Forum Diskusi 3:

Forum Diskusi 3:

Number of replies: 69

Simak studi kasus berikut ini

Setelah Anda mengkaji materi terkait teori kognitif dalam multimedia pembelajaran. Anda mungkin merasa pembelajaran lebih menyenangkan dan memudahkan dalam memahami materi yang disajikan menggunakan multimedia. Menurut Anda bagaimana interaktivitas dalam multimedia dapat meningkatkan keterlibatan mahasiswa menurut perspektif teori kognitif?

Kemukakan pendapat Anda secara logis, ringkas, padat, tepat dan sesuai tema.

 

56 words

In reply to First post

Re: Forum Diskusi 3:

by SERLY ANJELINA -
Menurut saya interaktivitas dalam multimedia dapat meningkatkan keterlibatan mahasiswa, yaitu pendidik atau guru dapat menciptakan materi yang lebih efisien dan efektif untuk memudahkan pembelajar memahami informasi, akan lebih efektif lagi jika memanfaatkan kekuatan verbal untuk mendukung pemahaman dan retensi pelajar.

40 words

In reply to SERLY ANJELINA

Re: Forum Diskusi 3:

by Novilsa Chianda Mahesa Ayu Indra -
Interaktivitas dalam multimedia meningkatkan keterlibatan mahasiswa melalui beberapa mekanisme kognitif. Pertama, interaktivitas memungkinkan mahasiswa untuk secara aktif memilih dan mengatur informasi yang mereka anggap relevan, sehingga meningkatkan fokus dan motivasi. Kedua, dengan adanya elemen interaktif seperti kuis atau simulasi, mahasiswa dapat mengaitkan konsep baru dengan pengetahuan yang sudah ada, yang memperkuat pemahaman melalui integrasi informasi.

Ketiga, multimedia yang menarik secara visual dan auditori dapat mengurangi beban kognitif ekstrinsik, memungkinkan mahasiswa untuk lebih mudah memproses informasi yang esensial. Ini menciptakan pengalaman belajar yang lebih menarik dan efektif, mendorong mahasiswa untuk terlibat lebih dalam dan berkontribusi pada pembelajaran. Dengan cara ini, interaktivitas dalam multimedia tidak hanya membuat pembelajaran lebih menyenangkan, tetapi juga lebih bermakna dan mendalam.

114 words

In reply to SERLY ANJELINA

Re: Forum Diskusi 3:

by HARDIANTI HARDIANTI -
Interaktivitas dalam multimedia pembelajaran dapat meningkatkan keterlibatan mahasiswa dengan mendorong pemrosesan kognitif yang lebih dalam, di mana mahasiswa aktif terlibat dalam belajar melalui kuis, simulasi, dan diskusi. Hal ini memungkinkan mereka untuk menghubungkan konsep-konsep baru dengan pengetahuan yang sudah ada, memperkuat pemahaman melalui umpan balik langsung yang membantu mengoreksi kesalahan secara real-time. Selain itu, pengalaman belajar yang interaktif dan menyenangkan meningkatkan motivasi dan minat mahasiswa, sementara pembelajaran kolaboratif yang sering terjadi dalam konteks multimedia memperkaya pertukaran ide dan memperdalam pemahaman. Dengan demikian, interaktivitas tidak hanya membuat pembelajaran lebih menarik tetapi juga lebih efektif sesuai dengan prinsip-prinsip teori kognitif.

98 words

In reply to First post

Re: Forum Diskusi 3:

by Santika Anastasya -
menurut saya interaktivitas dalam multimedia meningkatkan keterlibatan siswa dengan memungkinkan mereka untuk berpartisipasi dalam pembelajaran aktif, membantu mereka mengelola beban kognitif mereka, dan memungkinkan mereka untuk menggunakan berbagai modalitas (audio, visual, dan kinestetik). Interaksi membantu siswa mengendalikan aliran data, mendapatkan umpan balik langsung, dan menyesuaikan pengalaman belajar mereka. Ini meningkatkan retensi informasi, fokus, dan motivasi, sehingga pembelajaran menjadi lebih efektif dan bermakna.

62 words

In reply to First post

Re: Forum Diskusi 3:

by ANDI AFIFA NABILAH -
Interaktivitas dalam multimedia pembelajaran bisa meningkatkan keterlibatan mahasiswa karena membantu mereka memproses informasi lebih efektif. Dengan interaksi langsung, mahasiswa bisa mengontrol kecepatan belajar, mengurangi beban pikiran, dan menggabungkan berbagai cara belajar seperti visual dan auditori. Ini membuat pembelajaran lebih menarik, fokus, dan mendalam karena mereka lebih aktif dan terlibat, yang pada akhirnya memudahkan mereka memahami materi lebih baik.

58 words

In reply to First post

Re: Forum Diskusi 3:

by Nurul Syakinah Rahmia -
menurut saya Interaktivitas mendorong mahasiswa untuk aktif terlibat dalam materi, seperti menjawab pertanyaan atau melakukan simulasi. Ini memfasilitasi pemrosesan informasi yang lebih dalam, membantu mereka memahami dan mengingat konsep dengan lebih baiK, Umpan Balik Instan kemudian dengan adanya elemen interaktif, dan mahasiswa menerima umpan balik langsung atas tindakan mereka. Umpan balik ini membantu mereka mengenali kesalahan dan memperbaiki pemahaman, yang merupakan bagian penting dalam proses belajar. Multimedia interaktif sering menggunakan elemen visual dan audio yang membantu mahasiswa mengorganisir informasi. Penyajian informasi yang beragam ini sesuai dengan prinsip teori kognitif yang menekankan pentingnya pengorganisasian informasi dalam pembentukan skema mental yang kuat. Motivasi dan Keterlibatan Emosional. Dengan mengintegrasikan elemen-elemen ini, interaktivitas dalam multimedia menciptakan lingkungan belajar yang lebih efektif dan mendukung perkembangan kognitif mahasiswa.

