.
- Berbicara tentang proses pembelajaran, teori behavioris dan konstruktivis tidak sama. Pembelajaran didefinisikan dalam teori behavioristik sebagai perubahan perilaku yang disebabkan oleh respons terhadap stimulus dari luar, seperti hadiah atau hukuman. Fokus utamanya adalah hubungan stimulus-respons, dan guru adalah pengendali utama yang menciptakan lingkungan belajar dengan pengulangan dan penguatan untuk mempengaruhi perilaku siswa. Menurut teori konstruktivis, sebaliknya, pembelajaran dianggap sebagai proses aktif di mana siswa memperoleh pengetahuan melalui pengalaman, eksplorasi, dan interaksi sosial. Guru dalam pendekatan ini bertindak sebagai fasilitator dan membantu siswa menghubungkan pengetahuan baru dengan pengetahuan sebelumnya. Mereka juga mendorong mereka untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis mereka. Teori konstruktivis menekankan pemahaman mendalam dan proses belajar itu sendiri, sedangkan teori behavioristik berfokus pada hasil yang dapat diukur dan perilaku yang tampak.