Global searching is not enabled.
Skip to main content

Topic outline

  • INTRODUCTION TO LINGUISTICS


    Dosen Pengampu

      Nama : KHADIJAH MAMING
    Email: khadijahmaming@gmail.com

    Mata Kuliah   :   INTRODUCTION TO LINGUISTICS
    Kode   :   MKP110036
    Program Studi   :   S1 Pendidikan Bahasa Inggris
    Perguruan Tinggi   :   Universitas Muhammadiyah Pare-pare

    Mata Kuliah ini berkenaan dengan hakikat bahasa dan peranan bahasa dalam sistem komunikasi manusia sehari-hari. Selain itu, mata kuliah ini akan menjadi dasar yang kuat untuk memahami mengenai kajian ilmiah tentang bahasa atau ruang lingkup pembelajaran bahasa, seperti; ilmu tentang sistem bunyi bahasa (Phonology) ilmu yang membahasa struktur kata (Morphology), ilmu tentang struktur kalimat (Syntax), serta ilmu makna / meaning (Semantic). Mata kuliah ini juga membahas terkait konsep linguistik secara mikro dan makro serta akan menjadi pengetahuan dasar dalam memahami adanya ragam bahasa yang terjadi di dunia.

    Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

    1. 1. Menjelaskan konsep dasar linguistik.
      • a. Mendefinisikan definisi linguistik, bahasa, fungsi bahasa dan cabang-cabangnya.
      • b. Menjelaskan hubungan linguistic dengan disiplin ilmu lain.
    2. 2. Menganalisis unit-unit Bahasa.
      • a. Mengidentifikasi dan memberi contoh unit bunyi (fonem).
      • b. Menganalisis morfem dan kata.
      • c. Menguraikan struktur kalimat sederhana.
      • d. Mengidentifikasi makna pada level kata dan kalimat.
    3. 3. Mengaitkan linguistik dengan penggunaan bahasa nyata.
      • a. Menjelaskan fungsi bahasa dalam masyarakat.
      • b. Menjelaskan proses mental dalam berbahasa.
      • c. Menghubungkan konsep sosiolinguistik dengan fenomena penggunaan bahasa.
    4. 4. Mengaplikasikan konsep linguistik dasar dalam kajian Bahasa Inggris.
      • a. Menerapkan analisis fonologi, morfologi, dan sintaksis pada data Bahasa Inggris.
      • b. Membandingkan fenomena linguistik Bahasa Inggris dan bahasa lain.
    5. 5. Menjelaskan peranan linguistic dalam pembelajaran Bahasa Inggris.
      • a. Menjelaskan kontribusi linguistik terhadap proses pengajaran bahasa.
      • b. Menjelaskan kontribusi linguistik terhadap proses belajar bahasa.
    6. 6. Mengembangkan sikap ilmiah dalam kajian Bahasa.
      • a. Menyajikan hasil analisis linguistik secara akademik.
      • b. Menunjukkan sikap kritis dan terbuka dalam diskusi.

      Unduh RPS
  • Pertemuan ke 1: LECTURING CONTRACT AND COURSE ORIENTATION

    Capaian pembelajaran di pertemuan ke 1 ini adalah Memahami ruang lingkup mata kuliah Introduction to Linguistics.
    Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu Muatan RPS Mata Kuliah, Buku Referensi, Video Penjelasan Materi, dan Artikel Ilmiah.
    • This course provides a basic introduction to language, such as English, in terms of its linguistic properties, including phonology, morphology, syntax, semantics, pragmatics, discourse analysis, language acquisition, psycholinguistics, and sociolinguistics. Mata Kuliah ini berkenaan dengan hakikat bahasa dan peranan bahasa dalam sistem komunikasi manusia sehari-hari. Selain itu, mata kuliah ini akan menjadi dasar yang kuat untuk memahami mengenai kajian ilmiah tentang bahasa atau ruang lingkup pembelajaran bahasa, seperti; ilmu tentang sistem bunyi bahasa (Phonology) ilmu yang membahasa struktur kata (Morphology), ilmu tentang struktur kalimat (Syntax), serta ilmu makna / meaning (Semantic). Selain itu, juga akan menjadi pengetahuan dasar dalam memahami adanya ragam bahasa yang terjadi di dunia. This course is designed to prepare the students with a number of different theoretical view of systemic functional linguistics disciplines both macro and micro. Those linguistics disciplines which cover micro are phonology, morphology, syntax, semantics, while macro linguistics cover psycholinguistics, and sociolinguistics.
    • Mahasiswa sekalian, berikut saya lampirkan buku dalam format PDF sebagai sumber materi pembelajaran untuk mendukung perkuliahan Introduction to Linguistics.
      Silakan dibaca dan dipelajari sebagai referensi utama maupun tambahan untuk memahami konsep-konsep yang akan kita bahas di pertemuan-pertemuan mendatang.