122 words

In reply to First post

Re: Forum Diskusi 3:

by Fingki Fausia -
Interaktivitas dalam multimedia dapat meningkatkan keterlibatan mahasiswa dari perspektif teori kognitif karena interaktivitas membantu mengoptimalkan proses belajar melalui beberapa mekanisme penting yang berhubungan dengan bagaimana pikiran memproses informasi

28 words

In reply to First post

Re: Forum Diskusi 3:

by Dita Arsita -
Menurut saya, interaktivitas dalam multimedia dapat secara signifikan meningkatkan keterlibatan mahasiswa dari perspektif teori kognitif. Dengan mengurangi beban kognitif, mendukung pembelajaran melalui berbagai modalitas, mendorong pembelajaran aktif, serta meningkatkan motivasi, interaktivitas memungkinkan mahasiswa untuk lebih memahami dan berpartisipasi dalam proses pembelajaran. Hal ini menciptakan pengalaman belajar yang lebih efektif, personal, dan mendalam.

52 words

In reply to First post

Re: Forum Diskusi 3:

by DEWI SARTIKA -
Menurut saya interaktivitas dalam multimedia dapat meningkatkan keterlibatan mahasiswa dengan mendorong keterlibatan aktif dalam pembelajaran, sehingga mereka lebih terlibat secara emosional dan kognitif. Penyajian informasi yang dinamis dan menarik memudahkan pemahaman materi. Selain itu, interaktivitas memungkinkan mahasiswa untuk memilih dan mengorganisasi informasi relevan dengan lebih baik, serta memberikan umpan balik langsung yang membantu memperbaiki pemahaman. Hal ini juga meningkatkan motivasi untuk belajar lebih lanjut, sehingga interaktivitas berkontribusi pada pengalaman belajar yang lebih efektif.

73 words

In reply to First post

Re: Forum Diskusi 3:

by RASTI RAMLI -
Menurut saya, Interaktivitas dalam multimedia pembelajaran dapat meningkatkan keterlibatan mahasiswa melalui beberapa aspek kognitif. Interaktivitas memungkinkan mahasiswa untuk berpartisipasi secara langsung dalam proses belajar. Di mana mahasiswa dapat menyesuaikan kecepatan dan cara belajar sesuai kebutuhan mereka. Sehingga meningkatkan motivasi dan perhatian, adanya Umpan balik sehingga mahasiswa dapat memahami kesalahan dan memperbaiki strategi belajar mereka. Interaktivitas dalam multimedia tidak hanya membuat pembelajaran lebih menyenangkan, tetapi juga lebih efektif dengan mendorong keterlibatan aktif mahasiswa.

72 words

In reply to First post

Re: Forum Diskusi 3:

by NUR AISYAH -
Menurut saya,interaktivitas dalam multimedia dapat meningkatkan keterlibatan mahasiswa dengan memfasilitasi pengalaman belajar yang lebih aktif dan partisipatif. Menurut teori kognitif, interaksi yang terjadi melalui media pembelajaran interaktif membantu mahasiswa membangun pengetahuan baru dengan menghubungkan informasi baru dengan pengalaman sebelumnya. Penggunaan elemen visual, audio, dan kinestetik dalam multimedia juga memperkaya pengalaman belajar, sehingga meningkatkan motivasi dan pemahaman konsep. Hal ini mendorong mahasiswa untuk terlibat lebih dalam proses pembelajaran, yang pada gilirannya meningkatkan hasil akademik mereka.

74 words

In reply to First post

Re: Forum Diskusi 3:

by SRI SUKMA -
Menurut saya interaktivitas dalam multimedia dapat meningkatkan keterlibatan mahasiswa yaitu dengan memanfaatkan asumsi pemrosesan aktif. Teori ini menyatakan bahwa otak manusia dapat belajar lebih efektif ketika terlibat langsung dalam pembelajaran, karena proses tersebut melibatkan partisipasi mental dan emosional yang intensif, sehingga pengalaman belajar menjadi lebih menarik dan bermakna. Hal ini tercermin dalam cara mahasiswa berinteraksi dengan materi. Dengan cara menyajikan informasi secara interaktif, mahasiswa berperan sebagai peserta aktif yang dapat memilih metode belajar, seperti video, kuis, atau simulasi. Dengan pendekatan ini, interaktivitas dalam multimedia tidak hanya membuat proses belajar lebih menarik, tetapi juga mendorong mahasiswa untuk aktif berpartisipasi.

98 words

In reply to First post

Re: Forum Diskusi 3:

by Nurlaila Nurlaila -
Menurut saya Interaktivitas dalam multimedia meningkatkan keterlibatan siswa menurut teori kognitif karena:
Siswa tidak hanya menerima informasi, tetapi juga terlibat langsung dalam proses pembelajaran. Hal ini merangsang otak untuk memproses informasi secara lebih mendalam, memudahkan pelajar mengintegrasikan informasi visual dan verbal dengan cepat dan efisien serta membantu siswa menghubungkan informasi dari berbagai saluran secara lebih efektif.

56 words

In reply to First post

Re: Forum Diskusi 3:

by Hadania Hadania -
Menurut saya, interaktivitas dalam multimedia memungkinkan mahasiswa untuk terlibat secara aktif dalam pembelajaran , misalanya melalui diskusi online, atau interaksi dengan konten interaktif. Dengan keterlibatan mahasiswa secara aktif dapat membantu memperkuat pemahaman dan retensi informasi yang didapatkan.

37 words

In reply to First post

Re: Forum Diskusi 3:

by Rika Lufiasari -
menurut saya interaktivitas dalam multimedia menciptakan lingkungan belajar yang dinamis dan menarik, yang tidak hanya memperkuat pemahaman kognitif, tetapi juga meningkatkan motivasi dan keterlibatan mahasiswa secara keseluruhan. Dengan demikian, pendekatan ini sejalan dengan prinsip-prinsip teori kognitif yang menekankan pentingnya keterlibatan aktif dan pengolahan informasi yang mendalam dalam proses pembelajaran.

49 words

In reply to First post

Re: Forum Diskusi 3:

by Arianti Arianti -
Menurut teori kognitif dalam multimedia pembelajaran, interaktivitas meningkatkan keterlibatan mahasiswa dengan memperkuat proses kognitif utama: pemilihan, pengorganisasian, dan integrasi informasi. Ketika mahasiswa berinteraksi secara aktif dengan materi, mereka lebih terdorong untuk memilih informasi yang relevan, mengorganisasikannya secara mental, dan menghubungkannya dengan pengetahuan yang sudah ada. Interaktivitas juga mendorong pengolahan mendalam melalui praktik hands-on, umpan balik langsung, dan penyesuaian sesuai kebutuhan individu, yang semuanya dapat meningkatkan pemahaman dan retensi materi.

