7. Diskusi dan Refleksi

7. Diskusi dan Refleksi

Number of replies: 13

Psikologi pendidikan merupakan bagian dari studi psikologi tentang factor dan proses yang berhubungan dengan pendidikan, dari sana, kita bias melihat bahwa ada hubungan yang kuat antara psikologi pendidikan dengan kegiatan keseharaian belajar siswa di sekolah. Selain itu dengan guru melakukan pengajaran dengan pendekatan psisikologi pendidikan akan menciptakan suasana belajar yang kondusif yang mendukung kepada ketercapaian tujuan pembelajaran itu sendiri.

In reply to First post

Re: 7. Diskusi dan Refleksi

by TREI VITALOKA SARI -
belajar ilmu psikologi jadi makin paham mengenai kepribadian
In reply to TREI VITALOKA SARI

Re: 7. Diskusi dan Refleksi

by RIJAL FAHMI -
Peserta didik: Subjek yang dibimbing dalam proses pendidikan
Pendidik: Orang yang bertanggung jawab terhadap pelaksanaan pendidikan
Interaksi edukatif: Komunikasi timbal balik antara peserta didik dan pendidik
Materi pendidikan: Pengaruh yang diberikan dalam bimbingan, yang diramu dalam kurikulum
Alat dan metode: Cara yang digunakan dalam bimbingan, yang bergantung pada kemampuan pendidik dan sarana pendidikan
In reply to First post

Re: 7. Diskusi dan Refleksi

by GALUH DWI ANDIKA -
psikologi pendidikan bisa kita rasakan secara tersirat bahwa kita sedang diberikan bayangan ketika mengimplementannya di kehidupan sehari-hari kita
In reply to First post

Re: 7. Diskusi dan Refleksi

by ALISKA ALISKA -
cabang ilmu psikologi yang mempelajari faktor yang berkaitan dengan pendidikan
In reply to First post

Re: 7. Diskusi dan Refleksi

by YAYAH NURHAYATI -
sebagai guru kita harus bisa memahami psikologi peserta didik kita dengan kita memahami psikologi peserta didik kita kita dapat menerapkan proses pembelajaran yang dapat di pahami oleh siswa agar tercapainya tujuan pembelajaran.
In reply to YAYAH NURHAYATI

Re: 7. Diskusi dan Refleksi

by RISNAWATI RISNAWATI -
Peserta didik: Subjek yang dibimbing dalam proses pendidikan
Pendidik: Orang yang bertanggung jawab terhadap pelaksanaan pendidikan
Interaksi edukatif: Komunikasi timbal balik antara peserta didik dan pendidik
Materi pendidikan: Pengaruh yang diberikan dalam bimbingan, yang diramu dalam kurikulum
Alat dan metode: Cara yang digunakan dalam bimbingan, yang bergantung pada kemampuan pendidik dan sarana pendidikan
In reply to First post

Re: 7. Diskusi dan Refleksi

by RANI ROLINA -
dalam dunia pendidikan sangat erat kaitannya dengan psikologi pendidikan. psikologi pendidikan dapat membantu pendidik dalam menerapkan pendekatan dan menyimpulkan strategi dan metode yang dapat dipakai pada pembelajaran agar lebih efektif dan kondusif. dan taklupa capaian dalam penbelajaran
In reply to First post

Re: 7. Diskusi dan Refleksi

by TIARA DWI WAHYUNI -
Kuat dengan kegiatan belajar siswa di sekolah mengoptimalkan prosesbelajar dan mengajaran membantu guru memahami karakteristik siswa secara emosional
In reply to First post

Re: 7. Diskusi dan Refleksi

by FAUZAN ZAHRAN ADITIA -
psikologi pendidikan bisa kita rasakan secara tersirat bahwa kita sedang diberikan bayangan ketika mengimplementannya di kehidupan sehari-hari kita
In reply to First post

Re: 7. Diskusi dan Refleksi

by NAILA MAHARANI -
Psikologi pendidikan adalah cabang psikologi yang mempelajari faktor dan proses yang terkait dengan pendidikan. Fokus utamanya adalah memahami bagaimana siswa belajar, bagaimana mereka berkembang secara kognitif, emosional, dan sosial, serta bagaimana guru dapat mendukung proses tersebut.

Hubungan erat antara psikologi pendidikan dan kegiatan belajar sehari-hari terlihat dari penerapannya dalam pengajaran di sekolah. Dengan memahami teori dan prinsip psikologi pendidikan, guru dapat mengenali kebutuhan siswa, mengidentifikasi hambatan belajar, serta mengembangkan strategi yang lebih efektif untuk membantu siswa memahami materi pelajaran.

Pengajaran yang menggunakan pendekatan psikologi pendidikan juga mampu menciptakan suasana belajar yang kondusif. Lingkungan belajar yang mendukung tidak hanya meningkatkan motivasi siswa tetapi juga membantu mereka merasa nyaman dan percaya diri untuk mengeksplorasi potensi mereka. Hal ini, pada akhirnya, mendukung pencapaian tujuan pembelajaran, baik dalam aspek akademik maupun pengembangan karakter siswa.
In reply to First post

Re: 7. Diskusi dan Refleksi

by AYU EKA CAHYANI -
Psikologi pendidikan adalah ilmu yang mempelajari bagaimana faktor psikologis, seperti perasaan, motivasi, dan perkembangan siswa, memengaruhi cara mereka belajar. Dengan memahami hal ini, guru dapat mengajar dengan cara yang lebih tepat, menciptakan suasana belajar yang nyaman, dan membantu siswa belajar dengan lebih baik. Pendekatan ini mendukung tercapainya tujuan pembelajaran karena membuat siswa merasa lebih termotivasi dan siap belajar.
In reply to First post

Re: 7. Diskusi dan Refleksi

by WILI MAR'AH -
Setuju banget! Psikologi pendidikan memang punya peran penting dalam kegiatan belajar siswa. Dengan pendekatan psikologi, guru bisa lebih paham cara siswa belajar dan menciptakan suasana yang nyaman dan efektif di kelas. Ini tentu saja mendukung pencapaian tujuan pembelajaran dengan lebih maksimal. Jadi, hubungan antara psikologi pendidikan dan proses belajar di sekolah itu sangat erat dan saling mendukung.
In reply to First post

Re: 7. Diskusi dan Refleksi

by NURAENI SETIAWATI -
Pendidikan merupakan proses dinamis yang melibatkan interaksi antara berbagai unsur untuk mencapai tujuan tertentu, yaitu pengembangan potensi individu secara optimal. Dalam kajian psikologi pendidikan, terdapat beberapa unsur penting yang mempengaruhi proses pendidikan, baik dari segi individu yang belajar maupun dari lingkungan yang mendukung pembelajaran tersebut. Unsur-unsur ini meliputi peserta didik, pendidik, tujuan pendidikan, materi pembelajaran, metode pembelajaran, dan lingkungan pendidikan. Memahami unsur-unsur ini sangat penting bagi pendidik, psikolog, dan pihak-pihak lain yang terlibat dalam dunia pendidikan untuk menciptakan proses belajar yang efektif.