    • Selamat datang di perkuliahan Introduction to Linguistics. Pada pertemuan pertama ini, kita membahas mengenai Lecturing Contract dan Course Orientation. Materi ini penting karena menjadi dasar pemahaman tentang:

      1. Kontrak perkuliahan – mencakup aturan, kesepakatan, serta ekspektasi antara dosen dan mahasiswa selama satu semester.

      2. Orientasi mata kuliah – penjelasan mengenai tujuan, capaian pembelajaran (CPMK), pokok bahasan, metode pembelajaran, serta sistem penilaian yang akan digunakan.

  • Pertemuan ke 2: DEFINITIONS AND CHARACTERISTICS OF LINGUISTICS AND LANGUAGE

    Capaian pembelajaran di pertemuan ke 2 ini adalah
    1. 1. Mendefinisikan definisi linguistik, bahasa, fungsi bahasa dan cabang-cabangnya.
    2. 2. Menjelaskan hubungan linguistic dengan disiplin ilmu lain.

    Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu Buku Referensi, Video Penjelasan, Slide Powerpoint terkait Concepts and Characteristics of Linguistics & Language
  • Pertemuan ke 3: FUNCTIONS OF LANGUAGE

    Capaian pembelajaran di pertemuan ke 3 ini adalah Memahami dan menjelaskan fungsi bahasa.
    Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu Functions of Language
  • Pertemuan ke 4: LINGUISTICS UNITS

    Capaian Pembelajaran Pertemuan 4: Menjelaskan dan memberikan contoh unit-unit linguistik.

  • Pertemuan ke 5: MICRO AND MACRO LINGUISTICS

    Capaian pembelajaran di pertemuan ke 5 ini adalah Memahami dan mengidentifikasi linguistic secara Micro dan Macro
    Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu Micro and Macro Linguistics
  • Pertemuan ke 6: BASIC CONCEPTS OF PHONOLOGY

    Capaian pembelajaran di pertemuan ke 6 ini adalah Mengidentifikasi dan memberi contoh unit bunyi (fonem).
    Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu Buku Referensi, Artikel Ilmiah, Video Penjelasan
  • Pertemuan ke 7: BASIC CONCEPTS OF OF MORPHOLOGY

    Capaian pembelajaran di pertemuan ke 7 ini adalah Menganalisis morfem dan kata.
    Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu Basic Concepts of Morphology
    • Selamat datang pada materi Basic Concepts of Morphology. Pada pertemuan ini, mahasiswa akan mempelajari morfologi, yaitu cabang linguistik yang menelaah struktur kata dan proses pembentukannya. Morfologi membantu kita memahami bagaimana morfem sebagai unit terkecil yang bermakna membentuk kata, serta bagaimana perubahan bentuk kata dapat memengaruhi makna dalam bahasa.

    • Selamat datang pada materi Basics of Morphology. Pada pertemuan ini, mahasiswa akan mempelajari morfologi, yaitu cabang linguistik yang menelaah struktur internal kata serta proses pembentukannya. Morfologi penting untuk memahami bagaimana kata terbentuk dari morfem, yaitu unit terkecil yang memiliki makna.

      Materi ini disajikan dalam bentuk slide powerpoint agar lebih ringkas, sistematis, dan mudah dipahami. Dalam slide ini mahasiswa akan menemukan penjelasan tentang:

      1. Definisi dan ruang lingkup morfologi.

      2. Jenis-jenis morfem (bebas dan terikat).

      3. Proses morfologis seperti infleksi, derivasi, reduplikasi, dan komposisi.

      4. Contoh analisis kata dalam bahasa Inggris.

    • Selamat datang pada materi Basics of Morphology. Pada topik ini, mahasiswa akan mempelajari dasar-dasar morfologi, yaitu cabang linguistik yang mengkaji struktur kata serta proses pembentukannya. Dengan mempelajari morfologi, mahasiswa dapat memahami bagaimana morfem—sebagai unit terkecil yang bermakna—bersatu membentuk kata dan bagaimana perubahan bentuk kata dapat memengaruhi makna dalam bahasa.