69 words

In reply to First post

Re: Forum Diskusi 3:

by NOVITA FITRIA RAMADHANI -
Menurut saya,Interaktivitas dalam multimedia pembelajaran dapat meningkatkan keterlibatan mahasiswa menurut perspektif teori kognitif dengan cara memfasilitasi pengolahan aktif informasi. Menurut teori beban kognitif, manusia memiliki kapasitas terbatas dalam memproses informasi, namun multimedia interaktif, seperti video, animasi, dan simulasi, membantu mengurangi beban kognitif dengan membagi informasi ke dalam modalitas visual dan verbal. Hal ini memungkinkan mahasiswa untuk memproses informasi secara lebih efisien.

61 words

In reply to First post

Re: Forum Diskusi 3:

by DELA PUPITA SARI -
Menurut saya, Interaktivitas dalam multimedia pembelajaran sangat berperan dalam meningkatkan keterlibatan mahasiswa dari perspektif teori kognitif. Teori ini menekankan pentingnya pemrosesan informasi yang aktif dan konstruktif. Dengan interaktivitas, mahasiswa tidak hanya menjadi penerima informasi pasif, tetapi dapat terlibat langsung dalam proses belajar melalui berbagai aktivitas seperti kuis, simulasi, dan diskusi.

Interaktivitas mendorong mahasiswa untuk berpikir kritis dan menganalisis informasi secara mendalam, yang dapat memperkuat pemahaman dan retensi materi. Selain itu, umpan balik langsung yang diperoleh dari aktivitas interaktif membantu mahasiswa untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan mereka, sehingga mereka dapat mengatur strategi belajar yang lebih efektif.

Secara keseluruhan, interaktivitas dalam multimedia meningkatkan motivasi dan keterlibatan mahasiswa, yang selanjutnya mendukung pencapaian hasil belajar yang lebih baik.

114 words

In reply to First post

Re: Forum Diskusi 3:

by JESNI APRILIA -
Menurut saya, , teori kognitif multimedia (Cognitive Theory of Multimedia Learning) menyatakan bahwa manusia belajar lebih efektif ketika mereka secara aktif memilih, mengatur, dan mengintegrasikan informasi yang disajikan dalam berbagai format. Interaktivitas memungkinkan mahasiswa untuk mengontrol alur pembelajaran, memperdalam pemahaman melalui umpan balik langsung, dan memecahkan masalah secara mandiri. Hal ini mendorong keterlibatan lebih besar, meningkatkan retensi informasi, dan memfasilitasi transfer pengetahuan ke konteks lain.

65 words

In reply to First post

Re: Forum Diskusi 3:

by YUSRIANI YUSRIANI -
Interaktivitas dalam multimedia dapat meningkatkan keterlibatan mahasiswa dengan cara memperkuat proses kognitif yang mendasari pembelajaran. Menurut teori kognitif, pemrosesan informasi yang aktif—seperti berinteraksi dengan konten—memungkinkan mahasiswa untuk membangun koneksi antara pengetahuan baru dan yang sudah ada.

Dengan memberikan umpan balik langsung, multimedia interaktif memungkinkan mahasiswa untuk menguji pemahaman mereka, mengatasi kesalahan, dan memperkuat ingatan. Selain itu, elemen visual dan auditori yang beragam dapat mengurangi beban kognitif, sehingga mahasiswa lebih fokus dan terlibat dalam materi.

Secara keseluruhan, interaktivitas dalam multimedia menciptakan pengalaman belajar yang lebih menarik dan bermakna, yang pada gilirannya meningkatkan motivasi dan hasil pembelajaran.

97 words

In reply to First post

Re: Forum Diskusi 3:

by SULISWATI SULISWATI -
Menurut saya,Interaktivitas dalam multimedia pembelajaran dapat secara signifikan meningkatkan keterlibatan mahasiswa menurut perspektif teori kognitif. Teori kognitif menekankan pentingnya pengolahan informasi aktif untuk memfasilitasi pemahaman dan retensi. Interaktivitas mendorong mahasiswa untuk terlibat secara langsung dengan materi. Misalnya, fitur seperti kuis, simulasi, dan diskusi online memungkinkan mahasiswa untuk menerapkan pengetahuan secara langsung, yang meningkatkan pemahaman konsep.

55 words

In reply to First post

Re: Forum Diskusi 3:

by NIA RAMADANI -
Menurut teori kognitif, interaktivitas dalam multimedia dapat meningkatkan keterlibatan mahasiswa karena:

Teori kognitif pembelajaran multimedia mengasumsikan bahwa pikiran manusia adalah sistem pemrosesan aktif yang berkapasitas terbatas dan bersaluran ganda.

Dengan interaktivitas, penyaji dapat mengelola ketiga jenis beban kognitif tersebut.

Teori kognitif mengakui peran aktif peserta didik dalam memproses informasi dan membangun pengetahuan.

Dengan interaktivitas, mahasiswa dapat lebih terlibat dalam proses pembelajaran.

Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menerapkan teori kognitif dalam pembelajaran, antara lain:

Menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh peserta didik

Memberi ruang bagi peserta didik untuk saling berbicara dan berdiskusi

Memberikan area yang belum diketahui agar peserta didik dapat belajar

Menyusun materi pembelajaran dengan pola atau logika sederhana dan kompleks

Memberikan informasi tujuan pembelajaran di awal proses pembelajaran

Mengajak peserta didik untuk sharing mengenai tujuan, isi materi, dan proses pembelajaran

Mereview kemajuan yang tercapai selama proses pembelajaran

139 words

In reply to First post

Re: Forum Diskusi 3:

by Musdalifah Musdalifah -
menurut saya interaktivitas dalam multimedia dapat meningkatkan pemikiran yang luas karena melibatkan mahasiswa dalam menciptakan pembelajaran yang aktif dan membantu mengelola kognitif mereka. multimedia interaktif juga mengandalkan elemen visual dan audio yang membantu mahasiswa mengorganisir informasi yang lebih luas dan menciptakan lingkungan yang lebih efektif.

