DASAR PERLINDUNGAN TANAMAN
Hai ....Guys.... Selamat bergabung dalam Sobat Perlindungan Tanaman (Crop Protection Buddy).
Dalam MK Perlindungan Tanaman kita akan berdiskusi dan bersama-sama menggali ilmu tentang Strategi Solutif dalam melindungi usaha Budidaya Tanaman agar berhasil secara ekonomis, dengan mempertimbangkan aspek sosiologis, serta menjaga kelestarian lingkungan.
RENCANA PERKULIAHAN SEMESTER (RPS)
DARING HIBRID (Blended Learning)
MK : DASAR PERLINDUNGAN TANAMAN
Kode MK: MKP 60601
Disusun oleh
Dr. Ir. Djuhari, M.Si..
Tanggal
24 April 2023
Bahan Kuliah Semester
Gasal 2023/2024
Program Studi
Agroteknologi/Agribisnis
Fakultas
Pertanian
UNIVERSITAS ISLAM MALANG
TAHUN 2023
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS ISLAM MALANG
Mata Kuliah : DASAR PERLINDUNGAN TANAMAN Semester : GASAL
Kode : MKD 60605 SKS : 3 SKS
Program Studi :AGROTEKNOLOGI/AGRIBISNIS Dosen Pengampu : Dr.Ir. DJUHARI, M.Si.
Deskripsi
:
Materi perkuliahan ini mencakup pengertian, ruang lingkup, tujuan, permasalahan perlindungan tanaman, bahasan mengenai ilmu-ilmu yang terkait, konsep-konsep dasar di dalam perlindungan tanaman, pengenalan mengenai Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) yang berupa hama, pathogen, dan gulma, serta gangguan tanaman berupa defisiensi unsur hara, dasar-dasar strategi pengendalian OPT beserta beberapa analisis dasar tentang intensitas serangan hama, intensitas penyakit, analisis vegetasi, Pengelolaan Hama Terpadu (HPT) dan implementasinya, dan prospek perlindungan tanaman di masa kini dan mendatang
TIU
Capaian Pembelajaran
Lulusan (CPL)/ILO
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah
(CPMK)
:
Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa mengerti dan dapat menjelaskan tentang kepentingan, strategi, dan prospek perlindungan tanaman dalam bidang pertanian yang diintegrasikan dengan nilai-nilai Islam
ILO 1
(S 10)
Memiliki sikap berpikir kreatif dan inovatif dalam pekerjaannya sesuai etika profesi di bidang pertanian
Have an attitude of creative and innovative thinking in accordance with professional ethics in the field of agriculture
ILO 2
(S 11)
Berperilaku sesuai kode etik profesi di bidang pertanian berlandaskan ajaran Islam Ahlusunnah wal Jama’ah
Behave according to the professional code of ethics in agriculture based on the preaching of Ahlusunnah wal Jama'ah
ILO 3
(P 1-6)
Memiliki pengetahuan yang baik dan mendalam dalam disiplin ilmu dasar bidang Agroteknologi
Have good and deep knowledge in the field of basic science that supports Agrotechnology
ILO 4
(KU 2,6, 7, 8)
Mampu bekerja secara mandiri dan atau dalam tim, serta menggunakan berbagai metode dalam berkomunikasi.
Able to work independently or in a team, and use various methods of communication.
ILO 5
(KU 1,7)
Mampu menyelesaikan masalah yang timbul dalam bidang agroteknologi dan bidang ilmu yang berkaitan
Able to solve problems that arise in the field of agrotechnology and related fields of science
ILO 6
(KU 3)
Mampu menggunakan alat, metode, dan proses untuk memecahkan berbagai permasalahan lapang di bidang pertanian
Able to use tools, methods, and processes to solve various field problems in agriculture
ILO 7
(KU 4;9)
Mampu menerapkan berbagai metode penelitian di bidang Agroteknologi
Able to apply various research methods in the field of Agrotechnology
ILO 8
(KK 1;3;8)
Mampu menerapkan praktek pertanian berdasarkan Good Agricultural Practices
Able to apply agricultural practices based on Good Agricultural Practices
ILO 9
(KK 5; 6)
Mampu mengelola sistem produksi tanaman.
