Model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) dan SAM (Successive Approximation Model) memiliki perbedaan utama dalam pendekatan dan alur kerjanya. ADDIE adalah model yang sistematis dan linear, di mana setiap tahap dilakukan secara berurutan dengan fokus pada analisis mendalam sebelum desain dan pengembangan dilakukan. Sebaliknya, SAM bersifat iteratif dan fleksibel, memungkinkan proses desain dan pengembangan dilakukan secara berulang dengan prototipe yang cepat sehingga lebih responsif terhadap umpan balik. Pendekatan SAM sering dianggap lebih cocok untuk proyek yang membutuhkan adaptasi cepat dan melibatkan banyak revisi.
Sementara itu, desain pembelajaran yang interaktif sangat berpengaruh dalam meningkatkan keterlibatan siswa. Interaktivitas, seperti penggunaan kuis daring, simulasi, dan diskusi berbasis proyek, mendorong siswa untuk lebih aktif dalam proses belajar. Hal ini tidak hanya meningkatkan pemahaman terhadap materi tetapi juga membangun keterampilan berpikir kritis dan kolaborasi. Dengan desain yang interaktif, siswa merasa lebih termotivasi karena mereka terlibat langsung dalam pengalaman belajar, menjadikannya lebih menarik dan bermakna.