45 words

In reply to First post

Re: Forum Diskusi 3:

by Arsih Wahyuni -
Menurut saya, Interaktivitas dalam multimedia itu dapat meningkatkan keterlibatan mahasiswa dengan cara membuat mereka lebih aktif dalam proses belajar. Berdasarkan perspektif teori kognitif, interaktivitas memungkinkan mahasiswa untuk berinteraksi langsung dengan materi, seperti melalui simulasi, kuis, atau video interaktif. Hal ini membantu mereka memproses informasi secara aktif dan meningkatkan pemahaman. Selain itu, elemen interaktif dalam multimedia dapat membagi informasi menjadi unit-unit yang lebih kecil, sehingga mengurangi beban kognitif dan memudahkan mereka untuk menyerap dan mengingat materi dengan lebih efektif.

78 words

In reply to First post

Re: Forum Diskusi 3:

by RINDA APRILYANTI -
Menurut saya Teori Kognitif Multimedia Pembelajaran, interaktivitas dalam multimedia dapat meningkatkan keterlibatan mahasiswa dengan mendorong pemrosesan aktif. Ketika mahasiswa berinteraksi dengan materi (misalnya, melalui kuis), mereka lebih aktif dalam mengorganisasi dan mengintegrasikan informasi, serta lebih mudah menghubungkannya dengan pengetahuan sebelumnya. Ini memicu belajar mendalam, memaksimalkan pemanfaatan saluran visual dan verbal tanpa membebani kapasitas kognitif mereka.

55 words

In reply to First post

Re: Forum Diskusi 3:

by Putri Rati Ningsih -
Menurut saya Interaktivitas dalam multimedia membantu meningkatkan keterlibatan mahasiswa dengan menjaga fokus, memfasilitasi pemahaman yang lebih mendalam, mengurangi beban kognitif, memanfaatkan berbagai modalitas (teks, gambar, audio), serta memberikan umpan balik langsung. Semua ini mendukung pembelajaran yang lebih efektif menurut teori kognitif.

41 words

In reply to First post

Re: Forum Diskusi 3:

by RESKA DWI APRIYANTI -
Interaktivitas dalam multimedia pembelajaran meningkatkan keterlibatan mahasiswa dengan mengaktifkan proses kognitif mereka, sesuai dengan teori kognitif. Mahasiswa dapat berpartisipasi aktif, membangun koneksi, menerima umpan balik, dan mengatur kecepatan belajar mereka sendiri, sehingga mendorong pemahaman yang lebih dalam dan bermakna.

39 words

In reply to First post

Re: Forum Diskusi 3:

by Faisal Faisal -
Menurut teori kognitif, interaktivitas dalam multimedia pembelajaran dapat meningkatkan keterlibatan mahasiswa dengan cara memfasilitasi proses pengolahan informasi yang lebih efektif. Dalam teori Cognitive Load dari Sweller, otak manusia memiliki kapasitas terbatas untuk memproses informasi baru. Multimedia yang interaktif dapat membantu mengurangi beban kognitif karena memungkinkan mahasiswa untuk mengontrol alur pembelajaran, memilih informasi penting, dan belajar dengan cara yang lebih personal.

Dengan adanya fitur interaktif seperti simulasi, kuis, dan visualisasi dinamis, mahasiswa tidak hanya pasif menerima informasi, tetapi aktif berpartisipasi dalam proses pembelajaran. Ini mendukung teori Constructivism, di mana pengetahuan dibangun melalui pengalaman langsung. Saat mahasiswa berinteraksi dengan konten multimedia, mereka lebih termotivasi dan mampu mengaitkan informasi baru dengan pengetahuan sebelumnya, sehingga memperdalam pemahaman.

Selain itu, menurut teori Dual Coding dari Paivio, interaktivitas yang menggabungkan teks, audio, dan visual memungkinkan mahasiswa untuk mengkodekan informasi melalui berbagai jalur kognitif. Hal ini meningkatkan peluang untuk mengingat dan memahami materi secara lebih baik karena informasi disajikan dalam berbagai bentuk dan format yang mendukung ingatan jangka panjang.

Kesimpulannya, interaktivitas dalam multimedia meningkatkan keterlibatan mahasiswa dengan memberikan kendali, meningkatkan motivasi, dan mendukung proses kognitif yang lebih efisien dan efektif.

183 words

In reply to First post

Re: Forum Diskusi 3:

by Ronal Saputra -
Interaktivitas dalam multimedia merupakan alat yang sangat ampuh untuk meningkatkan keterlibatan mahasiswa dalam proses pembelajaran. Dengan memungkinkan mahasiswa untuk terlibat aktif, membangun koneksi, dan memecahkan masalah, interaktivitas dapat memperkuat pemahaman dan meningkatkan motivasi belajar. Oleh karena itu, dalam merancang materi pembelajaran berbasis multimedia, penting untuk mempertimbangkan bagaimana interaktivitas dapat diintegrasikan secara efektif untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan.

58 words

In reply to First post

Re: Forum Diskusi 3:

by Nurlian Nurlian -
Interaktivitas dalam multimedia pembelajaran dapat meningkatkan keterlibatan mahasiswa menurut perspektif teori kognitif karena memungkinkan pengurangan beban kognitif dengan memberi kendali kepada mahasiswa atas kecepatan dan cara mereka memproses informasi. Ini membantu mereka untuk lebih fokus pada elemen penting dari materi dan mendorong pemrosesan mendalam, yang mengaktifkan memori kerja secara efektif. Melalui interaktivitas, seperti manipulasi objek atau menjawab pertanyaan, mahasiswa lebih terlibat secara aktif, mengaitkan informasi baru dengan pengetahuan yang sudah ada, sehingga meningkatkan pemahaman dan retensi.

76 words

In reply to First post

Re: Forum Diskusi 3:

by Asri Indah Wali -
Menurut perspektif teori kognitif, Interaktivitas dalam multimedia pembelajaran bisa meningkatkan keterlibatan mahasiswa karena membantu mereka memproses informasi lebih efektif dan aktif tentunya. Dengan interaksi langsung, mahasiswa bisa menggabungkan berbagai cara belajar seperti visual dan auditori, serta mahasiswa dapat memperoleh umpan balik secara langsung. Ini membuat pembelajaran lebih menarik, fokus, dan mendalam karena mereka lebih aktif dan terlibat, serta menguatkan retensi informasi yang pada akhirnya memudahkan mereka memahami materi lebih baik.