Able to manage plant production system
ILO 10
(KK 2; 4; 5)
Mampu merancang peluang usaha di bidang produksi tanaman.
Able to design enterprise opportunities in the field of plant production.
1. Mampu menjelaskan arti penting dasar perlindungan tanaman dan mengevaluasi masalah Gangguan berdasarkan Konsep faktor-faktor penyebab gangguan.
2. Mampu menganalisis potensi lingkungan dalam penerapan dasar perlindungan tanaman berdasarkan elemen dasar perlindungan tanaman
3. Mampu melakukan praktik perlindungan tanaman berdasarkan elemen-elemen pengendalian OPT
4. Mampu merekomendasikan rancangan penerapan perlindungan tanaman berdasarkan potensi sumber daya yang tersedia dengan konsep penegndalian terpadu.
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER MK DASAR PERLINDUNGAN TANAMAN SEMESTER GASAL 2023/2024
Pertemuan Ke :
Sub CPMK
Indikator
Materi Perkulisahan/Pokok Bahasan
Bentuk/Metode Pembelajaran
Mode Pembelajaran Blended
Waktu
Penilaian
Referensi
Sinkron
Asinkron
Strategi
Kriteria dan Rubrik
CPMK 1 : Mampu menjelaskan arti penting dasar perlindungan tanaman dan mengevaluasi masalah Gangguan berdasarkan faktor-faktor penyebab gangguan
1-2
Mahasiswa mampu menjelaskan arti penting DPT, mendiskripsikan gangguan dan mendiagnosis penyakit tanaman yang disebabkan oleh beberapa jenis patogen
- Dapat menjelaskan arti penting DPT
- Mendiskripsikan jenis gangguan dan cara indentifikasi gangguan
- 1. Arti Penting Dasar Perlindungan Tanaman
- 2. Konsep Gangguan dan Identifikasi Berbagai Penyebab Penyakit Tanaman
Pembelajaran Kasus/Studi berbasis kasus (Case-based Teaching)
Tugas mandiri
Tugas terstruktur
√
Sinkron Langsung dan Sinkron Maya
√
Asinkron Mandiri
LMS Unisma/
Spada Indonesia
Melihas ... modul 1/Video 1
4 *2* 50’
4*1*60’
4*1*60’
- Case-based Lecturer (Vicon)
- Mempelajari materi dari video contoh kasus
- Menunjukkan hasil evaluasi
Diskripsi Konsep Gangguan dan Hasil Evaluasi Gangguan pada Tanaman dinilai dengan rubrik dan hasil unjuk kerja.
a. Hasil evaluasi
b. Peran manusia
3-6
Mahasisa mampu menerangkan hama-hama penting dan Gulma di bidang budidaya pertanian
- Menunjukkan berbagai jenis gejala penyakit tanamn
- Mengidentifikasi penyebab penyakit tanaman
- Menunjukkan pengenalan jenis hama tanaman
- Menerangkan peran penting biologi-ekologi hama
- Memberikan penjelasan peran Gulma
- 3. Pengenalan Gejala dan Tanda Tanaman Sakit
- 4. Diagnosis Penyakit Tanaman
- 5. Hama-Hama Penting di Indonesia
- 6. Identifikasi dan Periode Kritis Gulma
Pembelajaran Kasus/Studi berbasis kasus (Case-based Teaching)
Tugas mandiri
Tugas terstruktur
√
Sinkron Maya
√
Asinkron Kolaborasi
LMS Unisma/
Spada Indonesia
2 *2* 50’
2*1*60’
2*1*60’
- Case-based Lecturer (Vicon)
- Mempelajari materi dari video contoh kasus dan mrndiskripsikan gejala penyakit, hama, dan gulma
- Berpatisipasi dalam forum diskusi dan tugas individu melalui LMS Unisma
Hasil Tugas :
a. Diskripsi gejala penyakit, hama dan gulma
2. Diskusi pemaparan hasil evaluasi konsep gangguan
CPMK 2 : Mampu menganalisis potensi lingkungan dalam penerapan dasar perlindungan tanaman berdasarkan elemen dasar perlindungan tanaman
7
Mahasiswa mampu memberikan rasional empat elemen Perlindungan Tanaman
1. Menjelaskan empat elemen Perlindungan Tanaman
2. Mamapu menganalisis dan memberi alternatif solusi gangguan OPT
7. Elemen Dasar Perlindungan Tanaman
Pembelajaran Kasus/Studi berbasis kasus (Case-based Teaching)
Tugas mandiri
Tugas terstruktur
√
Sinkron Maya
√
Asinkron Mandiri
LMS Unisma/
Spada Indonesia
1*2 *50’
1*1*60’
1*1*60’
- Case-based Lecturer (Vicon)