    • Opened: Monday, 3 November 2025, 1:30 AM
      Due: Wednesday, 31 December 2025, 11:59 PM

       

      In this final project, students are required to collect real-life examples of linguistic phenomena found in daily communication. The examples may include photos of public signs, screenshots of chats, song lyrics, news articles, or other authentic language data. Each example should be classified according to major branches of linguistics, such as phonology, morphology, syntax, semantics, and pragmatics, and explained briefly in 1–2 paragraphs.

      The collected examples and analyses should be compiled into an online digital flipbook (using platforms such as Canva, FlipHTML5, Issuu, or Book Creator). This project aims to help students:

      • identify and analyze linguistic features in real contexts,

      • apply basic linguistic concepts to everyday communication, and

      • Develop creativity and digital literacy skills.

      Output: Online Flipbook (link + backup PDF)
      Language: English
      Deadline: December 17, 2025

  • Pertemuan ke 8: BASIC CONCEPTS OF SYNTAX

    Capaian pembelajaran di pertemuan ke 8 ini adalah Memahami dan menganalisa konsep dasar English Syntax.
    Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu Basic Concept of English Syntax
  • Pertemuan ke 9: SYNTACTIC STRUCTURES

    Capaian pembelajaran di pertemuan ke 9 ini adalah Menguraikan struktur kalimat sederhana.
  • Pertemuan ke 10: BASIC CONCEPTS OF SEMANTICS

    Capaian pembelajaran di pertemuan ke 10 ini adalah Mengidentifikasi makna pada level kata dan kalimat.
    • Dear Students,

      To support your understanding of the topic Basic Concepts of Semantics, this reference book has been provided. It introduces the fundamental ideas of meaning in language, including definitions, types of meaning, and key semantic relations such as synonymy, antonymy, and ambiguity.

      Please read the selected sections carefully as they will help you build a strong foundation in semantics and prepare you for upcoming class discussions and assignments.

    • Dear Students,

      To explore the Basic Concepts of Semantics, please participate in the Padlet activity by answering the provided questions and sharing your own examples. Engage with your classmates’ posts to deepen your understanding of meaning in language.

    • Dear Students,

      These slides introduce the Basic Concepts of Semantics, covering the study of meaning in language, types of meaning, and basic semantic relations. Please review them carefully to build a strong foundation for our discussions and assignments.

    • Opened: Wednesday, 12 November 2025, 1:00 PM
      Closed: Thursday, 13 November 2025, 6:00 PM

      Dear Students

      Pelajari materi Basic Concepts of Semantics pada modul yang tersedia untuk memahami makna, denotasi, konotasi, serta relasi makna antar kata. Setelah itu, kerjakan Kuis Semantics dengan teliti dan pastikan semua jawaban dikirim sebelum batas waktu berakhir.

  • Pertemuan ke 11: BASIC CONCEPTS OF PRAGMATICS

    Capaian pembelajaran di pertemuan ke 11 ini adalah Menjelaskan penggunaan bahasa dalam berkomunikasi.
    Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu Basic Concepts of Pragmatic
  • Pertemuan ke 12: SECOND LANGUAGE ACQUISITION

    Capaian pembelajaran di pertemuan ke 12 ini adalah Menjelaskan konsep pemerolehan Bahasa.
    •  

      Materi Second Language Acquisition terdapat pada Bab 9 di Buku ini. Bab ini membahas secara komprehensif tentang pemerolehan bahasa kedua (Second Language Acquisition atau SLA), mencakup konsep multilingualisme, perbedaan antara pemerolehan bahasa pertama (L1) dan bahasa kedua (L2), serta teori-teori utama yang menjelaskan proses tersebut.

      Materi menjelaskan berbagai fokus pendekatan dalam kajian SLA, antara lain:

      • Fokus linguistik internal dan eksternal, termasuk pandangan Transformational Generative Grammar (Chomsky), Functionalism, dan teori Universal Grammar.

      • Aspek psikologis dalam SLA, mencakup peran otak, proses belajar, serta perbedaan individu seperti usia, motivasi, dan kemampuan kognitif.