70 words

In reply to First post

Re: Forum Diskusi 3:

by TINA TINA -
Menurut saya, Multimedia interaktif memungkinkan mahasiswa untuk mengatur dan mengelola informasi sesuai dengan cara yang mereka pahami dan memungkinkan mahasiswa untuk berpartisipasi secara aktif. Dengan menggunakan alat seperti canva, maka mahasiswa dapat membuat materi pembelajaran yang visual dan dinamis.

39 words

In reply to First post

Re: Forum Diskusi 3:

by Vivin Arviani -
menurut saya interaktivitas dalam multimedia meningkatkan keterlibatan mahasiswa melalui peningkatan perhatian, pemahaman, dan memori. Interaktivitas memicu active learning yang membantu mengelola beban kognitif, memfasilitasi pemahaman dengan memanfaatkan saluran visual dan verbal secara bersamaan, serta memperkuat memori melalui pengalaman yang mendalam sesuai dengan teori constructivism.

44 words

In reply to First post

Re: Forum Diskusi 3:

by Faisa Jamal -
Menurut saya, interaktivitas dalam multimedia pembelajaran meningkatkan keterlibatan mahasiswa dengan mendorong partisipasi aktif. Ini membantu mereka mengendalikan alur belajar dan memproses informasi lebih efektif, sesuai teori kognitif, yang pada akhirnya memudahkan pemahaman materi dan mengurangi beban kognitif yang tidak relevan.

40 words

In reply to First post

Re: Forum Diskusi 3:

by Nurhaida Nurhaida -
Menurut saya interaktivitas multimedia dapat meningkatkan keterlibatan mahasiswa dalam pembelajaran karena dengan adanya pembelajaran yang interaktif mahasiswa dapat memfokuskan pembelajaran
dan mengurangi beban kognitif mahasiswa, didukung juga dengan peryataan bahwa pembelajaran yang efektif disajikan dalam bentuk visual dan verbal.

39 words

In reply to First post

Re: Forum Diskusi 3:

by Tiara Wijayani Salsabilla -
Menurut saya Interaktivitas dalam multimedia dapat meningkatkan keterlibatan mahasiswa dengan cara yang signifikan, terutama dari perspektif teori kognitif. Teori kognitif menekankan pentingnya proses mental dalam belajar, di mana pemahaman dan ingatan diperkuat melalui pengalaman aktif

35 words

In reply to First post

Re: Forum Diskusi 3:

by Srirahayu Srirahayu -
Interaktivitas mahasiswa dalam multimedia adalah bagaimana mahasiswa bisa aktif berpartisipasi dalam proses belajar yang menggunakan berbagai media seperti video, animasi, audio, atau simulasi. Dalam konteks ini, mahasiswa tidak cuma jadi penerima informasi, tapi juga terlibat langsung dengan konten, misalnya melalui quiz interaktif, diskusi online, atau tugas berbasis media. Intinya, multimedia bikin belajar lebih seru dan fleksibel, karena mahasiswa bisa belajar sesuai dengan gaya belajarnya masing-masing.

65 words

In reply to First post

Re: Forum Diskusi 3:

by WIWI WIWI -
menurut saya, Interaktivitas dalam multimedia memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan keterlibatan mahasiswa, terutama jika dilihat dari perspektif teori kognitif. Teori kognitif memfokuskan pada cara individu memproses informasi, bagaimana informasi diolah, disimpan, dan digunakan dalam proses belajar

38 words

In reply to First post

Re: Forum Diskusi 3:

by Sakina Mawaddah -
Interaktivitas dalam multimedia pembelajaran dapat meningkatkan keterlibatan mahasiswa berdasarkan teori kognitif karena memberikan kesempatan untuk active learning atau pembelajaran aktif. Menurut teori beban kognitif (Cognitive Load Theory), otak manusia memiliki kapasitas terbatas dalam memproses informasi. Dengan adanya elemen interaktif, seperti kuis, simulasi, dan latihan, mahasiswa dapat secara aktif mengelola beban kognitif mereka dengan mengontrol alur informasi yang diterima.

Secara keseluruhan, interaktivitas memfasilitasi keterlibatan kognitif yang lebih baik, memperkuat retensi, dan mendukung mahasiswa dalam mengelola beban kognitif secara efektif.






mahasiswa berdasarkan teori kognitif karena memberikan kesempatan untuk active learning atau pembelajaran aktif. Menurut teori beban kognitif (Cognitive Load Theory), otak manusia memiliki kapasitas terbatas dalam memproses informasi. Dengan adanya elemen interaktif, seperti kuis, simulasi, dan latihan, mahasiswa dapat secara aktif mengelola beban kognitif mereka dengan mengontrol alur informasi yang diterima.

Selain itu, interaktivitas memfasilitasi dual coding dari teori Mayer, di mana informasi disajikan dalam bentuk visual dan verbal, yang mendukung pemahaman lebih mendalam. Saat mahasiswa berinteraksi langsung dengan konten, mereka terlibat dalam proses berpikir yang lebih mendalam (deep processing), yang dapat meningkatkan retensi dan pemahaman konsep. Keterlibatan ini juga mengaktifkan proses metacognition atau refleksi atas proses belajar mereka sendiri, yang semakin memperkuat pembelajaran.

Secara keseluruhan, interaktivitas memfasilitasi keterlibatan kognitif yang lebih baik, memperkuat retensi, dan mendukung mahasiswa dalam mengelola beban kognitif secara efektif.

212 words

In reply to First post

Re: Forum Diskusi 3:

by Indri Restipa -
Menurut saya Secara keseluruhan, interaktivitas dalam multimedia dapat meningkatkan keterlibatan mahasiswa dengan memfasilitasi pemahaman dan retensi informasi, memungkinkan mereka untuk berpartisipasi secara aktif dalam proses belajar, dan membantu mereka membangun koneksi antara informasi baru dengan pengetahuan yang sudah dimiliki sebelumnya.

40 words

In reply to First post

Re: Forum Diskusi 3:

by MEGA PUTRI YANA -
Menurut saya interaktivitas dapat membantu meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Misalnya, penggunaan presentasi multimedia, video, atau simulasi komputer dapat membuat pembelajaran lebih menarik dan memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif. Siswa yang terlibat dalam pembelajaran interaktif cenderung lebih aktif berpartisipasi, terlibat dalam diskusi kelas, dan mengeksplorasi materi pembelajaran.

