Global searching is not enabled.
Skip to main content

Topic outline

    • KLIK VIDEO CONFERENCE SETIAP ADA PERJANJIAN TATAP MUKA

  • Topic 1

    KONTRAK KULIAH DAN OVERVIEW

    • Pastikan anda mengisi daftar kehadiran pada perkuliahan perdana ini. Niatkan dengan iklhas agar terdapat keberkahan dalam menuntut ilmu.

  • Topic 2

    PENGERTIAN INOVASI

    Tujuan:

    Memahami secara mendalam mengenai konsep inovasi

    Indikator:

    1.Menjelaskan pengertian:

    • innovation, discovery, invention, dan moder­nisasi
    •  inovasi   pendidikan
    •  inovasi  pembelajaran fisika

    2.Menjelaskan komponen-komponen  inovasi  dalam pendidikan

    3.Menjelaskan karakteristik inovasi

    4.Menjelaskan atribut dan komponen inovasi

    Bahan Kajian:

    1. pengertian: innovation, discovery, invention, modernisasi, inovasi   pendidikan, inovasi  pembelajaran inovasi,  pembelajaran fisika
    2. Komponen-komponen  inovasi  dalam pendidikan
    3. Karakteristik inovasi
    4. Atribut dan komponen inovasi

    Kegiatan Belajar

    1.  Mengomunikasikan ide-ide/pendapat terkait bahan kajian

    2.  Bertukar pemikiran terkait pemahaman bahan kajian

    3.  Mengakomodasi informasi baru terkait bahan kajian

    4.  Memecahkan masalah terkait bahan kajian

    • Kalau diperlukan silahkan unduh bahan tayang ini

    • Diskusikan

      1. Perbedaan dan persamaan innovation, discovery, invention, dan moder­nisasi,
      2. Apakah segala sesuatu yang baru yang dapat dimanfaatkan untuk menyelesaikan masalah disebut inovasi
      3. Apakah sebuah inovasi dapat ditemukan secara kebetulan

    • Silahkan mengisi presensi/kehadiran perkuliahan daring kita pada pertemuan ke 2 ini

  • Topic 3

    Sub-Capaian Pembelajaran:

    Memahami secara mendalam mengenai proses dan strategi 

    difusi dan diseminasi inovasi

    Indikator:

    1. Menjelaskan pengertian: difusi dan desiminasi inovasi
    2. Menjelaskan model proses keputusan inovasi
    3. Menjelaskan tipe keputusan inovasi
    4. Menjelaskan model proses inovasi pendidikan
    5. Mengidentifikasi faktor yg mempengaruhi proses inovasi pendidikan
    6. Mengidentifikasi strategi inovasi pendidikan

    Bahan Kajian

    1. Difusi dan desiminasi inovasi
    2. Model proses keputusan inovasi
    3. Tipe keputusan inovasi
    4. Model proses inovasi pendidikan
    5. Faktor-faktor yg mempengaruhi proses inovasi pendidikan
    6. Strategi inovasi pendidikan

    Kegiatan Belajar

    1. Mengkaji bahan kajian
    2. Mengomunikasikan ide-ide/pendapat terkait bahan kajian
    3. Bertukar pemikiran terkait pemahaman bahan kajian
    4. Mengakomodasi informasi baru terkait bahan kajian
    5. Memecahkan masalah terkait bahan kajian
    6. Mengerjakan tugas mengenai bahan kajian
    • Pelajari handsout mengenai proses keputusan inovasi terlampir

      1. Difusi dan desiminasi inovasi
      2. Model proses keputusan inovasi
      3. Tipe keputusan inovasi
      4. Model proses inovasi pendidikan
      5. Faktor-faktor yg mempengaruhi proses inovasi pendidikan
      6. Strategi inovasi pendidikan

      Perdalam pemahaman Anda mengenai topik di atas melalui buku sbb:

      Suud, Udin Syaefudin. 2008. Inovasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta

    • Judul Buku : INOVASI PENDIDIKAN: Melejitkan Potensi Teknologi dan Inovasi Pendidikan Penulis : Dr. H. Rusydi Ananda, M. Pd Amiruddin, M. Pd

      Penerbit : CV. Widya Puspita Jln. Keadilan/ Cemara, Lorong II Barat No. 57 Sampali Medan CP: 081397477666 - 081361699291 Email: cv.widyapuspita@gmail.com

      Cetakan Pertama : September 2017

      Penata Letak : Amiruddin, M.Pd Desain Sampul : Pusdikra Advertising

      ISBN : 978-602-50368-0-4

      1. Dengan mempertimbangkan berbagai tipe keputusan inovasi, bagaimana karakteristik suatu inovasi supaya dapat diterima 
      2. Anda seorang inovator, bagaimana strategi Anda supaya inovasi Anda diterima, berikan contoh inovasinya. 
  • Topic 4

    Capaian Pembelajaran

    Mengidentifikasi berbagai inovasi dalam pembelajaran fisika

    Indikator

    1. Melakukan kajian perlunya inovasi dalam pembelajaran fisika
    2. Mengidentifikasi inovasi pada bahan ajar fisika
    3. Mengidentifikasi inovasi pada media pembelajaran fisika
    4. Mengidentifikasi inovasi pada metode/strategi/model /pendekatan pembelajaran fisika