      • Tahapan pemerolehan bahasa yang meliputi kondisi awal (initial state), proses pemerolehan, hingga hasil akhir (final state).

      • Isu penting seperti fossilization dan logical problem of language learning, yang membedakan pembelajar bahasa kedua dengan penutur asli.

      Bab ini memberikan landasan teoritis bagi mahasiswa untuk memahami bagaimana seseorang belajar bahasa  kedua, mengapa tingkat kemahirannya bervariasi, dan bagaimana teori-teori linguistik serta psikologi dapat digunakan untuk menjelaskan fenomena tersebut.

      Petunjuk Belajar untuk Mahasiswa

      1. Mulailah dengan membaca bagian pendahuluan (9.1) untuk memahami konteks multilingualisme dan relevansinya dalam dunia modern.

      2. Catat perbedaan utama antara L1 dan L2 acquisition, terutama dalam hal faktor usia, motivasi, dan kapasitas biologis.

      3. Pahami teori-teori utama seperti Universal Grammar (UG), Functionalism, dan Information Processing Theory yang dibahas pada subbagian 9.6–9.7.

      4. Buat ringkasan konsep penting seperti initial state, interlanguage, transfer, fossilization, dan final state dengan contoh nyata dari pengalaman belajar bahasa Anda sendiri.

      5. Refleksikan bagaimana teori-teori tersebut dapat diterapkan dalam konteks pengajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing (EFL).

      6. Setelah membaca, diskusikan di forum LMS:

        Menurut Anda, faktor apa yang paling berpengaruh dalam keberhasilan seseorang mempelajari bahasa kedua—apakah faktor internal (seperti kapasitas kognitif) atau eksternal (seperti lingkungan dan motivasi)?

      7. Kerjakan kuis atau tugas reflektif yang diberikan dosen untuk mengukur pemahaman terhadap teori SLA dan penerapannya dalam pembelajaran bahasa.

    •   

      Petunjuk Belajar untuk Mahasiswa

      1. Bacalah bab 1–3 untuk memperoleh pemahaman dasar tentang konsep acquisition vs learning, teori linguistik, dan faktor individual dalam SLA.

      2. Catat poin-poin penting dari setiap teori (misalnya teori Krashen, teori interaksional, teori kognitif) dan buatkan peta konsep untuk membantu pemahaman.

      3. Diskusikan dengan teman sekelas atau dalam forum LMS tentang faktor apa saja yang paling berpengaruh terhadap kemampuan seseorang mempelajari bahasa kedua.

      4. Hubungkan teori dengan pengalaman pribadi dalam mempelajari bahasa Inggris — bagaimana teori tersebut menjelaskan proses belajar Anda.

    • Opened: Monday, 17 November 2025, 10:00 PM
      Due: Monday, 24 November 2025, 11:59 PM

      Assignment Description:

      In this assignment, you will analyze one Second Language Acquisition (SLA) theory and connect it with your own experience in learning English or another second language. This task aims to help you understand how theoretical perspectives explain real-world language learning processes.

    •  

      Selamat datang pada materi Second Language Acquisition (SLA). Pada sesi ini, mahasiswa akan mempelajari proses bagaimana seorang pembelajar memperoleh bahasa kedua setelah menguasai bahasa pertama. Materi ini memberikan landasan teoretis dan praktis mengenai faktor-faktor internal dan eksternal yang memengaruhi pemerolehan bahasa, peran input serta interaksi, serta konsep-konsep penting seperti Critical Period Hypothesis dan perkembangan interlanguage.

      Melalui bahan presentasi ini, mahasiswa diharapkan mampu memahami konsep dasar SLA, mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi keberhasilan pembelajaran bahasa kedua, serta mengaitkannya dengan konteks pembelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing. 

  • Pertemuan ke 13: BASIC CONCEPTS OF SOCIOLINGUISTICS

    Capaian pembelajaran di pertemuan ke 13 ini adalah Menjelaskan fungsi Bahasa dalam masyarakat.
    Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu Basic Concepts of Sociolinguistics
    • Buku Sociolinguistics and Language Education memberikan tinjauan komprehensif tentang hubungan antara bahasa, masyarakat, dan pendidikan di era globalisasi. Dieditori oleh Nancy H. Hornberger dan Sandra Lee McKay, buku ini menyatukan berbagai perspektif teoretis dan praktis yang membahas isu-isu utama seperti ideologi bahasa, kekuasaan dan pedagogi, multibahasa, kebijakan bahasa, identitas, serta variasi dan interaksi bahasa di dalam konteks pendidikan.

