Pencarian global tidak diaktifkan.
Lewati ke konten utama
Berkas

BUKU REFERENSI

Syarat penyelesaian

 

Materi Second Language Acquisition terdapat pada Bab 9 di Buku ini. Bab ini membahas secara komprehensif tentang pemerolehan bahasa kedua (Second Language Acquisition atau SLA), mencakup konsep multilingualisme, perbedaan antara pemerolehan bahasa pertama (L1) dan bahasa kedua (L2), serta teori-teori utama yang menjelaskan proses tersebut.

Materi menjelaskan berbagai fokus pendekatan dalam kajian SLA, antara lain:

  • Fokus linguistik internal dan eksternal, termasuk pandangan Transformational Generative Grammar (Chomsky), Functionalism, dan teori Universal Grammar.

  • Aspek psikologis dalam SLA, mencakup peran otak, proses belajar, serta perbedaan individu seperti usia, motivasi, dan kemampuan kognitif.

  • Tahapan pemerolehan bahasa yang meliputi kondisi awal (initial state), proses pemerolehan, hingga hasil akhir (final state).

  • Isu penting seperti fossilization dan logical problem of language learning, yang membedakan pembelajar bahasa kedua dengan penutur asli.

Bab ini memberikan landasan teoritis bagi mahasiswa untuk memahami bagaimana seseorang belajar bahasa  kedua, mengapa tingkat kemahirannya bervariasi, dan bagaimana teori-teori linguistik serta psikologi dapat digunakan untuk menjelaskan fenomena tersebut.

Petunjuk Belajar untuk Mahasiswa

  1. Mulailah dengan membaca bagian pendahuluan (9.1) untuk memahami konteks multilingualisme dan relevansinya dalam dunia modern.

  2. Catat perbedaan utama antara L1 dan L2 acquisition, terutama dalam hal faktor usia, motivasi, dan kapasitas biologis.

  3. Pahami teori-teori utama seperti Universal Grammar (UG), Functionalism, dan Information Processing Theory yang dibahas pada subbagian 9.6–9.7.

  4. Buat ringkasan konsep penting seperti initial state, interlanguage, transfer, fossilization, dan final state dengan contoh nyata dari pengalaman belajar bahasa Anda sendiri.

  5. Refleksikan bagaimana teori-teori tersebut dapat diterapkan dalam konteks pengajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing (EFL).

  6. Setelah membaca, diskusikan di forum LMS:

    Menurut Anda, faktor apa yang paling berpengaruh dalam keberhasilan seseorang mempelajari bahasa kedua—apakah faktor internal (seperti kapasitas kognitif) atau eksternal (seperti lingkungan dan motivasi)?

  7. Kerjakan kuis atau tugas reflektif yang diberikan dosen untuk mengukur pemahaman terhadap teori SLA dan penerapannya dalam pembelajaran bahasa.

Klik tautan INTRODUCTION TO LINGUISTICS (1).pdf untuk melihat berkas.