48 words

In reply to First post

Re: Forum Diskusi 3:

by La Ode Ikbal -
menurut saya kalau ada bantuan multimedia ini dapat membantu dan memudahkan dalam memahami materi

14 words

In reply to First post

Re: Forum Diskusi 3:

by SASTRI ADELIA -
menurut saya, Interaktivitas dalam multimedia meningkatkan keterlibatan mahasiswa dari perspektif teori kognitif dengan mendorong pembelajaran aktif, memperdalam pengolahan informasi, memberikan umpan balik langsung, dan menciptakan konteks yang relevan. Ini membantu mahasiswa memahami materi lebih baik dan meningkatkan motivasi mereka untuk belajar.

41 words

In reply to First post

Re: Forum Diskusi 3:

by ANANDA TRI PERTIWI -
Menurut saya, Interaktivitas dalam multimedia dapat meningkatkan keterlibatan mahasiswa menurut perspektif teori kognitif dengan mendorong pembelajaran aktif, di mana mahasiswa terlibat langsung dalam proses belajar melalui kuis atau simulasi. Umpan balik langsung dari interaksi ini membantu mereka memahami konsep lebih baik dan memperbaiki kesalahan.

44 words

In reply to First post

Re: Forum Diskusi 3:

by Dewi Roosnitasari -
Menurut saya interaktivitas dalam multimedia meningkatkan keterlibatan mahasiswa dengan mendorong partisipasi aktif dalam proses belajar. Pengalaman interaktif memperkuat pemahaman dan retensi materi melalui pengolahan informasi yang lebih mendalam. Mahasiswa dapat mengeksplorasi konsep secara mandiri, menguji pengetahuan, dan menerima umpan balik langsung, meningkatkan motivasi dan minat belajar. Elemen visual dan auditori membantu menciptakan asosiasi yang lebih kuat, memfasilitasi pembelajaran yang lebih efektif dan menyenangkan

63 words

In reply to First post

Re: Forum Diskusi 3:

by RIZA ARDILLAH -
menurut saya Interaktivitas mendorong mahasiswa untuk terlibat secara aktif dalam proses belajar. Dengan memberikan kontrol atas pembelajaran, seperti memilih topik atau menjawab pertanyaan, mahasiswa dapat mengelola pengalaman belajar mereka sendiri, yang meningkatkan pemahaman dan retensi informasi. Teori kognitif menunjukkan bahwa individu lebih cenderung memahami dan mengingat informasi ketika mereka terlibat dalam pengolahan informasi yang mendalam. Interaktivitas dalam multimedia, seperti simulasi atau kuis, mendorong mahasiswa untuk berpikir kritis dan menganalisis materi, sehingga meningkatkan keterlibatan kognitif mereka.

75 words

In reply to First post

Re: Forum Diskusi 3:

by Frizka Filandari -
dari perspektif teori kognitif, interaktivitas dalam multimedia meningkatkan keterlibatan mahasiswa dengan memberi mereka kontrol atau proses belajar. Ini membantu mengelola beban kognitif, memaksimalkan pemanfaatan saluran ganda (visual dan verbal), serta memperkuat pemahaman dan retensi informasi melalui keterlibatan aktif.

38 words

In reply to First post

Re: Forum Diskusi 3:

by Siti Hapsa -
Menurut saya, perspektif teori kognitif terhadap interaktif dapat meningkatkan keterlibatan mahasiswa sebab interaktivitas pembelajaran telah menjadi jembatan oleh mahasiswa agar lebih aktif, berfikir kritis serta dengan adanya fitur-fitur menarik yang diterapkan secara langsung dapat memperkuat daya ingat mahasiswa.

38 words

In reply to First post

Re: Forum Diskusi 3:

by NURYANTI WAO -
Menurut sya intraktivitas dalam multimedia dapat meningkatkan keterlibatan mahasiswa, dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa mengacu pada tugas tugas akademik serta investasi psikologis dan kesediaan mereka untuk menguasai konsep dan,melainkan tingka laku seseoran konsep dan secara aktif memelih dan
tdk sekedar melibatkan stimulasi dan respon melainkan tingka laku seseorang ditentukan oleh presp esi serta pemehamaannya setiasi yg berhubungan dengan tujuan belajarnya.

60 words

In reply to First post

Re: Forum Diskusi 3:

by Rusmanto Rusmanto -
Menurut saya interaktivitas dalam multimedia dapat meningkatkan keterlibatan siswa dengan mendorong mereka berpartisipasi aktif. Menurut teori kognitif, keterlibatan ini membantu siswa mengaitkan informasi baru dengan pengetahuan yang sudah ada. Fitur seperti kuis dan simulasi membuat pembelajaran lebih menyenangkan dan membantu siswa memahami serta mengingat materi dengan lebih baik.

48 words

In reply to First post

Re: Forum Diskusi 3:

by HARIS ANDRIAWAN -
Menurut saya, Interaktivitas dalam multimedia meningkatkan keterlibatan mahasiswa dengan memungkinkan mereka aktif belajar. Menurut teori kognitif, ini membantu mengaitkan informasi baru dengan pengetahuan yang ada, memperkuat pemahaman dan retensi, serta mendukung pemikiran kritis.

33 words

In reply to First post

Re: Forum Diskusi 3:

by A. MUAFIKAH -
menurut saya, Interaktivitas dalam multimedia memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan keterlibatan mahasiswa, terutama jika dilihat dari perspektif teori kognitif. Teori kognitif memfokuskan pada cara individu memproses informasi, bagaimana informasi diolah, disimpan, dan digunakan dalam proses belajar.
Intinya, multimedia bikin belajar lebih seru dan fleksibel, karena mahasiswa bisa belajar sesuai dengan gaya belajarnya masing-masing.

55 words

In reply to First post

Re: Forum Diskusi 3:

by NURANNISA NURANNISA -
Interaktivitas dalam multimedia dapat meningkatkan keterlibatan mahasiswa dari beberapa sudut pandang teori kognitif,Yaitu Interaktifitas membantu siswa aktif berpartisipasi dalam proses pembelajaran.Interaktifitas meningkatkan keterlibatan siswa dengan cara memberikan informasi yang relevan dan sesuai dengan minat mereka. Multimedia interaktif dapat meningkatkan motivasi intrinsik siswa dengan memberikan feedback instan, skenario realistis, dan tujuan yang spesifik.

