LMS-SPADA INDONESIA
KLIK VIDEO CONFERENCE SETIAP ADA PERJANJIAN TATAP MUKA
KONTRAK KULIAH DAN OVERVIEW
Pastikan anda mengisi daftar kehadiran pada perkuliahan perdana ini. Niatkan dengan iklhas agar terdapat keberkahan dalam menuntut ilmu.
PENGERTIAN INOVASI
Tujuan:
Memahami secara mendalam mengenai konsep inovasi
Indikator:
1.Menjelaskan pengertian:
2.Menjelaskan komponen-komponen inovasi dalam pendidikan
3.Menjelaskan karakteristik inovasi
4.Menjelaskan atribut dan komponen inovasi
Bahan Kajian:
Kegiatan Belajar
1. Mengomunikasikan ide-ide/pendapat terkait bahan kajian
2. Bertukar pemikiran terkait pemahaman bahan kajian
3. Mengakomodasi informasi baru terkait bahan kajian
4. Memecahkan masalah terkait bahan kajian
Kalau diperlukan silahkan unduh bahan tayang ini
Diskusikan
Silahkan mengisi presensi/kehadiran perkuliahan daring kita pada pertemuan ke 2 ini
Sub-Capaian Pembelajaran:
Memahami secara mendalam mengenai proses dan strategi
difusi dan diseminasi inovasi
Indikator:
Bahan Kajian
Kegiatan Belajar
Pelajari handsout mengenai proses keputusan inovasi terlampir
Perdalam pemahaman Anda mengenai topik di atas melalui buku sbb:
Suud, Udin Syaefudin. 2008. Inovasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Judul Buku : INOVASI PENDIDIKAN: Melejitkan Potensi Teknologi dan Inovasi Pendidikan Penulis : Dr. H. Rusydi Ananda, M. Pd Amiruddin, M. Pd
Penerbit : CV. Widya Puspita Jln. Keadilan/ Cemara, Lorong II Barat No. 57 Sampali Medan CP: 081397477666 - 081361699291 Email: cv.widyapuspita@gmail.com
Cetakan Pertama : September 2017
Penata Letak : Amiruddin, M.Pd Desain Sampul : Pusdikra Advertising
ISBN : 978-602-50368-0-4
Capaian Pembelajaran
Mengidentifikasi berbagai inovasi dalam pembelajaran fisika
Indikator
Bahan Kajian
Telusuri (searching) bahan kajian berikut ini melalui sumber dari internet
Kegiatan Belajar
Lakukan kegiatan belajar sebagai berikut
METODE PENGEMBANGAN INOVASI
Sub Capaian Pembelajaran
Memahami secara mendalam mengenai berbagai metode/ model pengembangan suatu inovasi.
Indikator Pencapaian Kompetensi
Bahan Kajian
Berbagai metode/model pengembangan suatu inovasi seperti ADDIE, 4D, R&D Borg and Gall, Model Pengembangan instruksional Dick and Carrey, dll
Telusuri bahan kajian mengenai metode inovasi kemudian susun resume metode inovasi sebagai berikut:
1. ADDIE: Analyze, Design, Developt, Implementation, Evaluation
2. 4D: Define, Design, Developt, Disseminate
3. Model Pengembangan Instruksional Dick and Carrey
4. Sepuluh tahapan R&D Borg and Gall
5. ASSURE: Analyze Learners, State objective, Select intructional methods, media and materials, Utilize media and materials, Require learner participation, Evaluate and revice (Evaluasi dan Revisi).
Berikan analisis jenis inovasi yang sesuai untuk masing-masing metode tersebut.
Pada pertemuan ini akan dikaji model-model pembelajaran inovatif Fisika. Sebelumnya akan disajikan faktor-faktor atau parameter apa saja yang menjadi penentu faktor pengembangan inovasi pembelajaran.
