PENGANTAR MK DASAR PERLINDUNGAN TANAMAN
RENCANA PERKULIAHAN SEMESTER (RPS)
DARING HIBRID (Blended Learning)
MK : DASAR PERLINDUNGAN TANAMAN
Kode MK: MKP 60601
Disusun oleh |
Dr. Ir. Djuhari, M.Si.. |
Tanggal |
24 April 2023 |
Bahan Kuliah Semester |
Gasal 2023/2024 |
Program Studi |
Agroteknologi/Agribisnis |
Fakultas |
Pertanian |
UNIVERSITAS ISLAM MALANG
TAHUN 2023
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS ISLAM MALANG
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Mata Kuliah : DASAR PERLINDUNGAN TANAMAN Semester : GASAL Kode : MKD 60605 SKS : 3 SKS |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Program Studi :AGROTEKNOLOGI/AGRIBISNIS Dosen Pengampu : Dr.Ir. DJUHARI, M.Si. |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER MK DASAR PERLINDUNGAN TANAMAN SEMESTER GASAL 2023/2024
Pertemuan Ke : |
Sub CPMK |
Indikator |
Materi Perkulisahan/Pokok Bahasan |
Bentuk/Metode Pembelajaran |
Mode Pembelajaran Blended |
Waktu |
Penilaian |
Referensi |
|
|||||||||||
Sinkron |
Asinkron |
Strategi |
Kriteria dan Rubrik |
|
|
|||||||||||||||
|
CPMK 1 : Mampu menjelaskan arti penting dasar perlindungan tanaman dan mengevaluasi masalah Gangguan berdasarkan faktor-faktor penyebab gangguan |
|
|
|||||||||||||||||
1-2 |
Mahasiswa mampu menjelaskan arti penting DPT, mendiskripsikan gangguan dan mendiagnosis penyakit tanaman yang disebabkan oleh beberapa jenis patogen |
|
|
Pembelajaran Kasus/Studi berbasis kasus (Case-based Teaching)
Tugas mandiri
Tugas terstruktur |
√ Sinkron Langsung dan Sinkron Maya |
√ Asinkron Mandiri LMS Unisma/ Spada Indonesia Melihas ... modul 1/Video 1 |
4 *2* 50’
4*1*60’
4*1*60’
|
|
Diskripsi Konsep Gangguan dan Hasil Evaluasi Gangguan pada Tanaman dinilai dengan rubrik dan hasil unjuk kerja. a. Hasil evaluasi b. Peran manusia |
|
|
|||||||||
3-6 |
Mahasisa mampu menerangkan hama-hama penting dan Gulma di bidang budidaya pertanian |
|
|
Pembelajaran Kasus/Studi berbasis kasus (Case-based Teaching)
Tugas mandiri
Tugas terstruktur |
√ Sinkron Maya |
√ Asinkron Kolaborasi LMS Unisma/ Spada Indonesia
|
2 *2* 50’
2*1*60’
2*1*60’
|
|
Hasil Tugas : a. Diskripsi gejala penyakit, hama dan gulma 2. Diskusi pemaparan hasil evaluasi konsep gangguan |
|
|
|||||||||
|
CPMK 2 : Mampu menganalisis potensi lingkungan dalam penerapan dasar perlindungan tanaman berdasarkan elemen dasar perlindungan tanaman |
|
|
|||||||||||||||||
7 |
Mahasiswa mampu memberikan rasional empat elemen Perlindungan Tanaman |
1. Menjelaskan empat elemen Perlindungan Tanaman 2. Mamapu menganalisis dan memberi alternatif solusi gangguan OPT
|
7. Elemen Dasar Perlindungan Tanaman |
Pembelajaran Kasus/Studi berbasis kasus (Case-based Teaching)
Tugas mandiri
Tugas terstruktur |
√ Sinkron Maya |
√ Asinkron Mandiri LMS Unisma/ Spada Indonesia |
1*2 *50’
1*1*60’
1*1*60’
|
|
Dihasilkan penjelasan dan contoh prinsip pengendalian dan peran periode kritis gulma |
|
|
|||||||||
8 |
-------- UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS) ------------ UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS) ------------ UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS) ------------ UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS) ---------- |
|||||||||||||||||||
9-14 |
CPMK 3 : Mampu melakukan praktik perlindungan tanaman berdasarkan elemen-elemen pengendalian OPT |
|
|
|||||||||||||||||
Mahasiswa mampu melakukan praktik perlindungan tanaman dengan memperhatikan aspek ekonomis, ekologis, dan sosiologis |
|
9. Teknik Pengendalian OPT secara Fisik dan Mekanik 10. Teknik Pengendalian OPT berbasis regulasi dan tanaman tahan 11. Teknik Pengendalian OPT secara Alami 12. Teknik Pengendalian OPT secara Biologis 13. Teknik Pengendalian OPT secara Kultur Teknis 14. Teknik Pengendalian OPT secara Kimia |
Pembelajaran berbasis proyek (Project-based Learning)
Tugas mandiri
Tugas terstruktur |
√ Sinkron Langsung dan Sinkron Maya |
