Diskusi Pembelajaran 10

Diskusi Pembelajaran 10

Diskusi Pembelajaran 10

oleh 220121604393 NAZZAR AROBBI -
Jumlah balasan: 1

Penilaian berbasis kompetensi memiliki keunggulan dibandingkan dengan penilaian konvensional karena lebih menekankan pada penguasaan keterampilan dan pemahaman materi siswa, bukan hanya pada nilai ujian. Hal ini memungkinkan evaluasi yang lebih menyeluruh dan objektif terhadap kemampuan siswa, serta memberikan gambaran yang lebih jelas mengenai kemajuan dan kekurangan siswa dalam menguasai kompetensi tertentu. Sebaliknya, penilaian konvensional seringkali hanya mengukur aspek kognitif dan tidak mencakup keterampilan praktis yang penting.

Feedback yang baik sangat berpengaruh terhadap pengembangan berkelanjutan bagi siswa dan guru. Bagi siswa, feedback yang konstruktif membantu mereka memahami area yang perlu diperbaiki, sehingga dapat meningkatkan keterampilan dan motivasi belajar. Sementara itu, bagi guru, feedback memberikan wawasan untuk mengevaluasi dan memperbaiki metode pengajaran mereka, menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih efektif dan mendukung perkembangan siswa secara maksimal.

Sebagai balasan 220121604393 NAZZAR AROBBI

Re: Diskusi Pembelajaran 10

oleh 220121606264 SILVI QOTRUN NADA -
Saya setuju dengan pendapat tersebut. Penilaian berbasis kompetensi memang memiliki keunggulan yang jelas dibandingkan penilaian konvensional, karena lebih menekankan pada kemampuan nyata siswa dalam menguasai keterampilan dan memahami materi secara mendalam. Penilaian ini memberikan gambaran yang lebih holistik mengenai kemajuan siswa, tidak hanya terbatas pada nilai ujian yang sering kali hanya mengukur aspek kognitif. Dengan pendekatan ini, evaluasi terhadap siswa menjadi lebih objektif dan mencakup berbagai dimensi kemampuan yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, feedback yang baik sangat berperan penting dalam pengembangan berkelanjutan bagi siswa dan guru. Bagi siswa, feedback yang konstruktif memberikan pemahaman yang jelas mengenai kekuatan dan area yang perlu ditingkatkan, sehingga mereka dapat terus berkembang. Di sisi lain, bagi guru, feedback memungkinkan mereka untuk mengevaluasi efektivitas metode pengajaran yang diterapkan, sehingga dapat memperbaiki strategi dan menciptakan pengalaman belajar yang lebih baik dan relevan bagi siswa. Dengan demikian, feedback tidak hanya bermanfaat bagi siswa, tetapi juga bagi pengembangan profesional guru.