- Mempelajari materi dari video contoh kasus
- Berpatisipasi dalam forum diskusi dan tugas individu melalui LMS Unisma
Dihasilkan penjelasan dan contoh prinsip pengendalian dan peran periode kritis gulma
8
-------- UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS) ------------ UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS) ------------ UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS) ------------ UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS) ----------
9-14
CPMK 3 : Mampu melakukan praktik perlindungan tanaman berdasarkan elemen-elemen pengendalian OPT
Mahasiswa mampu melakukan praktik perlindungan tanaman dengan memperhatikan aspek ekonomis, ekologis, dan sosiologis
- Dapat melaksanakan pengendalian secara Fisik dan Mekanik
- Dapat melaksanakan pengendalian berbasis regulasi dan tanaman tahan
- Dapat melaksanakan pengendalian secara Alami
- Dapat melaksanakan pengendalian secara Biologis
- Dapat melaksanakan pengendalian secara Kultur Teknis
- Dapat melaksanakan pengendalian secara Kimia
9. Teknik Pengendalian OPT secara Fisik dan Mekanik
10. Teknik Pengendalian OPT berbasis regulasi dan tanaman tahan
11. Teknik Pengendalian OPT secara Alami
12. Teknik Pengendalian OPT secara Biologis
13. Teknik Pengendalian OPT secara Kultur Teknis
14. Teknik Pengendalian OPT secara Kimia
Pembelajaran berbasis proyek (Project-based Learning)
Tugas mandiri
Tugas terstruktur
√
Sinkron Langsung dan Sinkron Maya
√
Asinkron Mandiri dan Asinkron Kolaborasi
LMS Unisma/
Spada Indonesia
6*2* 50’
6*1*60’
6*1*60’
- Case -based Lecturer (hYBRID
- Mempelajari materi dari video contoh proyek
- Berpatisipasi dalam forum diskusi dan tugas individu melalui LMS Unisma
Dihasilkan Video Pengendalian Hama/Penyakit dengan teknik sesuai penugasan dinilai dengan hasil unjuk kerja (Kelompok)
CPMK 4 : Mampu merekomendasikan rancangan penerapan perlindungan tanaman berdasarkan potensi sumber daya yang tersedia dengan konsep penegndalian terpadu
15
Mahasiswa mampu menganalisis potensi lingkungan sosial dan ekonomis, kemudian merencanalan perlindungan tanaman berdasarkan potensi sumberdaya yang tersedia
- Dapat menganalisis potensi lingkungan
- Dapat menganalisis potensi sosial
- Dapat menganalisis potensi ekonomi
- Dapat merencanakan perlindungan tanaman berdasar potensi yang tersedia
15. Konsep Pengendalian Terpadu
Pembelajaran Kasus/Studi berbasis kasus (Project-based Teaching)
Tugas mandiri
Tugas terstruktur
√
Sinkron Maya
√
Asinkron Mandiri
LMS Unisma/
Spada Indonesia
1*2 *50’
1*1*60’
1*1*60’
- Case -based Lecturer (hYBRID
- Mempelajari materi dari video contoh proyek
- Berpatisipasi dalam forum diskusi dan tugas individu melalui LMS Unisma
Dihasilkan Video Pengendalian Hama/Penyakit dengan teknik sesuai penugasan dinilai dengan hasil unjuk kerja (Kelompok)
16
-------- UJIAN AKHIR SEMESTER (UTS) ------------ UJIAN AKHIR SEMESTER (UTS) ------------ UJIAN AKHIR SEMESTER (UTS) ------------ UJIAN AKHIR SEMESTER (UTS) ----------
24 April 2023
Rencana Tugas dan Penilaian
- Rencana Tugas MK Dsar Perlindungan Tanaman
Minggu ke
Bahan Kajian/Materi Pembelajaran
Tugas
Waktu (menit)
Hasil Tugas dan Kriteria Penilaian
1
Materi kuliah sinkron dan Materi yang ada di LMS
Mandiri
Terstruktur
2
Materi utama Cermati infografis tentang Konsep Gangguan
Materi pendukung Materi TM 1 dan TM 2 di LMS
Mandiri
Cermati paparan di video tentang Konsep Gangguan di LMS. Lakukan evaluasi terhadap beberapa kemungkinan timbulnya gangguan. Bagaimana peran manusia agar dapat mencegah/meminimalisir gangguan pada tanaman.
