Forum Diskusi Pert-13

Bagaimana menurut anda, pembelajaran yang memadukan dua mata pelajaran atau lebih dapat menciptakan pengalaman belajar, di antaranya?

Bagaimana menurut anda, pembelajaran yang memadukan dua mata pelajaran atau lebih dapat menciptakan pengalaman belajar, di antaranya?

by DEWI SUCI PRIHATIN -
Number of replies: 1

dalam hal kontekstual dan Relevan , menggabungkan mata pelajaran membantu siswa memahami bagaimana konsep-konsep dari berbagai displin ilmu saling terkait dan relevan dalam kehidupan sehari hari. misalnya, menggabungkan matematika dan sains dalam mempelajari perubahan iklim membantu siswa memahami penerapan nyata dari perhitungan matematika.

dalam Melatih keterampilan berfikir kritis dan kreatif , pendekatan ini mendorong siswa untuk berfikir displin, sehingga melatih mereka untuk menyelesaikan masalah kompleks dengan cara yang inovatif.

In reply to DEWI SUCI PRIHATIN

Re: Bagaimana menurut anda, pembelajaran yang memadukan dua mata pelajaran atau lebih dapat menciptakan pengalaman belajar, di antaranya?

by VIORA HERLANDA -
Izin menjawab buk, Pembelajaran yang memadukan dua mata pelajaran atau lebih (interdisipliner) dapat menciptakan pengalaman belajar yang lebih bermakna bagi siswa karena:

1. Meningkatkan Pemahaman Kontekstual
Siswa dapat melihat hubungan antara konsep dari berbagai mata pelajaran dan memahami relevansinya dalam kehidupan nyata. Misalnya, menghubungkan matematika dengan geografi untuk mempelajari statistik populasi.
2. Mendorong Pemikiran Kritis
Siswa diajak untuk menganalisis suatu masalah dari berbagai perspektif, yang meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif.
3. Memperkuat Kolaborasi
Pendekatan ini sering melibatkan kerja kelompok yang memupuk keterampilan komunikasi, negosiasi, dan kerja sama tim.
4.Mengembangkan Keterampilan Problem-Solving
Siswa belajar mencari solusi untuk masalah kompleks yang melibatkan berbagai disiplin ilmu, seperti merancang proyek lingkungan yang melibatkan sains, teknologi, dan seni.
5. Mengurangi Fragmentasi Pengetahuan
Dengan integrasi mata pelajaran, siswa tidak hanya belajar "potongan-potongan" informasi, tetapi mendapatkan gambaran besar yang lebih utuh.

Namun, keberhasilan pendekatan ini membutuhkan:
-Perencanaan kurikulum yang baik.
-Kolaborasi antar guru.
-Sumber daya yang mendukung.
Jika dirancang dan dilaksanakan dengan benar, pendekatan ini dapat memperkaya proses belajar dan membuat siswa lebih siap menghadapi tantangan dunia nyata.