    Bahan Kajian

    Telusuri (searching) bahan kajian berikut ini melalui sumber dari internet

    1. Hakekat pembelajan fisika
    2. Praktek pembelajaran fisika di sekolah
    3. Berbagai bahan ajar fisika inovatif
    4. Berbagai media pembelajaran fisika inovatif
    5. Berbagai metode/strategi/ model/pendekatan pembelajaran fisika inovatif

    Kegiatan Belajar

    Lakukan kegiatan belajar sebagai berikut

    1. Mengkaji informasi mengenai bahan kajian
    2. Mengkomunikasikan ide-ide/pendapat terkait bahan kajian
    3. Bertukar pemikiran terkait pemahaman bahan kajian
    4. Mengakomodasi informasi baru terkait bahan kajian
    5. Memecahkan masalah terkait bahan kajian

      1. Mengapa masih perlu inovasi dalam pembelajaran fisika
      2. Identifikasi inovasi pada bahan ajar fisika
      3. Identifikasi inovasi pada media pembelajaran fisika
      4. Identifikasi inovasi pada metode/strategi/model /pendekatan pembelajaran fisika
  • Topic 5

    METODE PENGEMBANGAN INOVASI

    Sub Capaian Pembelajaran

    Memahami secara mendalam mengenai berbagai metode/ model pengem­bangan suatu inovasi.

    Indikator Pencapaian Kompetensi

    1. Menjelaskan prosedur pengembangan bahan ajar
    2. Menjelaskan prosedur pengembangan media pembelajaran
    3. Menjelaskan prosedur pengembangan strategi/ model/metode pembelajaran
    4. Menjelaskan prosedur pengembangan sistem/progam pembelajaran

    Bahan Kajian

    Berbagai metode/model pengem­bangan suatu inovasi seperti ADDIE, 4D, R&D Borg and Gall, Model Pengembangan instruksional Dick and Carrey, dll

    • Telusuri bahan kajian mengenai metode inovasi kemudian susun resume metode inovasi sebagai berikut:

      1. ADDIE: Analyze, Design, Developt, Implementation, Evaluation

      2. 4D: Define, Design, Developt, Disseminate

      3. Model Pengembangan Instruksional Dick and Carrey

      4. Sepuluh tahapan R&D Borg and Gall

      5. ASSURE: Analyze Learners, State objective, Select intructional methods, media and materials, Utilize media and materials, Require learner participation, Evaluate and revice (Evaluasi dan Revisi).

      Berikan analisis jenis inovasi yang sesuai untuk masing-masing metode tersebut. 

  • MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF

    Pada pertemuan ini akan dikaji model-model pembelajaran inovatif Fisika. Sebelumnya akan disajikan faktor-faktor atau parameter apa saja yang menjadi penentu faktor pengembangan inovasi pembelajaran.

  • Topic 7

  • Topic 8

    UJIAN TENGAH SEMESTER

    Real time melalui VCLASS 13:30-15:10 (100 menit)

    • Klik UTS untuk mengerjakan soal. Soal dikerjakan pada lembar yang disediakan VCLASS. Soal akan terbuka pada pk 13:25 dan tertutup pk 15:10. Durasi pengerjaan soal tepat 100 menit. Jawablah semua pertanyaan secara komprehensif.

  • Ragam/Rumpun Model Pembelajaran

    Mengemas dan Mengembangkan model pembelajaran Inovatif pada Pembelajaran Fisika

  • Presentasi Rumpun Model Pembelajaran

    Setiap kelompok silahkan untuk presentasi selama maksimum 30 menit setelah itu kita diskusi

  • Rumpun Model Pembelajaran II

  • Rumpun Model Pembelajaran III

    Pertemuan ini akan membahas rumpun model pembelajaran personal

  • RUMPUN MODEL PEMBELAJARAN IV

    Pada sesi ini akan dibahas model pembelajaran sistem perilaku. Silahkan kalian menyimak dan berdiskusi tentang rumpun model tersebut di forum pada LMS ini

    • Silahkan mengisi daftar kehadiran perkuliahan ke -13 ini, dan jangan lupa berdoa'a agar mendapatkan keberkahan ilmu

    • Silahkan klik tautan berikut ini untuk web meeting presentasi kelompok IV

  • PENGAMATAN VIDEO PEMBELAJARAN

    Salah satu Program Pengembangan Profesional Guru secara mandiri dapat dilakukan dengan cara mengamati dan mengkritisi video pembelajaran. Pada kesempatan ini diberikan video pembelajaran offline (luring) dan online (daring), silahkan diamati dan dikritisi dengan mengisi lembar pengamatan.

  • Hasil Review Video Pembelajatan

  • UJIAN AKHIR SEMESTER

    • Silahkan mengisi daftar presensi terlebih dahulu

    • Seorang guru SMA hendak membelajarkan topik/tema Energi Terbarukan. Beberapa hal yang menjadi pertimbangan guru dalam merancang pendekatan, model, strategi, dan metode pembelajaran diantaranya: (1) sekolah berada di wilayah dengan pasokan energi listrik minimal, sehingga hanya bisa digunakan kebutuhan internal sekolah; (2) masyarakat di sekitar lingkungan sekolah hampir semuanya memiliki binatang ternak sapi yang terkadang kotorannya berserakan di jalanan menuju sekolah.

      Rancanglah sebuah RPP inovatif agar siswa dapat membantu memberi solusi terhadap masalah tersebut. Pilihan model dan pendekatan pembelajaran menjadi indikator utama peluang bagi penyelesaian masalah tersebut!!! 

      Catatan: RPP tidak boleh melebihi 5 halaman

      Selamat Bekerja dengan deadline 16 Januari pukul 23.55