3x60=180’
Hasil Tugas:
- Hasil evaluasi gangguan kumbang kelapa
- Peran manusia agar dapat mencegah/meminimalisir terjadinya gangguan kumbang kelapa
Terstruktur
3
Materi kuliah sinkron dan Materi yang ada di LMS
Mandiri
Mencari dan mempelajari berbagai sumber informasi tentang penyakit tanaman, hama, dan gulma penting di Indonesia.
3 x 60’=180’
Hasil Tugas :
Diskripsi tentang penyakit tanaman ham,a dan gulma penting di Indonesia
Terstruktur
- Mempelajari materi dari video contoh kasus dan mrndiskripsikan gejala penyakit, hama, dan gulma
- Berpatisipasi dalam forum diskusi dan tugas individu melalui LMS Unisma
6x60=360’
Hasil Tugas :
Diskripsi penyakit, hama, dan gulma sesuai gejala pada kasus yang dipelajari
4
Materi kuliah sinkron dan Materi yang ada di LMS
Mandiri
Terstruktur
5
Materi kuliah sinkron dan Materi yang ada di LMS
Mandiri
Terstruktur
6
Materi kuliah sinkron dan Materi yang ada di LMS
Mandiri
Terstruktur
7
Materi kuliah sinkron dan Materi yang ada di LMS
Mandiri
Terstruktur
8
UTS
9
Materi kuliah sinkron dan Materi yang ada di LMS
Mandiri
Terstruktur
10
Materi kuliah sinkron dan Materi yang ada di LMS
Mandiri
Terstruktur
Melakukan Review artikel jurnal, menemukan masalah gangguan pada tanaman yang diteliti, novelty penelitian, dan ringkasan hasil penelian.
2x60=180’
Hasil Tugas:
- Hasil analisis artikel
- Rumusan masalah
- Rumusan hipotesis penelitian
Kriteria Penllaian
- Analisis artikel singkat dan komprehensif
- Rumusan masalah jelas, operasional dan layak dilakukan penelitian
- Rumusan hipotesis dapat diuji
(dapat dibuat dalam bentuk rubrik penilaian)
11
Materi kuliah sinkron dan Materi yang ada di LMS
Mandiri
Mencari dan mempelajari berbagai sumber informasi tentang penyakit elemen dasar dan komponen-komponen pengendalian OPT.
8 x 60’=480’
Hasil Tugas :
Konsep tentang elemen dasar dan komponen-komponen pengendalian OPT
Terstruktur
12
Materi kuliah sinkron dan Materi yang ada di LMS
Mandiri
Terstruktur
Melakukan evaluasi terhadap kasus serangan hama/atau penyakit tanaman dan merekomendasikan bagaimana alternatif solusinya.
6x60’=360’
Hasil Tugas :
a. Hasil evaluasi kasus
b. Rekomendasi solusi mengatasi kasus
13
Materi kuliah sinkron dan Materi yang ada di LMS
Mandiri
Terstruktur
14
Materi kuliah sinkron dan Materi yang ada di LMS
Mandiri
Terstruktur
15
Materi kuliah sinkron dan Materi yang ada di LMS
Mandiri
Terstruktur
16
UAS