      Materi dalam buku ini mencakup tujuh bagian utama:

      1. Language and Ideology – membahas bagaimana ideologi memengaruhi kebijakan dan praktik bahasa.

      2. Language and Society – menyoroti peran bahasa dalam konteks sosial dan politik global, termasuk isu English as an International Language.

      3. Language and Variation – mengeksplorasi gaya, kesadaran kritis berbahasa, serta peran pidgin dan kreol.

      4. Language and Literacy – mengaitkan literasi, multimodalitas, dan praktik sosial dalam pengajaran bahasa.

      5. Language and Identity – membahas konstruksi identitas melalui bahasa, gender, dan etnisitas.

      6. Language and Interaction – menelaah analisis percakapan, budaya, dan wacana kelas.

      7. Language and Education – mengintegrasikan seluruh tema dalam konteks kebijakan dan praktik pendidikan multilingual.

    • Opened: Wednesday, 26 November 2025, 2:00 PM
      Closed: Wednesday, 26 November 2025, 11:59 PM

    • "Materi ini dirancang untuk memperkenalkan konsep dasar sosiolinguistik dan hubungan antara bahasa, masyarakat, serta konteks sosial. Melalui pembahasan ini, mahasiswa diharapkan mampu memahami bagaimana variasi bahasa, identitas sosial, dan situasi komunikasi memengaruhi penggunaan bahasa dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam praktik pengajaran."

    • "Selamat datang pada penjelasan materi Basic Concepts of Sociolinguistics. Pada video ini, kita akan membahas bagaimana bahasa berinteraksi dengan masyarakat, mengapa variasi bahasa terjadi, serta bagaimana faktor sosial seperti identitas, konteks, dan budaya memengaruhi cara kita berkomunikasi. Semoga penjelasan ini membantu Anda memahami konsep dasar sosiolinguistik secara lebih mudah dan aplikatif."

  • Pertemuan ke 14: BASIC CONCEPTS OF PSYCHOLINGUISTICS

    Capaian pembelajaran di pertemuan ke 14 ini adalah Menjelaskan proses mental yang terjadi pada seseorang dalam berbahasa.
    Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu Basic Concepts of Psycholinguistics
    • Selamat datang pada pertemuan ini yang membahas Basic Concepts of Psycholinguistics. Materi ini dirancang untuk membantu Anda memahami bagaimana bahasa diproses, diproduksi, dan dipahami oleh manusia dari sudut pandang kognitif. Psycholinguistics mempelajari hubungan antara bahasa dan pikiran—bagaimana otak mengolah kata, bagaimana kita memahami makna secara cepat, serta bagaimana faktor perkembangan, lingkungan, dan memori mempengaruhi kemampuan berbahasa.

      Pada pertemuan ini, Anda akan mempelajari konsep-konsep dasar seperti language processing, language comprehension, language production, mental lexicon, dan language acquisition dari perspektif psikologis. Pemahaman konsep-konsep ini akan menjadi landasan penting untuk memahami proses belajar bahasa, perkembangan bahasa pada anak, serta tantangan linguistik yang muncul dalam konteks pembelajaran.

      Silakan pelajari materi yang telah disediakan melalui modul, slide, dan video penjelasan. Pastikan Anda membaca dengan cermat, mencatat poin penting, dan mengajukan pertanyaan apabila ada konsep yang belum dipahami. Semoga pembelajaran ini membantu Anda membangun pemahaman yang kuat tentang hubungan antara bahasa dan proses kognitif.

      Selamat belajar dan semoga bermanfaat!

    •  Please read this lecturing material.

    •  Please read this lecturing material.

  • Pertemuan ke 15: THE DIVERSITY OF LANGUAGE

    Capaian pembelajaran di pertemuan ke 15 ini adalah
    1. 1. Menerapkan analisis fonologi, morfologi, dan sintaksis pada data Bahasa Inggris.
    2. 2. Membandingkan fenomena linguistik Bahasa Inggris dan bahasa lain.

    Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu The Diversity of Language
  • Pertemuan 16: The Contribution of Linguistics to the Language Teaching and Language Learning