52 words

In reply to First post

Re: Forum Diskusi 3:

by ARIFUDDIN ARIFUDDIN -
Interaktivitas dalam multimedia pembelajaran bisa meningkatkan keterlibatan mahasiswa karena membantu mereka memproses informasi lebih efektif. Dengan interaksi langsung, mahasiswa bisa mengontrol kecepatan belajar, mengurangi beban pikiran, dan menggabungkan berbagai cara belajar seperti visual dan auditori. Ini membuat pembelajaran lebih menarik, fokus, dan mendalam karena mereka lebih aktif dan terlibat, yang pada akhirnya memudahkan mereka memahami materi lebih baik.

58 words

In reply to First post

Re: Forum Diskusi 3:

by AHMAD FARID ABROR -
dari pembelajaran yang baru saja saya lewati saya memahami bahwa pemebelajaran multimedia itu cukup memotivasi bila adanya unsur interaktif yang diterapkan pada masa pembelajarannya sebab multimedia yang interaktif cukup mudah diterima oleh kapasitas otak yang terbatas karena adanya pengurang beban kognitif.

41 words

In reply to First post

Re: Forum Diskusi 3:

by Yulia Wirastin -
Menurut saya, interaktivitas dalam multimedia membuat pembelajaran lebih menarik karena mahasiswa bisa lebih aktif terlibat. Mereka dapat memilih sendiri bagian materi yang ingin dipelajari, menyesuaikan kecepatan, dan mencoba simulasi atau kuis. Hal ini mengurangi kebingungan dari informasi yang terlalu banyak dan membantu mereka lebih memahami materi dengan menghubungkannya pada pengetahuan yang sudah dimiliki. Hasilnya, pembelajaran menjadi lebih mudah, menyenangkan, dan bermakna.

61 words

In reply to First post

Re: Forum Diskusi 3:

by RINI APRIANI -
Berdasarkan teori kognitif, menurut saya interaktivitas multimedia meningkatkan keterlibatan mahasiswa melalui pemrosesan aktif dan konstruksi pengetahuan yang bermakna. Dengan kontrol pembelajaran individual, kombinasi audio-visual, dan umpan balik langsung, mahasiswa dapat mengoptimalkan beban kognitif, meningkatkan motivasi, serta mencapai pemahaman yang lebih efektif dan mendalam.

43 words

In reply to First post

Re: Forum Diskusi 3:

by INDAH PERMATA SARI -
Menurut saya Interaktivitas dalam multimedia memungkinkan siswa untuk bereksperimen, mencoba berbagai solusi, dan melihat hasilnya secara langsung. Ini meningkatkan interaksi dengan memberikan kesempatan untuk belajar secara mandiri dan membentuk pengetahuan baru dengan pengetahuan yang sudah ada (integrasi kognitif).

38 words

In reply to First post

Re: Forum Diskusi 3:

by MAGVIRA ZASKIA -
Menurut saya,Interaktivitas dalam multimedia pembelajaran memiliki peran penting dalam meningkatkan keterlibatan mahasiswa menurut perspektif teori kognitif. Teori kognitif menekankan pada proses mental seperti persepsi, perhatian, memori, dan pemecahan masalah dalam pembelajaran. Interaktivitas dalam multimedia dapat memicu dan mendukung proses-proses kognitif ini, sehingga mahasiswa lebih terlibat dan memahami materi.

1. Meningkatkan Perhatian dan Motivasi
2. Memfasilitasi Pemrosesan Informasi
3. Mendorong Pembelajaran Aktif
4. Memberikan Umpan Balik yang Instan
5. Memfasilitasi Pembelajaran Individual
6. Meningkatkan Keterlibatan Emosional
Kesimpulan:
Interaktivitas dalam multimedia pembelajaran dapat meningkatkan keterlibatan mahasiswa dengan memicu dan mendukung proses-proses kognitif seperti perhatian, motivasi, pemrosesan informasi, pembelajaran aktif, umpan balik, pembelajaran individual, dan keterlibatan emosional. Dengan memanfaatkan interaktivitas secara efektif, multimedia pembelajaran dapat menjadi alat yang ampuh untuk meningkatkan pemahaman, retensi, dan motivasi belajar mahasiswa.

124 words

In reply to First post

Re: Forum Diskusi 3:

by ERIK YASIN -
Interaktivitas dalam multimedia menurut perspektif teori kognitif dapat meningkatkan keterlibatan siswa karena memungkinkan mereka untuk aktif memproses informasi. Berdasarkan Teori Kognitif Pembelajaran Multimedia (CTML), siswa memanfaatkan tiga proses utama: seleksi, pengorganisasian, dan integrasi informasi. Interaktivitas mendorong siswa untuk menyeleksi informasi yang relevan, mengorganisasikannya dalam representasi mental, serta mengaitkannya dengan pengetahuan yang sudah ada.

Fitur interaktif seperti kuis, simulasi, atau feedback real-time memfasilitasi pemrosesan aktif, yang mendukung penguatan memori kerja dan transfer pengetahuan jangka panjang. Dengan demikian, siswa lebih fokus, termotivasi, dan lebih memahami materi.

84 words

In reply to First post

Re: Forum Diskusi 3:

by Efriadi Efriadi -
Interaktivitas dalam multimedia dapat meningkatkan keterlibatan mahasiswa karena interaktivitas sangat dapat membantu mengoptimalkan proses belajar melalui beberapa mekanisme penting. Salah satunya ialah interaktivitas memungkinkan mahasiswa untuk memilih dan mengatur informasi.

30 words

In reply to First post

Re: Forum Diskusi 3:

by NUR SHAFIQAH -
Interaktivitas dalam multimedia pembelajaran sangat berpengaruh dalam meningkatkan keterlibatan mahasiswa, terutama dari perspektif teori kognitif. Pertama, ketika mahasiswa dapat berinteraksi dengan materi pembelajaran, mereka tidak hanya menjadi pendengar pasif. Misalnya, melalui kuis interaktif atau simulasi, mereka bisa memilih bagaimana mereka ingin belajar dan mendalami topik yang diminati. Ini membuat proses belajar jadi lebih menarik dan relevan bagi mereka.

Kedua, dengan adanya elemen interaktif, mahasiswa bisa mendapatkan umpan balik secara langsung. Misalnya, jika mereka menjawab soal dengan salah, mereka bisa langsung melihat di mana kesalahan mereka dan belajar dari situ. Umpan balik ini penting karena membantu mahasiswa untuk merefleksikan pemahaman mereka, serta memperbaiki kesalahan dan memahami materi dengan lebih baik.

