Diskusi Pembelajaran 7

Diskusi Pembelajaran 7

Diskusi Pembelajaran 7

oleh 220121605338 ANISAUL FAUZIAH -
Jumlah balasan: 0
  1. Perbedaan utama antara model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) dan SAM (Successive Approximation Model) dalam desain pembelajaran terletak pada pendekatan dan fleksibilitas prosesnya. ADDIE adalah model yang berstruktur linear dan sistematis, di mana setiap tahap harus diselesaikan sebelum melanjutkan ke tahap berikutnya. Pendekatan ini cocok untuk proyek pembelajaran yang membutuhkan perencanaan mendetail dan hasil yang terstruktur. Di sisi lain, SAM lebih iteratif dan fleksibel, dengan penekanan pada pengulangan (iterasi) dan pengujian cepat. SAM memungkinkan pengembang untuk membuat prototipe lebih awal dan terus memperbaiki materi berdasarkan umpan balik langsung, sehingga lebih adaptif terhadap perubahan kebutuhan atau revisi mendadak. Sementara ADDIE lebih cocok untuk proyek yang berskala besar dengan waktu pengerjaan yang panjang, SAM ideal untuk proyek yang membutuhkan hasil cepat, kolaborasi intensif, dan pengembangan yang responsif. Dengan kata lain, ADDIE mengutamakan stabilitas dan perencanaan, sedangkan SAM mengutamakan kecepatan dan kelincahan. 
  2. Desain pembelajaran yang interaktif dapat secara signifikan meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses belajar dengan menciptakan pengalaman belajar yang lebih menarik, dinamis, dan relevan. Pembelajaran interaktif mendorong siswa untuk berpartisipasi aktif melalui aktivitas seperti diskusi kelompok, simulasi, kuis interaktif, permainan edukasi, atau penggunaan teknologi seperti augmented reality dan virtual reality. Aktivitas ini tidak hanya membuat siswa lebih fokus, tetapi juga memberikan kesempatan bagi mereka untuk mempraktikkan keterampilan, mengeksplorasi ide, dan menerima umpan balik langsung. Selain itu, interaktivitas dalam pembelajaran membantu siswa merasa lebih terhubung dengan materi karena mereka dapat melihat penerapan konsep secara nyata. Dengan demikian, pembelajaran interaktif menciptakan lingkungan yang mendukung keterlibatan emosional, kognitif, dan sosial, yang pada akhirnya meningkatkan motivasi, pemahaman, dan hasil belajar siswa secara keseluruhan.