General
- Statistika Matematika I menerapkan konsep-konsep ilmu peluang, fungsi densitas dan fungsi distribusi peluang dalam membuat transformasi peubah acak, menilai kekonvergenan distribusi, menilai teori-teori pengambilan sampel dan limit distribusi data. Setelah menyelesaikan mata kuliah ini mahasis¬wa S1 Matematika UNUD mampu menerapkan konsep-konsep ilmu peluang,membedakan peluang bersama, peluang marjinal, peluang bersyarat, dan prinsip kebebasan, membuat transformasi peubah acak, menilai kekonvergenan distribusi, menilai teori-teori pengambilan sampel dan limit distribusi data.General news and announcements
Rencana pembelajaran mata kuliah Statistika Matematika I dapat didownload dalam tautan berikut <RPS STATISTIKA MATEMATIKA I>
Click RPS_Statistika_Matematika I.docx link to view the file.- Bain, L. J. dan Engelhardt, M. 1992. Introduction to Probability and Mathematical Statistics. edisi kedua. Belmont, California: Duxbury Press.
- Casella, G. dan Berger, R. L. 1990. Statistical Inference. edisi pertama. Pacific Grove, California: Wadsworth & Brooks/Cole Advanced Books & Software.
- Dudewicz, E. J. dan Mishra, S. N. 1988. Modern Mathematical Statistics. edisi pertama. Singapore: John Wiley & Sons.
- Hogg, R. V. dan Craig, A. T. 1995. Introduction to Mathematical Statistics. edisi kelima. Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice Hall.
- Hogg, R. V. dan Tanis, E. A. 2001. Probability and Statistical Inference. edisi keenam. Upper Saddle River, New Jersey: Prentice Hall.
- Mood, A. M., Graybill, F. A., dan Boes, D. C. 1974. Introduction to the Theory of Statistics. edisi ketiga. Japan: McGraw-Hill.
- Rice, J. A. 1995. Mathematical Statistics and Data Analysis. edisi kedua. Belmont, California: Duxbury Press.
- Spiegel, M.R, Schiller, J, and Srinivasan, R.A. 2009. Probability and Statistics; Schaum's Outlines. 3rd Ed. New York:McGraw-Hill
- Herrhyanto, N dan Gantini, T. 2009. Pengantar Statistika Matematika. Bandung: Penerbit Yrama Widya.
- Bain, L. J. dan Engelhardt, M. 1992. Introduction to Probability and Mathematical Statistics. edisi kedua. Belmont, California: Duxbury Press.
Capaian pembelajaran lulusan (CPL) program studi yang dibebankan pada mata kuliah ini:
Rumusan Sikap (S)
- menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain (S5);
- mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (S6);
- menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S8);
- menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secaramandiri (S9);
Keterampilan Umum (KU)
- mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan danteknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya (KU1);
- mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (KU2);
- mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data (KU5);
- mampu melakukan evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri (KU8).
Kemampuan Kerja (KK)
- mampu mengembangkan pemikiran matematis, yang diawali dari pemahaman prosedural / komputasi hingga pemahaman yang luas meliputi eksplorasi, penalaran logis, generalisasi, abstraksi, dan bukti formal (KK1);
- mampu mengamati, mengenali, merumuskan dan memecahkan masalah melalui mendekatan matematis dengan atau tanpa bantuan piranti lunak (KK2);
- mampu merekonstruksi, memodifikasi, menganalisis/berpikir secara terstruktur terhadap permasalahan matematis dari suatu fenomena, mengkaji keakuratan dan mengintepretasikannya serta mengkomunikasikan secara lisan maupun tertulis dengan tepat, dan jelas (KK3);
- mampu memanfaatkan berbagai alternatif pemecahan masalah matematis yang telah tersedia secara mandiri atau kelompok untuk pengambilan keputusan yang tepat (KK4);
- mampuberadaptasiatau mengembangkan diri, baik dalam bidang matematika maupun bidang lainnya yang relevan (termasuk bidang dalam dunia kerjanya.
Penguasaan Pengetahuan (PP)
Menguasai konsep teoretis matematika meliputi logika matematika, matematika diskret, aljabar, analisis dan geometri, serta teori peluang dan statistika (PP1);CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH (CPMK)
- Mahasiswa menguasai konsep peluang bersama, peluang marginal, prinsip bersyarat dan kebebasan(PP1,KK1, KU1);
- Mahasiswa mampu menjelaskan fungsi distribusi diskret dan kontinu yang khusus dalam statistika (PP1, S9, KU5, KK2);
- Mahasiswa mampu menjelaskan fungsi distribusi bersama peubah-peubah diskret dan kontinu (PP1, S9, KU5, KK2);
- Mahasiswa mampu mengkonstruksi Fungsi Pembangkit Momen dari suatu fungsi distribusi (KU2, KK2);
- Mahasiswa mampu menguasai sifat-sifat peubah acak mencakup sifat nilai harapan, harapan bersyarat, dan fungsi pembangkit momen bersama (PP1, KK1);
- Mahasiswa mampu menentukan Fungsi-fungsi peubah acak (PP1, KU5, KK3);
- Mahasiswa mampu menguasai Transformasi Peubah Acak(PP1, KU5)
- Mahasiswa mampu menguasai limit distribusi (KU8, KK4)
- Mahasiswa menguasai Statistik dan Distribusi Pengambilan sampel(KK5)
Materi Pembelajaran (Pokok Bahasan):
- Teori Peluang (diskret – kontinu)
- Fungsi densitas peluang dan fungsi distribusi
- Fungsi densitas peluang bersama dan peluang bersyarat
- Sifat-sifat nilai harapan dan harapan bersyarat
- Transformasi Peubah Acak: Teknik Fungsi Distribusi
- Transformasi Peubah Acak:Teknik Fungsi Pembangkit Momen
- Limit distribusi: Teorema Limit Pusat, Distribusi Normal Asimtotis; Sifat Kekonvergenan
- Statistik dan Distribusi Pengambilan sampel
- menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain (S5);