Ketiga, multimedia yang menggabungkan berbagai elemen—seperti teks, gambar, dan video—membantu mahasiswa memproses informasi dengan cara yang lebih menyenangkan dan bervariasi. Dengan begitu, mereka dapat lebih mudah mengaitkan informasi baru dengan pengetahuan yang sudah ada, membangun skema mental yang lebih kuat.

Dengan semua elemen ini, interaktivitas dalam multimedia menciptakan pengalaman belajar yang lebih hidup dan efektif, yang tentunya akan membuat mahasiswa lebih terlibat dan termotivasi dalam proses belajar mereka.

179 words

In reply to First post

Re: Forum Diskusi 3:

by NURUL AIN -
Interaktivitas dalam multimedia dapat meningkatkan keterlibatan mahasiswa menurut perspektif teori kognitif dengan mendorong partisipasi aktif dalam proses belajar. Ketika siswa terlibat secara langsung, mereka dapat memilih informasi yang relevan, yang membantu dalam pemrosesan dan pengorganisasian materi. Umpan balik yang cepat dari interaksi juga memperkuat pemahaman, memungkinkan siswa untuk mengidentifikasi kesalahan dan memperbaikinya secara real-time. Selain itu, interaktivitas membantu siswa mengaitkan pengetahuan baru dengan pengalaman sebelumnya, sehingga memperdalam integrasi informasi. Dengan cara ini, multimedia tidak hanya menjadikan pembelajaran lebih menyenangkan, tetapi juga lebih efektif dalam membangun pemahaman yang mendalam.

88 words

In reply to First post

Re: Forum Diskusi 3:

by HERI SUPRIADI -
Menurut saya, Interaktivitas dalam multimedia meningkatkan keterlibatan mahasiswa melalui pembelajaran aktif, sesuai teori kognitif yang menekankan pemrosesan informasi. Fitur interaktif, seperti simulasi atau kuis, mendorong pemrosesan kognitif yang mendalam, memperkuat memori kerja, dan memfasilitasi transfer informasi ke memori jangka panjang. Selain itu, kontrol atas proses belajar meningkatkan motivasi, membuat mahasiswa lebih terlibat dan bertanggung jawab.

55 words

In reply to First post

Re: Forum Diskusi 3:

by GILANG ANGGI REZA KUSUMAH -
Teori kognitif memandang pembelajaran sebagai proses aktif membangun pengetahuan, dan interaktivitas dalam multimedia sangat mendukung hal ini. Dengan memungkinkan siswa untuk berinteraksi secara langsung dengan materi pelajaran melalui fitur-fitur seperti simulasi, kuis, dan permainan, multimedia merangsang rasa ingin tahu dan mendorong siswa untuk berpikir kritis. Selain itu, umpan balik instan yang diberikan oleh multimedia membantu siswa mengidentifikasi kesalahan dan memperbaiki pemahaman mereka. Dengan kata lain, interaktivitas dalam multimedia menciptakan lingkungan belajar yang adaptif dan menarik, sehingga meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa.

83 words

In reply to First post

Re: Forum Diskusi 3:

by HARYANI HARYANI -
"Saya merasa interaktivitas dalam multimedia sangat membantu saya memahami materi lebih baik. Dengan adanya simulasi atau kuis, saya bisa belajar sesuai kecepatan saya sendiri. Berdasarkan teori pembelajaran multimedia,interaktivitas semacam ini mendukung proses memilih dan menghubungkan informasi secara aktif. Hal ini membuat belajar jadi lebih menarik dan membantu saya lebih fokus. Selain itu, umpan balik langsung dari fitur interaktif juga membantu saya memperbaiki pemahaman. Menurut saya, multimedia semacam ini membuat belajar terasa lebih menyenangkan dan efektif."

75 words

In reply to First post

Re: Forum Diskusi 3:

by AYNUN MAR DJAFAR -
Menurut saya, interaktivitas dalam multimedia pembelajaran sangat penting untuk meningkatkan keterlibatan mahasiswa. Dengan adanya interaktivitas, mahasiswa dapat berpartisipasi aktif dalam proses belajar, seperti melalui kuis, simulasi, atau aktivitas drag-and-drop. Hal ini sejalan dengan teori kognitif yang menyatakan bahwa pembelajaran yang melibatkan interaksi dapat meningkatkan pemahaman dan retensi informasi. Selain itu, interaktivitas memungkinkan mahasiswa untuk mengontrol alur pembelajaran sesuai dengan kecepatan dan gaya belajar mereka, sehingga proses belajar menjadi lebih efektif dan efisien.

72 words

In reply to First post

Re: Forum Diskusi 3:

by Reza Eksa Ramadhan -
Menurut saya,Interaktivitas dalam multimedia pembelajaran secara signifikan dapat meningkatkan keterlibatan mahasiswa jika dilihat dari perspektif teori kognitif. multimedia pembelajaran interaktif mengandalkan elemen-elemen seperti audio, video dan audiovisual yang dapat memudahkan mahasiswa untuk Mensortir,mengorganisir ,dan mendapatkan informasi yang lebih mendalam serta menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih baik.

46 words

In reply to First post

Re: Forum Diskusi 3:

by IHYA ULUMUDDIN -
menurut saya, Interaktivitas dalam multimedia meningkatkan keterlibatan mahasiswa dengan merangsang pemrosesan aktif informasi sesuai dengan prinsip teori kognitif. Ketika mahasiswa berinteraksi dengan materi, seperti melalui simulasi atau kuis interaktif, mereka tidak hanya menerima informasi secara pasif, tetapi terlibat langsung dalam seleksi, organisasi, dan integrasi informasi. Proses ini memaksa mahasiswa untuk menghubungkan konsep baru dengan pengetahuan yang sudah ada, yang memperdalam pemahaman dan meningkatkan retensi. Selain itu, umpan balik langsung yang diperoleh dari interaksi memperbaiki kesalahan kognitif lebih cepat, mendorong mahasiswa untuk berpikir lebih kritis dan reflektif. Dengan demikian, interaktivitas menciptakan lingkungan yang memfasilitasi pembelajaran aktif, yang sesuai dengan teori pemrosesan aktif dalam pembelajaran multimedia.

104 words