Sebelum mulai perkuliahan silahkan mengisi daftar hadir terlebih dahulu dan jangan lupa berdo'a untuk keberkahan ilmu
Silahkan dipelajari dan diunduh bahan ajar ini. Kemudian silahkan diskusi di forum vclass dan siakadu
Buatlah skenario model pembelajaran IBL dengan mengintegrasikan STEM Learning Approach pada topik fisika tertentu
Silahkan mengisi daftar hadir terlebih dahulu
Setelah anda melihat video di atas, rancanglah skenarion pembelajaran Fisika masa depan berbatuan ICT
UJIAN TENGAH SEMESTER
Real time melalui VCLASS 13:30-15:10 (100 menit)
Klik UTS untuk mengerjakan soal. Soal dikerjakan pada lembar yang disediakan VCLASS. Soal akan terbuka pada pk 13:25 dan tertutup pk 15:10. Durasi pengerjaan soal tepat 100 menit. Jawablah semua pertanyaan secara komprehensif.
Mengemas dan Mengembangkan model pembelajaran Inovatif pada Pembelajaran Fisika
Silahkan mengisi daftar kehadiran terlebih dahulu
Silahkan klik tautan ini untuk memasuki web meeting perkuliahan kita hari ini
Silahkan unduh dan pelajari rumpun model pembelajaran inovatif yang bisa digunakan dalam pembelajaran Fisika
Setiap kelompok silahkan untuk presentasi selama maksimum 30 menit setelah itu kita diskusi
Silahkan isi daftar kehadiran hari ini
Makalah dan PPT yang telah disusun agar diupload di ruang tugas
Silahkan mengisi daftar hadir terlebih dahulu pastikan anda sudah berdo'a sebelum belajar
Silahkan klik web meeting untuk presentasi kelompok
Upload Makalah dan PPT di sini
Pertemuan ini akan membahas rumpun model pembelajaran personal
Silahkan untuk mengisi daftar hadir terlebih dahulu dan jangan lupa berdo'a untuk keberkahan ilmu
Silahkan klik tautan berikut untuk presentasi rumpun model pembelajaran personal
Silahkan kumpulkan makalah dan PPT kelompok rumpun model personal
Pada sesi ini akan dibahas model pembelajaran sistem perilaku. Silahkan kalian menyimak dan berdiskusi tentang rumpun model tersebut di forum pada LMS ini
Silahkan mengisi daftar kehadiran perkuliahan ke -13 ini, dan jangan lupa berdoa'a agar mendapatkan keberkahan ilmu
Silahkan klik tautan berikut ini untuk web meeting presentasi kelompok IV
Salah satu Program Pengembangan Profesional Guru secara mandiri dapat dilakukan dengan cara mengamati dan mengkritisi video pembelajaran. Pada kesempatan ini diberikan video pembelajaran offline (luring) dan online (daring), silahkan diamati dan dikritisi dengan mengisi lembar pengamatan.
Silahkan mengisi daftar hadir terlebih dahulu
Silahkan unduh dan amati video pembelajaran berikut ini
Silahkan diamati dan dikritisi
Silahkan diamati dan dicermati
Silahkan isi presensi kehadiran perkuliahan ke 15
Silahkan kumpulkan laporan hasil reviu video pembelajaran
Silahkan mengisi daftar presensi terlebih dahulu
Seorang guru SMA hendak membelajarkan topik/tema Energi Terbarukan. Beberapa hal yang menjadi pertimbangan guru dalam merancang pendekatan, model, strategi, dan metode pembelajaran diantaranya: (1) sekolah berada di wilayah dengan pasokan energi listrik minimal, sehingga hanya bisa digunakan kebutuhan internal sekolah; (2) masyarakat di sekitar lingkungan sekolah hampir semuanya memiliki binatang ternak sapi yang terkadang kotorannya berserakan di jalanan menuju sekolah.
Rancanglah sebuah RPP inovatif agar siswa dapat membantu memberi solusi terhadap masalah tersebut. Pilihan model dan pendekatan pembelajaran menjadi indikator utama peluang bagi penyelesaian masalah tersebut!!!
Catatan: RPP tidak boleh melebihi 5 halaman
Selamat Bekerja dengan deadline 16 Januari pukul 23.55