1
Pembelajaran berbasis proyek (PjBL) dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dengan menghadapkan mereka pada masalah nyata yang memerlukan analisis, evaluasi, dan pengambilan keputusan. PjBL mendorong siswa untuk menghubungkan pengetahuan dengan aplikasi praktis, sehingga tidak hanya menerima informasi, tetapi juga mampu berpikir kritis dan kreatif dalam memecahkan masalah dunia nyata.
2 Pembelajaran kolaboratif memiliki banyak keuntungan dibandingkan metode tradisional yang cenderung mengandalkan ceramah satu arah. Dalam pembelajaran ini, siswa dilatih untuk bekerja sama dalam tim, yang membantu mereka mengembangkan keterampilan komunikasi, dan kerja tim. Pendekatan ini juga mendorong kemandirian belajar dengan membuat siswa bertanggung jawab atas kontribusi mereka. Melalui proses kolaborasi, siswa dilatih untuk berpikir kritis, menganalisis sudut pandang yang berbeda, dan mencari solusi bersama, yang meningkatkan keterampilan pemecahan masalah.