Diskusi Pembelajaran 7

Diskusi Pembelajaran 7

Diskusi Pembelajaran 7

oleh PUTRI AULIA RAHMANI -
Jumlah balasan: 0
  • Perbedaan Utama antara Model ADDIE dan SAM dalam Desain Pembelajaran:

    • ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate):
      Model ini bersifat linier dan sistematis, di mana setiap tahap dilakukan secara berurutan. ADDIE sering digunakan dalam proyek besar yang membutuhkan proses yang terstruktur dan mendetail.

      • Kelebihan: Memberikan kerangka kerja yang jelas dan sistematik.
      • Kekurangan: Memakan waktu lebih lama karena harus menyelesaikan satu tahap sebelum melanjutkan ke tahap berikutnya.
    • SAM (Successive Approximation Model):
      SAM lebih iteratif dan fleksibel. Prosesnya melibatkan siklus perbaikan berulang (iterasi) dengan fokus pada pengembangan cepat dan evaluasi terus-menerus.

      • Kelebihan: Cocok untuk proyek yang membutuhkan kecepatan dan penyesuaian langsung.
      • Kekurangan: Mungkin kurang detail dibandingkan ADDIE.

    Kesimpulan: ADDIE lebih cocok untuk proyek yang membutuhkan struktur yang solid, sedangkan SAM lebih sesuai untuk kebutuhan desain yang cepat dan adaptif.

  • Pengaruh Desain Pembelajaran Interaktif terhadap Keterlibatan Siswa:
    Desain pembelajaran interaktif meningkatkan keterlibatan siswa dengan membuat proses belajar lebih menarik dan partisipatif. Pembelajaran interaktif memungkinkan siswa untuk:

    • Berperan aktif: Siswa tidak hanya mendengarkan, tetapi juga terlibat dalam aktivitas seperti diskusi, simulasi, atau permainan edukatif.
    • Meningkatkan pemahaman: Melalui elemen visual, audio, atau kegiatan langsung, siswa lebih mudah memahami konsep yang abstrak.
    • Memperkuat motivasi belajar: Desain interaktif yang menarik menciptakan pengalaman belajar yang menyenangkan sehingga siswa lebih antusias dalam belajar.

    Contoh: Pembelajaran interaktif dengan kuis berbasis game (seperti Kahoot!) atau simulasi digital dapat membantu siswa memahami materi lebih mendalam dibandingkan metode ceramah tradisional.