√ Asinkron Mandiri dan Asinkron Kolaborasi LMS Unisma/ Spada Indonesia |
6*2* 50’
6*1*60’
6*1*60’
|
|
Dihasilkan Video Pengendalian Hama/Penyakit dengan teknik sesuai penugasan dinilai dengan hasil unjuk kerja (Kelompok) |
|
|
||||||||||
|
CPMK 4 : Mampu merekomendasikan rancangan penerapan perlindungan tanaman berdasarkan potensi sumber daya yang tersedia dengan konsep penegndalian terpadu |
|
|
|||||||||||||||||
15 |
Mahasiswa mampu menganalisis potensi lingkungan sosial dan ekonomis, kemudian merencanalan perlindungan tanaman berdasarkan potensi sumberdaya yang tersedia |
|
15. Konsep Pengendalian Terpadu |
Pembelajaran Kasus/Studi berbasis kasus (Project-based Teaching)
Tugas mandiri
Tugas terstruktur |
√ Sinkron Maya |
√ Asinkron Mandiri LMS Unisma/ Spada Indonesia |
1*2 *50’
1*1*60’
1*1*60’
|
|
Dihasilkan Video Pengendalian Hama/Penyakit dengan teknik sesuai penugasan dinilai dengan hasil unjuk kerja (Kelompok) |
|
|
|||||||||
16 |
-------- UJIAN AKHIR SEMESTER (UTS) ------------ UJIAN AKHIR SEMESTER (UTS) ------------ UJIAN AKHIR SEMESTER (UTS) ------------ UJIAN AKHIR SEMESTER (UTS) ---------- |
|
||||||||||||||||||
|
Rencana Tugas dan Penilaian
- Rencana Tugas MK Dsar Perlindungan Tanaman
Minggu ke |
Bahan Kajian/Materi Pembelajaran |
Tugas |
Waktu (menit) |
Hasil Tugas dan Kriteria Penilaian |
|
1 |
Materi kuliah sinkron dan Materi yang ada di LMS |
Mandiri |
|
|
|
Terstruktur |
|
|
|
||
2 |
Materi utama Cermati infografis tentang Konsep Gangguan Materi pendukung Materi TM 1 dan TM 2 di LMS |
Mandiri |
Cermati paparan di video tentang Konsep Gangguan di LMS. Lakukan evaluasi terhadap beberapa kemungkinan timbulnya gangguan. Bagaimana peran manusia agar dapat mencegah/meminimalisir gangguan pada tanaman. |
3x60=180’ |
Hasil Tugas:
|
Terstruktur |
|
|
|
||
3 |
Materi kuliah sinkron dan Materi yang ada di LMS |
Mandiri |
Mencari dan mempelajari berbagai sumber informasi tentang penyakit tanaman, hama, dan gulma penting di Indonesia. |
3 x 60’=180’ |
Hasil Tugas : Diskripsi tentang penyakit tanaman ham,a dan gulma penting di Indonesia |
Terstruktur |
|
6x60=360’ |
Hasil Tugas : Diskripsi penyakit, hama, dan gulma sesuai gejala pada kasus yang dipelajari |
||
4 |
Materi kuliah sinkron dan Materi yang ada di LMS |
Mandiri |
|
|
|
Terstruktur |
|
|
|
||
5 |
Materi kuliah sinkron dan Materi yang ada di LMS |
Mandiri |
|
|
|
Terstruktur |
|
|
|
||
6 |
Materi kuliah sinkron dan Materi yang ada di LMS |
Mandiri |
|
|
|
Terstruktur |
|
|
|
||
7 |
Materi kuliah sinkron dan Materi yang ada di LMS |
Mandiri |
|
|
|
Terstruktur |
|
|
|
||
8 |
UTS |
||||
9 |
Materi kuliah sinkron dan Materi yang ada di LMS |
Mandiri |
|
|
|
Terstruktur |
|
|
|
||
10 |
Materi kuliah sinkron dan Materi yang ada di LMS |
Mandiri |
|
|
|
Terstruktur |
Melakukan Review artikel jurnal, menemukan masalah gangguan pada tanaman yang diteliti, novelty penelitian, dan ringkasan hasil penelian. |
2x60=180’ |
Hasil Tugas:
Kriteria Penllaian
(dapat dibuat dalam bentuk rubrik penilaian) |
||
11 |
Materi kuliah sinkron dan Materi yang ada di LMS |
Mandiri |
Mencari dan mempelajari berbagai sumber informasi tentang penyakit elemen dasar dan komponen-komponen pengendalian OPT. |
8 x 60’=480’ |
Hasil Tugas : Konsep tentang elemen dasar dan komponen-komponen pengendalian OPT |
Terstruktur |
|
|
|
||
12 |
Materi kuliah sinkron dan Materi yang ada di LMS |
Mandiri |
|
|
|
Terstruktur |
Melakukan evaluasi terhadap kasus serangan hama/atau penyakit tanaman dan merekomendasikan bagaimana alternatif solusinya. |
6x60’=360’ |
Hasil Tugas : a. Hasil evaluasi kasus b. Rekomendasi solusi mengatasi kasus |
||
13 |
Materi kuliah sinkron dan Materi yang ada di LMS |
Mandiri |
|
|
|
Terstruktur |
|
|
|
||
14 |
Materi kuliah sinkron dan Materi yang ada di LMS |
Mandiri |
|
|
|
Terstruktur |
|
|
|
||
15 |
Materi kuliah sinkron dan Materi yang ada di LMS |
Mandiri |
|
|
|
Terstruktur |
|
|
|
||
16 |
UAS |